Pola Simple Present Tense ini Bikin Kamu Melek Tenses Bahasa Inggris

Pola Kalimat Simple Present Tense

EnglishCoo – Paham Pola Simple Present Tense artinya peluang untuk mahir berbahasa Inggris terbuka lebar untukmu. Jadi, nggak perlu takut lagi saat diminta membuat kalimat.

Apa maksudnya melek tenses bahasa Inggris? Artinya kamu nggak “buta” lagi soal tenses, utamanya Simple Present Tense. Nah, materi ini wajib dipelajari oleh para pemula atau bahkan yang sudah mahir pun perlu review tentang tenses ini.

Sebagai pemula, mengapa harus belajar Simple Present Tense? Tahukah kamu bahwa Simple Present adalah materi dasar paling simpel atau sederhana. Selain itu, juga dinobatkan sebagai The King of Conversation karena menjadi salah satu tenses andalan untuk mahir berbicara bahasa Inggris.

Ada banyak banget tenses ada di buku grammar sehingga banyak pelajar malah tambah pusing untuk menghapal semuanya. Padahal seharusnya dimengerti, bukan dihapal.

Untuk itu ada 4 poin akan dibahas tuntas pada artikel ini yaitu:

  1. Cara Memahami Simple Present Tense
  2. Bikin Rumus Sendiri itu PENTING!
  3. Jenis Kalimat dalam Bahasa Inggris
  4. Contoh Kalimat dengan Pola Simple Present Tense

Jika kamu ingin paham detail materi ini, ikuti langkah awal sampai akhir. Tapi jika kamu hanya perlu satu poin saja, silahkan langsung cari sesuai nomor poin yang kamu butuhkan. Selamat bertumbuh!

 

1. Cara Memahami Simple Present Tense

Nah, di sini kita akan memahami rumus Simple Present Tense. Caranya gimana? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Membaca contoh yang tersedia.
  2. Memahami penggunaan kata kerja, penggunaan To Be, pemilihan subyek yang tepat.
  3. Membuat rumus sendiri sesuai pemahamanmu. Kalo kamu belajar dengan serius, ingin cepat mengerti dan mahir berbahasa Inggris, kamu perlu bikin rumus versimu sendiri.
  4. Cocokkan rumus hasil karyamu dengan pola versi EnglishCoo.

Ingat ya, kamu perlu bikin rumus sendiri. Mengapa hal itu penting? Lihat jawabannya pada poin kedua berikut ini.

 

2. Bikin Rumus atau Pola Simple Present Tense versimu SENDIRI itu PENTING!

Sekali lagi, bikin rumus sendiri itu penting, jika kamu ingin benar-benar memahami polanya. Jadi ingat sebuah kutipan populer dari China, berhubungan erat dengan belajar dan pendidikan:

Tell me and I will forget;
Show me and I may remember;
Involve me and I will understand.

Ibarat belajar naik sepeda. Kalau diberitahu cara naik sepeda yang baik dan benar, kita akan cepat lupa teori tersebut. Kalau seseorang menunjukkan cara bersepeda agar nggak jatuh, kita mungkin ingat. Tapi sata kita praktek langsung bersepeda, ya kita akan mengerti cara menyeimbangkan diri.

Belajar bahasa Inggris pun demikian. Kalau kita bikin rumus sendiri sesuai contoh kalimat yang tersedia, kita akan semakin paham. Setelah rumus jadi, cocokkan dengan rumus Simple Present Tense versi EnglishCoo.

Yang terpenting di sini bukanlah rumus, tapi PROSES saat kamu mencoba memahami materi dasar bahasa Inggris ini. Sampai akhirnya kamu menciptakan rumus tenses sendiri sesuai pemahamanmu.

 

3. Jenis Kalimat dan Pola Simple Present Tense

Sebelum lanjut, kita perlu tahu jenis-jenis kalimat dalam bahasa Inggris.

Kita udah mulai masuk ke teknis nih. Baca perlahan lalu dipahami baik-baik ya. Pernah dengar kalimat positif, negatif, interogatif?
Atau tahu sekilas tentang Verbal, NonVerbal (dikenal sebagai Nominal)?

Pada dasarnya, kalimat Bahasa Inggris dibagi menjadi 2 bagian yaitu VERBAL dan NONVERBAL. Dalam setiap jenisnya ada positif, negatif dan interogatif. Lihat gambar berikut ini.

Jenis kalimat Simple Present Tense yaitu Verbal dan NonVerbal

Pusing mendengar istilah-istilah Verbal, NonVerbal, Nominal, Positif, Negatif, Interogatif??? Tenang….tenang… semuanya bakal dijelasin koq. Gak perlu pusingkan istilah-istilah tersebut.

A. VERBAL yang memiliki Pola Simple Present Tense

Selalu ditandai adanya KATA KERJA PRESENT (Verb 1) sebagai predikatnya. Sampai sini masih perlu penjelasan lagi? Jadi, kalau ada VERB setelah Subyek – They We I You She It He – maka disebut VERBAL. Selanjutnya, kita bahas yang positif, negatif dan interogatif.

VERBAL POSITIF  (+)
Pernyataan ini ditandai Verb 1 setelah subyek. Kata kerja itu pun dibedakan sesuai subyeknya, apakah masuk ke grup si Dewi_Aiyu atau si Shiithi.

Subyek Dewi_Aiyu (They We I You) menggunakan Verb tanpa embel apa-apa alias original, misalnya: work (bekerja), study (belajar), eat (makan), sleep(tidur), read (membaca), watch (nonton).

Subyek Shithi (She, It, He) menggunakan Verb dengan tambahan akhiran es/s. Inget ajah kalo grup Shiithi suka banget sama es. Misalnya: works, studies, eats, sleeps, reads, watches.

VERBAL NEGATIF  (-)
Negative Sentences itu ditandai dengan TIDAK / NOT sebelum Verb. Kita gunakan DO NOT / DON’T setelah subyek Dewi_Aiyu (They We I You). Sedangkan setelah subyek Shiithi (She, It, He) diikuti dengan DOES NOT / DOESN’T dan Verb 1 tanpa ditambah akhiran es/s.

VERBAL INTEROGATIF (?)
Interrogative Sentences adalah pertanyaan menggunakan kata kerja. Diawali DO atau DOES sesuai subyeknya. Jika subyeknya Dewi_Aiyu (They We I You) maka diawali DO. Sedangkan subyek Shiithi (She, It, He) diawali DOES.

B. NONVERBAL yang memiliki Pola Simple Present Tense

NONVERBAL juga dikenal dengan sebutan NOMINAL, ditandai adanya TO BE yaitu IS, AM, ARE.

Mungkin ada yang sudah tahu penggunaan To Be (is am are). To Be digunakan tergantung SUBYEKnya. Subyek yang terdiri dari banyak orang (They We You) menggunakan ARE, khusus untuk subyek saya (I) menggunakan AM dan Subyek kelompok si Shiithi (She, It, He) diikuti to be IS.

Kalau Verbal memiliki kata kerja sebagai predikat, dalam NonVerbal memiliki kata benda, sifat dan keterangan sebagai predikat atau complement. Istilah baku dalam bahasa Inggris dikenal sebagai nominal complement, adjectival complement atau adverbial complement.

Intinya, NonVerbal NGGAK pake Verb, tapi menggunakan TO BE. Itu pertama. Kedua, ditandai dengan adanya kata benda (Noun), sifat (Adjective) atau keterangan (Adverb).

NonVerbal juga ada positif, negatif dan interogatif. Seperti apa mereka? Yuk simak selanjutnya.

NONVERBAL POSITIF (+)
Cirinya adalah menggunakan To Be, kemudian diikuti oleh kata benda, sifat ataupun keterangan. Ingat ya, subyek THEY WE YOU pake ARE, subyek I pake to be AM, sedangkan subyek SHE IT HE menggunakan to be IS.

NONVERBAL NEGATIF (-)
Bagaimana dengan jenis ini? Gampang banget, ditambah NOT setelah to be menjadi IS NOT / ISN’T, kemudian ARE NOT / AREN’T dan yang terakhir AM NOT. Negatif berarti penyangkalan atau penolakan dengan “not” berarti tidak atau bukan.

NONVERBAL INTEROGATIF (?)
Interogatif adalah sebutan untuk pertanyaan dalam bahasa Inggris. Gimana caranya membuat NonVerbal Interogatif? Yang ini mudah sekali. Letakkan To Be (IS AM ARE) di awal. Jangan lupa diakhiri tanda tanya (?).

 

4. Pola Simple Present Tense beserta Contohnya

Akhirnya kita sampai pada pokok bahasan utama yaitu Pola Simple Present Tense. Ingat goal-nya adalah membuat rumus versimu sendiri dari contoh yang tersedia dengan 7 subyek berikut.

  1. mereka (THEY),
  2. kami/kita (WE),
  3. saya/aku (I),
  4. kamu/anda/kalian (YOU),
  5. ia – perempuan (SHE),
  6. satu benda / satu makhluk hidup (IT),
  7. ia – laki-laki (HE)

Jika kamu ingin mengganti subyeknya menjadi nama orang, silahkan saja. Yang penting makna serta konteksnya sesuai. Misalnya ganti SHE menjadi Anita atau HE menjadi Budi. Atau bisa ganti IT menjadi My bag atau My dog. Bisa juga THEY diganti menjadi My friends karena teman-teman jumlahnya banyak.

 

A. Contoh VERBAL pola Simple Present Tense

(+) CONTOH VERBAL POSITIF
Kita akan menggunakan 3 kata kerja yaitu nonton (WATCH), makan (EAT), belajar (STUDY). Untuk bisa paham rumus Simple Present Tense, yuk simak contoh berikut:

  1. They always study together after school.
  2. They eat healthy food every day.
  3. We watch TV every weekend.
  4. I study English twice a week.
  5. You eat too fast.
  6. She eats breakfast at 10 a.m.
  7. Lucy watches a movie on Saturday evening.
  8. This dog is genius. It usually watches a mysterious guest.
  9. This cat eats tofu and vegetables.
  10. He studies very hard to reach the best score.

Enrich Your Vocabulary!

  • every weekend = setiap akhir pekan
  • twice a week = dua kali seminggu
  • too fast = terlalu cepat
  • on Saturday evening = pada Sabtu malam alias malam Minggu.
  • a mysterious guest = seorang tamu yg misterius
  • to reach the best score = untuk mencapai nilai terbaik

Eh, mana terjemahannya? Koq masing-masing nggak diterjemahkan sih???

Ini disebut PROSES BELAJAR. EnglishCoo tidak akan memberikan terjemahan alias translitan. Memberi terjemahan bukanlah cara baik untuk belajar bahasa Inggris. Ibaratnya, saat belajar berjalan, jika dipegangin terus menerus, kapan bisa berjalan sendiri???

EnglishCoo memberi sesi “Enrich Your Vocabulay!” sehingga kamu bisa menambah kosakata baru, juga memahami polanya.

Saatnya kita bikin rumus Simple Present Tense yuk. Coba perhatikan 10 contoh di atas. Klasifikasikan berdasarkan subyeknya. Apa kamu melihat perbedaan Verb yang digunakan?

Sekarang saatnya menyusun rumus versimu sendiri. Setelah itu cocokkan dengan versi EnglishCoo berikut ini.

Pola Simple Present Tense untuk kalimat verbal positif

Gimana, apakah ada perbedaan antara pola buatanmu dengan versi EnglishCoo?

(-) CONTOH VERBAL NEGATIF
Kita juga menggunakan Verb yang sama. Hanya saja ada penambahan DOES NOT / DOESN’T atau DO NOT / DON’T sebelum kata kerja seperti berikut:

  1. They do not study on weekend.
  2. They don’t eat junk food.
  3. We don’t watch TV on school days.
  4. I do not study Japanese.
  5. You don’t eat chocolate.
  6. She doesn’t eat healthy food.
  7. Lucy does not watch a movie on Saturday morning.
  8. This dog doesn’t watch an ordinary guest.
  9. This cat does not eat fish.
  10. He doesn’t study very hard during holiday.

Enrich Your Vocabulary!

  • junk food = makanan cepat saji
  • on school days = hari-hari sekolah (biasanya Senin-Sabtu)
  • on Saturday morning = pada Sabtu pagi
  • an ordinary guest = seorang tamu yang biasa
  • during holiday = selama liburan

Saatnya menyusun pola Simple Present Tense. Dengan memperhatikan contoh di atas, yuk coba membuat rumus versimu sendiri. Nah, berikut ini pola versi EnglishCoo.

Rumus Simple Present Tense dapat digunakan membuat kalimat verbal negatif

Apakah versimu sesuai rumus Simple Present Tense di atas? Inget ya, kamu tidak usah menambahkan s/es pada kata kerja. Gunakan Verb 1, TANPA akhiran es/s.

(?) CONTOH VERBAL INTEROGATIF
Interogatif adalah nama lain pertanyaan. Jadi, kita belajar bikin pertanyaan menggunakan kata kerja bantu DO atau DOES di awal untuk jenis Yes/No Question. Contohnya:

  1. Do they study on weekend?
  2. Do they eat healthy food veryday?
  3. Do we watch TV on school days?
  4. Do I study Japanese?
  5. Do you always eat too fast?
  6. Does she uasually eat breakfats at 10 a.m.?
  7. Does Lucy watch a movie on Saturday morning?
  8. Does this dog watch an ordinary guest?
  9. Does this cat eat fish?
  10. Does he study very hard during holiday?

Baca dengan baik 10 contoh di atas. Perhatikan penggunaan DO dan DOES. Bisakah kamu menyimpulkan sesuatu? Yuk lihat pola versi EnglishCoo:

Pola Simple Present Tense yang digunakan untuk kalimat verbal interogatif

Interogatif pola Simple Present Tense menggunakan Verb 1 tanpa es/s. Mengapa? Karena dalam interogatif sudah ada DO atau DOES jadi Verb tidak usah ditambah s/es lagi.

 

B. Contoh NON VERBAL Pola Simple Present Tense

Jika Verbal ditandai adanya Verb, Non Verbal tentu kebalikannya. Trus apa ciri-cirinya? Ditandai dengan adanya To Be yaitu IS AM ARE sesuai Subyek. Lihat gambar pengelompokkan To Be berikut ini.

Penggunaan To Be dalam Kalimat Simple Present Tense

  • They / We / You + ARE
  • I + AM
  • She / It / He + IS

Nah, To Be ini biasanya diikuti kata benda (noun), kata sifat (adjective) atau kata keterangan (adverb). Bagi yang ingin pahami gimana caranya membedakan noun, adjective dan adverb, ditunggu artikelnya ya.

(+) CONTOH NONVERBAL POSITIF
Selain ditandai penggunaan To Be, ada juga Noun, Adjective, Adverb. Yuk kita lihat contoh kalimat pola Simple Present Tense berikut.

  1. They are great teachers.
  2. My parents are very kind.
  3. We are in the classroom.
  4. I am an English native speaker.
  5. I am creative and positive.
  6. You are really funny.
  7. She is my sister.
  8. He is in Paris.
  9. It is at the zoo.
  10. This elephant is cute and friendly.

Enrich Your Vocabulary!

  • great teachers = guru-guru yang hebat
  • Very kind = sangat baik
  • an English native speaker = seorang penutur asli bahasa Inggris
  • really funny = lucu sekali (suka guyon)
  • at the zoo = di kebun binatang
  • cute and friendly = lucu (imut) dan ramah

Pahami contoh tersebut ya. Coba bikin rumus versimu sendiri agar makin inget dengan pola nonverbal (nominal) ini.

Rumus Simple Present Tense versi EnglishCoo adalah:

Kalimat nonverbal positif dengan Pola Simple Present Tense

Apakah sudah semakin paham pola Simple Present Tense? Kita masih punya materi Non Verbal Negatif dan Interogatif. Yuk lanjutkan.

(-) CONTOH NONVERBAL NEGATIF
Berisi penolakan dengan kata NOT. Kata “not” bisa berarti TIDAK atau BUKAN. Di mana kita letakan kata tidak alias NOT tersebut??? Yap, setelah To Be. Dari pada berimajinasi dan makin ruwet, yuk kita lihat contohnya.

  1. They are not­ students.
  2. My parents aren’t over protective.
  3. We are not in the house.
  4. I am not a Japanese native speaker.
  5. I am not pessimist.
  6. You aren’t really excited.
  7. She isn’t my elder sister.
  8. He is not in Singapore.
  9. It is not in the forest.
  10. This elephant is not wild and harmful.

Enrich Your Vocabulary!

  • over protective = bersifat terlalu melindungi
  • a Japanese native speaker = seorang penutur asli bahasa Jepang
  • really excited = sangat bersemangat
  • my elder sister = kakak perempuan yang lebih tua (my olders sister)
  • wild and harmful = liar dan berbahaya

Nah, setelah membaca 10 contoh tersebut, bagaimana kira-kira rumus / pola kalimat non verbal negatif ini?

kalimat non verbal negatif dengan rumus simple present tense

Negatif memiliki pola hampir sama dengan positif, hanya saja ditambahkan kata NOT setelah To Be.

(?) CONTOH NONVERBAL INTEROGATIF
Akhirnya kita sampai pada jenis terakhir yaitu interrogative sentences. Coba perhatikan penggunaan To Be (IS AM ARE) dalam kalimat pola Simple Present Tense berikut.

  1. Are they great teachers?
  2. Are your parents over protective?
  3. Are we in the classroom?
  4. Am I an English speaker?
  5. Am I creative and positive?
  6. Are you excited?
  7. Is she my elder sister?
  8. Is he in Paris?
  9. Is it at the zoo?
  10. Is this elephant wild and harmful?

Dari contoh interogatif tersebut, apa yang bisa kamu simpulkan tentang penggunaan IS, AM, dan ARE? Di mana To Be diletakkan?

Perhatikan pola berikut.

Rumus Simple Present Tense diperuntukkan non verbal interogatif

Jangan lupa untuk menutup pertanyaan dengan tanda tanya (?). Gampang kan?

***

Rumus biasanya digunakan dalam ilmu Matematika, Fisika, Kimia dan ilmu-ilmu pasti lainnya. Saat belajar bahasa Inggris, yang terpenting bukanlah menghapal rumus. Rumus Simple Present hanyalah cara mengingat setelah kamu paham pola Simple Present Tense. Ingat ya, PAHAMI DULU. Tak peduli seberapa banyak rumus tenses bahasa Inggris yang kamu hapal, tapi seberapa sering kamu menggunakan bahasa Inggris dalam percakapan.

Jika sudah pintar bikin rumus Simple Present Tense sendiri, yuk kupas tuntas hal-hal lainnya dalam list di bawah.

About Made Ari

Hi, thank you for visiting EnglishCoo! Here, we share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. By the way, I am Made Ari from Bali, Indonesia. See ya…

4 thoughts on “Pola Simple Present Tense ini Bikin Kamu Melek Tenses Bahasa Inggris

  1. contoh terakhir salah penulisan simbol min ,harusnya pakai (?)

    “(-) CONTOH NONVERBAL INTEROGATIF”

    1. Hi,
      Terimakasih atas koreksinya. Teliti banget! Sudah saya perbaiki pada bagian subjudulnya.
      Have a good day!

    1. Yap, terimakasih kunjungan dan komennya, Ikhwan. Happy learning!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *