7 Cara Ampuh Memulai Percakapan Bahasa Inggris dengan Turis

percakapan bahasa inggris dengan turis bule

EnglishCoo – Mengawali percakapan bahasa Inggris dengan turis asing itu gampang banget. Kamu hanya perlu 7 cara ampuh ini agar sukses ngobrol dengan bule.

Bule berkeliaran di mana-mana tapi takut ngobrol karena ngerasa bahasa Inggrismu pas-pasan? Atau nggak punya cukup keberanian untuk menyapa turis asing? Alamak, itu mah perkara biasa.

Sante ajah, dan jangan terlalu menyesal atau menyalahkan diri apabila kesempatan itu hilang karena nggak segera mengambilnya. Kesempatan melakukan percakapan dengan turis asing itu dapat diciptakan lho! Yang terpenting adalah persiapkan dirimu terlebih dahulu. Kapanpun kamu ngerasa siap untuk bercakap-cakap dengan turis, ya tinggal ciptakan kesempatan itu.

Sebuah pepatah dari Toba Beta: “Opportunists seek for a chance. Entrepreneurs make new chances.”

Kabar gembiranya, kamu tak harus jadi seorang Entrepreneur dulu untuk bisa menciptakan kesempatan. Kalau mau, kamu pun bisa membuat kesempatan datang kepadamu. Yuk, ciptakan kesempatan ngobrol bersama bule atau turis asing. Caranya? Gampang!

Tinggal berkunjung ke tempat-tempat wisata di sekitarmu atau kunjungi daerah incaran para turis sebagai destinasi terbaik. Bagi yang suka travelling ke tempat-tempat wisata, tentu sering berpapasan dengan beberapa turis asing yang juga menjadi pengunjung obyek wisata tersebut.

Nah, kabar baiknya sudah kamu terima. Sekarang tinggal persiapkan dirimu sebaik-baiknya. Mempersiapkan diri tidak hanya seputar mental atau keberanian saja. Simak cara ampuh untuk menyingkirkan rasa grogi dan bisa memulai percakapan bahasa Inggris dengan turis / bule.

 

1. Kunci utama untuk membuka pintu percakapan bahasa Inggris dengan turis adalah SENYUM. Yap, awali dengan Senyuman.

tips memulai dialog dengan turis : Start with a smile

Tips pertama ini sangat pas buat yang punya hobi tersenyum. Asalkan jangan cengar-cengir atau senyum kelamaan. Nanti malah disangka kurang waras.

Senyum pun tak usah selebar daun kelor. Senyum sewajarnya ajah, tulus dan menunjukkan kalau kamu siap untuk berteman dan menunjukkan orangnya asyik diajak ngobrol. Show people that you are friendly and ready to make friends.

Selain menunjukkan keramahan, senyum juga mampu meningkatkan kepercayaan diri seseorang lho. Senyum yang benar-benar berasal dari hati dan diri sendiri memiliki kekuatan dahsyat untuk mengusir rasa takut.

Saat nyali ciut serta merasa tak memiliki cukup keberanian melakukan percakapan bahasa Inggris dengan turis / bule, tersenyumlah. Ingat, senyum tulus!

 

2. Ucapkan salam ajah nggak cukup lho! Beri salam PLUS pertanyaan lanjutan.

Tips memulai dialog bahasa inggris dengan turis yaitu beri salam plus pertanyaan lanjutan

Selain tersenyum, memberi salam adalah pertanda siap untuk memulai komunikasi dengan turis. Menyapa mereka terlebih dahulu bukanlah hal memalukan. Bahkan, hal itu menunjukkan kalau kamu orangnya ramah dan suka bergaul.

Untuk memulai percakapan bahasa Inggris dengan turis, kamu harus memberi salam plus pertanyaan lanjutan. Maksudnya gimana?

Jika hanya menyapa dan mengatakan “Hi, Hello, Hey, Good Morning/Afternoon/Evening” ya tentu jawaban yang diperoleh adalah salam balik. Setelah itu, bye bye! Kebanyakan bule berlalu begitu saja.

Salam diikuti pertanyaan lanjutan ini misalnya “Hello, how are you?” Selain bertanya kabar, bisa juga berkomentar tentang cuaca, misalnya “Hi, it’s good weather. What do you think?” atau bertanya jam berapa ini “Hello, may I know what time it is, please?”

Turis asing yang berniat ngobrol pasti memberi respon dan menjawab pertanyaanmu. Dari sinilah kamu dapat memulai dialog bahasa Inggris dengan turis asing.

 

3. Setelah itu gimana??? Ingat, tujuan melakukan percakapan bahasa Inggris dengan turis bukan untuk sekedar say Hello saja.

Tips mengawali percakapan bahasa inggris dengan bule, bukan sekadar say Hello

Selain mengajukan pertanyaan lanjutan setelah memberi salam, bisa juga mencoba cara ampuh ini untuk mengawali dialog bahasa inggris dengan turis. Perhatikan sekitar kemudian ucapkan pernyataan dahsyat, bukan sekedar say hello. Pernyataan apakah itu?

Pernyataan itu bergantung dari situasi yang sedang dihadapi. Misalnya, si bule sedang memperhatikan sebuah lukisan mengisahkan tentang sebuah cerita rakyat yang kamu ketahui, maka dapat berkomentar “It’s Ramayana. It is one of the great and heroic stories here…”

Atau saat ketemu bule di pantai dan ia sedang beristirahat setelah surfing, kamu dapat memberi komentar berupa pujian tentang teknik berselancar yang telah ia lakukan. Komentar ini bisa menjadi pembuka manis: “Hi, I saw you surfing. It was amazing….”

Menurut wikihow.com, hewan peliharaan juga bisa menjadi topik pembicaraan. Saat turis asing membawa hewan peliharaan, pertanyaan seputar hewan peliharaan bisa menjadi awal percakapan. Komentar dan pertanyaan seperti berikut juga bisa membantumu: “Such a cute dog! What’s its name? How old is your dog? How do you get it?” Jika kamu suka hewan pada umumnya, maka hal ini jadi lebih mudah. Kamu bakal jadi cepat akrab saat ngobrol tentang hewan peliharaan karena punya ketertarikan pada hal yang sama.

Jadi lihat situasi dan cari cara kreatif untuk mengawali percakapan bahasa Inggris dengan turis asing, bukan sekedar say hello saja ya.

 

4. Jangan baper jika beberapa turis berlalu begitu saja! Gugur satu tumbuh seribu.

Jangan Baper saat mengawali percakapan dengan turis asing

Apabila sudah bertindak, jangan selalu mengharapkan respon positif atau terlampau kecewa karena mendapat respon negatif. Bule juga manusia, punya perasaan dan masalah yang sedang mereka pikirkan.

Dan satu lagi, setiap bule juga punya karakter masing-masing. Ada ramah dan supel alias suka bergaul, dan ada juga memang tak suka bercakap dengan orang asing.

Nah, kalau nantinya salammu tak mendapat respon positif atau bahkan tidak berbalaskan sepatah kata dari si bule, ya ikhlaskan saja. Daripada memaki dan mempertanyakan kesopanan mereka karena tak menjawab sapaanmu, lebih baik cari turis lain yang tak keberatan jika diajak ngobrol.

Yang penting, jangan pernah jera menyapa walaupun sekali dua kali pernah mengalami hal kurang menyenangkan. Jangan baper! Anggap saja mereka tidak mendengar atau sedang bad mood karena baru diputusin pacar sehingga membuat mereka ngeloyor pergi tanpa menghiraukan sapaanmu. Just take it easy.

Gagal percakapan dengan turis??? Mungkin kamu melakukan salah satu kesalahan ini. Hindari 10 Kesalahan Bahasa Inggris ini saat Ngobrol dengan Bule agar Tidak Gagal

 

5. Percakapan bahasa Inggris dengan turis nggak bakal terjadi jika merasa sebagai inferior. Jangan terlalu minder dan ngerasa bule itu superior! Tanya dulu “Do you speak English?

tips mengawali percakapan bahasa inggris dengan turis - jangan minder

Hal satu ini penting juga nih. Jika berpikir bahwa semua bule bisa berbahasa Inggris, kamu keliru. Tidak semua orang berkulit putih dan berambut pirang bisa berbahasa Inggris. Mereka tak menguasai grammar sama sekali.

Bahkan ada juga turis asing (terutama orang Eropa atau Amerika Selatan) tidak bisa bahasa Inggris sama sekali. Mungkin kalo dites, bahasa Inggrismu jauh lebih jago dari mereka, lho.

Jangan melulu mengincar turis berkulit putih dan berambut pirang. Seringkali, orang kulit hitam (alias negro) pun memiliki kemampuan bahasa Inggris yang tak bisa diremehkan.

Bahkan ada juga bangsa Asia lainnya (saudara-saudara kita sebenua) seperti orang India, Filipina, Singapura, orang Cina atau orang Jepang memiliki aksen bahasa Inggris keren.

Ambil jarak dan teliti percakapan beberapa turis apabila jumlah mereka lebih dari satu. Jika si turis seorang diri, kamu perlu mencari tahu apakah ia berbahasa Inggris atau tidak.

Sebuah pertanyaan seperti “Excuse me, do you speak English?” bisa menjadi sebuah pengantar untuk mengawali percakapan dengan turis.

 

6. Setelah mendapat turis yang mau diajak bercakap-cakap, kamu perlu menjelaskan tujuanmu!

Nemulai percakapan bahasa inggris dengan turis dengan menjelaskan tujuanmu ngajak mereka ngobrol

Tentu setiap orang memiliki tujuan mengapa melakukan percakapan dengan turis. Kebanyakan ingin melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris.

Apapun tujuanmu, entah hanya ingin mencari teman bule saja atau punya tujuan lebih serius misalnya tugas sekolah, setiap turis asing berhak tahu mengapa ia didekati dan diajak ngobrol.

Jika punya tujuan lebih serius, memintalah waktu untuk bercakap-cakap sebentar. Ini bisa menjadi permulaan yang bagus. Contoh ungkapan berikut dapat dipilih untuk memulai percakapan bahasa Inggris dengan turis:

  • Excuse me, Sir/Madam/Miss. May I talk to you for a while?
  • Good morning Sir/Madam/Miss. Do you mind if I am talking to you?
  • Hello, Sir/Madam/Miss. May I speak with you?

Jika jawaban mereka adalah “Yes” atau mereka mengajukan pertanyaan seperti “What do you want?” itu berarti kamu sudah mendapatkan lampu hijau untuk jalan terus.

Jadi, persiapkan langkah selanjutnya yaitu menyampaikan maksud atau tujuan mengapa mereka diajak ikut serta dalam percakapan.

Ingin lancar ngomong dalam bahasa Inggris??? Temukan 8 Rahasia Tersembunyi di Balik Kata PRACTICE agar Lancar Bicara Bahasa Inggris

Cara ini berhasil saya gunakan untuk membantu sepupu yang mendapat tugas sekolah bercakap dan berfoto bareng bule, beberapa tahun lalu.

Setelah mendapatkan signal positif dari sepasang bule bernama Mathiew dan Lucy, saya mulai bercerita:
My name is Ari. This is my cousin, Joshua. He has a school task to interview foreigners. Would you help us?

 

7. Bingung mau tanya apa setelah memulai percakapan bahasa Inggris dengan turis? Kamu bisa ikuti contoh ini.

tanya apa saat memulai percakapan dengan turis, temukan jawabannya di sini

Pernahkah mendengar stereotype kayak gini: “Bule tak suka ditanya hal-hal privasi”. Bule yang agak sensitif akan segera mengakhiri percakapan apabila bertanya status married/single. Atau si bule akan upset jika ditanya berapa penghasilan yang ia peroleh setiap bulannya. Hati-hati, karena itu privasi.

Daripada kepo tentang status, gaji atau profesi si bule, mending ajukan pertanyaan umum sehingga tidak mengundang ketersinggungan. Daftar pertanyaan berikut dapat menyelamatkanmu dari misunderstanding:

  • Where are you from? (untuk bertanya asal)
  • How long have you been in Indonesia? (untuk mengetahui kurun waktu ia sudah tinggal di Indonesia)
  • What do you think of Indonesia? (untuk menanyakan pendapatnya tentang Indonesia)
  • What places have you visited in Indonesia? (untuk mengetahui tempat yang sudah ia kunjungi)

Untuk menanyakan opini atau pendapatnya tentang suatu hal, kamu dapat bertanya:

  • What do you think of…?
  • What is your opinion about…?
  • Do you think it is…?

Namun jangan sampai stereotype: “bule tak suka ditanya hal-hal privasi” ini membuatmu malah takut untuk bertanya suatu hal kepada si bule.

Jangan pernah takut salah karena kamu akan dapat belajar berharga dari sebuah kesalahan. You learn through mistakes. No one was born a master.

Pengen jago melakukan percakapan menggunakan bahasa Inggris? Nggak perlu ngapalin 16 tenses, hanya perlu ini: 5 Tenses Andalan yang Bisa Bikin Kamu Mahir Percakapan Bahasa Inggris.

***

Dari 7 cara ampuh di atas (dan cara-cara ampuh lain hasil pencarian di internet), saya akan memberikan cara paling agung, melebihi cara-cara terampuh lainnya yaitu ACTION!

Mengumpulkan berbagai cara ampuh memulai percakapan bahasa Inggris dengan turis / bule hanya akan mengantarkanmu kepada kiat-kiat yang tak ada habisnya.

Sedahsyat apapun cara itu tetaplah cara yang tertulis di atas kertas tanpa adanya tindakan nyata. Yang perlu kamu lakukan adalah: GO OUT and TALK TO PEOPLE!

About Made Ari

Hi, thank you for visiting EnglishCoo! Here, we share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. By the way, I am Made Ari from Bali, Indonesia. See ya...

4 thoughts on “7 Cara Ampuh Memulai Percakapan Bahasa Inggris dengan Turis

  1. Actually iam an learner of english. And i’m so interesting to learn more about english especially about the grammar. I always try to practice my english with each others to become a good speakers. But when i meet some tourist, i dont know why, iam so scare to start the conversation. Becauase i’m afraid they do not understand about what i’m talking about, my grammar is not good enough i think. So what do you think about this case? Would you give me some advise?

    1. Hi, Nanea Fredinanto.

      Thank you for writing a comment here. No worries, I had been in your position when I was a student of university. You know, grammar class was my favorite one. I love reading grammar books (until now) and apply some rules in daily speaking and writing practice.

      One thing you need to know about Grammar: it helps but also kills. On the one hand, Grammar really helps you to interact and to have a better conversation with foreigners, especially native speakers. Native speakers appreciate people who know grammar well.
      On the other hand, grammar can ‘kill’ your courage to move on and practice. Because you think that grammar is everything… Well, we do not need all grammar rules when we speak. We don’t need to wait for mastering all grammar rules.

      From the way you write your comment in English, I think you have sufficient grammar knowledge, so keep on practicing with some native speakers aka bule. One more thing, I see that you underestimate your English skills. You shouldn’t do that to yourself. Last time, I wrote about 10 mistakes people usually make when speaking with foreigners. One of them is what you just did to yourself. If you want to read it, you need to click this link: https://englishcoo.com/kesalahan-bahasa-inggris-fatal-saat-ngobrol-dengan-bule/

      I do hope you can be better!

      with love,
      M.A.

    2. Oh thank you so much. You have helped me to get my spirits back, and also all the suggestion you have given is really helpful and important for me.
      I wish the best for you, may god always bless you. And i hope this blog can be useful for everyone👌

    3. My pleasure, Nanea Fredinanto.
      I’m so glad that it’s beneficial for you.
      Thank you for your wishes.

      with love,
      M.A.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *