9 Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Cepat Otodidak

EnglishCoo – Belajar Bahasa Inggris untuk pemula bisa menjadi menyenangkan atau menakutkan, tergantung cara yang dilakukan. Menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris dapat memberikan manfaat besar dalam hidup.

Ada banyak cara belajar bahasa Inggris untuk pemula dengan cepat dan menyenangkan. Mempelajari bahasa Inggris dapat dimulai dari huruf, kata, frase, klausa, kalimat, paragraf, dan teks.

Berikut adalah 9 cara atau tips menguasai bahasa Inggris untuk pemula dengan cepat, mudah dan menyenangkan. Simak yuk!

Belajar Bahasa Inggris Pertama Kali Mulai Dari Huruf

Apa yang harus dipelajari pertama kali dalam bahasa Inggris? Materi dasar yang harus dipelajari pertama kali dalam bahasa Inggris oleh pemula adalah huruf. Belajar cara mengucapkan alfabet dalam bahasa Inggris dapat membantu meningkatkan keterampilan berbicara (speaking). Jangan pernah menunda memulai belajar dari huruf karena materi dasar bahasa Inggris ini sangat penting dipelajari.

Belajar alfabet bukan hanya mengucapkan ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ dalam bahasa Inggris, tetapi juga mencari kosakata yang berawalan huruf-huruf tersebut. Cara ini dapat menambah kosakata baru. Gunakan kamus bahasa Inggris untuk membantumu mencari kosakata saat belajar tentang alfabet.

Catat kosakata baru dalam bahasa Inggris dan artinya serta cara membacanya. Menambahkan satu sampai lima kosakata pada beberapa huruf dalam satu hari dapat membantu meningkatkan perbendaharaan kata (vocabulary). Jadi, apakah kamu sudah menerapkan cara belajar bahasa Inggris pertama kali dengan mempelajari huruf?

Jangan lewatkan: 100 Contoh Kalimat Bahasa Inggris Paling Sering Digunakan dan Artinya

Mengingat Kosakata Bahasa Inggris dengan Mudah

Cara belajar berikutnya untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris adalah mengingat kosakata. Cara populer untuk mengingat kosakata adalah dengan menggunakan metode mnemonic. Metode belajar bahasa Inggris Mnemonic adalah cara untuk mengingat konsep atau kata-kata yang rumit dengan cepat dan mudah. Caranya adalah dengan membuat asosiasi antara kata-kata. Misalnya Sunday yaitu hari Minggu dikaitkan dengan hari yang cerah.

Metode belajar ini juga dapat diterapkan dengan membuat akronim untuk mengingat serangkaian kosakata bahasa Inggris. Contohnya adalah untuk mengingat daftar belanjaan saat pergi ke toko (STORE) dengan akronim SpaghettiTomatoesOilRiceEggs. Semakin sering melakukan metode belajar bahasa Inggris dengan cara ini, maka kamu akan menjadi lebih kreatif dalam menghubungkan kata-kata.

Mengingat kosakata bahasa Inggris dapat dilakukan dengan menciptakan suasana belajar yang mendukung. Buatlah flashcard, kartu atau poster berisi kosakata-kosakata baru. Tempelkan di tempat yang sering kamu lewati misalnya di dinding kamar, di dekat cermin, pintu kamar mandi, dan sebagainya. Cara ini dapat membuatmu mengingat kosakata baru dengan cepat dan mudah.

Baca juga: 9 Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris Ampuh dan Terbukti

Menggunakan Kalimat Bahasa Inggris Sehari-Hari

Cara belajar bahasa Inggris berikutnya adalah menggunakan kalimat dalam percakapan sehari-hari. Ada jutaan kosakata yang dapat dibentuk menjadi frase, klausa, dan kalimat bahasa Inggris. Mulailah dengan menyusun kalimat sehari-hari yang sederhana. Misal kamu ingin makan nasi goreng hari ini. Kamu bisa mengatakannya dalam bahasa Inggris, yaitu: I want to eat fried rice today.

Untuk membuat kalimat bahasa Inggris, kamu perlu belajar Grammar dan Tenses. Materi Tenses dan Grammar dapat digunakan untuk menyusun kata-kata menjadi kalimat yang sesuai. Jangan berpikir Grammar dan Tenses itu susah ya. Pelajari saja pelan-pelan dan mulai dari materi paling mudah dulu, misalnya: Simple Present Tense, Simple Past Tense, Simple Future Tense.

Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Jika masih merasa malu dan tidak percaya diri berbicara bahasa Inggris di depan publik, kamu tetap bisa menggunakan kalimat bahasa Inggris sehari-hari. Berbicara bahasa Inggris dengan diri sendiri di depan cermin bisa menjadi salah satu cara belajar bahasa Inggris yang menyenangkan. Setidaknya dengan cara belajar otodidak ini akan membantu kamu belajar melafalkan bahasa Inggris lebih mahir.

Baca juga: Grammar Bahasa Inggris Nggak Susah Asal Kamu Tahu 6 Langkah Jitu Ini

Membaca Teks dan Buku Bahasa Inggris Satu Jam dalam 1 Hari

Teks Bahasa Inggris dapat ditemukan di mana saja. Misalnya pada buku, surat kabar, situs web, email, media sosial, bahkan pada bungkus makanan. Membaca adalah cara terbaik untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris. Membaca memberikan pengulangan kata-kata sehingga membantu untuk mengingat kosakata dengan cepat dan mudah. Lakukan kegiatan membaca teks atau buku bahasa Inggris paling tidak satu jam dalam 1 hari.

Untuk para pemula, kamu bisa memulai dengan membaca buku cerita anak dalam bahasa inggris. Selain dipenuhi dengan warna serta gambar menarik, buku cerita anak pada umumnya menggunakan tata bahasa dan kosakata sederhana. Jika sudah mulai terbiasa membaca buku cerita anak sederhana, tingkatkan level bacaan dengan membaca buku cerita bahasa Inggris yang lebih susah, seperti novel fiksi ataupun buku pengembangan diri berbahasa inggris.

Tidak hanya buku fisik, artikel bahasa Inggris di internet juga bisa menjadi bahan pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan. Apakah kamu sudah biasa untuk cek berita dan artikel dalam Bahasa Indonesia? Coba mulai untuk membiasakan diri untuk mencari berita terkini dalam Bahasa Inggris, baik itu berita tentang selebriti, bisnis, atau pun kesehatan. Beberapa contoh website yang sudah populer seperti Dailymail, CNN, dan Yahoo News. Tentunya masih ada banyak juga sumber berita bahasa Inggris di internet.

cara belajar bahasa inggris untuk pemula dengan mudah dan menyenangkan
cara belajar bahasa inggris untuk pemula dengan mudah dan menyenangkan

Menonton Film Bahasa Inggris Tanpa Subtitle

Cara belajar bahasa Inggris dengan menonton film tanpa subtitle cocok untukmu yang punya hobi nonton. Belajar sambil menonton film adalah cara menyenangkan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa. Dengan sering menonton film bahasa Inggris dapat membantumu untuk berbicara lebih natural.

Menonton film berbahasa Inggris meningkatkan kemampuan mendengarkan (listening) dan keterampilan berbicara (speaking). Pengucapan kosakata yang benar dapat ditingkatkan dengan menonton film berbahasa Inggris. Dengan cara ini, orang yang belajar bahasa Inggris dapat menguasai pemahaman dengan mempelajari frasa umum sehari-hari yang sangat berguna untuk komunikasi.

Salah satu film bahasa Inggris rekomendasi adalah Toy Story. Film ini cocok untuk belajar bahasa Inggris dan meningkatkan keterampilan percakapan. Film juga mengajari bentuk bahasa Inggris yang lebih alami dengan kosakata dan bahasa gaul. Melalui film, kamu dapat menghubungkan kata-kata dengan bahasa tubuh yang terkait.

Berbicara Bahasa Inggris Kapanpun dan Di manapun

Bagaimana cara berbicara bahasa Inggris dengan lancar? Pemula dapat meningkatkan kelancaran berbicara bahasa Inggris dengan melakukan kegiatan speaking kapanpun dan di manapun. Lakukan percakapan dengan orang-orang di sekitar dalam bahasa Inggris. Gunakan bahasa Inggris sesering mungkin dalam 1 hari.

Cara belajar menyenangkan dapat dilakukan dengan membuat Challenge untuk diri sendiri. Misalnya: ketika pergi ke sebuah tempat wisata, tantang diri untuk menggunakan bahasa Inggris dengan siapapun yang kamu temui di tempat tersebut. Jika mampu melakukannya, persiapkan reward untuk diri sendiri. Dan tantangan berikutnya siap ditaklukkan.

Jika masih malu berbicara bahasa Inggris, lakukan dengan diri sendiri saja dulu. Misalnya membayangkan kamu sedang berlibur ke pegunungan yang dingin, hijau, dan asri. Kira-kira apa yang akan kamu katakan? Mungkin kata-kata, “Wow, it’s very peaceful. I love the view. It’s amazing!” Coba ekspresikan apa yang sedang dibayangkan dengan kata-kata dalam bahasa Inggris.

Jangan lewatkan: 5 Cara Speaking Bahasa Inggris Tanpa Kursus ini Terbukti Ampuh

Menulis Apapun dalam Bahasa Inggris

Selain berbicara, cara belajar dengan mudah dan cepat adalah membiasakan diri menulis apapun dalam bahasa Inggris. Kegiatan menulis dapat dilakukan di buku catatan atau di handphone. Buka kamus dan aktif mencari kosakata baru setiap hari untuk disusun menjadi kalimat. Menulis minimal satu paragraf setiap hari dapat membantu meningkatkan pengetahuan bahasa Inggris.

Materi Grammar dan Tenses sering membuat seorang pelajar takut menulis dalam bahasa Inggris. Takut salah grammar atau tenses yang digunakan tidak tepat. Ikuti tips ini: tulis saja dulu. Setelah menulis, kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk mengoreksi tulisanmu. Semakin sering melakukan kegiatan menulis, maka kamu akan semakin paham penggunaan tenses dan grammar dalam bahasa Inggris.

Menulis apapun dalam bahasa Inggris adalah cara belajar yang efektif. Kamu bisa mulai dari tulis kegiatan harian dengan bahasa Inggris, menulis deskripsi diri, bercerita tentang teman atau sahabat, dan lain sebagainya. Saat ingin menulis, jangan lupa buka kamus bahasa Inggris atau Google Translate untuk membantu proses menulis.

Baca juga: 16 Tenses Bahasa Inggris dan Cara Cepat Mahir

Mengikuti Komunitas Online dalam Bahasa Inggris

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk belajar berbagai macam bahasa asing melalui Internet. Tak ada kendala yang berarti. Kendala terbesarnya adalah dirimu sendiri: seberapa besar keinginanmu belajar dan seberapa tinggi standar yang ingin dicapai.

Cara belajar bahasa Inggris berikut ampuh meningkatkan keterampilan yaitu dengan mengikuti forum, diskusi daring serta komunitas online dalam bahasa Inggris. Banyak orang di luar sana juga yang ingin belajar asing, terutama bahasa Inggris. Ada beberapa komunitas online di mana kamu bisa belajar bahasa asing yang ingin dipelajari. Ada yang gratis, berupa pertukaran belajar (saling belajar dan mengajar), dan ada juga yang berbayar. Beberapa contohnya adalah Rosetta Stone, My Language Exchange, iTalki, Busuu, Talk and Learn, dan sebagainya.

Selain itu, kamu juga bisa ikut grup belajar bahasa Inggris di media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok serta Youtube. Gunakan handphone serta kuota internet untuk menambah kosakata dan meningkatkan keterampilan bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris dari Buku atau Ikut Kursus

Belajar bahasa Inggris dapat dilakukan dengan mengikuti kursus atau les privat. Mengambil kursus bisa menjadi salah satu cara meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. Mempelajari pengetahuan dasar dapat menjadi fondasi untuk pemahaman dan praktik bahasa Inggris. Tentu saja untuk mengikuti sebuah kursus, kamu harus mengeluarkan uang untuk membayar tutor.

Jika ingin meningkatkan keterampilan sendiri tanpa ikut kursus, kamu bisa belajar bahasa bahasa Inggris dari buku. Ada berbagai macam buku panduan belajar bahasa Inggris untuk berbagai level dari anak-anak hingga dewasa. Belajar menggunakan buku akan mempermudah mengetahui materi yang harus dipelajari pertama kali terlebih dahulu, terutama untuk pemula.

EnglishCoo sudah menerbitkan satu ebook yaitu “A Great Start to Master English: Panduan Belajar Bahasa Inggris Level Pemula hingga Mahir” berisi materi lengkap, terstruktur, step by step. Ebook ini dalam format pdf dengan total halaman 687 halaman serta berwarna di setiap halamannya sehingga belajar bahasa Inggris menjadi menyenangkan. Ebook selengkapnya dibahas dalam link berikut: https://englishcoo.com/ebook-a-great-start-to-master-english/

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar bahasa Inggris? Setiap pelajar membutuhkan waktu yang berbeda-beda untuk menguasai bahasa Inggris. Ada yang belajar hanya 3 bulan, 6 bulan, sampai 1 tahun untuk mahir bahasa Inggris secara otodidak. Tentu saja kecepatan menguasai sebuah bahasa ditentukan oleh berbagai faktor seperti waktu belajar, kedisiplinan, ketekunan, serta motivasi dari dalam diri.

***

Itulah 9 cara belajar bahasa Inggris dengan cepat dan menyenangkan untuk pemula. Penting sekali untuk menerapkan tips tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Website: www.englishcoo.com
Facebook: englishcoocom
Instagram: englishcoocom
Youtube: EnglishCoo

Ngerasa minder bahasa Inggrismu gitu-gitu ajah? Ingin mahir berbahasa Inggris tapi bingung mulai dari mana? Cari tahu jawabannya di link berikut. Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Leave a Comment