Rumus Simple Future Tense Gampang Dipahami Buat Pemula

Rumus Simple Future Tense Gampang Dipahami Buat Pemula

EnglishCoo – Rumus Simple Future Tense lengkap banget serta gampang dipahami untuk pemula. Yuk belajar bikin pola sendiri agar lebih melekat di memori.

Belajar tenses bahasa Inggris nggak bakal lengkap rasanya tanpa membahas pola paling sederhana dari Future yaitu Simple Future Tense. Dalam artikel tentang pengertian dan fungsinya, kita sudah membahas mengapa ini disebut Simpel alias sederhana.

Apabila belum membaca artikel pengertian Simple Future Tense, kamu bisa cari di bagian akhir postingan ya. Seperti biasa, di akhir postingan tenses selalu ada rangkaian materi lainnya. Nanti tinggal pilih materi Simple Future Tense yang ingin kamu kuasai. Tapi selesaikan dulu baca postingan ini ya agar nggak setengah-setengah pahamnya.

Saya menyediakan rumus Future Tense bukan semata menganjurkan untuk komat-kamit menghapal rumus. Kalau merasa lebih sreg belajar dengan menghapal rumus, ya silahkan. Menurut saya, menghapal rumus saja kurang efektif.

Trus gimana?

Ya, perlu pahami dulu apa itu Simple Future Tense, kapan menggunakan serta contoh kalimatnya. Lalu belajar bikin contoh sendiri. Semakin sering membaca dan praktek membuat kalimat, maka pola akan terbentuk sendiri di kepala.

Jadi, dalam artikel tentang Rumus Simple Future Tense ada 4 hal yang kita lalui dulu sebelum membuat rumus versimu sendiri. Yuk lalui satu per satu.

 

1. Sekilas tentang VERBAL dan NON VERBAL alias NOMINAL agar lebih paham Rumus Simple Future Tense

Mengenal Verbal dan NonVerbal agar Paham Rumus Simple Future Tense


Sebelum lanjut ke rumus Future Tense, kenalan dulu sama kalimat verbal dan nonverbal alias nominal. Setiap tenses pada dasarnya memiliki kedua jenis ini.

Untuk paham keduanya gampang saja. Verbal itu ada kata kerja alias VERB sedangkan Nonverbal atau Nominal nggak ada kata kerja alias NO VERB.

Coba perhatikan 2 contoh kalimat berikut. Trus tentukan mana Verbal mana NonVerbal.

  1. She will be an entrepreneur someday. (Ia akan menjadi seorang pengusaha suatu hari nanti.)
  2. She will finish the project soon. (Ia akan menyelesaikan proyek itu secepatnya.)

Gampang ketebak ya? Contoh pertama itu NonVerbal sedangkan yang kedua adalah Verbal, lihat kata kerja verb 1 finish. Selain itu kamu bisa lihat kata bergaris bawah yaitu penggunaan Will Be dan Will.

Kalau dikasih contoh mah gampang. Yang susah adalah bikin contoh sendiri. Trus ada juga pertanyaan: Verbal itu pake kata kerja, trus kalau NonVerbal pake apa dong?

NonVerbal alias Nominal itu bisa dilihat dari pasangan Be + Adjective/Adverb/Noun. Jadi, adanya kata benda, sifat atau keterangan. So, agar bisa bikin kalimat yang benar, kita harus bisa membedakan mana kata kerja, benda, sifat, dan keterangan. Nanti dibahas dalam artikel terpisah deh.

Intinya, dalam rumus Simple Future Tense kamu bisa pakai Will + Verb 1 untuk Verbal atau Will Be + Adj/Adv/Noun untuk NonVerbal alias Nominal. Lanjut yuk!

 

2. Sedikit membahas POSITIF, NEGATIF, INTEROGATIF Simple Future Tense

Memahami Rumus Simple Present Future Tense dari Positif, Negatif, Interogatif
Masing-masing kalimat Vebal dan NonVerbal selalu ada bentuk positif, negatif, interogatif. Pernah dengar ketiga jenis kalimat ini? Positif ya artinya lurus-lurus saja, nggak ada penolakan. Negatif berarti penolakan dengan adanya NOT, dalam Simple Future Tense menjadi WILL NOT atau WON’T. Sedangkan Interogatif adalah nama lain dari pertanyaan.

Agar lebih ngerti serta nyambung, kita pakai contoh pada poin pertama. Mulai dengan yang NonVerbal dulu ya. Nggak usah pake terjemahan atau artinya biar lebih singkat serta kelihatan bedanya.

  1. (+) She will be an entrepreneur someday.
  2. (-) She will not be a nurse someday.
  3. (?) Will she be a nurse someday?

Berikutnya adalah contoh Verbal dengan kata kerja. Ada positif, negatif dan interogatif.

  1. (+) She will finish the project soon.
  2. (-) She won’t go out this evening.
  3. (?) Will she finish the project soon?

Sampai di sini, apa sudah bisa bikin pola Simple Future Tense sendiri? Udah ada bayangan kan rumusnya kayak gimana. Sebelum itu, ada baiknya kita mengenal Subyek dulu. Yuk, cus.

 

3. Mengenal Subyek dalam kalimat agar lebih paham Rumus Simple Future Tense

Salah satu unsur penting dalam kalimat Bahasa Inggris adalah Subyek. Ini penting untuk hampir semua jenis kalimat dalam bahasa Inggris, kecuali permintaan atau suruhan.

Subyek bisa berupa makhluk hidup atau benda mati. Ada Subyek tunggal (jumlahnya satu) dalam bahasa Inggris disebut Singular, contohnya: a cat, an owl, the box, this girl, that man, Anita, Budi, pokoknya satu orang/benda. Subyek berjumlah jamak (lebih dari satu, beberapa, banyak) dalam bahasa Inggris disebut Plural, misalnya: the cats, the owls, the boxes, these girls, those men, Anita and her friends, Budi and Sacha, dan masih banyak lagi.

Ada lagi nih cara lain kalau tidak ingin menyebut nama orang atau bendanya. Kamu bisa gunakan kata ganti orang/benda yang disebut Pronoun, khususnya Subjective Pronouns yaitu They, We, I, You, She, He, It. Untuk contoh kalimatnya bisa dilihat pada poin kelima.

 

4. Mengenal Will/Shall dan Be Going To dalam Rumus Simple Future Tense

Jika kamu sudah membaca pengertian Simple Future Tense, tentu mengenal modal Will/Shall serta Be Going To. Yap, untuk membuat kalimat Future Tense, kamu perlu mengenal keduanya dan dapat menggunakan dalam kalimat.

Masih ingat kan perbedaan keduanya? Keduanya sama-sama menunjukkan hal atau kegiatan yang akan dilakukan di masa mendatang. Bedanya adalah Be Going To lebih meyakinkan serta pasti terjadi karena sudah direncanakan sebelumnya sedangkan Will belum pasti dan bisa jadi keputusan dadakan.

Apabila ingin membuat kalimat Be Going To, sesuaikan Be (Is/Am/Are) dengan Subyeknya. Misalnya: We are going to, They are going to, I am going to, She is going to, Rick is going to. Will dipakai untuk semua Subyek, sedangkan Shall digunakan untuk subyek I dan We saja.

  1. Shall we go for a drink? (Akankah kita pergi untuk minum?)
  2. We will not buy anything there. (Kami tidak akan membeli apa-apa di sana.)
  3. Sandy and Ratih are going to play tennis next Sunday. (Sandy dan Ratih akan main tenis Minggu depan.)
  4. I will be the person in charge next week. (Aku akan menjadi orang yang bertanggung jawab minggu depan.)
  5. I am going to be in Japan at the end of this year. (Saya akan berada di Jepang akhir tahun ini.)
  6. Andien will give you a call at about 5 p.m. (Andien akan meneleponmu sekitar pukul 5 sore.)
  7. Is she going to come here in time? (Apakah ia akan datang ke sini lebih awal?)
  8. These gadgets will be available next year. (Gadget-gadget ini akan tersedia tahun depan.)
  9. That dog won’t bite you if you are calm. (Anjing itu tidak akan menggigit Anda jika Anda tenang.)

Apakah kamu bisa menemukan Subyek pada setiap kalimat Simple Future Tense di atas? Jika iya, selamat ya. Jadi, subyeknya adalah: We, Sandy and Ratih, I, Andien, She, These gadgets, That dog. Cocokkan jawabanmu lalu lanjut poin kelima.

 

5. Bikin Rumus Simple Future Tense Versi Sendiri

Yeay, akhirnya kita sampai pada pokok bahasan utama dari postingan ini, yaitu Rumus Simple Future Tense. Tadi udah disebutkan lebih baik bikin rumus sendiri. Caranya gimana?

Setelah mengenal kalimat Verbal, Non Verbal, Positif, Negatif, Interogatif, trus Subyek dan penggunaan Will serta Be Going To, kita tengok beberapa contoh kalimat. Ini khusus Will/Shall serta Will/Shall Be ya, karena Be Going To akan dibahas dalam postingan tersendiri.

  1. They will play after eating. (Mereka akan bermain setelah makan.)
  2. They will not sleep after eating. (Mereka tidak akan tidur setelah makan.)
  3. Will they sleep after eating? (Akankah mereka tidur setelah makan?)
  4. She will be late tomorrow. (Dia akan datang telat esok hari.)
  5. She won’t be here. (Ia tidak akan ada di sini.)
  6. Will she be here soon? (Akankah ia ada di sini secepatnya?)
  7. We shall invite Mike to the party. (Kami akan mengundang Mike ke pesta.)
  8. We shall not invite everybody to the party. (Kami tidak akan mengundang semua orang ke pesta.)
  9. Shall we invite Mike to the party? (Haruskah kita mengundang Mike ke pesta?)

Gimana, setelah membaca contohnya apa sudah punya orat-oret rumus Simple Present Future Tense versimu sendiri? Udah nggak sabar ya pengen lihat seperti apa rumusnya? Iya deh, check this out!
Membuat Rumus Simple Future Tense Sendiri

***

Ada yang suka belajar dengan membuat rumus Simple Future Tense, ada juga lebih suka praktek bikin kalimat tanpa harus melirik rumus. Ribet banget sih belajar bahasa Inggris, harus pake rumus segala. Kayak Matematika saja. Begitu komentarnya. Ya, nggak masalah. Nggak ada cara paling benar atau paling salah. Semua sah. Asalkan bisa bikin otak terasah.

Berikut ini list materi Simple Future Tense. Pilih materi bahasa Inggris ingin kamu kuasai dan tingkatkan pemahaman tentang Future Tense.

About Made Ari

I am a blogger who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.