Penggunaan Have dan Has Ini Bikin Kamu Cepat Ngerti

penggunaan have dan has

EnglishCoo – Penggunaan Have dan Has dalam kalimat bahasa Inggris nggak seribet yang dibayangkan lho. Terutama dalam Present Perfect Tense, perbedaan Have dan Has gampang banget dilihatnya.

I have a dream, a song to sing
To help me cope with anything
If you see the wonder of a fairy tale
You can take the future even if you fail

Sounds familiar? Yup, it’s a song by an Irish groupband Westlife. Pernah dengar lirik lagu “I have a dream” karya Westlife? Mungkin bagi pecinta musik di tahun 2000-an nggak asing dengan lagu ini. Bahkan Sherina pernah berduet dengan kelompok penyanyi ganteng asal Irlandia ini.

Kenapa postingan ini diawali dengan lagu “I have a dream”? Yap, karena kita berbicara tentang penggunaan Have dan Has. Dari lagu tersebut kita bisa lihat penggunaan Have. Gimana dengan Has? Tenang, kita juga akan membahasnya di sini.

Awalnya saya mikir untuk menggabungkan Have, Has, Had dalam satu postingan saja. Pengennya sih biar sekalian bahas ketiganya. Tapi setelah saya membuat kerangka alias draf, waduh jadinya buanyak banget yang dibahas. Alhasil, saya fokus pada penggunaan Have dan Has saja, plus dibahas sekilas tentang Had.

Have dan Has paling sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari. Have dan Has bisa menjadi kata kerja utama (main verb) seperti I have a dream. Selain itu, mereka bisa juga menjadi kata kerja bantu (auxiliary alias helping verb), terutama dalam kalimat Present Perfect tense.

Ada 4 subpoin dibahas dalam postingan ini yaitu:

  1. Mengenal Arti kata Have dan Has
  2. Memilih Subyek sesuai dengan penggunaan Have dan Has
  3. Have dan Has sebagai MAIN VERB
  4. Have dan Has sebagai AUXILIARY VERB
  5. Penggunaan Have dan Has dalam contoh kalimat Present Perfect Tense

Supaya nggak kepanjangan, yuk kita mulai.

 

1. Mengenal Arti kata Have dan Has

Mengenal Arti Kata HAVE dan HAS dalam Bahasa Inggris


Sering mendengar kata Have dan Has tapi nggak tahu artinya apa? Tak usah khawatir karena kamu akan segera mengetahuinya. Jika ditelusuri makna kata Have dan Has, ada buanyak banget. Semua tergantung pada penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris.

Supaya nggak ribet, kita cari tahu arti kata Have dan Has dengan melihat fungsinya. Nggak banyak koq, hanya 2 fungsi saja. Pada dasarnya, ada 2 fungsi Have dan Has:

Pertama, sebagai Kata Kerja Utama (Main Verb), misalnya
> I have a new laptop. (Saya punya laptop baru.)
> She has a handsome husband. (Ia mempunyai suami ganteng)

Kedua, sebagai Kata Kerja Bantu (Auxiliary Verb), misalnya
> I have bought a new house. (Saya sudah membeli rumah baru.)
> She has got a new baby. (Ia sudah punya seorang bayi.)

Lihat penggunaan Have dan Has pada contoh kalimat bahasa Inggris di atas. Apakah kamu melihat perbedaan fungsi pertama dan kedua?

Pada fungsi pertama yaitu sebagai Main Verb, makna kata Have dan Has itu ada banyak. Salah satunya “mempunyai”. Nanti kita bahas satu demi satu ya. Biasanya, digunakan dalam kalimat Simple Present dan Present Future. Sedangkan Have dan Has sebagai kata kerja bantu memiliki arti “Telah/Sudah”, digunakan dalam kalimat Present Perfect Tense untuk menyatakan kegiatan yang sudah dilakukan.

 

2. Memilih SUBYEK sesuai dengan penggunaan Have dan Has dalam Bahasa Inggris

Memilih SUBYEK sesuai dengan penggunaan Have dan Has dalam Bahasa Inggris
Setelah mengenal makna kata Have dan Has, yuk kita cari tahu gimana menggunakannya dalam contoh kalimat bahasa Inggris. Ini poin yang paling penting, yaitu memilih Subyek yang tepat.

Kini saatnya mencari pasangan untuk Have dan Has. Subyek apa yang akur dipasangkan dengan Have dan apa yang pas berpasangan dengan Has? Kamu perlu tahu kalau Have dan Has itu setia pada pasangan Subyeknya. Sekali kamu ingat, kamu bakal mahir penggunaan Have dan Has dalam kalimat.

Masih ingat ada Subyek apa saja dalam kalimat Bahasa Inggris? Subyek bisa jadi benda mati atau benda hidup. Jumlahnya bisa satu atau lebih dari satu.

Ada namanya kata ganti orang / benda, dalam bahasa Inggris disebut PRONOUN. Kata ganti sebagai Subyek disebut Subject Pronoun. Duh, istilah apa lagi sih ini? Sebenarnya simpel koq, kita lihat contohnya langsung pada tabel berikut ini.

SUBYEK ARTINYA
They Mereka
We Kami / Kita
I Saya / Aku
You Kamu / Anda
She Dia (perempuan)
He Dia (laki-laki)
It Ia / Itu (satu benda mati/hidup)

Gimana caranya menghapal Subject Pronoun tersebut? Ah, sekali lagi hindari menghapal ya. Tapi sering-seringlah berlatih. Praktek bikin kalimat. Gunakan dalam percakapan.So pasti kamu mengingatnya dengan mudah.

Trus kapan pembagian pasangan Subyek untuk Have dan Has? Supaya lebih jelas lagi, lihat tabel berikut ini.

They
We
I
You
HAVE
She
He
It
HAS

Jadi tampak jelas kalau Subyek yang terdiri dari satu benda mati atau makhluk hidup menggunakan kata kerja bantu HAS. Sedangkan untuk beberapa makhluk atau benda mati, gunakan HAVE. Untuk Subyek I yang berarti Saya / Aku selalu dipasangkan dengan auxiliary HAVE.

Trus gimana dengan Subyek yang lain? Bagaimana jika Subyeknya adalah my father, my mother, my sister, my family, my friends, the dog, the cats, the animal, the animals, Andi, Lucy, Rara, Dendra, dan nama-nama lain di sekitarmu?

Kamu hanya perlu mengingat dua hal ini:
HAS untuk Singular alias satu benda.
HAVE untuk Plural alias beberapa atau banyak benda.

Benda yang dimaksud itu baik benda mati maupun makhluk hidup ya. Contoh kalimatnya gimana? Kamu bisa membaca buanyak contoh kalimat di poin berikutnya. Yuk pertambah pengetahuan bahasa Inggrismu supaya mahir casciscus.

 

3. Penggunaan Have dan Has sebagai KATA KERJA UTAMA (Main Verb)

Penggunaan Have dan Has sebagai KATA KERJA UTAMA (Main Verb)
Have dan Has bisa berperan sebagai kata kerja utama. Apa maksudnya? Jadi, dalam bahasa Inggris ada yang namanya Main Verb yaitu kata kerja utama dan ada Auxiliary Verb atau kata kerja bantu.

Pada poin pertama sudah dibahas sekilas perbedaan Main Verb dan Auxiliary Verb. Poin ke-3 ini kita fokus pada penggunaan Have dan Has sebagai kata kerja utama. Kamu perlu tahu bahwa kata Have dan Has dalam kalimat bahasa Inggris memiliki berbagai macam arti.

Sebagai Main Verb, Have dan Has memiliki bentuk pertama kedua ketiga, biasa disebut Verb1, Verb2 dan Verb3. Verb 1 sering disebut Infinitive. Verb 2 disebut Past Tense. Verb 3 dikenal dengan istilah Past Participle. Kayak gimana Verb 1 2 3 dari kata kerja Have dan Has? Yuk simak.

Verb1 – Verb2 – Verb3
Have/Has – Had – Had

Jadi bentuk kedua dan ketiga dari Have / Has adalah Had. Kata kerja Have / Has digunakan dalam kalimat Simple Present Tense dan Present Future. Sedangkan Verb 2 dan Verb 3 yaitu Had digunakan dalam kalimat Past Tense dan Perfect Tense.

Tadi dibahas bahwa penggunaan Have dan Has sebagai Main Verb memiliki buanyak arti. Di sini kita bahas beberapa yang paling sering digunakan dalam keseharian. Tentu dilengkapi dengan contoh plus terjemahannya biar terlihat jelas maknanya.

“MEMPUNYAI”
> They have beautiful eyes. (Mereka punya mata yang indah.)
> She has a lot of money. (Ia memiliki banyak uang.)
> He doesn’t have much time. (Ia tak punya banyak waktu.)
> Do you have a dream? (Apa kamu punya sebuah impian?)

“MENYURUH / MEMINTA ORANG MENGERJAKAN”
> I had my hair cut yesterday evening. (Aku meminta orang memotong rambutku kemarin malam.)
> Jony has his car washed twice a month. (Mobil Jony dicuci 2x sebulan.)
> We have our walls redecorated every year. (Tembok-tembok kami didekorasi ulang setiap tahun.)

MAKAN / MINUM
> I want to have a cup of tea. (Aku ingin minum secangkir the.)
> She had some cake before sleeping. (Dia telah makan kue sebelum tidur.)
> e have a delicious meal every Friday. (Kami makan makanan lezat setiap hari Jumat.)
> He always has a glass of water in the morning. (Ia selalu minum segelas air putih pada pagi hari.)

MENGALAMI, KEGIATAN, ACARA
> They had a great time yesterday. (Mereka bersenang-senang kemarin.)
> am going to have a shower. (Aku mau mandi.)
> Let’s have a party tomorrow! (Ayo adakan pesta besok.)
> He has a party once a month. (Ia mengadakan pesta sebulan sekali.)

HARAPAN / UCAPAN PERPISAHAN
> Have a good day / Have a nice day (Semoga harimu menyenangkan.)
> Have a great sleep / Have a great nap (Semoga tidurmu nyenyak)

Sebenarnya, masih banyak lagi penggunaan Have dan Has dalam bahasa Inggris sebagai Main Verb. Kita sambung di postingan yang lain ya. Kita lanjut ke materi Have dan Has sebagai Auxiliary Verb. Seperti apa ya? Yuk langsung cus ke poin empat.

 

4. Penggunaan Have dan Has sebagai KATA KERJA BANTU (Auxiliary alias Helping Verb)

Tadi kita sudah lihat bahwa Have dan Has memiliki banyak makna. Itu adalah fungsi Have dan Has sebagai Main Verb. Saatnya sekarang kita bahas Auxiliary Verb atau kata kerja bantu.

Sebagai Auxiliary Verb, Have dan Has digunakan dalam kalimat Present Perfect Tense. Kata Have dan Has yang diletakkan setelah Subyek digunakan untuk menyatakan kegiatan yang SUDAH dilakukan pada masa lampau, tapi masih berhubungan dengan masa sekarang.

Satu hal tambahan yaitu singkatan dari Have dan Has. Yap, terkadang kamu bisa memperpendek kata ini. Biasanya digunakan dalam pesan singkat, sms, atau percakapan informal.

Contoh:
I’ve = I have
We’ve = We have
She’s = She has
He’s = He has

Hati-hati dengan apostrophe s alias ‘s pada kata He’s atau She’s. Singkatan ‘s bisa berarti is. Nah, kalau kata kerja yang dipake adalah Verb 3 berarti itu adalah singkatan dari HAS. Karena Has diikuti dengan Verb3.

Masih ingat rumus Present Perfect Tense? Coba perhatikan gambar di bawah ini. Ada rumus kalimat positif, negatif dan interogatif untuk pola Present Perfect Tense. Penggunaan Have dan Has diikuti kata kerja Past Participle alias Verb3.

Rumus Present Perfect Tense untuk kalimat positif, negatif dan interogatif

Bisakah kamu membuat contoh kalimat Present Perfect Tense menggunakan Have dan Has? Berikut ini kamu akan menemukan banyak contoh Present Perfect Tense.

Contoh Penggunaan Have dan Has dalam Kalimat Present Perfect Tense

  1. She has started a new company. (Ia sudah memulai perusahaan baru.)
  2. They have lived here since 1980. (Mereka sudah tinggal di sini sejak 1980.)
  3. Have you seen him today? (Apa kamu telah melihatnya hari ini?)
  4. I have already received a letter from my dad. (Aku sudah menerima surat dari ayahku.)
  5. He has watched the movie three times already. (Dia telah menonton film tersebut sebanyak tiga kali.)

***

Untuk paham penggunaan Have dan Has, kamu perlu melihat apakah ada kata kerja yang lain dalam kalimat tersebut. Apabila ada Verb3 berarti Have dan Has berperan sebagai kata kerja bantu. Jika tidak ada Verb lain, berarti ia adalah kata kerja utama.

Pengen tahu lebih banyak tentang Present Perfect Tense? Nih, semua materinya ada di bawah ini. Tinggal klik materi yang kamu ingin pahami.

About Made Ari

Hi, thank you for visiting EnglishCoo! Here, we share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. By the way, I am Made Ari from Bali, Indonesia. See ya…

12 thoughts on “Penggunaan Have dan Has Ini Bikin Kamu Cepat Ngerti

    1. Hi, Bagus Widjaksono
      Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan “jejak” komentar di blog EnglishCoo.
      Semoga blog ini bermanfaat buat semakin banyak orang yang belajar bahasa Inggris.
      Have a good day!

    1. Hi, Andrew Salim,
      Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan “jejak” di blog EnglishCoo.
      Have a good day!

  1. hai ka made ari

    makasih postinganya bagus bannget, sangat bermanfaat, sya lagi belajar bhs inggris nih doain ya biar cpt lancar. hehhehehe

    1. Hi, Taufik.
      Yup, sama-sama. Senang bisa membantu. Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan “jejak” komentar di blog EnglishCoo.
      Semoga makin pinter dan cepet lancar bahasa Inggris.
      Have a good day! 🙂

    1. Hi, Raditya.
      Semoga tesnya sukses…ses…ses…
      Good luck n Semangaaat!!!

    1. Hi, Sobar Gunandar.
      Terimakasih sudah berkunjung dan meninggalkan “jejak” komentar di blog EnglishCoo.
      Semoga sukses! 😉

  2. izin kopas di word ya mis, untuk aku pelajari lebih sering, terimakasih bermanfaat sekali
    kampung ku di bali juga, see you miss

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *