9 Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris Ampuh dan Terbukti

Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris

EnglishCoo – 9 Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris sangat mudah diterapkan. Tips ini terbukti ampuh meningkatkan Vocabulary dan keterampilan berbahasa semakin maknyus.

Apakah kita bisa fasih berbahasa Inggris seperti masyarakat di negara tetangga yaitu Singapura? Yap, tentu saja bisa, asalkan ada niat serta keyakinan dalam diri kita. Apalagi ditunjang kemajuan teknologi, belajar Bahasa Inggris dapat dilakukan kapanpun dan di manapun secara online.

Selain meningkatkan keterampilan Listening, Reading, Speaking & Writing, cari tahu cara menambah kosakata Bahasa Inggris alias Vocabulary. Mengapa ini penting? Kosakata adalah kunci untuk membuka pintu keterampilan-keterampilan Bahasa Inggris lainnya.

Ketika meningkatkan skill reading (membaca), kadang kita menemukan banyak kata sulit. Akibatnya susah memahami isi teks atau bacaan. Begitu halnya saat mendengarkan, berbicara serta menulis dalam Bahasa Inggris, kita perlu perbendaharaan Vocabulary mumpuni.

Yuk simak 9 cara menambah Kosakata Bahasa Inggris berikut.

  1. Catat Makna dari Setiap Kata Baru yang Ingin Dipelajari
  2. Gunakan Sarana & Prasarana yang Ada di Sekelilingmu
  3. Selipkan Kosakata Baru dalam Percakapan Bahasa Inggris Sehari-hari
  4. Cari serta Pahami Ungkapan atau Idiom Bahasa Inggris
  5. Beranikan Diri untuk Berkontribusi dalam Sebuah Blog Bahasa Inggris
  6. Fokus pada Topik Menarik untuk Menambah Vocabulary
  7. Lakukan Tips Menambah Vocabulary Bahasa Inggris dengan Kuis
  8. Tempelkan Post-It Pada Area yang Sering Dilihat.
  9. Ulangi, Ulangi, dan Ulangi

By the way, tulisan ini hasil inspirasi dari seorang penulis lepas (baca tentang penulis di akhir artikel ya) dengan penambahan serta revisi dari EnglishCoo.

Jika kamu suka berbagi pengetahuan bahasa Inggris plus ingin dapat honor juga, baca: Yuk Menulis untuk EnglishCoo dan Berpenghasilan Online.

 

1. Catat Makna dari Setiap Kata Baru yang Ingin Dipelajari

Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris dengan Mencatat Makna Kata


Tips pertama menambah Vocabulary Bahasa Inggris adalah membuat daftar kata. Lihat benda-benda di sekitarmu lalu sebutkan dalam Bahasa Inggris. Boleh juga hal abstrak. Buatlah daftar benda/hal abstrak yang tidak kamu tahu Bahasa Inggrisnya. Jangan banyak-banyak, cukup 5 saja perhari.

Tulis daftar kata dalam sebuah buku (selanjutnya kita sebut Buku Sakti Kosakata). Buka kamus lalu cari tahu Bahasa Inggrisnya. Kemudian tulis kalimat menggunakan daftar kata tersebut. Buat contoh kalimat sebanyak mungkin, agar kamu ingat ejaan atau spelling-nya. Kuncinya hanya satu yaitu KONSISTENSI.

Jangan khawatir apabila merasa blank saat menulis contoh kalimat. Kamu bisa membuka ponsel pintar alias smartphone. Tulis di browser dengan keyword “Cambridge Dictionary” atau “Meriam Webster“. Ketik sebuah kosakata, dan BOOM!!! Kamu akan menemukan definisi dalam Bahasa Inggris beserta contoh kalimatnya. Manfaatkan Google Translate jika ingin tahu artinya dalam Bahasa Indonesia. Wah, mudahnya!

Ingat ya, jumlah katanya jangan banyak-banyak. Percuma saja ambisius menambah lebih dari 20 kosakata baru perhari, tapi hasilnya tidak maksimal. Ingatan tentang daftar kata itu hanya akan bertahan beberapa hari saja karena jumlah kosakatanya kebanyakan. Penulis sudah pernah mengalami hal tersebut. Jadinya malah buang-buang waktu deh.

Ikuti tips menambah kosakata Bahasa Inggris ini perlahan-lahan namun pasti dan setiap hari. Cara ini membuat Vocabulary baru tersimpan sebagai long-term memory. Mulai dengan jumlah sedikit dulu. Ada pepatah mengatakan “Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit”. Pepatah tersebut juga berlaku kok ketika belajar bahasa inggris. Keep trying and do your best!

Ingin memperbanyak perbendaharaan kosakata Bahasa Inggris seperti kata benda, sifat dan keterangan? Yuk baca artikel-artikel berikut.

 

2. Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris dengan Menggunakan Sarana & Prasarana di Sekelilingmu

Jaman sekarang siapa sih nggak pernah menonton film atau mendengarkan lagu berbahasa Inggris? Tentu saja banyak di antara kamu pernah melakukannya. Film, serial TV, buku, podcast ataupun lagu bisa menjadi sarana pas untuk meningkatkan Vocabulary.

Nggak usah jauh-jauh mencari tips menambah Vocabulary Bahasa Inggris. Perhatikan sekelilingmu. Cari sarana yang cocok untukmu. Entah itu menonton film atau serial TV, mendengarkan lagu atau podcast, serta membaca buku atau majalah berbahasa Inggris.

Gimana kalau nggak suka semua kegiatan tersebut? Nah, cobalah memaksa diri melakukan salah satunya. Misalnya menonton film berbahasa Inggris. Tonton film sama berulang-ulang. Saat pertama kali menonton, boleh saja menggunakan subtitle Bahasa Indonesia. Berikutnya, gunakan subtitle Bahasa Inggris.

Pahami percakapan dalam film tersebut. Jika ada kata sulit (difficult words), tulis dalam Buku Sakti Kosakata. Tulis semua Vocabulary, frase atau kalimat sulit yang ditemukan setelah berkali-kali menonton. Apabila filmnya sudah selesai, pelajari difficult words lalu cari artinya di kamus Bahasa Inggris online.

Jika sudah tahu makna semua kata sulit, tonton film tersebut sekali lagi. Untuk apa? Supaya pemahamanmu meningkat. Dengan menonton film, kita bisa mengetahui maknanya, kapan dan dalam situasi apa digunakan serta bagaimana cara pengucapannya (pronounciation). Selain menambah kosakata Bahasa Inggris, cara ini dapat melatih skill reading dan listening. Wah, komplit banget ya.

Yuk tingkatkan keterampilan berbahasa Inggris: Listening & Reading. Baca artikel berikut dan praktekkan!

 

3. Baca kembali Buku Sakti Kosakata dan Gunakan Kosakata Baru dalam Percakapan Sehari-hari

Tips Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris dengan Percakapan Idiom uUgkapan

Setelah memiliki daftar beberapa kosakata Bahasa Inggris, kamu perlu rehat sejenak. Rehat, bukan berarti bermalas-malasan ya. Gunakan beberapa hari untuk menulis kata sulit. Kemudian manfaatkan satu/dua hari untuk membaca kembali Buku Sakti Kosakata.

Saatnya praktek nih. Setelah membaca-baca Buku Sakti Kosakata, kini waktunya berlatih menggunakan semua kata tersebut. Gunakan kosakata baru dalam percakapan sehari-hari. Kamu bisa menyelipkan kata baru ketika ngobrol Bahasa Inggris dengan teman, kakak, adik, pacar, ataupun mantan pacar, ups!

Apakah praktek penting? Ya tentu saja. Kegiatan ini membawamu pada tingkat pemahaman lebih tinggi. Plus membuatmu semakin ingat Vocabulary dalam Buku Sakti Kosakata. Bisa bayangkan bagaimana jadinya jika kita menumpuk-numpuk informasi baru di kepala? Kosakata lama yang belum dipahami betul akan tergantikan dengan kosakata baru. Wadaw, cape deh!

Oleh karena itu, sering-seringlah membaca-baca kembali Buku Sakti Kosakata. Jangan lupakan praktek. Gunakan kosakata saat berbicara dengan diri sendiri ataupun orang lain. Agar lebih teratur, buatlah jadwal menambah kosakata Bahasa Inggris. Tentukan kapan saatnya menulis kosakata baru dan kapan waktunya menggunakan dalam percakapan.

Sedang mencari contoh percakapan Bahasa Inggris? Berikut beberapa dialog dengan tenses berbeda. Check them out!

 

4. Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris dengan Memahami Ungkapan atau Idiom

Tips menambah kosakata Bahasa Inggris adalah mencari idiom atau ungkapan Bahasa Inggris. Pahami arti beberapa peribahasa/ungkapan. Jangan menerjemahkannya perkata. Cari tahu artinya serta pahami penggunaannya dalam kalimat lalu buat kalimat sendiri menggunakan idiom.

Yuk perhatikan contoh idiom Bahasa Inggris serta penggunaannya dalam kalimat berikut.
1). SEE EYE TO EYE
Idiom ini bermakna persetujuan terhadap sebuah diskusi terdiri atas dua orang atau lebih. Apabila diterjemahkan perkata artinya menjadi melihat mata ke mata, agak kurang nyambung kan. Biar lebih paham, simak penggunaan idiom dalam kalimat.

  • Khoirunnisa and her father see eye to eye about the best school for her. (Khoirunnisa dan ayahnya setuju tentang sekolah terbaik untuknya.)
  • I am glad that we see eye to eye on the next project. (Saya senang bahwa kita telah mencapai persetujuan atas projek selanjutnya.)

2). TAKE WITH A GRAIN OF SALT
Idiom di atas mempunyai arti menerima sebuah perkataan tapi kurang yakin dengan kebenarannya. Jika diterjemahkan perkata artinya mengambil dengan sebutir garam. Sepertinya makna keseluruhan kurang berhubungan dengan arti perkata. Agar lebih paham, baca penggunaan idiom dalam kalimat.

  • I have read an article about the politic issue, and I take it with a grain of salt. (Saya telah membaca berita tentang masalah politik, dan saya tidak terlalu serius menanggapinya.)
  • I will take anything he says with a grain of salt. He has a habit of exaggerating things. (Saya tidak akan menanggapi serius apa yang dia katakan. Dia mempunyai kebiasaan melebih-lebihkan sesuatu.)

Apakah kamu pernah melakukan cara menambah kosakata tersebut? Pernahkah menggunakan idiom dalam kalimat atau percakapan Bahasa Inggris? Idiom dapat memperkaya kosakata Bahasa Inggris lho. Yuk cari tahu lebih banyak idiom lalu gunakan dalam keseharian.

Yuk menambah kosakata Bahasa Inggris dengan cara menyenangkan lewat poster atau spanduk. Jangan lewatkan artikel-artikel berikut:

 

5. Praktek Menulis Bisa Menjadi Satu Tips Menambah Kosakata Bahasa Inggris. Beranikan Diri untuk Berkontribusi dalam Sebuah Blog.

Tips Meningkatkan Kosakata dengan Fokus pada Topik dan Praktek Menulis di Blog
Pernah membaca sebuah artikel di internet? Jangan bilang belum pernah ya. Terbukti kamu pernah melakukannya karena sekarang sedang membaca artikel ini. Untuk menambah kosakata Bahasa Inggris, sebaiknya kamu membaca artikel berbahasa Inggris. Bisa juga mengunjungi blog belajar Bahasa Inggris seperti EnglishCoo.

Membaca sebuah artikel Bahasa Inggris di website atau blog adalah cara menyenangkan untuk menambah kosakata. Hanya saja, kamu akan menjadi pelajar pasif karena hanya membaca/mendengarkan saja (Reading & Listening). Sedangkan pelajar aktif biasanya melakukan kegiatan menulis dan berbicara (Writing & Speaking). Bagaimana caranya beralih dari pelajar pasif menjadi aktif?

Salah satunya adalah memberanikan diri untuk berkontribusi di sebuah blog. Menulis artikel di sebuah blog atau website jauh lebih menyenangkan. Mengapa demikian? Karena dipaksa menjadi seorang pelajar aktif yang fokus pada hasil karya. Kamu dapat menggunakan semua Vocabulary yang telah dipelajari ke dalam sebuah tulisan sesuai topik yang menarik bagimu.

Saat menulis, mungkin ada kata yang pernah dipelajari namun lupa artinya. Nah saatnya mengingat kembali kosakata tersebut. Proses ini penting sekali di mana kamu sedang mempelajari ulang Vocabulary yang telah ada di memori sebelumnya. Kegiatan ini dapat meningkatkan ingatan serta pemahaman kosakata Bahasa Inggris. Tentu saja, sebuah karya tulis memesona tercipta dari pemahaman luar biasa.

Merasa belum yakin nulis untuk orang lain? Tenang, kamu bisa membuat blog pribadi lalu membagikan tulisanmu di sana. Ada blog yang gratis, ada juga blog berbayar. Sebagai permulaan, buatlah blog gratis di internet seperti pada platform WordPress, Tumblr, Blogspot. Bagikan tulisanmu kepada orang lain. Dengarkan saran/kritikan mereka. Perbaiki dan teruslah belajar. Itulah karakter seorang pemenang!

Yuk tingkatkan keterampilan berbahasa Inggris: Speaking, Listening, Reading, Writing. Baca artikel berikut dan praktekkan!

 

6. Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris dengan Fokus pada Topik yang Menarik Bagimu

Apakah kamu punya ketertarikan di bidang tertentu? Misalnya punya hobi berhubungan dengan kuliner, fashion, traveling, novel, blogging, sport, seni & kreativitas, pendidikan, pertanian, ekonomi, game, komputer, pengembangan diri, musik, fotografi, dan masih banyak lagi. Jangan sampai bingung menentukan topik menarik bagimu ya!

Tentukan topik sesuai minatmu. Sebaiknya fokus pada satu atau dua topik dulu. Kemudian cari literatur Bahasa Inggris sesuai topik tersebut, bisa berupa buku, film, majalah, artikel-artikel di internet, video, podcast & audio lainnya. Kini saatnya membaca & mendengarkan (Reading & Listening). Kegiatan ini pasti menyenangkan karena berhubungan dengan topik favoritmu.

Let say kamu tertarik dengan topik pengembangan diri, dalam Bahasa Inggris disebut Self Development. Baca buku atau majalah tentang karakter dan motivasi diri. Tonton film dan video atau dengarkan audio tentang pengembangan karir serta semangat untuk menjadi pribadi lebih baik. Kamu bisa membaca artikel di internet atau menonton video Simon Sinek di youtube.

Jika kamu memutuskan untuk membaca artikel Bahasa Inggris, lakukan berulang-ulang. Begitupun jika ingin mendengarkan audio. Pahami apa yang sedang dibaca atau didengar. Jangan lupa mencatat kata-kata sulit pada Buku Sakti Kosakata. Catatan ini akan sangat berguna saat praktek membuat tulisan tentang topik tersebut.

Selain sebagai tips menambah kosakata Bahasa Inggris, kegiatan ini mampu meningkatkan keterampilan lainnya. Hal yang diperlukan adalah kedisiplinan. Supaya lebih menyenangkan, kamu bisa memberikan hadiah (reward) kepada diri sendiri apabila telah mencapai target. Sebaliknya, memberi konsekuensi, tapi nggak terlalu sadis ya, apabila target tidak tercapai pada tenggat waktu yang telah ditentukan.

 

7. Mengikuti Kuis adalah Satu Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris. Beranikah Kamu Melakukannya?

Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris dengan Mengikuti Quiz dan Menempel Post It
Sebelumnya kita sudah membahas cara menambah kosakata Bahasa Inggris dengan fokus pada satu topik manarik. Nah, sekarang saatnya meningkatkan perbendaharaan Vocabulary melalui kuis Bahasa Inggris. Cara ini tentu saja ampuh menambah banyak kosakata baru. Apabila suka permainan, metode kuis akan jadi cara belajar menyenangkan nih.

Di mana sih kita bisa menemukan kuis Bahasa Inggris? Terdapat banyak situs di internet menyediakan quiz Bahasa Inggris seperti Merriam-Webster, Vocabulary.com, Vocabtest, Cambrige-Dictionary, dan masih banyak lagi. Apabila memungkinkan, lakukan kuis sama berulang-ulang sehingga jadi semakin ingat kosakata-kosakata baru. Awalnya cara ini mungkin agak susah. Pelan-pelan saja & jangan sampai frustasi ya!

Bingung menentukan topik kuis yang akan diikuti? Apakah harus mencari kuis satu tema dengan daftar kata dalam Buku Sakti Kosakata? Jawabannya tidak. Ikuti kuis bertema bebas. Jika ada pelevelan, pilih level paling rendah dulu ya. Setelah mencapai nilai tertinggi dalam level pemula, kamu dapat menaikkan level pada kuis berikutnya.

Untuk memudahkan saat mengikuti kuis, kamu bisa mempelajari materi yang disajikan dalam website terlebih dahulu. Setelah itu baru deh mengikuti kuis. Tapi hal tersebut tidak mutlak. Tantang diri untuk langsung mengikuti kuis Bahasa Inggris tanpa mempelajari materi sebelumnya. Jangan lupa mencatat kosakata baru ditemukan nanti dalam Buku Sakti Kosakata.

Satu lagi tak kalah penting adalah Time Management. Buat jadwal kapan cara menambah kosakata ini diterapkan. Set up alarm berapa lama kamu akan mengikuti kuis dalam sehari. Jangan sampai keasyikan dan melupakan pekerjaan lainnya. Kebanyakan kuis juga tidak efektif, parahnya dapat menimbulkan kebosanan. Nggak mau kan aktivitas menyenangkan malah jadi membosankan?

Ingin mahir berbahasa Inggris? Temukan rahasia dalam artikel berikut:

 

8. Catatan Kecil Post-It dapat Membantu Mengingat Kosakata Baru. Letakkan atau Tempelkan Pada Area yang Sering Kamu Lihat.

Apakah dengan mencatat daftar Vocabulary baru pada Buku Sakti Kosakata saja sudah cukup? Ternyata masih bisa dikembangkan. Masih ada banyak tips menambah kosakata Bahasa Inggris serta mengingatnya. Salah satu caranya adalah menggunakan media Post-It atau Sticky Notes.

Post-It biasanya digunakan sebagai pengingat deadline tugas atau pekerjaan. Banyak pekerja kantoran memanfaatkan kertas kecil berdaya rekat rendah ini. Saat belajar Bahasa Inggris, kamu pun dapat memanfaatkannya untuk mengingat kosakata baru. Cara ini sangat efektif lho.

Tulis sebuah kata berukuran huruf agak besar agar tampak dari jarak 1 meter. Jika masih ada ruang tersisa, tulis serta makna kata berukuran huruf lebih kecil. Tempel Post-It pada area yang sering dilihat, misalnya pintu kamar, cermin, meja belajar, dinding kamar, serta tempat-tempat yang sering dilewati.

Jangan lupa mengganti kosakata Post-It setelah beberapa hari atau seminggu sekali. Jangan sampai satu kata mejeng di tembok selama berminggu-minggu bahkan sampai berbulan-bulan. Kalau sudah begitu, tips menambah Vocabulary Bahasa Inggris jadinya kurang efektif. So, tentukan kapan kamu mengganti kata pada Post-It lama menjadi kosakata baru.

Ingin mengetahui nama buah atau nama hewan dalam Bahasa Inggris? Pahami juga makna kosakata yang sering membingungkan berikut:

 

9. Ulangi, Ulangi, dan Ulangi. Suatu Hari Cara Ini Akan Mengantarkanmu Pada Sebuah Kemahiran.

Cara Menambah Kosakata Bahasa Inggris dengan Belajar Konsistensi
Tips menambah kosakata Bahasa Inggris terakhir dan paling menentukan kemahiran adalah mengulangi. Apa yang diulangi nih? Membaca & memahami kembali semua daftar Vocabulary dalam Buku Sakti Kosakata.

Mengulang semua daftar kata? Semuanya? Ya, semuanya. Dari Vocabulary pertama sampai terakhir. Metode ini tak akan menjadi kendala apabila benar-benar memahami setiap kata yang kamu tulis dalam Buku Sakti Kosakata. Sebanyak apapun menambah kosakata baru, akan butuh sedikit waktu untuk mengingatnya. Kegiatan mengulang ibaratnya review, seperti Ulangan di sekolah.

Itulah sebabnya mengapa kamu harus benar-benar paham makna Vocabulary baru. Jika hanya sekedar menambah kata pada Buku Sakti Kosakata, kesulitan besar sedang menunggu pada tahap akhir ini. Nggak mau kan bersantai di awal lalu berakhir dengan kebakaran jenggot? Jika terus menerus begini, kemahiran jadi menjauh deh. Duh!

Banyak pelajar merasa agak malas melakukan pengulangan. Beberapa alasan terlontar seperti capek, sudah paham makna kata, kekurangan waktu, terlalu banyak Vocabulary, dsb. Lakukan saja & abaikan alasan-alasan tersebut. Jika konsisten melakukannya, rasa lelah juga pengorbananmu pastinya terbayar dengan rasa bangga karena kosakata bertambah. Level Bahasa Inggris pun meningkat. Setiap usaha yang konsisten tentu indah pada waktunya.

Jangan lupa hargai setiap progress sebagai salah satu bentuk apresiasi diri. Sebuah kutipan bijak dari Dwayne Johnson mengatakan “Success isn’t always about greatness. It’s about consistency. Consistent hard work leads to success. Greatness will come.”

***

Dari semua cara menambah kosakata Bahasa Inggris, yang mana sudah pernah kamu lakukan? Kosakata (Vocabulary) adalah materi yang dapat menunjang peningkatan keterampilan lainnya seperti Speaking, Listening, Reading dan Writing. Analoginya, kosakata adalah batu bata yang menjadi fondasi dari sebuah bangunan utuh yaitu Bahasa Inggris. Semakin kuat fondasinya, semakin kokoh bangunan tersebut. Jadi, apakah kosakatamu sudah cukup kuat untuk menopang keterampilan Bahasa Inggris?

Sekilas tentang Penulis: DEDE ALAN MAULANA
Alumni Universitas Padjadjaran – Bandung, S1 program studi Hubungan Internasional. Panggilannya Alan; memiliki ketertarikan dalam menulis (jurnalistik) dengan berbagai isu, mulai dari politik domestik sampai internasional, ekonomi, sosial, sejarah dan life style. Konsistensi dan totalitas merupakan prinsip yang dipegang teguh. Apabila ada kritik, saran, dan masukan tentang tulisan, silahkan kirim ke maulanad.allan@gmail.com. Terimakasih.

About Deari

I am a blogger who like to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.