Ingin Mahir Percakapan Bahasa Inggris? Fokus pada 5 Tenses Ini

5 Tenses Andalan Ini Bikin Kamu Mahir Percakapan Bahasa Inggris

EnglishCoo – Menguasai percakapan bahasa Inggris bukan mimpi lagi. Kamu hanya perlu belajar 5 tenses ini dulu kemudian praktek dan lihat hasil yang menakjubkan.

Apa kamu masih berurusan dengan 16 tenses? Duuuh…ruwet! Ternyata nggak usah seribet itu lho untuk bisa menaklukkan bahasa Inggris, terutama bagi kamu yang ingin mahir percakapan atau dialog dengan cepat. Kamu nggak perlu ngapalin semua rumus yang ada. Bisa gilaaaaa…

Yang terpenting adalah pahami semua aturan dan penggunaan pola kalimat bahasa Inggris. Ah, sama saja dong. Eiits, tunggu dulu. Ada kabar baik di sini bagi kamu yang ingin lancar bicara alias speaking. Kamu nggak perlu bergulat dengan semua pola kalimat yang ada. Mending fokus pada pola kalimat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari saja.

Yup, ternyata nggak semua pola kalimat digunakan dalam dialog sehari-hari. Jika kamu ingin mahir berbahasa Inggris dengan cepat dan dalam waktu yang singkat, kamu perlu lakukan Smart Learning. Fokus pada kebutuhanmu saja. Nah, ini dia 5 tenses andalan yang wajib kamu kuasai agar keterampilan berbicara (speaking) makin maknyus.

 

1. SIMPLE PRESENT: Ini yang paling sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris

Dalam percakapan bahasa Inggris, Simple Present adalah yang paling sering digunakan

Sering mendengar kalimat-kalimat di bawah ini?

A : How are you today?
B : I am fine.
A : Where are you from?
B : I am from Brazil.
A : Do you like this country?
B : Yes, I do. I love visiting here. The people are so kind and friendly.

Sederet kalimat di atas adalah contoh kalimat Simple Present yang sering digunakan dalam percakapan. Utamanya, saat seorang lokal (seperti kita-kita ini) sedang memulai dialog dengan bule atau turis asing.

Kamu juga perlu tahu: 7 Cara Ampuh Memulai Percakapan dalam Bahasa Inggris dengan Turis

Saat pertama kali berkenalan dengan seseorang, kalimat ini juga sering digunakan. Pertanyaan-pertanyaan Simple Present bisa kita gunakan untuk mengorek informasi lebih lanjut tentang orang yang kita ajak ngobrol. Misalnya:

  • Where do you live?
  • Do you like surfing?
  • Does your brother like surfing?
  • Are you married?
  • Is your friend Brazilian too?

Untuk tahu lebih lanjut dan lebih detail tentang Simple Present, akan dibahas dalam postingan berikutnya, ditunggu ya. Jika dibahas di sini semua, bisa-bisa jadi kepanjangan. Intinya, Simple Present adalah pola kalimat pertama yang perlu kamu kuasai agar bisa memulai percakapan bahasa Inggris dengan baik.

 

2. PRESENT CONTINUOUS: Jika ditanya hal yang sedang kamu lakukan, jawab pakai kalimat denga pola ini

Gunakan Present Continuous untuk menyatakan hal yang sedang dilakukan saat berdialog dalam bahasa Inggris

Ingin tahu apa yang sedang dilakukan oleh seseorang? Gimana ya nanya dalam bahasa Inggris?

Yap, WHAT ARE YOU DOING?

Nah, ini contoh kalimat Present Continuous. Kalimat ini sering banget digunakan dalam percakapan sehari-hari. Mengapa? Jenis kalimat ini berhubungan erat dengan hal yang sedang terjadi sekarang.

Jawabannya bisa beragam seperti:

  • I am watching a movie.
  • I am looking for my notebook.
  • I am doing nothing, just sitting down and dreaming.

Selain pertanyaan di atas, kalimat Present Continuous bisa juga digunakan untuk menanyakan hal lain yang berhubungan dengan hal yang sedang dilakukan. Ribet ya? Langsung ke contoh aja deh!

  • Are they checking my instagram?
  • Is she cooking my favourite food?
  • What are you thinking of?
  • Where are they going?
  • Why is he learning Spanish?

Jika kamu benar-benar memperhatikan kalimat Present Continuous di atas dengan baik, tentu kamu bisa melihat kata kerja yang digunakan. Yep, VERB-ing yang di level lebih tinggi disebut dengan istilah Present Participle. Jadi, pelajari Present Continuous untuk bisa lancar berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris.

Kalimat Present Tense sebenarnya sederhana banget koq. Yuk bongkar 7 Rahasia Tersembunyi dari Kesederhanaan Kalimat Present Tense yang Bikin Kamu Makin Paham

 

3. PRESENT PERFECT: Dalam percakapan bahasa Inggris, fokus pada hal yang sudah kamu lakukan

Present Perfect digunakan untuk menceritakan hal yang sudah dilakukan

Ketemu kawan lama (bule) dan pengen ngajak dia makan siang. Gimana caranya nanya dia udah makan siang ato belum ya?

  • Have you had your lunch?

Nah, kamu bisa menggunakan kalimat Present Perfect untuk menanyakan atau menyatakan hal yang sudah dilakukan. Eits, ini bukan berarti sudah dilakukan dalam waktu lampau ya. Tapi, Present Perfect ini berarti sudah dilakukan dan masih berhubungan dengan masa sekarang.

Masih perlu contoh lagi? Nih ada banyak contoh kalimat Present Perfect yang biasa digunakan dalam percakapan sehari-hari.

  • Have you been in Indonesia before?
  • Has your mother travelled to Indonesia too?
  • Have you got your driving licence?
  • What have you done to her?
  • Where has she been since last year?

Trus, jawaban dari pertanyan-pertanyaan tersebut gimana ya? Coba kita simak di bawah ini, yuk!

  • I haven’t been here before.
  • She has travelled to Indonesia many times.
  • I have had my driving licence.

Untuk pertanyaan selanjutnya, coba dipikirin ya gimana kira-kira jawabannya. Intinya, kamu perlu belajar HAS/HAVE agar bisa mahir berbahasa Inggris menggunakan Present Perfect.

 

4. SIMPLE PAST: berorientasi pada masa lalu

Berbicara dengan Simple Past untuk mengungkap masa lampau

Nah, kalau 3 tenses sebelumnya masuk ke kategori PRESENT, yang ini adalah Simple PAST. Kalimat Simple Past sering banget digunakan dalam percakapan sehari-hari, terutama saat menyatakan masa lampau. Liburan yang telah berlalu, masa-masa sekolah sebelumnya, pengalaman menyenangkan dan menyedihkan, serta hal-hal yang terkait masa lampau biasanya menjadi topik yang sering dipilih saat membuat percakapan bahasa Inggris.

Contohnya nih ya:

A : How was your last holiday?
B : It was really fun.
A : Were you and your family happy?
B : My family and I were really happy.
A : Where did you go?
B : We went to Surabaya.
A : Did you take many pictures?
B : I took many pictures during my holiday.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah contoh kalimat Simple Past yang biasanya digunakan untuk bertanya tentang liburan yang telah berlalu. Dalam kalimat Simple Past ini kamu perlu paham kapan menggunakan WAS/WERE dan VERB2 (kata kerja bentuk lampau).

Kamu juga bisa paham kalimat Past Tense dengan membaca 8 Tips Dahsyat Memahami Kalimat Past Tense dengan Mudah

 

5. SIMPLE FUTURE: mengungkap rencana masa depan dalam percakapan bahasa Inggris

Dalam percakapan bahasa Inggris, kamu menggunakan Simple Future untuk bercerita tentang masa mendatang

Tenses andalan yang terakhir agar mahir berdialog adalah Simple Future. Masih ingat dengan Future? Itu lho tentang masa depan atau masa mendatang. Saat berbicara tentang rencana yang akan dilakukan, Simple Future menjadi pilihan utama. Coba kita lihat contohnya seperti apa.

A : Where will you go after school?
B : I’ll go to my granny’s house.
A : Why will you visit her?
B : My family and I will celebrate Granny’s birthday.

Kalimat Simple Future menggunakan modal WILL/SHALL. Selain kedua modal tersebut, ada juga yang menggunakan BE GOING TO atau diperpendek menjadi BE GONNA.

Contoh:

  • I’m gonna visit my friend.
  • She is going to buy a new novel.
  • They’re gonna go with me.

Untuk modal WILL, kamu bisa gunakan subyek apapun (They, We, I, You). Sedangkan untuk penggunaan  BE GOING TO, kamu harus memperhatikan subyek apa yang tepat untuk masing-masing IS/AM/ARE.

Pengen tahu lebih lanjut tentang kalimat Future Tense? Temukan 5 Fakta Menarik tentang Kalimat Future Tense yang Membuatmu Makin Paham

***

Nah, bagi kamu yang baru belajar atau pemula, segera tinggalkan kata NGGAK MUNGKIN ya! Kamu harus percaya bahwa kamu bisa mahir percakapan bahasa Inggris dengan cepat. Lakukan SMART Learning ini, di mana kamu tahu apa yang kamu butuhkan dan apa yang harus diutamakan. Kalo nggak tahu? Ya cari tahu! Pasti ada hasil jika kamu berusaha. Keep calm and do it!

About Made Ari

Hi, thank you for visiting EnglishCoo! Here, we share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. By the way, I am Made Ari from Bali, Indonesia. See ya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *