Penggunaan A, An, The (Artikel Bahasa Inggris) Lengkap dan Mudah Dimengerti

Penggunaan A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris

EnglishCoo – Penggunaan A An The dalam kalimat Bahasa Inggris beserta artinya. Pelajari pengertian, perbedaan serta jenis-jenis artikel yaitu Definite Article & Indefinite Article. Yuk praktek latihan soal tentang artikel A, An, The.

Pernahkah kamu merasa kebingungan dengan penggunaan A An The? Apa arti kata A, An, The? Apakah perbedaan antara A dan An? Kapan seharusnya menggunakan The? Wah, banyak sekali ya pertanyaannya! Tenang, EnglishCoo membahas semuanya dalam postingan ini.

Penggunaan A An The merupakan salah satu materi dasar grammar Bahasa Inggris. Walaupun terdiri dari satu sampai tiga huruf saja, materi grammar ini tidak boleh disepelekan. Pemahaman penggunaan A, An, The dapat mengantarkanmu pada tingkat kemahiran lebih tinggi. Jika ingin mahir berbahasa Inggris, pelajari materi ini dengan baik ya.

Pernah mendengar jenis artikel Bahasa Inggris yaitu Definite dan Indefinite? Dalam postingan ini, kamu akan berkenalan dengan Definite Article dan Indefinite Article. Jangan pusing dulu membaca istilah-istilah asing ini ya. Mereka tak jauh-jauh dari materi penggunaan A An The.

Postingan ini mengupas tuntas tentang artikel Bahasa Inggris dalam 5 subpoin sebagai berikut.

  1. Mengenal Artikel Bahasa Inggris: Definite & Indefinite
  2. Pengertian A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris
  3. Perbedaan Penggunaan A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris
  4. Penggunaan A An The dalam Kalimat Bahasa Inggris
  5. Latihan Soal A An The dalam Bahasa Inggris

Jika kamu ingin mempelajari materi tertentu, silahkan scroll ke subpoin yang diinginkan. Pilih materi yang ingin kamu pelajari tanpa harus belajar secara berurutan. Wah, asyik ya!

 

1. Mengenal Artikel Bahasa Inggris: Definite & Indefinite

Artikel Bahasa Inggris Definite & Indefinite Articles


Sewaktu di bangku sekolah, guru saya pernah memberi saran untuk belajar lebih banyak tentang Artikel Bahasa Inggris. Saya hanya manggut-manggut saja. Kemudian guru tersebut mengetes pemahaman saya dengan bertanya lagi apa itu artikel Bahasa Inggris. Dengan polos, saya menjawab itu semacam tulisan atau karangan faktual.

Guru saya tersenyum manis. Ia kemudian memberi penjelasan apa itu artikel Bahasa Inggris. Mungkin ada di antara kamu berpikiran sama seperti saya dulu? Beranggapan bahwa artikel Bahasa Inggris adalah karangan atau tulisan? Bukan ya, kita tidak membahas karangan atau tulisan di sini. Trus apa dong?

Istilah Article dalam Bahasa Inggris sama artinya dengan “Kata Sandang” dalam Bahasa Indonesia. Apakah kamu sudah belajar materi Kata Sandang dalam pelajaran Bahasa Indonesia? Contoh kata sandang dalam Bahasa Indonesia adalah Si, Sang, Para. Sedangkan contoh kata sandang (Article) dalam Bahasa Inggris adalah A, An, The.

Penggunaan artikel dalam sebuah kalimat untuk menjelaskan kata benda (Noun). Jadi, artikel (A, An, The) berfungsi untuk memberi keterangan lebih lanjut tentang benda. Ada 2 jenis Artikel dalam Bahasa Inggris paling populer yaitu Definite dan Indefinite. Apa itu Definite Article dan Indefinite Article? Yuk simak penjelasan sederhana kedua jenis artikel berikut.

DEFINITE ARTICLE

Apa yang dimaksud dengan Definite? Apabila diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, Definite artinya “pasti, tertentu, spesifik, jelas, nyata, tepat”. Dari ketiga kata sandang dalam Bahasa Inggris (A An The), artikel yang menunjukkan kata benda secara pasti, spesifik dan jelas adalah THE.

Penggunaan The dalam kalimat Bahasa Inggris menunjukkan kata benda (Noun) spesifik yang sudah jelas dan pasti. Benda ini biasanya sudah disebutkan sebelumnya sehingga pembicara dan pendengar sudah paham benda mana yang dimaksud.

Contoh: Where is the bag that you bought yesterday? (Di mana tas yang kamu beli kemarin?) Penggunaan The pada the bag menunjukkan tas secara spesifik, yaitu yang dibeli (olehnya) kemarin. Pendengar sudah tahu tas mana yang dimaksud oleh pembicara.

Artikel The dapat digunakan untuk semua jenis kata benda, yaitu benda tunggal – dapat dihitung (Singular Countable), benda jamak – dapat dihitung (Plural Countable) dan benda tidak dapat dihitung (Uncountable). Misalnya:

  • the city – the cities
  • the child – the children
  • the apple – the apples
  • the elephant – the elephants
  • the sugar
  • the water
INDEFINITE ARTICLE

Bisakah kamu menebak apa itu Indefinite Article apabila saya beri clue bahwa ini adalah kebalikan dari Definite? Hm… Terjemahan kata Indefinite dalam Bahasa Indonesia adalah “tidak tentu, tidak tetap, tidak pasti”. A dan An merupakan kata sandang yang termasuk jenis Indefinite Article.

Penggunaan A dan An dalam kalimat Bahasa Inggris menunjukkan kata benda (Noun) lebih umum atau general. A dan An biasanya digunakan saat menyebutkan benda pertama kalinya dan benda tersebut bersifat umum. Dengan kata lain, benda yang dimaksud tidak spesifik, tidak jelas dan tidak pasti.

Contoh: Many people bring a bag to work. (Banyak orang membawa sebuah tas untuk bekerja.) Penggunaan A pada a bag menunjukkan tas secara umum. Pendengar dapat membayangkan sebuah benda bernama tas, tapi tidak tahu tas mana yang dimaksud.

Artikel A dan An hanya dapat digunakan untuk jenis kata benda tunggal – dapat dihitung (Singular Countable Noun). Namun A dan An TIDAK dapat digunakan untuk benda jamak (Plural Countable) dan benda tidak dapat dihitung (Uncountable). Misalnya:

  • a city – a cities
  • a child – a children
  • an apple – an apples
  • an elephant – an elephants
  • a sugar
  • a water

Mencari contoh kata benda & Regular – Irregular Nouns? Yuk tambah pengetahuan dengan memilih artikel berikut berisi daftar Nouns:

Apa arti kata A, An dan The? Jika kamu ingin tahu pengertian, perbedaan serta penggunaan A An The dalam kalimat Bahasa Inggris, lanjut belajar ke subpoin berikutnya ya.

 

2. Pengertian A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris

Pengertian & Penggunaan A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris
Setelah mengenal artikel Bahasa Inggris yaitu Definite Article dan Indefinite Article, apakah kamu bisa menjelaskan arti A, An, The? Apa yang dimaksud dengan A, An dan The? Setelah tahu artinya, kamu akan lebih paham penggunaan artikel A An The.

Kita akan membahas penggunaan A An The masing-masing secara terpisah sesuai dengan jenisnya. Masih ingat kan jenis-jenis artikel dibahas pada subpoin pertama? A dan An termasuk Indefinite Article, sedangkan The termasuk jenis Definite Article. Kita mulai dari A dan An ya.

APA ARTI A DAN AN

Apa arti kata A dan An? Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, A dan An berarti kata benda berjumlah SATU. Misalnya: sebuah, seorang, sebutir, sebatang, sehelai, sepotong, sepasang, sepiring, dst.

Jadi, penggunaan A dan An adalah untuk menyatakan satu benda. Karena jumlahnya hanya satu, tentu saja benda tersebut tunggal (Singular) dan dapat dihitung (Countable). Contoh penggunaan A dan An adalah a ball, a car, a cat, a person, a university, an apple, an ant, an umbrella, an hour.

APA ARTI THE

Selanjutnya, apa arti The? Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, The berarti ITU. Artikel The mengacu pada benda secara spesifik. Biasanya benda tersebut sudah disebutkan pada percakapan sebelumnya. Baik pembicara maupun pendengar sudah tahu benda mana yang dimaksud.

Jadi, penggunaan The adalah untuk menyatakan benda spesifik, tak peduli jumlahnya satu atau banyak. Oleh karena itu, The digunakan pada semua jenis kata benda (Singular Countable, Plural Countable, & Uncountable). Contoh penggunaan The adalah the ball – the balls, the cat – the cats, the person – the people, the university – the universities, the rain, the advice, the homework, the money.

Sudah tahu penggunaan Another, Other, Others, The Other & The Others dalam kalimat? Atau ingin paham kata ganti dalam Bahasa Inggris (Pronoun)? Jangan lewatkan materi dasar berikut:

 

3. Perbedaan Penggunaan A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris

Perbedaan Penggunaan A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris
Penggunaan A An The sama-sama untuk menjelaskan kata benda (Noun). Setelah belajar pengertian A, An, The pada subpoin kedua, dapatkah kamu melihat perbedaan penggunaan A An The?

PERBEDAAN A DAN AN

Artikel A dan An sama-sama digunakan untuk benda secara umum berjumlah satu. Penggunaan keduanya untuk kata benda tunggal – dapat dihitung (Singular Countable). Bedanya terletak pada pengucapan (Pronunciation) suku kata pertama pada kata selanjutnya, baik itu kata benda maupun kata sifat.

Artikel A digunakan pada kata yang pengucapan suku kata pertamanya berbunyi huruf konsonan / huruf mati (BCDFGHJKLMNPQRSTVWXYZ). Jadi, penggunaan A untuk pengucapan suku kata pertama berbunyi KONSONAN. Fokus pada pengucapan, bukan ejaan. Contoh: a plate, a man, a delicious apple, a new umbrella, a user, a university, a unicorn, a European.

Artikel An digunakan pada kata yang pengucapan suku kata pertamanya berbunyi huruf vokal / huruf hidup (AIUEO). Jadi, penggunaan An untuk pengucapan suku kata pertama berbunyi VOKAL. Fokus pada pengucapan, bukan ejaan. Contoh: an umbrella, an apple, an empty plate, an old man, an honest girl, an hour, an MBA, an FBI.

PERBEDAAN PENGGUNAAN A AN THE

Dilihat dari pengertiannya, A dan An berarti SATU, entah itu sebuah, sebatang, sehelai, seekor, seorang, dsb. Sedangkan The memiliki arti ITU, entah bendanya berjumlah satu maupun banyak.

Dilihat dari fungsinya, A dan An menyatakan sebuah benda secara umum atau general. Biasanya benda tersebut baru disebutkan pertama kali. Sedangkan The menyatakan benda secara spesifik. Pembicara dan pendengar sudah tahu benda mana yang dimaksud.

Dilihat dari penggunaan, A dan An hanya bisa dipasangkan dengan kata benda tunggal – dapat dihitung (Singular Countable). Sedangkan The dapat digunakan untuk semua jenis kata benda (Singular Countable, Plural Countable, & Uncountable).

Ingin meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris? Pilih dan pelajari materi-materi berikut.

Kesimpulannya, penggunaan A dan An untuk benda secara umum yang dapat dihitung dan jumlahnya hanya satu. Sedangkan penggunaan The menjelaskan kata benda secara spesifik yang jumlahnya satu atau banyak.

  • A / AN + SINGULAR COUNTABLE NOUN
  • A + CONSONANT SOUND
  • AN + VOWEL SOUND
  • THE + SINGULAR COUNTABLE NOUN
  • THE + PLURAL COUNTABLE NOUNS
  • THE + UNCOUNTABLE NOUN

Supaya bisa melihat lebih jelas perbedaan penggunaan A An The, yuk perhatikan contoh kata atau frase benda berikut.

 

A / AN

THE

C
O
U
N
T
A
B
L
E
a plate the plate, the plates
a box the box, the boxes
a city the city, the cities
a man the man, the men
a woman the woman, the women
a child the child, the children
a user the user, the users
a university the university, the universities
a European the European, the Europeans
a sweet tomato the sweet tomato, the sweet tomatoes
a rotten egg the rotten egg, the rotten eggs
a wild animal the wild animal, the wild animals
an apple the apple, the apples
an orange the orange, the oranges
an umbrella the umbrella, the umbrellas
an actress the actress, the actresses
an idea the idea, the ideas
an exam the exam, the exams
an owl the owl, the owls
an hour the hour, the hours
an FBI agent the FBI agent, the FBI agents
an honest boy the honest boy, the honest boys
an old dress the old dress, the old dresses
an empty plate the empty plate, the empty plates
U
N
C
O
U
N
T
A
B
L
E
a sugar the sugar
a water the water
a money the money
a patience the patience
a safety the safety
an air the air
an advice the advice
an enthusiasm the enthusiasm
an information the information
an electricity the electricity

Ingin meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris? Salah satu caranya dengan mempelajari materi-materi berikut:

 

4. Penggunaan A An The dalam Kalimat Bahasa Inggris

Penggunaan A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris beserta Contoh Kalimat
Setelah mengenal Definite dan Indefinite, mengetahui pengertian serta perbedaan artikel A, An, The, dapatkah kamu menggunakannya dalam kalimat Bahasa Inggris? Tujuan belajar semua subpoin di atas agar paham penggunaan A An The serta dapat praktek membuat kalimat Bahasa Inggris menggunakan artikel A, An, The.

KAPAN PENGGUNAAN A

Dapatkah kamu menyimpulkan kapan menggunakan artikel A? Berikut ini dirangkum penggunaan A dalam Bahasa Inggris.

  • Untuk kata benda tunggal – dapat dihitung (SINGULAR COUNTABLE NOUN) secara umum / general, misalnya a dog, a potato, a spoon.
  • Untuk kata benda diawali oleh bunyi konsonan (CONSONANT SOUND), misalnya a unicorn, a university, a European.
  • Untuk frase benda diawali oleh bunyi konsonan (CONSONANT SOUND), misalnya a new umbrella, a sweet and juicy orange, a great child.
KAPAN PENGGUNAAN AN

Selanjutnya kita menuju pada kesimpulan penggunaan artikel An dalam Bahasa Inggris, Dapatkah kamu menyebutkan salah satunya saja? Yuk kita simak selengkapnya.

  • Untuk kata benda tunggal – dapat dihitung (SINGULAR COUNTABLE NOUN) secara umum / general, misalnya an envelope, an animal, an enemy.
  • Untuk kata benda diawali oleh bunyi vokal (VOWEL SOUND), misalnya an hour, an heir, an honor.
  • Untuk frase benda diawali oleh bunyi vokal (VOWEL SOUND), misalnya an English teacher, an important letter, an excellent reader.
KAPAN PENGGUNAAN THE

Bagaimana dengan artikel The? Kapan penggunaan The dalam Bahasa Inggris? Semoga rangkuman ini bisa menambah pengetahuanmu ya. Yuk simak!

  • Untuk kata benda tunggal – dapat dihitung (SINGULAR COUNTABLE NOUN) secara spesifik, misalnya the dog, the potato, the envelope, the enemy.
  • Untuk kata benda jamak – dapat dihitung (PLURAL COUNTABLE NOUN) secara spesifik, misalnya the dogs, the potatoes, the envelopes, the enemies.
  • Untuk kata benda tak dapat dihitung (UNCOUNTABLE NOUN) secara spesifik, misalnya the salt, the pride, the happiness.
  • Menyebutkan satu-satunya benda / entitas di dunia serta bangunan terkenal, misalnya the sun, the earth, the sky, the moon, the Eiffel Tower, the Taj Mahal.
  • Menyebutkan satu-satunya benda yang ada di sekitar, misalnya the bathroom in your house, the park near your house, the temple in your village.
  • Menyebutkan perbandingan superlatif (Superlative Degree of Comparison), misalnya the best rapper, the highest building, the most amazing man.
  • Menyatakan frase benda berisi penomoran, misalnya the first runner, the third child, the last paradise.
  • Bersama dengan kata sifat mengacu pada sekelompok orang, misalnya the poor, the rich, the homeless.
  • Mengacu pada waktu yaitu masa sepuluh tahun (decade), misalnya the early eighties, the seventies, the 1960’s.

Ingin mahir membuat kalimat dalam Bahasa Inggris? Pilih dan pelajari materi dasar berikut:

Masih ada buanyak penggunaan The dalam Bahasa Inggris. Jika ingin menambahkan, silahkan tinggalkan komentar pada akhir postingan ini. Komen juga ya apa perlu EnglishCoo membuat satu postingan khusus membahas artikel The.

CONTOH PARAGRAF SINGKAT MENGGUNAKAN A AN THE

Perhatikan contoh penggunaan A An The dalam kalimat Bahasa Inggris berikut.

She is reading a book about Criminal Law. Actually, the book is difficult to understand. But she must read it for an exam. And yeah, the exam is tomorrow.

(Dia sedang membaca buku tentang Hukum Pidana. Sebenarnya buku itu sulit dipahami. Tapi dia harus membacanya untuk ujian. Dan yah, ujiannya besok.)

Perhatikan kata yang digarisbawahi a book, the book, an exam, the exam. Apakah kamu melihat dengan jelas penggunaan A An The pada contoh paragraf singkat di atas?

Penggunaan artikel A pada kata a book mengacu pada sebuah buku. Buku tersebut baru pertama kali disebutkan. Sedangkan penggunaan artikel The pada kata the book mengacu pada buku yang telah disebutkan sebelumnya.

Penggunaan artikel An pada kata an exam menyatakan sebuah ujian. Pembicara berasumsi bahwa sebelumnya pendengar belum mendapat informasi tentang ujian. Sedangkan penggunaan artikel The pada kata the exam mengarah pada ujian tersebut.

CONTOH PENGGUNAAN A AN THE DALAM KALIMAT BAHASA INGGRIS
  1. What a beautiful day! (Sungguh hari yang indah!)
  2. Are you an optimist? (Apakah Anda seseorang yang optimis?)
  3. Do you bring an umbrella? (Apkah kamu membawa payung?)
  4. Are you a doctor? (Apakah Anda seorang dokter?)
  5. I am not a doctor. (Saya bukan seorang dokter.)
  6. I am an entrepreneur. (Saya seorang pengusaha.)
  7. Are you writing a job application letter? (Apakah Anda sedang menulis surat lamaran kerja?)
  8. My mother wrote a complaint letter yesterday. (Ibuku menulis surat keluhan kemarin.)
  9. The letter was written to my school principal. (Surat itu ditujukan kepada kepala sekolahku.)
  10. I created a poster yesterday. (Saya membuat sebuah poster kemarin.)
  11. The poster was about a music event in our school. (Poster itu tentang acara musik di sekolah kami.)
  12. It is an example of what a good friend is for. (Inilah contoh apa gunanya seorang teman baik.)
  13. She lives in an old house in the village. (Ia tinggal di sebuah rumah tua di desa itu.)
  14. There isn’t an airport near here. (Tidak ada satu bandara di dekat sini.)
  15. Would you like to be an English teacher? (Apakah kamu ingin menjadi guru Bahasa Inggris?)
  16. This girl wants to buy a tomato, a carrot, and an egg. (Gadis ini ingin membeli satu tomat, satu wortel dan satu telur.)
  17. Where is the restroom? (Dimanakah kamar kecil?)
  18. Please open the window! (Tolong buka jendela itu!)
  19. Can you turn on the light, please? (Dapatkah Anda menyalakan lampu itu?)
  20. Her son hates going to the dentist. (Putranya benci pergi ke dokter gigi.)
  21. Sarah is cooking fried rice in the kitchen. (Sarah sedang memasak nasi goreng di dapur.)
  22. I am not going to the library. (Saya tidak pergi ke perpustakaan.)
  23. My sister really enjoyed the food you gave last night. (Adikku benar-benar menikmati makanan yang kamu berikan tadi malam.)
  24. Alexa is the smartest girl in our class. (Alexa adalah gadis terpintar di kelas kami.)
  25. Yesterday I went to the airport with my family. (Kemarin saya pergi ke bandara dengan keluarga.)

 

5. Latihan Soal Penggunaan A An The dalam Bahasa Inggris

Latihan Soal Penggunaan A An The sebagai Artikel Bahasa Inggris
Pada subpoin terakhir, kita akan praktek penggunaan A An The dalam Bahasa Inggris. Berikut 10 soal di mana kamu mengisi titik-titik dengan artikel A, An, atau The yang sesuai. Yuk kerjakan latihan soal agar pemahamanmu naik tingkat. Ada kunci jawabannya juga lho.

  1. What is ______ longest river in the world?
  2. Do you see ______ insect on my shirt?
  3. Can I speak to ______ manager of this restaurant, please?
  4. Have you finished reading ______ book I lent you?
  5. There is ______ hospital near my house.
  6. I don’t like her because she isn’t ______ honest woman.
  7. She wants to be ______ interpreter because she is able to speak many languages.
  8. ______ First World War lasted from 1914 to 1918.
  9. She is on diet. That’s why she eats ______ bowl of rice every day.
  10. Aunty Sabrina is ______ travel agent.

KUNCI JAWABAN

  1. What is the longest river in the world? (Apa sungai terpanjang di dunia?)
  2. Do you see an insect on my shirt? (Apakah kamu melihat seekor serangga di bajuku?)
  3. Can I speak to the manager of this restaurant, please? (Bisakah saya berbicara dengan manager di hotel ini?)
  4. Have you finished reading the book I lent you? (Sudahkah kamu selesai membaca buku yang kau pinjam?)
  5. There is a hospital near my house. (Ada sebuah rumah sakit di dekat rumahku.)
  6. I don’t like her because she isn’t an honest woman. (Saya tak suka dengannya karena ia bukanlah seorang perempuan yang jujur.)
  7. She wants to be an interpreter because she is able to speak many languages. (Ia ingin menjadi penerjemah karena mampu berbicara banyak bahasa.)
  8. The First World War lasted from 1914 to 1918. (Perang Dunia Pertama berlangsung dari tahun 1914 hingga 1918.)
  9. She is on diet. That’s why she eats a bowl of rice every day. (Ia sedang diet. Oleh karena itu ia makan semangkuk nasi setiap hari.)
  10. Aunty Sabrina is a travel agent. (Bibi Sabrina seorang agen perjalanan.)

Ingin menambah kosakata dan membuat puisi Bahasa Inggris? Temukan tips selengkapnya:

***

Wah, akhirnya selesai juga ya pembahasan tentang Definite Article & Indefinite Article. Apakah sudah paham penggunaan A An The? Dapatkah kamu membuat kalimat Bahasa Inggris menggunakan A, An, The dengan kata-kata sendiri?

Materi A, An, The memang tampak remeh, hanya terdiri dari satu sampai tiga huruf saja. Tapi jangan salah! Penguasaan artikel Bahasa Inggris adalah salah satu kunci mencapai kemahiran yang hakiki. So, jangan sepelekan materi ini. Semangat belajar!

About Deari

I am a blogger who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

6 thoughts on “Penggunaan A, An, The (Artikel Bahasa Inggris) Lengkap dan Mudah Dimengerti

  1. Saya sering mendapatkan penggunaan “an” pada kata dengan awal konsonan misalnya “an SEO (singkatan)” dan juga “an hour”. Kira-kira kenapa ya tidak mnggunakan a?

    1. Hai San,
      Dalam artikel ini sudah dibahas, pada subpoin Perbedaan A dan An. Nih, saya kasih ulasannya ya:
      ——————
      PERBEDAAN A DAN AN
      Artikel A dan An sama-sama digunakan untuk benda secara umum berjumlah satu. Penggunaan keduanya untuk kata benda tunggal – dapat dihitung (Singular Countable). Bedanya terletak pada pengucapan (Pronunciation) suku kata pertama pada kata selanjutnya, baik itu kata benda maupun kata sifat.

      Artikel A digunakan pada kata yang pengucapan suku kata pertamanya berbunyi huruf konsonan / huruf mati (BCDFGHJKLMNPQRSTVWXYZ). Jadi, penggunaan A untuk pengucapan suku kata pertama berbunyi KONSONAN. Fokus pada pengucapan, bukan ejaan. Contoh: a plate, a man, a delicious apple, a new umbrella, a user, a university, a unicorn, a European.

      Artikel An digunakan pada kata yang pengucapan suku kata pertamanya berbunyi huruf vokal / huruf hidup (AIUEO). Jadi, penggunaan An untuk pengucapan suku kata pertama berbunyi VOKAL. Fokus pada pengucapan, bukan ejaan. Contoh: an umbrella, an apple, an empty plate, an old man, an honest girl, an hour, an MBA, an FBI.
      ——————
      Jadi, mengapa pada kata “an SEO specialist” dan “an hour” menggunakan artikel AN, bukan A, ya karena PENGUCAPAN suku kata pertama pada singkatan SEO (/es-i-ow/) dan HOUR (/aw(ə)r/) berbunyi VOKAL.

      Semoga semakin paham ya! 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.