Penggunaan Have dan Has Ini Bikin Kamu Cepat Ngerti

EnglishCoo – Penggunaan Have dan Has dalam kalimat bahasa Inggris nggak seribet yang dibayangkan lho. Terutama dalam Present Perfect Tense, perbedaan Have dan Has gampang banget dimengerti asalkan kamu baca tuntas artikel ini.

I have a dream, a song to sing
To help me cope with anything
If you see the wonder of a fairy tale
You can take the future even if you fail

Sounds familiar? Yup, it’s a song by an Irish group band Westlife. Pernah dengar lirik lagu “I have a dream” karya Westlife? Mungkin bagi pecinta musik di tahun 2000-an nggak asing mendengar lagu ini. Bahkan Sherina pernah berduet bersama kelompok penyanyi ganteng asal Irlandia.

Kenapa postingan ini diawali lirik lagu “I have a dream”? Yap, karena kita berbicara tentang penggunaan Have dan Has. Dari lagu tersebut kita bisa lihat penggunaan Have. Gimana dengan Has? Tenang, kita juga akan membahasnya di sini.

Awalnya saya mikir untuk menggabungkan Have, Has, Had dalam satu postingan saja. Pengennya sih biar sekalian bahas ketiganya. Tapi setelah saya membuat kerangka alias draf, waduh jadinya buanyak banget yang dibahas. Alhasil, saya fokus pada penggunaan Have dan Has saja, plus dibahas sekilas tentang Had.

Have & Has paling sering digunakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari. Have/Has bisa menjadi kata kerja utama (main verb) seperti dalam kalimat I have a dream. Selain itu, mereka bisa juga menjadi kata kerja bantu (auxiliary alias helping verb), terutama dalam kalimat Present Perfect tense.

Ada 5 subpoin dibahas dalam postingan ini yaitu:

  1. Mengenal Arti Have dan Has
  2. Memilih Subyek sesuai penggunaan Have dan Has
  3. Have dan Has sebagai MAIN VERB
  4. Have dan Has sebagai AUXILIARY VERB
  5. Penggunaan Have dan Has dalam contoh kalimat Present Perfect Tense

Supaya nggak kepanjangan, yuk kita mulai.

 

1. Mengenal Arti kata Have dan Has

Arti Have dan Has dalam Kalimat Bahasa Inggris


Sering mendengar penggunaan Have serta Has tapi nggak tahu artinya apa? Tak usah khawatir karena kamu akan segera mengetahuinya. Jika ditelusuri penggunaan serta makna Have & Has, ada buanyak banget. Semua tergantung pada penggunaan dalam kalimat bahasa Inggris.

Have dan Has dapat menjadi kata kerja utama (Main Verb) dan kata kerja bantu (Auxiliary Verb). Selain Main dan Auxiliary, ada banyak jenis kata kerja dalam bahasa Inggris. Yap, materi bahasa Inggris emang buaaanyak banget. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat menguasai bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Caranya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

Supaya nggak ribet, kita cari tahu arti Have dan Has dengan melihat penggunaan atau fungsinya. Nggak banyak koq, hanya 2 fungsi saja. Pada dasarnya, ada 2 fungsi Have serta Has:

Pertama, sebagai Kata Kerja Utama (Main Verb), misalnya
> I have a new laptop. (Saya punya laptop baru.)
> She has a handsome husband. (Ia mempunyai suami ganteng)

Kedua, sebagai Kata Kerja Bantu (Auxiliary Verb), misalnya
> I have bought a new house. (Saya sudah membeli rumah baru.)
> She has got a new baby. (Ia sudah punya seorang bayi.)

Lihat penggunaan Have dan Has pada contoh kalimat bahasa Inggris di atas. Apakah kamu melihat perbedaan fungsi pertama dengan kedua?

Pada fungsi pertama yaitu sebagai Main Verb, penggunaan Have/Has menjadi kata kerja yang memiliki banyak makna. Salah satu maknanya adalah “mempunyai”. Nanti kita bahas satu demi satu ya. Biasanya, digunakan dalam kalimat Simple Present serta Present Future.

Pada fungsi kedua, Have dan Has sebagai kata kerja bantu (Auxiliary Verb) memiliki arti “Telah/Sudah”. Have & Has dipasangkan dengan Verb 3, digunakan dalam kalimat Present Perfect Tense untuk menyatakan kegiatan yang sudah dilakukan.

Sampai sini, masih belum nangkep juga? Tenang, pada subpoin 3 serta 4 kita bisa baca penggunaan Have dan Has sebagai Main Verb serta Auxiliary. Sekarang lanjut memilih Subjek yang tepat untuk dipasangkan dengan Have & Has.

 

2. Memilih SUBJEK sesuai penggunaan Have dan Has dalam Bahasa Inggris

Memilih Subjek sesuai penggunaan Have dan Has dalam Bahasa Inggris
Setelah mengenal makna Have beserta Has, yuk kita cari tahu gimana penggunaannya dalam contoh kalimat bahasa Inggris. Ini poin yang paling penting, yaitu memilih Subjek yang tepat.

Kini saatnya mencari pasangan untuk Have serta Has. Subjek apa yang akur dipasangkan Have? Apa yang pas berpasangan dengan Has? Kamu perlu tahu kalau Have & Has itu setia pada pasangan Subjeknya. Sekali ingat, kamu bakal mahir penggunaan Have & Has.

Masih ingat ada Subjek apa saja dalam kalimat Bahasa Inggris? Subjek bisa jadi benda mati atau benda hidup. Jumlahnya bisa satu atau lebih dari satu.

Ada namanya kata ganti orang / benda, dalam bahasa Inggris disebut PRONOUN. Kata ganti sebagai Subjek disebut Subject Pronoun. Duh, istilah apa lagi sih ini? Sebenarnya simpel koq, kita lihat contohnya langsung pada tabel berikut ini.

SUBYEK ARTINYA
They Mereka
We Kami / Kita
I Saya / Aku
You Kamu / Anda
She Dia (perempuan)
He Dia (laki-laki)
It Ia / Itu (satu benda mati/hidup)

Gimana caranya menghapal Subject Pronoun tersebut? Ah, sekali lagi hindari menghapal ya. Tapi sering-seringlah berlatih. Praktek bikin kalimat. Gunakan dalam percakapan. So pasti kamu mengingatnya dengan mudah.

Trus kapan penggunaan Subyek untuk Have serta Has? Supaya lebih jelas lagi, lihat tabel berikut ini.

They
We
I
You
HAVE
She
He
It
HAS

Jadi, HAS digunakan pada Subjek yang terdiri dari satu benda mati atau makhluk hidup. Sedangkan kata HAVE digunakan untuk beberapa makhluk atau benda mati. Untuk Subyek I yang berarti Saya / Aku selalu dipasangkan auxiliary HAVE.

Trus gimana dengan Subjek yang lain? Bagaimana jika Subyeknya adalah my father, my mother, my sister, my family, my friends, the dog, the cats, the animal, the animals, Andi, Lucy, Rara, Dendra, serta nama-nama lain di sekitarmu?

Kamu hanya perlu mengingat dua penggunaan ini:
HAS untuk Singular alias satu benda.
HAVE untuk Plural alias beberapa atau banyak benda.

Benda yang dimaksud itu baik benda mati maupun makhluk hidup ya. Contoh kalimatnya gimana? Kamu bisa membaca buanyak contoh kalimat di poin berikutnya. Yuk pertambah pengetahuan bahasa Inggrismu supaya mahir casciscus.

 

3. Penggunaan Have dan Has sebagai KATA KERJA UTAMA (Main Verb)

Penggunaan Have dan Has sebagai KATA KERJA UTAMA (Main Verb)
Have & Has bisa berperan sebagai kata kerja utama. Apa maksudnya? Jadi, dalam bahasa Inggris ada yang namanya Main Verb yaitu kata kerja utama serta ada Auxiliary Verb atau kata kerja bantu.

Pada poin pertama sudah dibahas sekilas perbedaan Main Verb dengan Auxiliary. Poin ke-3 ini kita fokus pada penggunaan Have dan Has sebagai Main Verb. Kamu perlu tahu bahwa kata Have & Has dalam kalimat bahasa Inggris memiliki berbagai macam arti.

Sebagai kata kerja utama, Have dan Has memiliki bentuk pertama kedua ketiga, biasa disebut Verb1, Verb2 & Verb3. Verb 1 sering disebut Infinitive. Verb 2 disebut Past Tense. Verb 3 dikenal dengan istilah Past Participle. Kayak gimana Verb 1 2 3 dari Have & Has? Yuk simak.

Verb1 – Verb2 – Verb3
Have/Has – Had – Had

Jadi sebagai kata kerja utama, bentuk kedua ketiga dari Have/Has adalah Had. Kata kerja Have dan Has digunakan dalam kalimat Simple Present Tense serta Present Future. Sedangkan penggunaan Had adalah dalam kalimat Past Tense serta Perfect Tense.

Banyak peluang emas tak dapat diambil jika kemampuan bahasa Inggris kurang baik. Manfaatkan waktu yang kamu miliki untuk upgrade diri menguasai bahasa Inggris. Dengan ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir, kamu tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang! Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena melewatkan kesempatan untuk menguasai bahasa Inggris.

Tadi dibahas bahwa penggunaan Have/Has sebagai kata kerja utama memiliki buanyak arti. Di sini kita bahas beberapa yang paling sering digunakan dalam keseharian. Tentu dilengkapi contoh plus terjemahannya biar terlihat jelas maknanya.

“MEMPUNYAI”
> They have beautiful eyes. (Mereka punya mata yang indah.)
> She has a lot of money. (Ia memiliki banyak uang.)
> He doesn’t have much time. (Ia tak punya banyak waktu.)
> Do you have a dream? (Apa kau punya sebuah impian?)

“MENYURUH / MEMINTA ORANG MENGERJAKAN”
> I had my hair cut yesterday evening. (Aku meminta orang memotong rambutku kemarin malam.)
> Jony has his car washed twice a month. (Mobil Jony dicuci 2x sebulan.)
> We have our walls redecorated every year. (Tembok-tembok kami didekorasi ulang setiap tahun.)

MAKAN / MINUM
> I want to have a cup of tea. (Aku ingin minum secangkir teh.)
> She had some cake before sleeping. (Dia telah makan kue sebelum tidur.)
> We have a delicious meal every Friday. (Kami makan makanan lezat setiap hari Jumat.)
> He always has a glass of water in the morning. (Ia selalu minum segelas air putih pada pagi hari.)

Ingin mendapatkan daftar kata kerja selengkapnya atau memahami kata penghubung Conjunction? Tenang, di sini lengkap banget deh.

Untuk daftar Verb3, kamu bisa dapatkan linknya pada akhir artikel ini.
MENGALAMI, KEGIATAN, ACARA
> They had a great time yesterday. (Mereka bersenang-senang kemarin.)
> I am going to have a shower. (Aku mau mandi.)
> Let’s have a party tomorrow! (Ayo adakan pesta besok.)
> He has a party once a month. (Ia mengadakan pesta sebulan sekali.)

HARAPAN / UCAPAN PERPISAHAN
> Have a good day / Have a nice day (Semoga harimu menyenangkan.)
> Have a great sleep / Have a great nap (Semoga tidurmu nyenyak)

Sebenarnya, masih banyak lagi penggunaan Have/Has dalam bahasa Inggris sebagai Main Verb. Kita sambung di postingan yang lain ya. Kita lanjut ke materi Have dan Has sebagai Auxiliary Verb. Seperti apa ya? Yuk langsung cus ke poin empat.

Jangan lewatkan penggunaan Have/Has dalam contoh descriptive text tentang seseorang. Saat mendeskripsikan seseorang, kamu akan menggunakannya seperti dalam artikel: 6 Contoh Descriptive Text tentang Seseorang Tercinta.

 

4. Penggunaan Have dan Has sebagai KATA KERJA BANTU (Auxiliary alias Helping Verb)

Tadi kita sudah lihat bahwa Have/Has memiliki banyak makna. Itu adalah fungsi Have/Has sebagai Main Verb. Saatnya sekarang kita bahas Auxiliary atau kata kerja bantu.

Sebagai Auxiliary, Have/Has digunakan dalam kalimat Present Perfect Tense. Kata Have/Has yang diletakkan setelah Subyek digunakan untuk menyatakan kegiatan yang SUDAH dilakukan pada masa lampau, tapi masih berhubungan dengan masa sekarang.

Satu hal tambahan yaitu singkatan dari Have dan Has. Yap, terkadang kita bisa memperpendek kata ini. Biasanya penggunaan dalam pesan singkat, sms, atau percakapan informal.

Contoh:
I’ve = I have
We’ve = We have
She’s = She has
He’s = He has

Hati-hati dengan apostrophe s alias ‘s pada kata He’s atau She’s. Singkatan ‘s bisa berarti is. Nah, kalau yang dipake adalah Verb 3 berarti itu adalah singkatan dari HAS. Karena Has diikuti dengan Verb3.

Supaya bisa merangkai kata-kata menjadi kalimat, kamu perlu belajar tentang kata, frase, klausa, dan kemudian kalimat. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat membuat kalimat bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Caranya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

Masih ingat rumus Present Perfect Tense? Coba perhatikan gambar di bawah ini. Ada rumus kalimat positif, negatif, interogatif. Penggunaan Have dan Has diikuti kata kerja Past Participle alias Verb3.

Rumus Present Perfect Tense untuk kalimat positif, negatif, interogatif

Bisakah kamu membuat contoh kalimat Present Perfect Tense menggunakan Have dan Has? Berikut ini kamu akan menemukan banyak contoh.

Tips berikut sukses membantu ratusan ribu pelajar meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mereka. Jangan lewatkan artikel dahsyat ini: Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris ini Terbukti Berhasil Tanpa Kursus.

5. Contoh Penggunaan Have dan Has dalam Kalimat Present Perfect Tense

  1. She has started a new company. (Ia sudah memulai perusahaan baru.)
  2. They have lived here since 1980. (Mereka sudah tinggal di sini sejak 1980.)
  3. Have you seen him today? (Apa kau telah melihatnya hari ini?)
  4. I have already received a letter from my dad. (Aku sudah menerima surat dari ayahku.)
  5. He has watched the movie three times already. (Dia telah menonton film tersebut sebanyak tiga kali.)

***

Untuk paham penggunaan Have dan Has, kamu perlu melihat apakah ada kata kerja yang lain dalam kalimat tersebut. Apabila ada Verb 3 berarti Have dan Has berperan sebagai Auxiliary. Jika tidak ada Verb lain, berarti ia adalah Main Verb.

Pengen tahu lebih banyak tentang Present Perfect Tense? Nih, semua materinya ada di bawah ini. Tinggal klik materi yang kamu ingin pahami.

Website: www.englishcoo.com
Facebook: englishcoocom
Instagram: englishcoocom
Youtube: EnglishCoo

Ngerasa minder bahasa Inggrismu gitu-gitu ajah? Ingin mahir berbahasa Inggris tapi bingung mulai dari mana? Cari tahu jawabannya di video ini.
belajar bahasa inggris untuk pemula

131 thoughts on “Penggunaan Have dan Has Ini Bikin Kamu Cepat Ngerti”

  1. Kak, mau nanya nih.

    Tadi kan di bagian 1,

    [Kedua, sebagai Kata Kerja Bantu (Auxiliary Verb), misalnya
    > I have bought a new house. (Saya sudah membeli rumah baru.)
    > She has got a new baby. (Ia sudah punya seorang bayi.)]

    Itukan ada contohnya ya, /She has got a new baby/, berati kan has+V2, lalu di bagian 4 ada lagi,

    [Sebagai Auxiliary, Have/Has digunakan dalam kalimat Present Perfect Tense.]

    Bukannya present perfect tense itu have/has+V3 ya? Kok yang contoh itu, has+V2 itu ya? Terima kasih kak, sebelumnya

    Reply
    • Halo Kak Indra,
      Terimakasih atas pertanyaannya ya.
      Kata kerja got pada kalimat “She has got a new baby” adalah kata kerja Verb 3.

      Jadi perubahan dari Verb 1 – Verb 2 – Verb 3 adalah:
      get – got – gotten/got
      Bentuk ketiga dari get itu bisa got atau gotten.
      Got biasanya digunakan British English. Sedangkan American English menggunakan Gotten.

      Pertanyaannya bagus banget! Semoga semakin paham ya. Semangat belajar!

  2. Maaf ka saya mau bertanya, kalau dalam jobs atau nama pekerjaan bagaimana ya cara membedakan nya

    contohnya: 1. • Doctors have to be intelligent.
    2. • A nurse has to be kind and helpful.

    jujur saya masih tidak paham bagaimana cara menentukan nya,

    terimakasih ka

    Reply
  3. Selamat pagi saya mau bertanya tentang have.
    He, she, it itu menggunakan has sedangkan I, you,they, we menggunakan have. terus katanya “have” itu utk plural I and you itu bukan plural kan? contoh he doesn’t have a toy. ini gimana nih miss. thank you!

    Reply
    • Hai Maslan,
      Untuk penggunaan Have dan Has. Mengapa Have digunakan pada subject I karena I adalah kata ganti orang pertama (First Person), seperti halnya subject We.
      Sedangkan She/He/It adalah kata ganti orang ketiga tunggal (Third Person Singular).
      Untuk kalimat negatif Simple Present “He doesn’t have a toy”, kata HAVE di sana adalah kata kerja utama (Main Verb), BUKAN kata kerja bantu (Auxiliary). Berikut bentuk positif dan interogatif dari kalimat tersebut.
      (+) He has a toy.
      (-) He doesn’t have a toy.
      (?) Does he have a toy?
      Bentuk negatif (-) dan interogatif (?) dari kalimat Simple Present menggunakan kata kerja bantu DOES dan kata kerja utamanya diubah menjadi bentuk pertama (Verb 1) yaitu HAVE.

      Oiya, EnglishCoo sudah launching e-book “A Great Start to Master English: Panduan Belajar Bahasa Inggris Level Pemula hingga Mahir“. Jika berminat, klik link: EBOOK ENGLISHCOO A GREAT START TO MASTER ENGLISH.
      Semangat belajar dan Semoga Sukses ya! 😉

    • Hai Jaka,
      Have/Has/Had digunakan untuk menyatakan hal yang sudah dilakukan (Perfect Tense).
      Have/Has/Had digunakan bersama kata kerja Verb 3.
      Have/Has/Had + Been digunakan bersama kata sifat (adjective) / kata benda (noun) / kata keterangan (adverb).
      Contoh:
      She has written some letters. (HAS + VERB 3)
      She has been here for two hours. (HAS BEEN + ADVERB)

      Oiya, materi tentang Have/Has/Had dan Have/Has/Had Been serta materi Bahasa Inggris lainnya dijelaskan lengkap dalam ebook EnglishCoo lho. Cari tahu tentang Ebook EnglishCoo di sini. Semoga bermanfaat ya! 😉

    • Akhirnya pertanyaanku diwakilkan, tanya sama guruku ga nyambung malahan wkwk. Makasi kak, sukses selalu.

    • Hai Fira,
      Permintaan materimu akan dimasukkan ke waiting list. Terimakasih sudah belajar bahasa Inggris bersama EnglishCoo. Semangat belajar ya! 😉

  4. Kak…saya ingin bertanya, pada kaliamat: We have a delicious meal every Friday, kenapa pakai have kak? Bisa diganti ngga have nya jadi eat? Jadinya we eat a delicious meal.. Contoh lainnya:
    Claudia and her friends have lunch once a month, emg pake have apa bisa diganti jadi Claudia and her friends go lunch once a month? Kalau pun go bisa, kenapa harus go for a lunch? Kenapa harus ada for dan a nya? Terima kasih kaaak…

    Reply
    • Hai Nuna,
      Kata have pada kalimat “We have a delicious meal every Friday.” dapat diganti menjadi eat, karena kata have pada kalimat tersebut sama artinya dengan eat.

      Kata have lunch bisa diganti dengan go lunch atau go for lunch untuk makan siang sehari-hari. Lunch di sini berperan sebagai kata benda yang tak dapat dihitung (Uncountable).

      Tapi jika ingin menyebutkan sebuah sesi makan siang, biasanya makan siang untuk situasi formal, bisnis, atau sesi makan siang tertentu, kamu dapat menggunakan go for a lunch atau go for a … lunch tambahkan kata sifat (Adjective) untuk menjelaskan makan siang seperti apa. Lunch di sini adalah kata benda yang dapat dihitung (Countable) Contoh: “I usually go for a long lunch with my friends once a month.

      Oiya, materi tentang kata benda (Countable and Uncountable Nouns), penggunaan kata kerja (Verbs) serta kata depan (Prepositions) juga dibahas dalam ebook EnglishCoo lho. Jika ingin mengetahui tentang ebook EnglishCoo klik di sini ya. Semangat belajar dan semoga sukses ya!

  5. hai kak aku haris, terimakasih penjelasannya, tapi aku masih ada keganjelan dikit,…
    misal gini deh
    ====================================
    my friends : let’s have lunch at canteen
    me : i’m sorry, …………
    A. i’ve lunch
    B. i had lunch
    C. i’ve had lunch
    ================================
    nah itu giimana kak?
    kalo kita lihat “i had lunch” = saya sudah makan,
    tetapi ” i’ve lunch” juga mengartikan demikian…

    nah perbedaannya apa kak? minta dijelasin donk.
    dan juga mohon jawaban yg lebih tepat yang mana ?

    Reply
    • Hai Haris,
      Terimakasih sudah belajar bahasa Inggris bersama EnglishCoo. Saya jelaskan satu per satu ya.

      • I have lunch = kalimat Simple Present untuk menyatakan kegiatan sehari-hari (Daily Activities), tapi saya pikir kalimat tersebut akan lebih komplit jika ditambahkan beberapa kata menjadi: I have lunch at one o’clock. / I have my lunch with my friends.
      • I had lunch = kalimat Simple Past untuk menyatakan kegiatan yang dilakukan di masa lampau, misalnya saat bercerita tentang hal yang terjadi kemarin. Contoh: Yesterday I had lunch with my mother. She cooked my favorite food. It was so yummy.
      • I have had lunch = kalimat Present Perfect untuk menyatakan kegiatan yang sudah dilakukan tapi hasilnya masih kamu rasakan pada masa sekarang, misalnya sudah makan tadi dan sekarang tidak lapar lagi.

      Jawaban yang paling sesuai untuk pertanyaanmu adalah I’ve had lunch atau I’ve had my lunch atau I’ve already had my lunch. Kalimat ini menyatakan bahwa kamu tidak ingin makan siang lagi karena sudah makan sebelumnya.

      Oiya, materi tentang Simple Present, Simple Past, Present Perfect dan Tenses lainnya serta materi belajar bahasa Inggris dasar juga dibahas dalam ebook EnglishCoo lho. Jika ingin mengetahui tentang ebook EnglishCoo klik di sini ya. Semoga bermanfaat 😉

  6. Halo kak Deari wawasan saya makin bertambah untuk pertama kali nya mengunjungi artikel ini pada pembahasan “penggunaan have dan has”. Saya membaca di dalam hati perlahan, berulang dan secara bersamaan seakan suara kak Deari terdengar jelas pada telinga saya walau saya belum pernah mendengar nya ^_^. Saya akan terus membaca secara berkala artikel nya karena pemahaman saya masih sangat jauh dari baik. Saya ijin untuk bookmark situs ini untuk kemudahan mengakses ya kak. Terima kasih ^_^.

    Reply
    • Hai Derry,
      Wah, senang sekali mengetahui bahwa EnglishCoo bermanfaat untukmu. Terimakasih sudah menulis komentar yang tulus dan menyenangkan. Tetap semangat ya belajarnya, pelan-pelan saja nanti pasti sampai di tujuan yang diimpikan. Kamu pasti bisa! 😉

  7. Halo Deari

    Terima kasih untuk situs laman belajar bahasa Inggrisnya yang bagus.
    Bagus tampilannya, sederhana namun lugas dalam penyampaiannya.

    Jarang saya menemukan situs laman yang membuat diri ingin membaca dan scrolling lebih lanjut ke bawah.
    Ini tanda dari keseriusan dan ketulusan hati penulis (Deari) dalam berbagi pengetahuan.

    Deari, saya ingin bertanya soal penggunaan kata have had.
    Sekiranya bisa membantu menjelaskan dan memberikan beberapa contoh kalimat, dari yang sederhana dan agak kompleks, agar pahamnya komplit. Haha..

    Again, thanks a lot Deari for the online English lesson.
    Keep Smiling. Keep Shining.

    S

    Reply
    • Hai Andika,
      Terimakasih banyak atas komentar positifnya. Senang sekali membacanya dan apresiasi yang diberikan membuat saya semakin bersemangat untuk menulis serta berbagi pengetahuan Bahasa Inggris.

      Penggunaan Have & Had bisa sebagai kata kerja utama dan bisa juga sebagai kata kerja bantu.
      Have & Had sebagai kata kerja utama. Have (Simple Present). Had (Simple Past)

      • We have one computer that is put in my elder sister’s room. (Kami punya satu komputer yang diletakkan di kamar kakak saya.)
      • He had a new sophisticated computer everyone really wanted. (Dia (dulu) punya komputer canggih baru yang benar-benar diinginkan semua orang.)

      Have & Had sebagai kata kerja bantu. Have (Present Perfect). Had (Past Perfect)

      • I have seen that movie four times. (Saya sudah menonton film itu sebanyak empat kali.)
      • They had studied Indonesian before they moved here. (Mereka sudah belajar Bahasa Indonesia sebelum mereka pindah ke sini.)

      Selengkapnya nanti akan dibagikan postingan penggunaan Have dan Had di EnglishCoo.
      Terimakasih dan semangat belajar! 😉

  8. saya lumayan sedikit bisa bicara dalam bahasa inggris tapi semenjak baca artikel ini ternyata kata2 seperti has,have,had dll kalau ga digunakan dgn tepat bisa membingungkan lawan bicara, duh jadi malu sendiri saya selama ini bicara dgn temen2 yg duh jago speakingnya.. artikel ini sangat mudah dipahami ketika dibaca dan terima kasih buat authornya udh sharing2 ilmu,gratis lagi. ga sama kyak yg sbelah yah si ruang gu.(semoga mengerti)

    Reply
    • Hai Artour,
      Iya, Have/Has/Had memang memiliki banyak arti dan beberapa fungsi. Terimakasih sudah berkunjung dan menulis komentar di blog EnglishCoo. Senang sekali mengetahui bahwa artikel di EnglishCoo mudah dipahami dan bermanfaat untukmu. Semoga EnglishCoo bisa berbagi lebih banyak ilmu ke depannya dan membantu jutaan orang Indonesia belajar Bahasa Inggris. Terimakasih ya! 😉

  9. Ka mau tanya, kalau subjeknya lebih dari satu , penulisan yang benar bagaimana? semisal , they have cars atau they have car.

    Di tunggu jawabannya kak 🙂 .

    Reply
    • Hai Saifudin,
      Kalimat yang sesuai ada dua yaitu:
      They have cars. (Artinya: Mereka punya lebih dari satu mobil, mungkin beberapa atau banyak mobil.)
      ATAU
      They have a car. (Artinya: Mereka punya satu mobil, mereka yang dimaksud mungkin sebuah keluarga yang punya satu mobil saja.)
      Semoga membantu. 😉

    • Hai Herla,
      Wah, terimakasih sudah berkunjung ke blog EnglishCoo dan meninggalkan jejak positif di sini. Senang sekali mengetahui EnglishCoo bermanfaat untukmu. Semangat belajar ya. Semoga sukses! 😉

  10. Hai kak terimakasih banyak untuk kemurahan hatinya berbagi ilmu.
    Sangat terbantu dengan artikel ini.
    Kalau ada ig bagi alamatnya kak, kapau tidak keberatan. Hehe, terimakasih.

    Reply
  11. Halo Kak.
    Thank A Lot For Made This Article,
    I’ve Some Question ’bout “had”
    There’s So Many Sentence That Mix “Have And Had” On One Sentence, Ex : I’ve Never Had One.
    That’s Confusing Me,
    I Was Wondering Could U Explain It For Me?
    I Appreciate For Answer.

    Satu Lagi,
    Bahasa Inggris Saya Ini Banyak Yang Salah Tidak? Hehe

    Reply
    • Halo Beko,
      Your sentence “I’ve never had one” is an example of Present Perfect (S + Have/Has + Verb 3). The word “had” in the sentence is a past participle (Verb 3) of Have. Jadi, Had dalam kalimat tersebut adalah kata kerja bentuk ketiga dari Have. Sedangkan Have dalam kalimat tersebut adalah Auxiliary yang memang menjadi ciri dari Present Perfect. Semoga membantu.

      Untuk penggunaan Bahasa Inggris, perhatikan lagi Plural Nouns seperti some questions, many sentences, serta penggunaan verb-ing setelah preposition seperti “for making this article”. Tetap semangat!

  12. sumpah, suka banget sama ni artikel. thanks bgt Miss, pengetahuan gue jadi nambah banyak padahal baru baca satu halaman sama baca-baca komentar tapi sekarang jadi bener-bener paham dan udah ga bingung lagi. semangat terus buat berkarya Miss, sekali lagi makasih🤗

    Reply
    • Halo Zevanya,
      Wah, terimakasih banyak atas apresiasinya. Senang banget membaca komentar positif seperti ini. Jadi semakin semangat berbagi materi di blog EnglishCoo. Semangat belajar, Bahasa Inggris semakin lancar dan cita-cita terkejar. Semoga sukses! 🤗

    • Halo Hara,
      Untuk kalimat tersebut menggunakan HAS menjadi “Every person has their own opinion.”
      Every person = setiap orang
      Sama seperti everyone, everybody, everything dan everywhere. Mereka disebut Indefinite Pronouns. Kata-kata tersebut mengacu pada sejumlah (satu grup) orang, benda atau tempat. Jadi termasuk Singular. Semoga membantu. Semangat belajar!

    • mbak aku mau tanya kenapa dalam kalimat “who has money?” menggunakan kata has? kenapa tidak menggunakan have?
      Terimakasih banyak atas ilmu yang sdh saya dapat. dan mohon untuk menjawab pertanyaan saya. Terimakasih skali lagi.

    • Halo Fariza,
      Dalam pertanyaan “who has the money?” itu si penanya berasumsi bahwa yang memiliki uang adalah seseorang (someone) bukan beberapa orang. Jadi menggunakan Has. Semoga membantu.

  13. Mbak..gmna ya caranya biar fham bner bhs inggris ni…? Sy ni kadang belajar memahami bhs inggris liwat nonton tv ,sperti nonton film drama atau berita yg pnerjemhanya pkai bhs inggris..

    Reply
    • Halo Darin,
      Menonton film dan berita berbahasa Inggris adalah salah satu cara meningkatkan keterampilan mendengarkan (listening) dan juga menambah kosakata (vocabulary) Bahasa Inggris. Selain itu, bisa juga mendengarkan lagu, menonton video di youtube, membaca buku dan majalah berbahasa Inggris. EnglishCoo sudah membagikan Tips Belajar Bahasa Inggris lainnya. Saya sarankan juga berlatih berbicara (speaking) agar bisa berkomunikasi dengan baik. Good luck!

  14. Kak, kalau misalnya kan kata “it” pake has ya, nah aku mau pake kata “it” tapi yang berjumlah banyak, jadi pakai has atau have Kak, bingung :”

    Contoh: The happiest moments that have/has happened

    Kan “happiest moments” nya masuk ke it, tapi momentsnya pake “s” jadi have apa has Kak?

    Maafkan kalau amburadul bahasanya ;-;)’

    Reply
    • Halo Annisa Febriyanti,
      Apabila benda jumlahnya satu, kata ganti yang digunakan adalah “it” yang berpasangan dengan “has”
      Kalau benda jumlahnya banyak, kata ganti yang digunakan adalah “they” dipasangkan dengan “have”
      Semoga membantu ya. Semangat belajar dan semoga sukses! 😉

  15. Terimakasih …sungguh sangat bermanfaat … berkat Artikel Ibu Deari saya juga bisa paham tentang penggunaan Have/has ,had . Terimakasih … saya akan simpan url blog ini … saya akan belajar dari blog ini…

    Reply
    • Hai Haris Ismail,
      Sama-sama. Senang sekali mengetahui bahwa artikel EnglishCoo bermanfaat. Semoga semakin bertambah pengetahuannya ya. Semangat belajar dan semoga sukses!

    • Hi Aji,
      Yup, terimakasih ya sarannya.
      Ada rencana juga mengarah ke sana, namun belum bisa dieksekusi sekarang2 ini.
      Mudah-mudahan cepat terwujud. Mohon doanya. Terimakasih.

    • Hai Hamid,
      Karena pada kalimat itu sudah ada kata bantu DOESN’T, jadi harus diikuti HAVE. Seperti halnya kalimat tanya: Does he have much time?
      Semoga bermanfaat.