Tips Belajar Bahasa Inggris ini Terbukti Ampuh untuk Pemula

Tips Belajar Bahasa Inggris dari kesalahan para pelajar pemula

EnglishCoo – Tips belajar bahasa Inggris udah banyak bertebaran di internet. Tapi kali ini saya akan membagikan sejumlah kesalahan yang dilakukan oleh para pemula sehingga mereka gagal. Jika ingin sukses, baca dan serap ilmu dari mereka.

Belajar Bahasa Inggris bisa jadi sebuah keharusan karena beberapa alasan yang memaksamu untuk mempelajarinya. Apapun alasannya, kamu harusnya memiliki sikap positif dan bersemangat agar tidak pernah berhenti saat mengalami kegagalan. Sikap positif biasanya datang di awal dan seringkali menyurut saat mengalami kesulitan.

Tentu saja, semua orang ingin mencapai kesuksesan dan meraih tujuan yaitu mahir berbahasa asing. Namun banyak yang pada akhirnya berhenti di tengah jalan karena berbagai alasan.

Pertama, merasa tidak memiliki pengetahuan yang cukup untuk naik ke level berikutnya, padahal pengetahuan akan bertambah ketika ada niat dan usaha.

Kedua, sudah mencoba belajar, tapi belum berhasil. Sering kali menunda karena sibuk kerja atau buat tugas lain. Padahal nggak harus menghabiskan waktu berjam-jam, cukup setengah sampai satu jam perhari. Ini masalah sikap dan kebiasaan saja.

Ketiga, tidak punya kenalan, teman atau partner yang bisa diajak berlatih berbicara (speaking), padahal berlatih bisa dilakukan dengan siapa saja.

Keempat, biaya kursus mahal dan tidak punya uang untuk bayar uang kursus atau les privat, padahal ada banyak tips belajar bahasa Inggris gratis di internet. Itu pun kalau mau searching.

Dan masih banyak rentetan alasan membenarkan keputusanmu untuk berhenti melangkah. Pada akhirnya, kamu gagal menguasainya.

Nah, untuk bisa berteman dengan kesuksesan sekaligus berdamai dengan kegagalan, nih tipsnya. Simak 10 sikap yang harus diperhatikan dan nggak boleh dilakukan agar tetap bisa mempertahankan sikap positif dan sukses berbahasa Inggris.

 

1. Antipati dengan Orang Baru. Jika kamu salah satunya, lakukan tips belajar bahasa Inggris ini: SMILE

Tips belajar bahasa Inggris yang pertama adalah tidak antipati dengan orang baru

Bahasa Inggris, seperti bahasa lainnya adalah alat yang digunakan untuk berkomunikasi dengan sesama manusia, terutama orang baru.

Untuk bisa menguasai sebuah bahasa dengan baik, kamu harus menikmati pertemuan dengan orang baru kemudian berkomunikasi. Mau nggak mau harus mau bertemu dan berkomunikasi dengan mereka.

Semakin sering berkomunikasi dengan berbagai macam karakter baru, semakin banyak pengetahuan yang kamu miliki. Juga semakin fasih mengaplikasikan teori-teori yang telah dipelajari.

Ketika bertemu dengan orang di bus, antri di lotre atau taman sembari menunggu teman atau rekan, bertemu banyak orang di rumah sakit, sekolah dan tempat-tempat umum lainnya, sebaiknya mulai tersenyum.

Pasti ada kalanya senyumanmu tak berbalas. Jangan khawatir, dari seratus senyum yang diberikan kepada seratus orang, pasti ada 10 lebih yang membalas. Jadi, mulailah tersenyum kepada wajah baru.

Tips belajar bahasa Inggris ini ampuh banget lho. Selain itu, sikap positif akan membuatmu lebih gampang bergaul dan berinteraksi dengan orang baru. Sehingga tidak akan canggung lagi apabila memulai percakapan dengan bule atau turis asing.

Percakapan bahasa Inggris dengan turis tak perlu ditakuti. Dengan 7 tips ampuh ini pasti bikin kamu pede: 7 Tips Ampuh Memulai Percakapan dengan Turis Asing / Bule

 

2. Berpikir bahwa Grammar Sulit dan Rumit. Padahal yang bikin rumit ya pikiranmu.

Tips belajar bahasa Inggris yang ampuh yaiti awali dengan berpikir bahwa Grammar sangat mudah

Grammar sering kali menjadi pelajaran yang dihindari dan dibenci. Mengapa? Karena susah dan banyak hapalan juga aturan plus pengecualian.

Contoh, penggunaan artikel “a” dan “an” didasarkan pada huruf awal kata, apakah vokal atau konsonan. Jika huruf awal kata adalah vokal, misalnya kata Apple maka digunakan artikel “an” menjadi “an apple”. Apabila kata diawali dengan konsonan, seperti kata girl maka digunakan artikel “a” menjadi “a girl”.

Namun ada beberapa kata yang tidak mengikuti aturan tersebut seperti “a uniform”, “an homage” dan beberapa kata lainnya. Nah, jika tidak didalami dengan baik, hal ini membuatmu cepat menyerah karena harus lagi lagi menghapalkan. Padahal grammar bukan untuk dihapal lho. Tapi dilatih sesering mungkin sehingga makin paham.

Terlebih lagi dengan dijabarkannya bahwa ada sampai 16 tenses yang mana penggunaannya berbeda-beda berdasarkan waktu. Wah, jadi tambah puyeng karena harus menghapal puluhan tenses yang masing-masing punya aturan dan pengecualian.

Selain itu ada lagi kelompok kata kerja atau Verb yang penggunaannya berbeda-beda, seperti infinitive (verb 1), past verb (verb 2) dan past participle (verb 3). Semakin pening dan semakin yakin deh kalo itu rumit. Padahal nggak segitunya juga koq.

Ingat saja, grammar adalah satu bagian dari seluruh materi Bahasa Inggris. Hanya satu bagian saja, jadi jangan terlalu pusing. Pada intinya ia ada untuk membantumu berkomunikasi dengan lebih baik. Jika punya pikiran materi itu rumit, ia akan menjadi semakin sulit.

Jadi, ubahlah mindset menjadi itu mudah. Gimana caranya? Perbanyak latihan atau praktek. Tips ini membuatmu semakin paham apa manfaat belajar.

Grammar itu sulit? Segera lakukan 6 step berikut, mulai dari kenalan sampai jadi teman akrab: Grammar Nggak Susah Asal Kamu Tahu 6 Langkah Jitu Ini

 

3. Mengeluh Karena Terlalu Banyak Yang Harus Dihapal. Hapalan lagi, hapalan lagi. Kamu nggak harus menghapal, tapi PAHAMI

Tips belajar bahasa Inggris agar sukses adalah berhenti mengeluh karena terlalu banyak hapalan

Tidak hanya aturan tenses yang harus dihapal, ejaan atau pengucapan juga terkadang membuat pelajar cepat stress. Saat ejaan terus menerus salah dan pengucapan terus keliru, hal ini akan memicu keluhan datang dari dalam diri dan mengakibatkan stress.

Semakin banyak mengeluh karena terlalu banyak hal yang harus dihapal semakin membuatmu enggan untuk melanjutkan kegiatan.

Seperti manusia kebanyakan, kita cenderung ingin sesuatu yang serba instan.

Kita ingin bisa paham semua materi Bahasa Inggris sampai ke level tertinggi setelah ikut 12 kelas dalam satu kursus. Namun, kita jarang melakukannya sendiri. Banyak pelajar pemula gagal karena latihan mendengarkan jika ada jamnya saja, praktek menulis saat diminta, berlatih membaca ketika disuruh, dan berbicara jika dipaksa.

Tentu saja, menguasainya dengan cepat mungkin terjadi karena tidak ada hal yang mustahil, asal kita berusaha. Saya ulang lagi, asal kita berusaha. Namun kenyataannya, memiliki kebiasaan terlalu banyak mengeluh akan menurunkan usahamu, bahkan sampai level terendah.

Jadi, jangan mengeluh karena terlalu banyak hal yang harus dikerjakan atau dihapal. Tapi pahami materi, kerjakan dengan konsisten dan terus menerus kemudian lihat hasilnya sehingga sikap positif akan terus terbentuk.

 

4. Cepat Menyerah Padahal Hanya Sedikit Usaha. Lakukan Tips belajar bahasa Inggris ini: EVALUASI

Cepat menyerah dan sedikit usaha adalah tips belajar yang tidak tepat

Pernah merasa telah melakukan banyak hal tapi belum juga bisa? Sudah praktek setiap hari namun belum juga mahir speaking?

Sudah sering menonton dan mendengarkan video namun belum juga mahir dengan cepat? Telah berusaha menghapal namun tak kunjung pintar? Telah menerapkan berbagai tips belajar yang tepat tapi bahasa Inggris masih belepotan.

Iya, saya yakin kamu telah mengupayakan banyak hal untuk bisa pintar berbahasa Inggris. Namun, itu semua belum cukup. Apa??? Belum cukup??? Udah tiap hari belajar, tapi belum cukup???

Kamu harus mengevaluasi apa yang sudah diusahakan. Jangan hanya melihat kuantitas – seberapa sering melakukannya – tapi lihatlah kualitas usahamu, bagaimana melakukannya.

Walaupun sudah praktek speaking setiap hari, jika hanya berbicara dengan orang sekitarmu saja atau mereka yang dikenal saja, ya level nggak naik-naik. Cobalah berlatih dengan orang lain, terutama bule atau yang tidak dikenal. Lakukan tips belajar bahasa Inggris dan usahakan hal yang lebih berkualitas.

 

5. Menyepelekan Materi dan Bosan Karena Merasa Diri Sudah Pintar. Ini adalah benih kegagalan jika tidak segera diperbaiki.

Tips belajar bahasa Inggris tentang kerendahan hati. Menyepelekan materi dan merasa diri sudah pintar adalah benih kegagalan

Banyak pelajar yang merasa udah tahu lebih banyak, akan menyepelekan materi dasar. Saat kamu sudah tahu tentang Simple Present Tense, penggunaan TO BE dalam kalimat dan penambahan S/ES dalam kata kerja, jangan pernah menyepelekannya ketika mendapat pertanyaan.

Saat diulang berkali-kali, pelajar yang merasa diri sudah pintar sering merasa bosan. “Ah, boring!” kata mereka. Rasa bosan membuatmu enggan mempelajari Bahasa Inggris karena terlalu mudah.

Apabila kreatif, di dalam materi yang sangat mudah bahkan sepele, kamu bisa mendapatkan ide apabila tetap menjaga antusiasme. Dari materi tersebut akan timbul pertanyaan-pertanyaan unik seperti mengapa She/He/It menjadi satu kelompok yang menggunakan Does untuk kalimat pertanyaan.

Kamu juga bisa menguji levelmu dengan membuat kalimat yang lebih kompleks menggunakan To Be (is am are), tidak hanya sebatas SPO seperti “” Kamu bisa menyusun kalimat yang lebih kompleks seperti “I am a searching-for-the-truth learner who obviously love knowledge.

Sikap positif ini jauh lebih berguna daripada mempertahankan sikap bosan karena soal yang terlalu mudah.

 

6. Terlalu Khawatir Padahal Belum Memulainya. Tips belajar bahasa Inggris yang tepat adalah + + +

Terlalu khawatir padahal belum mulai belajar bahasa Inggris adalah sebuah kesalahan

Saya pernah berkomunikasi dengan seorang karyawan swasta yang ingin mahir berbahasa Inggris. Ia berencana mengambil les privat, namun ragu dengan beberapa hal.

Ia khawatir apakah guru bisa memenuhi kebutuhan dan membantunya berpindah dari keadaan “tidak bisa” menjadi “mahir”.

Selain itu, ada juga kasir restoran yang khawatir apakah ia akan bisa sebelum ia benar-benar memulainya.

Ketakutan seringkali mejadi beban tersendiri. Ketakutan akan sesuatu selalu datang sebelum sesuatu benar-benar terjadi. Hal ini wajar saja.

Namun, jangan sampai ketakutan mempengaruhimu. Jika ketakutan telah mempengaruhimu, kamu akan mulai merasa bahasa Inggris sama sekali bukan Passionmu karena terlalu sulit. Apa yang dikhawatirkan menjadi kenyataan: kamu gagal.

Apa tipsnya agar tidak terlalu khawatir atau tidak terlalu takut sebelum memulainya?

Hanya satu tips yaitu Positive Thinking, pikiran atau sikap positif. Jangan memandang rendah kepada calon guru yang akan mengajarimu dan jangan merendahkan kemampuanmu. Dengan begitu, kamu akan lebih menikmati setiap proses menjadi lebih baik dan semakin mahir berbahasa asing.

 

7. Takut Salah Spelling, Tata Bahasa dan Pronunciation. Jika terus-terusan begini, kamu jalan di tempat

Jika takut salah, ketahui tips belajar bahasa inggris ini: kesalahan perlu diperbaiki agar sukses

Tips belajar bahasa Inggris berikutnya adalah PRAKTEK. Kita sering sekali melakukan hal berikut: takut salah sehingga nggak jadi praktek. Takut salah sehingga nggak jadi belajar. Takut salah sehingga nggak jadi pintar.

Semua orang pernah merasa takut. Semua pernah merasa minder karena melihat kekurangan diri. Juga pernah merasa malu setelah melakukan kesalahan.

Melakukan kesalahan akan menjadi hal yang berharga apabila memperbaikinya. Kamu mendapat pelajaran berharga dari kesalahan. Apabila tidak pernah salah, kamu tidak akan pernah melangkah maju karena takut mencoba.

Kesalahan spelling, tata bahasa dan pronunciation adalah hal wajar untuk mereka yang masih pemula. Bahkan dosen atau guru pun pernah melakukan kesalahan. Asalkan diperbaiki, kesalahan menjadi benih kesuksesan.

Jadi, lakukan saja. Apabila salah, ya perbaiki dan lakukan lagi dengan upaya yang lebih berstrategi. Sikap positif ini akan membawamu ke level lebih tinggi.

Takut gagal ngobrol sama bule? Kamu bakalan sukses jika tahu tips menghindari hal-hal ini: Kenali 10 Kesalahan Fatal Saat Ngobrol dengan Bule

 

8. Terlalu Percaya Pada Stereotype tentang Bule. Nggak semua bule seperti yang dipikirkan koq.

Terlalu percaya pikiran orang tentang bule tidak menjamin bahasa Inggrismu maju

Banyak yang mengatakan bahwa bule itu strict. Kita tidak boleh bertanya hal-hal berhubungan dengan privasi kepada bule, salah satu contohnya bertanya tentang usia.

Namun, jangan terlalu percaya dengan stereotype demikian. Terkadang ada bule tidak berkeberatan memberitahumu usia mereka.

Selain itu, ada juga stereotype bahwa semua bule bisa Bahasa Inggris. Padahal nggak semua. Bahkan ada juga tidak bisa seratus persen. Hanya tahu Yes, No dan Thank you. Jadi, jangan terlalu percaya dengan stereotype bahwa semua bule pintar casciscus pake bahasa Inggris.

Jika kamu tahu sterotype lain tentang bule, telusuri dulu. Jangan langsung percaya. Cari tahu kebenarannya sehingga tidak terlalu khawatir untuk bercakap dengan bule.

 

9. Minder Karena Merasa Diri Tidak Memiliki Pengetahuan Hebat. Tips belajar bahasa Inggris untuk ini hanya dua huruf yaitu PD.

Minder dan merasa malu tidak memberikan efek bagus untuk perkembangan bahasa Inggrismu

Ada yang bosan karena merasa diri sudah pintar, nah ini kebalikannya, yaitu minder karena merasa diri kurang mampu.

Saya pernah berbincang-bincang dengan seorang murid yang mengambil les privat. Ia bilang kalau ia punya teman yang Bahasa Inggrisnya kurang (menurut murid saya), namun suka Speak Up. Walaupun kemampuan murid saya lebih baik, namun ia tidak bisa seberani dan selancar temannya.

Menurut saya, selain takut salah, murid ini masih minder karena merasa tidak memiliki pengetahuan sehebat temannya. Padahal temannya sering salah dalam ngomong atau saat nulis status di media sosial, namun temannya tetap percaya diri.

Perasaan kurang percaya diri menghambat perkembangan keterampilan speaking. Untuk menanggulangi hal tersebut, saya minta ia mencari teman bicara yang nyaman. Tips belajar bahasa Inggris ini terbukti bikin keterampilannya maju pesat.

Cari teman ngobrol yang membuatmu merasa lebih leluasa berekspresi sehingga meningkatkan keterampilan speaking. Tetaplah menjaga batasan jangan sampai mendominasi percakapan agar teman ngobrol merasa nyaman.

 

10. Merasa Nggak Memiliki Waktu dan Nggak Mungkin Mahir dalam Waktu Singkat.

Tips belajar bahasa Inggris tentang waktu, yaitu atur waktumu dengan baik agar sempat belajar

Kesalahan terakhir dan sering dilakukan pemula berkaitan dengan waktu. Sikap ini paling sering kita miliki apabila terdapat beberapa pekerjaan tertunda. Karena nggak punya waktu yang cukup. Waktu adalah kambing hitam, hal yang dipersalahkan.

Padahal waktu tetaplah 24 jam sehari atau 1.440 menit dalam satu hari. Waktu akan selalu sama. Tak pernah lebih atau kurang. Yang membuatnya lebih atau kurang adalah pengaturan waktu kita terhadap sebuah pekerjaan.

Tidak memiliki waktu menjadi sebuah alasan kuat untuk berhenti meningkatkan keterampilan berbahasa asing.

Namun, kebanyakan orang seperti ini akan menyesal apabila suatu hari mereka dituntut atasan atau pekerjaan untuk menguasai bahasa Inggris. “Ah, kenapa nggak dari dulu ya belajarnya?”

Hal lain yang membuat mereka gagal karena merasa tidak mungkin mahir dalam waktu singkat.

Padahal jika dilakukan secara konsisten terus menerus dengan strategi berkualitas dan bersikap positif, kamu dapat menguasainya dalam waktu singkat. Ini adalah tips yang paling biasa tapi jika dilakukan konsisten, hasilnya Luar Biasa!

***

Jika keterampilanmu tak kunjung meningkat, sebaiknya introspeksi diri. Bertanyalah kepada dirimu. Bisa jadi ada tips belajar bahasa Inggris diterapkan dengan sikap kurang sesuai. Sikap atau kebiasaan yang kurang bermanfaat harusnya dihindari atau perbaiki menjadi sikap positif. Dengan begitu mindset “Bahasa Inggris itu mudah” akan terbentuk dan membuatmu semakin semangat.

About Made Ari

Hi, thank you for visiting EnglishCoo! Here, we share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. By the way, I am Made Ari from Bali, Indonesia. See ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *