Pengertian Simple Past Tense yang Nggak Bikin Galau

Pengertian Simple Past Tense

EnglishCoo – Pengertian Simple Past Tense dan Fungsi ini adalah pencerahan bagi pelajar yang ingin menengok masa lalu. Walaupun begitu, definisi nggak bakalan bikin galau deh.

Siapa sih nggak pernah mengingat-ingat tentang masa lalu? Tentu semua orang pernah melakukannya. Yap, kita pasti kita memiliki masa lalu dan juga masa sekarang. Masa depan siapa tahu…

Momen masa lalu apa paling melekat di ingatanmu? Mengingatnya kembali tentu membawa berbagai emosi. Senang serta senyum-senyum sendiri saat ingat digombalin sama pacar. Sedih serta sesak jika mengenang kembali sang mantan yang ternyata semakin kinclong. Ups…

Di sini kita bebas mengingat masa lalu. Mengenang hal yang telah terjadi di masa lampau. Dengan begitu kita jadi makin paham pengertian Simple Past Tense serta tahu fungsi alias kapan digunakan. Ini akan menambah pengetahuan bahasa Inggrismu.

Selain Pengertian Simple Past Tense serta Fungsinya, ada beberapa materi bisa kamu obok-obok supaya makin pintar bercerita masa lalu dalam bahasa Inggris. Artikel ini adalah pembuka saja. Jika merasa nggak perlu baca pengertian lagi, kamu bisa lanjut membaca artikel-artikel lainnya di akhir postingan.

Lanjut.

 

1. Pengertian Simple Past Tense dilihat dari arti kata SIMPLE

Apa yang terlintas di pikiranmu saat mendengar Simple Past Tense? Mungkin ada menjawab itu berarti bercerita tentang masa lalu. Jika ditanya mengapa bisa begitu? Jawabannya ya, pokoknya gitu. Tentang Masa lalu.

Jika memang sudah tahu apa itu Simple Past Tense, trus mengapa perlu mencari tahu pengertian segala? Hm…

Bedakan antara sekedar tahu saja dan benar-benar paham. Tujuan kita belajar adalah memahami pengertian Simple Past Tense agar saat praktek (speaking, reading, listening, writing), nggak perlu ambil buku teori lagi.

Jika kamu ngerasa udah paham tentang tense ini, nggak masalah koq. Monggo lihat materi lainnya di akhir postingan seperti contoh kalimat, keterangan waktu, penggunaan Will, Be Going To, Aktif serta Pasif, dsb.

Kita bisa memahami pengertian atau definisi dengan melihat kata pembentuknya yakni Simple dan Past. Kita awali dengan SIMPLE dulu ya.

Simple alias simpel artinya sederhana. Mengapa disebut demikian? Coba pahami sekilas tentang pengertian Simple Past Tense dalam bahasa Inggris. ”Simple Past Tense is the basic form of past tense in English.”. So, pengertian atau definisinya adalah sebagai materi paling mendasar (bisa juga disebut paling simpel).

Supaya paham pengertian atau definisinya sebagai pola sederhana, yuk perhatikan 4 kalimat bahasa Inggris berikut ini:

  1. She wrote a letter. (Simple)
  2. She was writing a letter. (Continuous)
  3. She had written a letter. (Perfect)
  4. She had been writing a letter. (Perfect Continuous

Melihat contoh di atas, kalimat pertama paling sederhana. Setuju?

Yap, dibandingkan dengan jenis Past Tense lainnya (Continuous, Perfect, serta Perfect Continuous), kalimat pertama memiliki pola kalimat sederhana alias simpel. Contoh lainnya bisa diliat pada poin ke-4 membahas tentang fungsinya.

 

2. Pengertian Simple Past Tense dilihat dari arti kata PAST

Arti kata SIMPLE udah tahu. Sekarang kita lanjut ke kata PAST. Ah, gampang banget, artinya sesuatu yang sudah terjadi alias waktu telah lewat atau masa lampau. Iya toh?

Kalau disuruh bikin kalimat bahasa Inggris tentang hal yang sudah terjadi di masa lampau, biasanya pelajar mikir kejauhan. Beberapa tahun lalu atau beberapa bulan lalu. Padahal kejadian/kegiatan kemarin atau beberapa jam lalu juga bisa dipakai menjadi Simple Past Tense.

Misalnya, kamu sekarang lagi ada di sekolah. Trus tadi pagi -agi buta jam 4 sebelum berangkat ke sekolah, lanjut bikin tugas sampai selesai pukul 7.00. Gimana bilangnya dalam bahasa Inggris ya?

“I woke up at 4 a.m. and then did my task.” (Saya bangun pukul 4 pagi lalu mengerjakan tugas.)

Perhatikan kata kerjanya yaitu WOKE UP dan DID. Kedua kata tersebut adalah bentuk kedua disebut kata kerja past tense alias Verb 2. Kata kerja bentuk lampau ini adalah ciri-cirinya, selain keterangan waktu seperti yesterday, last week, dll.

Jika dilihat dari penggunaannya, pengertian Simple Past Tense jelas banget yaitu untuk mengungkap hal di masa lampau. Kalimatnya ditandai dengan kata kerja Verb 2 dan atau keterangan waktu masa lalu.

 

3. Jadi, PENGERTIAN SIMPLE PAST TENSE adalah…

Definisi dan Pengertian Simple Past Tense


Jadi, gimana sih definisi Simple Past Tense? Bisa langsung ke poinnya yuk.

Pengertiannya dalam bahasa Inggris:
Simple Past Tense is a verb tense showing an action which happened before now.
Jadi ini adalah pola kalimat untuk mengungkap hal yang terjadi di masa lalu.

Sebuah kalimat dikenal sebagai Simple Past Tense dengan melihat ciri-cirinya: kata kerja yang digunakan yaitu kata kerja bentuk kedua alias Verb 2. Misalnya: I went to grandma’s house last Sunday.

Selain itu, untuk kalimat negatif (penyangkalan) ditandai dengan adanya “did not” atau “didn’t” setelah Subyek. Kita pakai contoh sama dengan kalimat di atas ya agar lebih paham. I didn’t go to uncle’s house last Sunday.

Bagaimana dengan WAS dan WERE? Nah, penggunaan to be Was serta Were juga salah satu cirinya. Contoh kalimat NonVerbal, nggak pakai kata kerja misalnya: She was my student in 2003. Jika pengen tahu lebih dalam, bisa cari link artikelnya di akhir postingan ini.

Dari pengertian tersebut, intinya digunakan untuk menceritakan sesuatu yang terjadi di masa lampau. Ingat ya selain kata kerja, kita juga bisa mencantumkan keterangan waktu untuk memberi informasi kapan hal itu terjadi.

 

4. Fungsi Simple Past Tense

Lihat Fungsi ini agar paham pengertian simple past tense dan contoh kalimat
Selanjutnya, kamu akan segera paham pengertian Simple Past dengan melihat kapan penggunaanya, dalam situasi apa kamu bisa menerapkan pola kalimat ini. Yuk cari tahu keempat fungsinya.

1. Pahami Pengertian Simple Past Tense dari fungsinya untuk menyatakan hal yang terjadi di masa lampau (finished time)

Yap, tentu saja Tense ini untuk menyatakan kegiatan masa lalu. Ini juga sudah dibahas sebelumnya koq. Pokoknya waktu yang sudah berlalu, misalnya kemarin, minggu lalu, hari Jumat lalu, tahun lalu bahkan pada tahun tertentu di masa lampau. Coba lihat contoh berikut ini.

  1. He met President Jokowi in the evacuee camp a few days ago. (Ia bertemu dengan Presiden Jokowi di tenda pengungsi beberapa hari lalu.)
  2. Yesterday they were tired so they went to bed early. (Kemarin mereka lelah sehingga mereka tidur lebih awal.)
  3. We didn’t play tennis last Sunday because we went to Nusa Dua Festival (Kami tidak bermain tenis hari Minggu lalu karena kami pergi ke Festival Nusa Dua.)

Setelah membaca fungsi pertama, sudah mulai bisa bikin pengertian sendiri? Kalau belum, yuk lanjut ke subpoin kedua.

2. Mendalami Pengertian Simple Past Tense untuk menyatakan hal yang telah terjadi dan tak ada hubungannya dengan sekarang

Fungsi ini cocok banget buat yang lagi bingung membedakan Present Perfect dan Simple Past. Yap, mereka sama-sama digunakan menyatakan kegiatan telah terjadi di masa lampau. Trus apa bedanya?

Present Perfect Tense digunakan untuk menyatakan hal yang telah terjadi tapi masih ada hubungannya dengan sekarang. Misalnya Diana has gone to Singapore (Diana sudah pergi ke Singapura dan sekarang ia masih di sana).

Sedangkan Simple Past menceritakan hal yang terjadi di masa lalu serta nggak ada hubungannya dengan masa sekarang. Misalnya Lucy went to Surabaya two years ago (Lucy pergi ke Surabaya dua tahun lalu, dan nggak ada penjelasan sekarang ia di mana).

Yuk lihat contoh lainnya berikut ini supaya pengertian tense ini makin melehat di hati. Hahay!

  1. We saw Darmawan in town a few weeks ago. (Kami melihat Darmawan di kota beberapa minggu yang lalu). Jadi sekarang nggak tahu apa dia masih di kota atau tidak.
  2. The window was open and a bird flew into the room. (Jendela terbuka dan seekor burung terbang ke dalam ruangan.)

3. Memberi informasi tentang sesuatu yang telah terjadi (Present Perfect) kemudian berlanjut membicarakannya (Simple Past)

Saat memberikan informasi pertama kali tentang hal yang sudah terjadi, kamu bisa gunakan Present Perfect. Apabila ada pertanyaan lanjutan tentang hal tersebut, gunakan Simple Past.

Masing bingung maksudnya kayak gimana? Yuk langung cus ke contohnya agar pengertian dan fungsinya semakin jelas. Kita pakai percakapan saja ya. Fokus pada kalimat bergarisbawah ya.

Anne : Look! Somebody has spilt coffee on the floor. Who did that? (Lihat! Seseorang telah menumpahkan kopi di lantai.)
Bryan : It wasn’t me. I didn’t do it. (Bukan aku. Aku tidak melakukannya.)
Anne : Who did it then? (Lalu siapa yang melakukannya?
Bryan : I think Charley did it. He made a cup of coffee about an hour ago. (Aku pikir Charley melakukannya. Ia membuat kopi sejam lalu.)
Anne : Hm… let me ask Charley (Hm.. biar kutanya Charley.)

4. Menyatakan pengandaian dalam Conditional Sentences

Bagi yang tahu kalimat pengandaian atau Conditional Sentences tentu tahu penggunaan tense ini saat berandai-andai.

Pengandaian ini semacam penyesalan atau perasaan kurang menyenangkan terhadap apa yang terjadi sekarang. Dan kita ingin berandai-andai membayangkan sebuah situasi maka gunakan tense ini.

Jenis pengandaian ini disebut juga Conditional Type 2 atau Past Real Conditional. Simple Past Tense juga digunakan untuk menyatakan pengharapan yang berbeda dengan kenyataan sekarang. Lihat contohnya yuk.

  1. If I were you, I wouldn’t stay with my parents. (Jika aku adalah kau, aku tak akan tinggal bersama orangtuaku.) Kenyataanya aku bukanlah kau.
  2. I wish I didn’t have to work. (Aku harap aku tidak harus bekerja.) Kenyataannya aku harus kerja.
  3. If she took more exercise, she’d feel better. (Jika ia lebih banyak berolahraga, ia akan merasa lebih baik.) Kenyataannya ia tidak banyak berolahraga.

***

Nggak perlu menghapal Pengertian Simple Past Tense sampai ke titik koma. Kita hanya perlu paham apa itu dan bikin definisi versi sendiri. Cara ini bikin kita makin ngerti. Bahkan bisa bikin kalimat sendiri. Mantap sekali.

Pengen tahu lebih banyak tentang Simple Past Tense? Nih, semua materinya ada di bawah ini. Tinggal klik materi yang ingin kamu pahami.

berpenghasilan online dengan menulis artikel EnglishCoo

About Deari

I am a blogger who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

9 thoughts on “Pengertian Simple Past Tense yang Nggak Bikin Galau

    1. Hai Oesman,
      Sama-sama. Wah, terimakasih atas doanya yang tulus. I’m really happy. Sehat dan sukses untukmu juga ya. Have a great day!

    2. Hai Oesman,
      Sama-sama. Wah, terimakasih atas doanya yang tulus. I’m really happy. Sehat dan sukses untukmu juga ya. Have a great day!

  1. agar mudah memahami tenses dan membuat kalimat simple present dulu iya kak harus dipahami baru bisa masuk ke tenses simple past dan past perfect?

    1. Hi, Singgih Amri Rambe
      Yap, betul banget. Mulai dari materi yang paling gampang dulu. Setelah itu baru lanjut. Yang penting paham kapan penggunaannya dan sering-sering dipake dalam keseharian.

      Sukses, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.