5 Inspirasi Membuat Dialog Bahasa Inggris Keren di Sekolah

Membuat Dialog Bahasa Inggris di Sekolah

EnglishCoo – Dialog bahasa Inggris adalah tugas yang sering diberikan untuk mengasah keterampilan berbicara. Di sini kamu belajar resep membuat percakapan yang unik dan menarik.

Membuat sebuah dialog dalam bahasa Inggris itu ibarat memasak. Kamu akan menghasilkan makanan yang lezat dengan bumbu yang tepat. Satu bumbu kebanyakan bikin rasanya jadi berantakan. Nggak jarang kalau orang seringkali memburu resep makanan sebelum menyulap makanan dalam pikiran menjadi kenyataan. Untuk itu kamu perlu resep dan inspirasi sehingga menghindari makanan cepat saji.

Sama halnya saat membuat percakapan bahasa Inggris dengan teman ataupun turis. Kamu harus punya resep andalan dan inspirasi sehingga mampu menghasilkan percakapan yang berisi. Bukan yang minim informasi. Saatnya kamu beraksi untuk menciptakan dialog bahasa Inggris yang lebih keren dan bergengsi. Kamu lagi cari inspirasi? Artikel ini tepat sekali.

 

1. Kemas dialog sehari-hari menjadi unik dengan trik ini. Percakapan yang sekadar basa-basi itu ngebosenin sekali.

Cara membuat dialog bahasa Inggris menjadi unik dan menarik

Membuat percakapan bahasa Inggris yang keren itu gampang-gampang susah. Kalau udah ada inspirasi, ide akan mengalir tanpa harus banyak berpikir. Tapi gimana kalau kehabisan ide alias nggak tahu harus nulis apa? Bisa jadi yang kamu hasilkan dengan teman sekelompok adalah percakapan bahasa Inggris yang hanya sekadar basa-basi yang boring.

Emang paling gampang untuk membuat dialog bahasa Inggris yang biasa saja dari pada mikir ruwet hanya untuk cari ide yang membahana. Padahal ini waktu yang tepat untuk mengasah kreativitasmu dan menggunakan otak kanan agar lebih aktif bekerja. Kamu akan merasakan kepuasan saat hasilnya begitu memesona.

Coba kita bandingkan dua contoh dialog dalam bahasa Inggris berikut ini. Contoh dialog ini diperankan oleh dua sahabat: Lucy dan Hary. Mereka berbicara tentang kemah tahun baru yang akan diadakan di sekolah. Namun sayang, Lucy tidak diijinkan ikut kemah itu oleh ibunya.

Contoh dialog dalam Bahasa Inggris tentang Kemah Tahun Baru (Pertama)

Hary : Hi, Lucy. How are you?
Lucy : Good. What about you?
Hary : I am very well. Will you join to the New Year camp?
Lucy : No, I won’t. My mother doesn’t let me to go.
Hary : Oh, why?
Lucy : I don’t know.

Contoh dialog dalam Bahasa Inggris tentang Kemah Tahun Baru (Kedua)

Hary : Hey, Lucy. You look sad. What’s going on?
Lucy : Hm…do I look sad?
Hary : Yes, you do. I can see from your face. We are friends so I know you so well.
Lucy : Oh, I’m just thinking about the New Year Camp.
Hary : So am I. I’ve prepared many things. It’s gonna be very fun, right?
Lucy : Yeah, I think so. But my mother doesn’t let me to go.
Hary : Oh, why?
Lucy : I don’t know.

Nah, dari dua dialog bahasa Inggris di atas, mana yang dikemas lebih menarik? Percakapan kedua! Gaya bahasanya lebih pas karena lebih santai. Sama halnya saat kamu bicara (speaking) dengan teman. Dua percakapan itu memiliki cerita yang sama tapi cara mengemas yang berbeda. Dalam percakapan kedua, terdapat ekspresi kebahagiaan Hary yang ditanggapi dengan alasan kesedihan Lucy. Sesuatu yang kontras, bukan?

Jadi, kamu perlu menambahkan beberapa ekspresi dalam percakapan bahasa Inggris yang kamu buat. Walaupun materinya tentang perkenalan, salam atau basa-basi yang seolah tak berisi, kamu tetap bisa membuat percakapan bahasa Inggris yang super keren. Walaupun awalnya sekedar basa-basi, jika dikemas secara unik akan jadi lebih menginspirasi.

 

2. Dialog bahasa Inggris biasanya identik dengan turis. Jika ingin dialog yang lebih dramatis dan humoris, pastikan ada yang berperan sebagai turis.

Percakapan dalam Bahasa Inggris identik dengan turis atau bule

Lagi cari ide keren untuk membuat sebuah percakapan dalam bahasa Inggris di sekolah? Jika kamu dan teman sekelompok pede dan suka tampil beda, kamu bisa coba ide gila ini. Salah satu atau beberapa di antara kalian bisa berperan sebagai seorang turis atau bule.

Dengan cara bicara (speaking) ‘kebule-bulean’, kamu bisa bikin percakapan bahasa Inggris jadi lebih kocak dan mengundang perhatian.  Sebuah dialog nggak melulu harus serius hingga bikin alis mengkerut. Terkadang kamu perlu memberi sedikit bumbu agar jadi lebih sedap dan mantap.

Contoh percakapan antara pedagang dan bule di salah satu obyek wisata. Pedagang ini menawarkan kaosnya dengan cara yang unik. Ia memuji kaos si bule dan membuat si bule tertawa. Akhirnya si bule membeli kaos yang ditawarkan oleh si pedagang.

Contoh Dialog Bahasa Inggris di Tempat Wisata

Pedagang : Morning Sir.
Bule : Morning.
Pedagang : Such a lovely morning, right? By the way, your shirt is good.
Bule : Really? How do you know that this shirt looks good on me?
Pedagang : Because I can see future, Sir.
Bule : hahahaha… You are so funny.
Pedagang : Thank you, Sir. I love to make you happy.
Bule : Okay, I will buy one.

Apapun temanya dan di manapun tempatnya bukanlah persoalan. Misalnya kamu mau bikin dialog tentang bule yang kesasar cari jalan atau ketemu bule di tempat wisata atau bahkan ada yang berakting jadi pedagang asongan yang menawarkan dagangan kepada bule dengan cara yang unik dan menggelitik. Nah ini akan jadi percakapan yang menarik.

Pengen nyoba ngobrol pake bahasa Inggris dengan bule atau turis asing? Hindari 10 Kesalahan Bahasa Inggris Fatal Ini Agar SUKSES Ngobrol dengan Bule.

 

3. Konflik terkadang bisa jadi bumbu yang manis jika dikemas dengan cara unik. Dialog bahasa Inggris tanpa konflik adalah obrolan yang kurang asyik.

Dialog bahasa Inggris tanpa konflik adalah obrolon yang kurang asyik

Sebelumnya, membuat sebuah percakapan dalam bahasa Inggris diibaratkan memasak. Nah, kali ini akan diibaratkan seperti memotret atau fotografi. Lha…apa hubungannya membuat percakapan bahasa Inggris dengan fotografi? Ya, itu sama-sama karya seni. Percakapan juga karya seni, yaitu seni merangkai kata hingga memiliki makna. Tak perlu bertanya lagi tentang fotografi sebagai pekerjaan seni.

Tentu kamu pernah melakukan aktivitas fotografi alias jepret-menjepret. Nah, sebelum memotret, apakah kamu menentukan apa yang menjadi fokus dari fotomu nanti? Kalau asal jepret ya tentu hasilnya nggak maksimal. Perlu adanya obyek yang menjadi pusat perhatian sehingga orang yang melihat tahu cerita di balik foto tersebut.

Dalam fotografi, titik fokus inilah yang disebut dengan dengan Point of Interest atau disingkat POI. Sebelum menjepret, seorang fotografer profesional akan menentukan subyek utama yang menjadi titik pusat dari obyek yang akan dipotret. POI menyajikan cerita atau bisa dikatakan sebagai “ruh” dari sebuah foto.

Nah, kembali lagi ke dialog bahasa Inggris. Pastikan dalam percakapan bahasa Inggris yang akan kamu buat bersama teman-temanmu memiliki point of interest. Sesuatu yang menjadi pusat perhatian bagi penonton, yaitu konflik. Yang satu ini berlaku kalau kamu sedang mencari ide untuk bikin dialog yang agak panjang. Apalagi kalau percakapannya bercerita kayak drama. Sebuah konflik yang dikemas unik akan menjadi menarik.

 

4. Nggak sembarang konflik bisa bikin percakapan yang ciamik. Kamu bisa berkreasi sehingga percakapan jadi penuh sensasi.

Sebuah percakapan bahasa Inggris di sekolah membutuhkan konflik yang menarik

Konflik itu nggak berarti harus ada adegan berantem atau jambak-jambakan. Apalagi sampai perang mulut yang heboh disertai kekerasan fisik. Itu konflik yang kurang mendidik. Jangan menggunakan standar sinetron saat merumuskan konflik dalam percakapan di sekolah. Kamu harus mulai jeli untuk menyusun konflik dan tak harus melibatkan fisik.

Coba perhatikan dua contoh dialog dalam bahasa Inggris singkat berikut ini. Dialog ini terdiri dari 2 orang. Setting di sekolah. Masalah timbul karena salah satu di antara mereka tidak memiliki uang untuk belanja di kantin.

Dialog dalam Bahasa Inggris di sekolah (Versi Satu)

A : Hey, let’s go to the canteen.
B : I don’t have money.
A : Oh, that’s okay. I will pay the food for you.
B : Oh, thank you.

Dialog dalam Bahasa Inggris di sekolah (Versi Dua)

A : Hey, let’s go to the canteen.
B : No, I don’t want to go there.
A : Why? You don’t have money?
B : Hey, don’t underestimate me like that. I can buy everything I want because I have a lot of money.
A : So, what’s the problem?
B : I left my wallet at home.
A : Oh, it’s just the same. You don’t have money.
B : OI said it before. I have a lot of money but I don’t bring it to school.
A : Ugh, just go and I will pay the food for you.
B : Okay, tomorrow I will return it back.
A : No worries, we are friends.
B : Thanks.

Dalam 2 contoh percakapan bahasa Inggris singkat tersebut ada konflik yang sama yaitu si B nggak punya uang untuk membeli makanan di kantin. Mana yang memiliki konflik dengan pengemasan yang ciamik? Percakapan yang kedua, kan? Tapi bukan karena lebih panjang ya. Konflik pada percakapan kedua dikemas dengan lebih menarik. Terlihat karakter si B tetap belagu walaupun nggak punya uang dan merasa diremehkan oleh si A.

Dengan adanya konflik, kamu bisa memperlihatkan karakter yang diperankan. Kamu nggak usah mendeskripsikan tentang karakter masing-masing saat perkenalan. Lebih baik fokus pada kata-kata yang akan ucapkan oleh masing-masing pemeran agar karakter muncul di sana. Nah, konflik akan menjadi point of interest yang paling ampuh untuk menunjukkan karakter masing-masing.

Ingin keterampilan speaking-mu meningkat pesat? Temukan 5 Kunci Terdahsyat Belajar Speaking Bahasa Inggris, Sangat Mudah Prakteknya.

 

5. Sebelum membuat dialog bahasa Inggris, jangan bingung memilih tema. Semua tema itu bagus asalkan bisa membuat penonton terbius.

Pilih satu tema untuk dialog bahasa Inggris yang membahana

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat membuat dialog bahasa Inggris adalah memilih tema. Yap, tema itu ibarat memilih menu masakan yang akan kamu buat. Tanpa memilih satu menu, kamu nggak bakal tahu bahan-bahan yang harus dipersiapkan dan cara memasaknya. Jadi, pilihlah tema yang akan menjadi pondasi percakapanmu sebelum merumuskan sebuah dialog yang bercerita.

Ada banyak sekali tema yang bisa kamu pilih: romantisme, keluarga, pendidikan, sosial, ekonomi, dll. Akan lebih mudah lagi kalau gurumu telah mempersiapkan tema yang harus kamu pilih. Ingat, semua tema adalah spesial. Sekarang tergantung bagaimana penyajiannya. Jangan sampai kamu bingung saat memilih satu tema. Jangan pula habiskan banyak waktu hanya berdebat dengan teman tentang tema yang sempurna. Pilih satu tema. Ya, pilih segera. Dan jangan menyesalinya. Yang diperlukan selanjutnya adalah bekerja sama.

Kamu kurang paham Kalimat Bahasa Inggris Masa Lampau? Dengan 8 Tips Dahsyat Ini, Kamu Bisa Paham Kalimat Past Tense dengan Sangat Mudah.

***

Menyusun dialog bahasa Inggris itu emang gampang-gampang susah. Percakapan yang keren di sekolah bukan tentang panjang pendeknya naskah. Tapi lebih pada gimana kamu dan teman-teman mengatur setiap langkah. Agar semuanya menjadi lebih terarah. Karena ada banyak kepala yang ingin memenuhi satu wadah. Sehingga diperlukan kerja sama agar menghasilkan karya yang lebih indah.

About Made Ari

Hi, thank you for visiting EnglishCoo! Here, we share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. By the way, I am Made Ari from Bali, Indonesia. See ya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *