10 Tips Mendesain Sendiri Quotes Bahasa Inggris untuk Pemula

Kerjasama Guest Post EnglishCoo dan Canva

Dari EnglishCoo: Artikel ini adalah sebuah postingan tamu (a guest post) dari Canva.com, sebuah website desain grafis yang menyediakan fitur desain super mudah dan gratis.

Ada banyak cara sederhana dan efektif belajar bahasa Inggris, salah satunya melalui quotes alias kata bijak bahasa Inggris. Membuat desain quotes sendiri bisa bikin kamu tambah semangat belajar bahasa Inggris lho. Apalagi quotes bahasa Inggris hasil desainmu bisa dibagikan ke media sosial, wah, mengagumkan deh!

Selain itu, jika kamu adalah seorang pelajar, mahasiswa, pengusaha, atau karyawan swasta di industri apapun, kamu pasti akan bertemu dengan suatu fenomena bernama desain grafis. Karenanya, pengetahuan dasar mengenai desain grafis perlu dipahami. Ada saatnya nanti kamu perlu membuat suatu desain, baik itu untuk website atau blog milik perusahaan tempat bekerja, bisnis yang kamu jalani, atau bahkan keperluan pribadi.

Dengan alasan apapun, kamu perlu membuat desain grafis untuk menyajikan ide atau gagasan agar lebih menarik, apalagi di zaman yang sangat mementingkan kreativitas konten seperti saat ini.

Desain grafis akan sangat merepotkan bagi para pemula. Ada banyak hal yang perlu dipelajari. Maka dari itu, jangan berharap untuk bisa mahir dalam waktu yang sangat singkat. Perlu keuletan dan ketekunan dalam belajar desain grafis. Tapi, bukan berarti pemula tidak mungkin bisa menjadi ahli. Semua bisa dilakukan dengan mempelajari semua hal mulai dari teknik sampai penguasaan alat desain.

Sayangnya, semua itu tidak murah. Untuk belajar desain, kita perlu belajar. Desain grafis sendiri memiliki jurusan tersendiri di universitas. Bayangkan saja, mempelajarinya memerlukan waktu paling tidak 4 tahun untuk mahir.

Selain itu, masalah lainnya adalah harga alat desain yang mahal. Setiap desainer grafis berpengalaman akan menganjurkan kita memiliki dan mempelajari software atau aplikasi Adobe Photoshop, InDesign, Illustrator, juga CorelDRAW. Sementara semua software tersebut tergolong mahal, dan membutuhkan laptop atau komputer dengan spesifikasi tinggi, yang tentunya juga tidak murah.

Padahal, terkadang kita tidak perlu menjadi terlalu ahli. Kita hanya ingin membuat desain sederhana, membuat desain quotes kata-kata bijak untuk media sosial misalnya.

Sebelum mulai mendesain quotes bahasa Inggris karyamu sendiri, yuk baca 10 hal yang perlu dipahami ketika membuat sebuah desain. Menggunakan website desain online seperti Canva pun, kita bisa membuat desain grafis yang mengagumkan jika mengikuti 10 tips berikut:

 

1. Cari Inspirasi

Untuk memulai desain, kita memerlukan inspirasi. Kita bisa melihat banyak contoh desain yang keren di Internet. Carilah desain yang sangat menggambarkan kebutuhan, yang sesuai dengan keinginan. Ada banyak situs yang menyediakan hasil karya atau hasil desain yang menarik. Jika perlu, kumpulkan dalam suatu folder untuk dilihat lagi nanti saat kita memerlukan inspirasi.

Tapi ingat, yang kita inginkan adalah terinspirasi, bukan meng-copy atau menjiplak karya orang lain. Karena menjiplak adalah tindakan yang tidak terpuji.

Mempelajari desain grafis adalah soal mencari gaya desain sendiri. Setelah kita mengumpulkan inspirasi desain, kita bisa mencari gaya desain yang paling sesuai dengan desain keinginan kita.
Tips Desain Sendiri Kata Bijak Bahasa Inggris


Untuk konten quotes, kamu bisa merangkai kata bijak bahasa Inggris sendiri. Apabila belum mahir menyusun kalimat bahasa Inggris, kamu bisa menggunakan quotes bahasa Inggris yang telah dibagikan EnglishCoo sebelumnya.

Jangan lewatkan artikel super keren ini: Kata Kata Bijak Bahasa Inggris Mencerahkan Hati yang Gundah

 

2. Pelajari Detail Elemen

Setelah mencari inspirasi, cara terbaik lainnya untuk memahami desain grafis adalah dengan mempelajari elemen-elemennya.

Ambil sebuah contoh desain. Misalkan saja desain kata-kata bijak. Di dalamnya akan ada beberapa elemen. Analisa elemen tersebut. Mulai dari garisnya, bentuknya, warnanya, teksnya, hingga ukuran dari setiap elemennya. Lihatlah bagaimana elemen tersebut berpadu menjadi sebuah desain yang menarik.

Setelah menganalisanya, aplikasikan pada desain yang kita buat. Dengan begitu, kita bisa mengetahui bentuk elemen apa yang cocok dengan desain yang kita buat, ukuran font yang cocok, hingga seberapa tegas garis yang diperlukan.

 

3. Perhatikan Tata Letak

Desain yang simetris adalah sebuah aturan utama. Bukan berarti semua elemen desain harus ada di tengah. Usahakan tata letaknya simetris. Coba pikir apakah desain dengan elemen acak-acakan akan enak dilihat?

Jawabannya tentu saja tidak. Apabila elemen tersebut disimpan pada sisi yang seimbang, desain akan terlihat cantik. Untuk itu, perhatikan baris atau alignment dari suatu elemen desain.

 

4. Gunakan Font yang Tepat

Desain yang baik adalah desain yang jelas. salah satu hal yang bisa membuat desain menjadi jelas adalah font atau jenis huruf.

Sederhana saja, jika teks dalam desain sulit untuk dibaca, maka pesan akan sulit tersampaikan. Apalagi jika kita membuat quotes alias kata-kata bijak Bahasa Inggris. Font yang mudah dibaca akan lebih penting daripada font cantik. Yang terpenting adalah desainnya bisa memotivasi seseorang.

Coba gunakan beberapa jenis font yang diinginkan. Sesuaikan dengan tone dan pesan yang ingin disampaikan untuk desain. Jangan pula kita sampai terpaku pada satu font saja. Nantinya, setiap desain yang kita buat akan terkesan sama dan membosankan.

 

5. Warna yang Serasi

Warna adalah elemen yang paling sering disalahgunakan oleh desainer pemula. Mereka akan menggunakan banyak warna sehingga menampung semua ide desain di kepala. Padahal, hal tersebut malah menjadikan desain terlalu ramai, tidak fokus pada pesan, dan terlihat berantakan. Sehingga pesan dari desain menjadi tidak jelas dan orang malas untuk melihatnya.

Jadi, tidak perlu menggunakan terlalu banyak warna. Kita hanya perlu menggunakan satu warna utama. Selanjutnya, kita bisa menggunakan warna senada yang lebih cerah atau lebih muda. Sehingga warna yang ada dalam desain menjadi lebih serasi.

 

6. Gunakan Foto dengan Kualitas Baik

Foto yang digunakan dalam desain haruslah konsisten kualitasnya. Hal ini bertujuan agar foto yang digunakan nantinya tidak mudah pecah ketika desain dicetak atau di-download.

Foto atau gambar sendiri merupakan elemen penting. Memilih foto yang menarik juga hal yang penting. Tentu kita tak ingin menggunakan gambar membosankan untuk hasi karya sendiri, bukan?

 

7. Minta Masukan dari Teman

Berikan hasil karya kita ke teman. Lalu, tanyakan pendapatnya tentang desain yang kita buat. Tanyakan apakah desainnya bisa dimengerti, warna yang dipilih sudah tepat, font-nya terbaca dengan mudah, dan lainnya.

Dengan bertanya kepada teman, kita jadi lebih tahu di mana kekurangan desain yang sudah dibuat. Jadi kita bisa menghindari kesalahan serupa di kemudian hari.

 

8. Buat Sesimpel Mungkin

Less is more. Kalimat tersebut banyak diucapkan oleh para desainer. Karena memang, desain yang sederhana akan lebih mudah dimengerti oleh banyak orang.

Maka buatlah desain yang menarik, tapi dengan sangat sederhana. Memasukkan kata-kata yang terlalu panjang akan membuat orang malas untuk membacanya.

 

9. Perhatikan Hirarki Desain

Pernah memperhatikan koran atau majalah? Kita bisa dengan mudah melihat judul, sub-judul, dan kontennya bukan? Itulah yang dinamakan dengan hirarki.

Kita harus tahu apa dan bagaimana hirarki dalam desain bekerja. Untuk desain kata-kata bijak, kita bisa membuat kata-kata bijak dengan ukuran font yang besar. Sementara keterangan sumbenrya bisa ditulis dengan font yang lebih kecil. Jadi, pesan yang sampai dan akan dibaca terlebih dahulu oleh pembaca adalah kutipannya.

 

10. Jangan Pernah Berhenti Berlatih

Seorang desainer profesional yang mempelajari desain pun akan sepakat dengan poin ini. Pengalaman mereka tentunya adalah hasil kerja keras dari berlatih membuat ratusan bahkan ribuan desain.

Maka dari itu, jangan takut untuk terus berlatih, berkreasi menggunakan beragam elemen yang ada, sehingga kita bisa mengetahui gaya desain yang cocok dengan apa yang kita harapkan. Dengan begitu, kita juga akan lebih mahir dalam urusan desain di masa depan.

Selanjutnya, apakah kamu sudah siap berlatih membuat desain kata-kata bijak Bahasa Inggris sendiri dengan menggunakan fitur Canva yang super mudah dan gratis?

Dari EnglishCoo: Minat bekerjasama dengan EnglishCoo dan menerbitkan sebuah postingan tamu (a guest post) di blog EnglishCoo? Bisa! Baca ketentuannya di link berikut: Kerjasama Guest Post dengan EnglishCoo. Selamat berproses dan semoga sukses!

About Made Ari

I am a blogger who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.