Pengertian Simple Future Tense dan Fungsinya Lengkap Banget

Pengertian Simple Future Tense dan Fungsinya Lengkap Banget

EnglishCoo – Pengertian Simple Future Tense dan fungsi-fungsi ini bikin kamu paham kapan penggunaannya dalam percakapan Bahasa Inggris.

Obrolan kita kali ini agak berat. Wuish, ngomongin masa depan. Bicara soal masa mendatang alias Future, apa sih terlintas di pikiranmu tentang masa depan? Pernah nggak punya rencana tentang hal yang akan kamu lakukan tahun depan? Atau jika tahun depan kelamaan, minggu depan deh atau esok hari atau mungkin sejam kemudian?

Sebelum membahas pengertian Simple Future Tense, saya teringat satu kata mutiara bahasa Inggris keren abis dari Mark Twain. Sayang banget kalau nggak dibagi. Isi quote-nya seperti ini:

“Twenty years from now you will be more disappointed by the things you didn’t do than by the ones you did do. So throw off the bowlines. Sail away from the safe harbor. Catch the trade winds in your sails. Explore. Dream. Discover.”

Artinya kurang lebih gini: Dua puluh tahun dari sekarang kamu akan lebih kecewa dengan hal-hal yang nggak kamu lakuin. Jadi lepaskan tali tambat kapal. Berlayarlah menjauh dari pelabuhan yang aman. Tangkap angin pasat dalam pelayaranmu. Jelajahi. Bermimpi. Temukan.

Sekarang tahun 2018, dua puluh tahun lagi tahun 2038. Banyak hal akan terjadi dalam kurun waktu 20 tahun. Yup, banyak perubahan. Akan berubah seperti apakah dirimu nanti?

Mumpung masih punya waktu, lakukan sesuatu yang benar-benar ingin dilakukan. Jangan sampai kata mutiara dari Mark Twain menjadi kenyataan: 20 tahun mendatang malah menyesal karena nggak melakukan hal tersebut.

Misalnya jika ingin mahir bahasa Inggris, ya belajar dari sekarang. Mulai dari yang sederhana dulu seperti Pengertian Simple Future Tense beserta Fungsinya sehingga jadi tahu kapan penggunaan Simple Future Tense dalam percakapan Bahasa Inggris. Yuk, lanjut.

 

A. PENGERTIAN SIMPLE FUTURE TENSE

Pengertian Simple Future Tense dilihat dari kata Simple dan Future


Penting nggak sih tahu pengertian Simple Future Tense? Adakah di antara kamu punya pertanyaan ini? Penting nggak penting, bagi saya ya dengan memahami definisi Simple Future Tense bikin kita tahu kapan menggunakannya. Bahkan di setiap fungsi Simple Future Tense ada contoh kalimatnya juga.

1. Pengertian Simple Future Tense dilihat dari kata SIMPLE

Sudah pernah membaca pengertian Simple Present Tense atau artikel membahas definisi Simple Past Tense? Sama seperti kedua tenses tersebut, Simple Future Tense memiliki pola simpel alias sederhana.

Mengapa disebut punya pola simple atau sederhana? Ada buktinya nggak?

Coba perhatikan 4 contoh kalimat di bawah ini. Keempatnya masuk ke kategori PRESENT FUTURE TENSE dengan modal Will. Masing-masing contoh punya pola berbeda:

  1. I will do my homework. (Simple Future)
  2. I will be doing my homework. (Future Continuous)
  3. I will have done my homework. (Future Perfect)
  4. I will have been doing my homework. (Future Perfect Continuous)

Coba fokus pada kata bergaris bawah, lihat kan bedanya? Memang sih semuanya pakai modal “Will” tapi kata kerja atau verb-nya beda-beda. Ada verb 1, verb-ing, dan verb 3. Kalau belum menemukan bedanya, coba perhatikan lagi deh.

Dari keempat Present Future Tense itu, contoh pertama yaitu Simple Present Future Tense emang paling simpel. Saking sederhananya hanya menggunakan will plus kata kerja verb 1 saja. Itu untuk kalimat verbal. Nah, untuk kalimat nominal hanya pakai “will be” saja. Misalnya: I will be a pilot someday.

2. Pengertian Simple Future Tense dilihat dari kata FUTURE

Setelah tahu kesederhanaan Simple Future Tense, sekarang kita pahami pengertian Simple Future Tense dengan melihat kata FUTURE. Apa sih artinya Future?

Yuk googling sebentar untuk mencari definisinya. Nah, ada beberapa pengertian Future dalam Bahasa Inggris dari Cambridge Dictionary. Kita ambil beberapa saja:

  • a period of time that is to come
  • the form of a verb that you use when talking about something that will happen or exist: In the sentence “He will study” the verb phrase “will study” is in the future.

Jelas terlihat bahwa Future mengacu pada sesuatu yang akan terjadi. Bahkan pengertian kedua mengacu pada Simple Future Tense lengkap dengan contoh kalimatnya. So, Future adalah masa depan: sesuatu yang belum terjadi atau direncanakan terjadi pada masa mendatang.

3. Jadi, Pengertian Simple Future Tense adalah…

Setelah tahu makna kata Simple serta definisi dari Future, bisakah kamu bikin pengertian Simple Future Tense versimu sendiri?

Membuat pengertian Simple Future Tense dalam Bahasa Inggris versi sendiri itu bikin kita jadi lebih paham. Mengapa? Ya, karena kita pakai kata-kata sendiri. Nggak usah menghapal pengertian dari buku Bahasa Inggris yang njelimet serta ribet. Tapi kalau definisinya sederhana, boleh lah…

“Simple Future Tense is a verb tense which is used to talk about things that will happen.”
Artinya: Simple Future Tense adalah kata kerja yang digunakan untuk membicarakan hal-hal yang akan terjadi.

Atau mau tahu penggunaan atau fungsi Simple Future Tense dulu? Mungkin setelah tahu kapan menggunakan Simple Future Tense dalam percakapan Bahasa Inggris, kamu bisa bikin pengertian Simple Future Tense dengan lebih mudah. Yuk, lanjut.

 

B. FUNGSI SIMPLE FUTURE TENSE

Pengertian Simple Future Tense dan Fungsi-Fungsinya serta Kapan Penggunaan dalam Percakapan
Ada beberapa fungsi Simple Future Tense bisa membantu lebih mendalami pengertian Simple Future Tense serta tahu kapan menggunakannya dalam percakapan Bahasa Inggris.

Semua tenses ada kalimat positif, negatif dan interogatif. Begitupun dengan Simple Future Tense. Untuk kalimat penolakan yang menggunakan modal Will menjadi Will Not atau disingkat Won’t, berarti tidak akan.

Setiap fungsi diberi contoh kalimat beserta artinya agar lebih mudah dimengerti. Konsep ini mengantarkan kita pada pemahaman yang lebih membahana. Sudah siap?

 

1. Fungsi Simple Future Tense Pertama: menyatakan hal yang akan dilakukan di masa depan atau dalam waktu dekat di masa mendatang

Kita mulai dengan fungsi pertama, sangat sesuai dengan definisinya secara umum. Masih ingat pengertian Simple Future Tense? Menyatakan kegiatan yang akan terjadi di masa mendatang.

Apa yang akan kamu lakukan nanti siang? Apa rencanamu setelah membaca artikel ini? Coba jawab dalam Bahasa Inggris. Jika sudah, itu berarti kamu sudah mengaplikasikan fungsi pertama Simple Future Tense.

Di sini kamu mengenal bahwa Simple Future Tense ada yang menggunakan modal “Will/Shall” serta ada juga menggunakan “Be Going To”. Be dimaksud ini adalah bentuk Present yaitu Is, Am, Are sesuai Subyeknya.

Gimana sih maksudnya?

Gini lho. Saat ditanya: Apa rencanamu hari Sabtu malam? Ada 2 kemungkinan jawaban yaitu sudah punya rencana atau belum punya rencana. Jika sudah punya berencana sebelumnya, kita jawab dengan “I am going to go out with a special friend.” Namun, jika belum punya rencana lalu memutuskan sebuah kegiatan, jawabannya “Hm…I will do my Scince project.”

Itu sekilas saja ya, karena di fungsi Simple Future Tense berikutnya akan dibahas lebih lengkap tentang Will dan Be Going To. Sekarang lanjut ke contohnya yuk biar lebih greget!

  1. It won’t rain tomorrow. (Besok nggak akan hujan.)
  2. They will be home late tonight. (Mereka akan terlambat sampai di rumah nanti malam.)
  3. Hurry up! The class will start soon. (Bergegaslah! Kelas akan segera dimulai.)
  4. I will do my Art project after dinner. (Aku akan mengerjakan proyek Kesenianku setelah makan malam.)
  5. She is going to go to London next year. (Ia akan pergi ke London tahun depan)
  6. Are we going to eat in that restaurant? (Apakah kita akan makan di restoran itu?)
  7. We shall not be here tomorrow. (Kami tidak akan ada di sini besok.)
  8. I shall stay in the hotel for five days. (Saya akan tinggal di hotel selama 5 hari.)

 

2. Fungsi Simple Future Tense Kedua: Membuat keputusan spontan saat berbicara

Pernah nggak ditanya pengen jadi apa saat besar nanti? Sering kali jawabannya adalah “I want to be” atau “I will be”

Misalnya berencana pergi ke rumah teman. Trus temanmu nitip dibeliin makanan karena si teman ini udah kelaparan banget. Eh, kelupaan. Sampai di rumahnya, ngelihat wajah teman udah mau pingsan, kamu baru ingat kalau temanmu nitip makanan (heran, koq nggak pesan via gofood ajah ya). Trus kamu bikin keputusan mendadak dan bilang “Oh, I forgot it. Wait, I will buy the food and come back soon.”

Jika membuat keputusan dadakan alias spontan sesaat sebelum berbicara atau saat berbicara, gunakanlah Simple Future Tense dengan modal “Will”. Lihat contohnya bisa bikin kita tambah ngerti.

  1. Hm…what can we do this evening? Aha, we will watch a movie. (Hm…ngapain ya kita malam ini? Aha, kita akan nonton film.)
  2. Oh, We have left the door open. You’ll go and shut it, won’t you? (Oh, kita meninggalkan pintu terbuka. Kamu akan menutupnya, iya kan?)
  3. They aren’t hungry. I won’t buy anything for them. (Mereka nggak lapar. Aku nggak akan membelikan apa-apa buat mereka.)
  4. I forgot to phone my father. I will phone him now. (Aku lupa nelepon ayahku. Aku akan meneleponnya sekarang.)

 

3. Memahami Pengertian Simple Present Tense dengan melihat fungsi ke-3 untuk menyatakan keputusan yang sudah dibuat sebelumnya

Fungsi ketiga ini kebalikan dari yang kedua. Kalau tadi kita bicara tentang keputusan mendadak dibuat saat berbicara, nah fungsi ini lebih terencana.

Simple Future Tense juga digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan dilakukan di masa mendatang dan sudah direncanakan sebelumnya. Misalnya rencana liburan akhir tahun, kegiatan camping sekolah bulan depan, acara ulang tahun, kegiatan malam mingguan, pokoknya sudah direncakan sebelumnya.

Misalnya kamu bicara pada diri sendiri nih: Hm…what can I do this morning? Aha, I will clean my motorbike. Trus ada temanmu nge-sms ngajakin keluar pagi ini. Nah kamu bisa nolak dengan alasan: I’m going to clean my motorbike, karena kamu sudah memutuskan sebelumnya.

So, jika kita sudah merencanakan sesuatu jauh-jauh hari, gunakanlah Simple Future Tense yaitu Be Going To. Ingat ya, Be dalam bentuk Present adalah IS, AM, ARE sesuai subyeknya. Lihat contoh yuk.

  1. We are going to go on holiday next month. (Kita akan pergi liburan bulan depan.)
  2. I am going to visit my cousin in the hospital tonight. (Aku akan menjenguk sepupuku di rumah sakit nanti malam.)
  3. They are going to see a dentist this Friday. (Mereka akan ke dokter gigi hari Jumat ini.)
  4. He is not going to meet Mr. Sitohang tomorrow morning. (Ia nggak akan bertemu dengan Pak Sitohang besok pagi.)
  5. Are Mr. and Mrs. Si Lau going to be the speakers? (Apakah Bapak dan Ibu Si Lau yang akan menjadi pembicara?)

 

4. Fungsi Simple Future Tense selanjutnya sebagai prediksi masa mendatang (merupakan perkiraan atau pendapat saja)

Penggunaan Will dan Be Going To agar Paham Pengertian dan Fungsi Simple Future Tense
Perhatikan gambar di atas. Ada satu contoh keren nih di buku “Elementary English Grammar” karya Digby Beaumont, halaman 142. Seorang ibu bersama anaknya berusia kira-kira 10 tahun. Ada seekor anjing sedang tidur. Si anak mencoba menyentuh anjing itu. Ibu memberi peringatan dengan berpendapat “Don’t touch that dog. He will bite you.” Tapi anak malah menyentuh anjing itu dan si anjing marah. Ibu berteriak panik “Look out! He’s going to bite you.

Lihat dua kalimat bergaris bawah. He will bite you hanya pendapat atau perkiraan saja. Bisa terjadi bisa juga tidak. Tapi saat mengatakan He is going to bite you, Ibu yakin apa yang benar-benar akan terjadi karena melihat keadaan sekarang yaitu si anjing marah.

Contoh lainnya saat meramalkan cuaca. Terkadang hanya melihat cuaca hari ini nggak bisa benar-benar memprediksi cuaca esok dengan 100% akurat. Jika itu hanya pendapat, lebih aman gunakan Simple Future Tense dengan modal “Will” saja.

  1. My friends will be here soon. (Teman-temanku akan segera ke sini.)
  2. I don’t think they will be late. (Aku pikir mereka nggak bakalan terlambat)
  3. Don’t be scared. The dog won’t bite you. (Nggak usah takut. Anjing itu nggak bakalan gigit koq.)
  4. I think we will get the highest score. (Menurutku kita akan mendapatkan nilai tertinggi.)
  5. I wonder where I will be 20 years from now. (Aku penasaran aku akan ada di mana 20 tahun dari sekarang.)

 

5. Kenali Pengertian Simple Future Tense melihat fungsinya sebagai pengandaian yang mungkin terjadi dalam waktu dekat di masa mendatang (Conditional Type 1)

Kamu suka mengkhayal atau berandai-andai? Pas banget, fungsi berikut membahasnya. Dengan melihat fungsi kelima ini, kita bisa menambah fungsi Simple Future Tense untuk pengandaian.

Pengandaian disebut juga Conditional. Ada beberapa jenis pengandaian dalam bahasa Inggris: Conditional Type 1, 2, dan 3. Kita bahas secara menyeluruh dalam artikel lainnya ya. Sekarang fokus pada Simple Future Tense dalam Conditional type 1.

“Jika kamu melakukan ini, maka kamu akan begitu” adalah konsep dasar dari Conditional. Kalau type 1 berarti mungkin terjadi seperti contoh berikut.

  1. He will be upset if Dharma is late again. (Dia akan kesal jika Dharma terlambat lagi.)
  2. If the weather is good, we’ll go on holiday. (Jika cuacanya bagus, kita akan pergi berlibur.)
  3. If I can’t finish my task earlier, I won’t text you. (Jika aku tak bisa selesaikan tugasku lebih awal, aku tak akan mengirimimu SMS.)
  4. If you touch this plate, you will burn yourself. (Jika kamu menyentuh piring itu, tanganmu akan terbakar.)
  5. You will not get 20% discount if you aren’t the member. (Kamu tidak akan mendapat diskon 20% jika kamu bukan anggota.)

 

6. Pahami Pengertian Simple Future Tense dari Fungsi keenam sebagai tawaran untuk melakukan sesuatu (offering to do something)

Ternyata Simple Future Tense tak hanya berfungsi untuk menyatakan kegiatan di masa depan saja, tapi bisa juga digunakan sebagai tawaran melakukan sesuatu untuk orang lain. Kamu suka nolong orang lain? Suka menawarkan bantuan kepada orang lain? Jika bekerja di bidang pariwisata, kita sering menawarkan bantuan untuk bule atau tamu.

Bisa gunakan modal Will atau Shall. Bedanya Shall dan Will apa ya? Kalau Will bisa digunakan untuk semua subyek, sedangkan Shall digunakan untuk subyek I dan We. Lihat contoh 31 dan 32. Setelah melihat contoh di bawah, coba praktek bikin kalimat Simple Future Tense sebagai penawaran.

  1. That bag looks heavy. I’ll help you with it. (Tas itu tampaknya berat. Saya akan membantu Anda menggangkatnya.)
  2. You look so tired to walk home. I’ll get a taxi. (Anda tampak sangat lelah untuk jalan kaki pulang. Saya akan memanggil taxi.)
  3. He’ll show you your room. (Ia akan menunjukkan kamar Anda.)
  4. Shall I close the window? (Haruskah aku menutup jendela?)
  5. Shall we write it down for you? (Haruskah kami menuliskannya untuk Anda?)

 

7. Mendalami Pengertian Simple Future Tense dengan Fungsinya yaitu saat memohon kepada seseorang untuk melakukan sesuatu (asking somebody to do something)

Dalam fungsi keenam, kita sudah mendalami pengertian Simple Future Tense sebagai tawaran untuk melakukan sesuatu. Nah, di sini kita belajar bahwa Simple Future Tense juga bisa digunakan untuk meminta seseorang melakukan sesuatu.

  1. Will you shut the door, please? (Maukah kau menutup jendela?)
  2. Will you ask them to be quiet, please? I’m preparing for an exam. (Maukah kau meminta mereka untuk tenang? Saya sedang mempersiapkan ujian.)
  3. It’s a bit cold in this room. Will you turn on the heating, please? (Agak dingin di ruangan ini. Maukah kamu menyalakan pemanas?)
  4. Will you come to my party tomorrow? (Maukah kamu datang ke pestaku besok?)

***

Gimana, apa sudah mulai paham pengertian Simple Future Tense? Trus udah bisa bikin definisi versi sendiri? Semoga membaca artikel ini membuatmu semakin cepat ngerti.

Berikut ini list materi Simple Future Tense. Pilih materi bahasa Inggris ingin kamu kuasai dan tingkatkan pemahaman tentang Future Tense.

About Made Ari

I am a teacher who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *