Regular dan Irregular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris Populer

Regular dan Irregular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris Populer

EnglishCoo – Regular dan Irregular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris adalah satu materi dasar penting untuk dipahami. Ada banyak contoh kata benda beserta artinya, kalimat dan latihan soal. Pengetahuan ini dapat meningkatkan keterampilan Speaking, Listening, Reading & Writing.

Kata Benda sudah pernah dibahas sebelumnya dalam artikel EnglishCoo. Dalam artikel tersebut sudah dijelaskan pengertian, fungsi, jenis, contoh, penggunaan dalam kalimat serta Countable & Uncountable. Wah, sudah lengkap banget ya! Walaupun sudah dibahas tuntas, tetap saja ada bagian materi Nouns dalam Bahasa Inggris perlu diperdalam lagi. Apakah itu?

Kali ini EnglishCoo membahas perubahan kata benda yang dapat dihitung (Countable Nouns) dari tunggal ke jamak. Dari Singular ke Plural. Dari satu benda ke banyak benda. Apa saja contohnya? Perhatikan baik-baik ya, misalnya pen – pens, ant – ants, tomato – tomatoes, orange – oranges, country – countries, knife – knives, leaf – leaves, man – men, woman – women, person – people.

Perubahan kata benda di atas ada 2 kategori yaitu perubahan secara beraturan (Regular) & perubahan secara tak beraturan (Irregular). Regular artinya perubahan Noun dari Singular menjadi Plural adalah beraturan yaitu adanya penambahan s/es di akhir kata. Sedangkan Irregular artinya perubahan Noun dari Singular menjadi Plural adalah tak beraturan. Nah, tak beraturan seperti apa ya?

Dalam artikel ini ada 6 subpoin dibahas tuntas tentang Regular dan Irregular Plural Nouns.

  1. Singular Nouns & Plural Nouns
  2. Regular Nouns & Irregular Nouns
  3. Contoh Regular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris
  4. Contoh Irregular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris
  5. Contoh Penggunaan Regular dan Irregular Plural Nouns dalam Kalimat Bahasa Inggris
  6. Contoh Soal Regular dan Irregular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris

Yuk kita simak satu per satu subpoin di atas. Semoga dengan belajar materi dasar ini, keterampilan Bahasa Inggris jadi naik tingkat ya!

 

1. Kata Benda Tunggal (SINGULAR NOUNS) & Kata Benda Jamak (PLURAL NOUNS)

Kata Benda Tunggal (Singular Nouns) dan Kata Benda Jamak (Plural Nouns)


Apa itu Singular dan Plural? Apa maksudnya Singular Nouns? Apa itu Plural Nouns? Dalam subpoin ini, kita akan membahas Singular Nouns dan Plural Nouns. Subpoin ini dapat mengantarkanmu pada pemahaman materi berikutnya. Jika kamu sudah paham perbedaan Singular dan Plural Nouns, silahkan lanjut ke subpoin berikutnya.

Berdasarkan jumlah bendanya, kata benda ada dua yaitu Tunggal (Singular) dan Jamak (Plural). Tunggal alias Singular artinya jumlahnya ada satu saja. Sedangkan Jamak alias Plural artinya jumlahnya ada lebih dari satu, beberapa atau banyak.

Berbeda dalam Bahasa Indonesia, benda berjumlah satu ataupun banyak memiliki sebutan yang sama. Misalnya satu meja, dua meja, tiga meja, seribu meja. Sedangkan dalam Bahasa Inggris disebut one table, two tables, three tables, a thousand tables. Jadi, penyebutan kata benda tunggal dan jamak dalam Bahasa Inggris itu berbeda.

Singular dan Plural Nouns menunjukkan jumlah benda. Apakah jumlahnya satu atau lebih dari satu. Bagaimana? Apakah sudah mengerti apa itu Singular dan Plural Nouns? Selanjutnya kita perlu mengetahui jenis perubahan Nouns yaitu Regular & Irregular pada subpoin kedua.

 

2. Kata Benda Beraturan (REGULAR NOUNS) & Kata Benda Tak Beraturan (IRREGULAR NOUNS)

Kata Benda Beraturan (Regular Nouns) dan Kata Benda Tak Beraturan (Irregular Nouns)
Pada subpoin pertama, EnglishCoo sudah membahas tentang Singular dan Plural Nouns. Kata benda dapat berubah dari tunggal menjadi jamak. Dari Singular menjadi Plural. Dari jumlahnya satu menjadi lebih dari satu, beberapa atau banyak. Perubahan ini ada dua jenis yaitu beraturan (Regular) dan tak beraturan (Irregular).

Kita bahas satu per satu ya. Semoga pembahasan Regular dan Irregular Nouns berikut dapat membantumu meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris ke level lebih tinggi.

REGULAR NOUNS berarti perubahan kata benda dari tunggal menjadi jamak terjadi secara beraturan. Perubahannya sangat sederhana. Hanya ada penambahan s/es pada akhir kata.
Contoh Regular Nouns:
cat – cats,
lamp – lamps,
girl – girls,
boy – boys,
day – days,
avocado – avocados,
class – classes,
wish – wishes,
box – boxes,
potato – potatoes,
lady – ladies,
story – stories.

Jadi, perubahan kata benda beraturan (Regular Nouns) dari tunggal ke jamak ditandai dengan adanya penambahan akhiran s/es. Nouns apa saja ditambahkan –s dan kapan ditambahkan –es? Penjelasan beserta contoh Regular Plural Nouns dapat dilihat pada subpoin ketiga.

IRREGULAR NOUNS berarti perubahan kata benda dari tunggal menjadi jamak terjadi secara tak beraturan. Namanya juga tak beraturan, ya perubahannya tak tentu. Kadang ada penambahan huruf, kadang ada pergantian huruf, ada juga yang tak mengalami perubahan sama sekali.
Contoh Irregular Nouns:
man – men,
foot – feet,
mouse – mice,
person – people,
child – children,
fungus – fungi,
datum – data,
deer – deer,
sheep – sheep.

Jadi, perubahan kata benda tak beraturan (Irregular Nouns) dari tunggal ke jamak tak ditandai dengan apapun alias tak tentu. Trus, gimana dong caranya mengingat Irregular Plural Nouns? Tipsnya adalah sering-sering menggunakannya dalam kalimat. Penjelasan beserta contoh Irregular Plural Nouns dapat dilihat pada subpoin keempat.

 

3. Contoh Regular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris

Contoh Regular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris
Untuk memahami perubahan Singular ke Plural Nouns secara beraturan, kita perlu membaca banyak Contoh Noun. Dalam subpoin ini, EnglishCoo akan memberikan daftar contoh Regular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris.

Sebelumnya sudah disebutkan bahwa perubahan kata benda jamak beraturan ditandai dengan adanya penambahan akhiran s/es. Walaupun tampaknya sangat sederhana, penting juga tahu kosakata apa ditambah akhiran –s serta kosakata apa ditambah akhiran -es.

Beberapa tabel berikut adalah contoh Regular Plural Nouns. Kamu akan melihat perubahan kata benda dari Singular menjadi Plural. Yuk kita simak!

Tabel 1. Contoh Regular Plural Nouns dengan penambahan akhiran -s

Singular

Plural

Artinya

ant ants semut
apple apples apel
avocado avocados alpukat
bag bags tas
bird birds burung
boat boats perahu
book books buku
boy boys anak laki-laki
cat cats kucing
chair chairs kursi
chef chefs koki
chief chiefs ketua
choice choices pilihan
computer computers komputer
day days hari
dog dogs anjing
girl girls anak perempuan
hat hats topi
hippo hippos kuda nil
horse horses kuda
house houses rumah
kangoroo kangoroos kangguru
key keys kunci
lamp lamps lampu
monkey monkeys monyet
mountain mountains gunung
orange oranges jeruk
owl owls burung hantu
page pages halaman
pen pens pena
pencil pencils pensil
photo photos foto
piano pianos piano
picture pictures gambar
radio radios radio
river rivers sungai
seat seats tempat duduk
toy toys mainan
tree trees pohon
taxi taxis taksi
umbrella umbrellas payung
valley valleys lembah
video videos video
zebra zebras zebra
zoo zoos kebun binatang

Ingin memperbanyak perbendaharaan kosakata Bahasa Inggris seperti kata benda, kerja, dan sifat? Yuk baca artikel-artikel berikut.

Tabel 2. Contoh Regular Plural Nouns dengan penambahan akhiran -es

Singular

Plural

Artinya

box boxes kotak
bus buses bis
buzz buzzes dengungan
class classes kelas
dish dishes hidangan
dress dresses gaun
flamingo flamingos / flamingoes flamingo
hero heroes pahlawan
lunch lunches makan siang
mango mangos / mangoes mangga
potato potatoes kentang
tax taxes pajak
tomato tomatoes tomat
torpedo torpedos torpedo
volcano volcanos / volcanoes gunung berapi
watch watches jam tangan
wish wishes harapan

Tabel 3. Contoh Perubahan Regular Plural Nouns –ies dari Kata Benda berakhiran –y & didahului konsonan

Singular

Plural

Artinya

activity activities kegiatan
baby babies bayi
berry berries buah beri
candy candies permen
city cities kota
country countries negara
daisy daisies bunga aster
duty duties tugas
enemy enemies musuh
fly flies lalat
lady ladies perempuan
puppy puppies anak anjing
penny pennies sen dolar
spy spies mata-mata
story stories cerita
university universities universitas

Dulu saya mengira semua kata benda Singular berakhiran –o ditambah –es akan menjadi Plural. Ternyata tidak semua Nouns berakhiran –o dapat diperlakukan sama. Coba bandingkan kosakata pada tabel 1 dan 2:
hippo – hippos,
photo – photos,
hero – heroes,
potato – potatoes.

Untuk kata benda berakhiran –y berubah menjadi –ies hanya berlaku apabila didahului konsonan alias huruf mati. Namun jika didahului vokal atau huruf hidup, maka ditambah akhiran –s saja. Coba bandingkan kosakata pada tabel 1 dan 3:
key – keys,
toy – toys,
baby – babies,
candy – candies.

Daftar Regular Plural Nouns di atas adalah contoh saja ya. Masih ada ribuan bahkan jutaan Nouns lainnya. Bagaimana cara menghapal semua contoh Regular Plural Nouns di atas? Sering-sering digunakan, maka akan mudah diingat. Semakin sering digunakan, semakin ingat perubahannya. Selanjutnya yuk cari tahu tentang perubahan Irregular pada subpoin keempat.

Selain belajar Nouns, kamu juga perlu memahami apa itu Pronoun & Relative Pronoun serta Preposition. Yuk tambah pengetahuan Bahasa Inggris:

 

4. Contoh Irregular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris

Contoh Irregular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris
Setelah membahas banyak contoh perubahan kata benda secara beraturan alias Regular, EnglishCoo akan menyajikan contoh Irregular Plural Nouns. Semoga dengan hadirnya subpoin ini, pengetahuan Bahasa Inggris menjadi semakin komplit dan tentu saja naik level.

Sesuai namanya yaitu Irregular alias tak beraturan, ya perubahan Nouns dari Singular menjadi Plural adalah tak tentu. Kadang ada penambahan huruf, pergantian huruf, ada juga tak mengalami perubahan apa-apa. Memang ada beberapa kosakata mengalami perubahan sama, tapi keseluruhan perubahannya tidak memiliki pola.

Berikut ini daftar contoh Irregular Plural Nouns. Yuk tambah perbendaharaan Vocabulary dengan membaca lebih banyak contoh kosakata dalam Bahasa Inggris!

Tabel 2. Contoh Irregular Plural Nouns dengan perubahan tak beraturan

Singular

Plural

Artinya

alumnus alumni lulusan
analysis analyses analisis
appendix appendices lampiran
bison bison banteng
cactus cacti kaktus
calf calves anak sapi
child children anak
criterion criteria kriteria
curriculum curricula kurikulum
datum data data
deer deer rusa
diagnosis diagnoses diagnosa
dwarf dwarves kerdil
elf elves peri
fish fish ikan
focus foci fokus
foot feet kaki
formula formulae rumus
fungus fungi jamur
goose geese angsa
half foot separuh
knife knives pisau
leaf leaves daun
life lives kehidupan
louse lice kutu
loaf loaves roti
man men pria
moose moose rusa besar
mouse mice tikus
oasis oases oasis
ox oxen lembu
person people orang
quiz quizzes ulangan
self selves diri
series series rangkaian
sheep sheep domba
shelf shelves rak
shrimp shrimp udang
species species jenis
syllabus syllabi silabus
synopsis synopses ringkasan
thesis theses tesis
thief thieves pencuri
tooth teeth gigi
tuna tuna tuna
wife wives istri
wolf wolves serigala
woman women perempuan

Apakah sudah melihat perubahan Irregular Plural Nouns dari Singular Nouns? Memang perubahannya agak acak-acakan alias tak beraturan. Ada penambahan huruf, pergantian huruf, bahkan ada juga tak mengalami perubahan sama sekali. Hal paling sering ditanyakan adalah bagaimana cara menghapal semuanya?

Caranya adalah menggunakan Irregular Plural Nouns dalam kalimat Bahasa Inggris. Semakin sering digunakan maka kamu akan semakin ingat perubahan beserta ejaannya. Pada subpoin kelima, EnglishCoo memberikan contoh penggunaan Regular dan Irregular Plural Nouns dalam kalimat. Yuk kita simak!

 

5. Contoh Penggunaan Regular dan Irregular Plural Nouns dalam Kalimat Bahasa Inggris

Contoh Penggunaan Regular dan Irregular Plural Nouns dalam Kalimat Bahasa Inggris
Setelah mengetahui daftar Regular dan Irregular Plural Nouns pada subpoin ketiga dan keempat, saatnya membuat kalimat Bahasa Inggris menggunakan kosakata tersebut. Dalam subpoin ini, kamu akan melihat bahwa pengetahuan tentang materi dasar ini penting banget.

Kata benda adalah satu jenis kata yang paling sering digunakan dalam kalimat Bahasa Inggris. Ketika kamu dapat membedakan Singular dan Plural Nouns serta mengetahui perubahannya baik itu Regular maupun Irregular, membuat kalimat Bahasa Inggris menjadi hal yang mudah.

SINGULAR NOUNS adalah kata benda berjumlah satu. Karena jumlahnya hanya satu maka sering kali didahului dengan artikel a/an, berarti satu atau sebuah. Apabila bendanya spesifik serta pembicara & pendengar sudah paham benda yang dimaksud maka digunakan artikel the. Ingat juga penggunaan kata kerja (Verb & To Be) yang sesuai dengan Subyek sebuah kalimat.

PLURAL NOUNS adalah kata benda berjumlah lebih dari satu, beberapa atau banyak. Karena jumlahnya lebih dari satu maka sering kali didahului dengan artikel the/these/those. These artinya ini, sedangkan The/Those artinya itu. Ingat juga penggunaan kata kerja (Verb & To Be) yang sesuai dengan Subyek sebuah kalimat.

Sudah paham penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris? Pernahkah kamu menggunakan Other atau Another dalam kalimat? Jangan lewatkan materi dasar berikut:

  1. Singular: There is an ant on your T-shirt. (Ada seekor semut di bajumu.)
    Plural: There are some ants on his T-shirt. (Ada beberapa ekor semut di bajunya.)
  2. Singular: A boy is looking at you. (Seorang anak laki-laki sedang menatapmu.)
    Plural: Three boys are looking at her. (Tiga anak laki-laki sedang menatapmu.)
  3. Singular: Who is the girl? (Siapa gadis itu?)
    Plural: Who are those girls? (Siapa gadis-gadis itu?)
  4. Singular: We need only one tomato. (Kami hanya butuh satu tomat.)
    Plural: They don’t like eating tomatoes. (Mereka tidak suka makan tomat.)
  5. Singular: Andy wants to buy a toy. (Andy ingin membeli sebuah mainan.)
    Plural: They have many toys in the box. (Mereka punya banyak mainan di dalam kotak.)
  6. Singular: I saw a beautiful lady yesterday. (Saya melihat seorang perempuan cantik kemarin.)
    Plural: He met the beautiful ladies last week. (Ia bertemu dengan para perempuan cantik itu minggu lalu.)
  7. Singular: What do you like about this country? (Apa yang Anda sukai dari Negara ini?)
    Plural: How many countries have you been to? (Berapa banyak Negara yang pernah Anda kunjungi?)
  8. Singular: There is a man standing in front of me. (Ada seorang pria berdiri di depanku.)
    Plural: There are five men waiting for you outside. (Ada lima orang pria menunggumu di luar.)
  9. Singular: Did you buy a knife two days ago? (Apakah kamu membeli pisau kemarin?)
    Plural: What are these knives for? (Untuk apa pisau-pisau ini?)
  10. Singular: Did you see a deer in the zoo? (Apakah kamu melihat seekor rusa di kebun binatang?)
    Plural: We saw three deer in the zoo. (Kami melihat tiga ekor rusa di kebun binatang.)

Apakah kamu bisa membuat kalimat Bahasa Inggris menggunakan Singular & Plural Nouns? Perhatikan jumlah katanya serta penggunaan Verb & To Be. Satu lagi hal yang perlu diingat yaitu perubahannya baik itu Regular & Irregular agar bisa menulis ejaan yang benar. Untuk mengecek pemahamanmu, yuk kerjakan latihan soal pada subpoin keenam.

Untuk memahami makna kosakata dengan baik, pelajari kata-kata yang sering membingungkan berikut: Confusing Words dalam Bahasa Inggris Penting Kamu Tahu.

 

6. Contoh Soal Regular dan Irregular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris

Contoh Soal Regular dan Irregular Plural Nouns dalam Bahasa Inggris Beserta Kunci Jawabannya
Keterampilan Bahasa Inggris tak bisa ditingkatkan dengan hapalan, tetapi pemahaman. Semakin sering berlatih soal sebuah materi, semakin paham materi tersebut. Setelah belajar perubahan Singular & Plural Nouns secara teratur dan tak teratur, mari kita berlatih soal berikut. Tersedia juga kunci jawabannya. Yuk mulai!

Melengkapi kalimat dengan Singular Nouns / Plural Nouns yang sesuai.

  1. (Puppy / Puppies) … are so cute.
  2. My sister loves …. (horse / horses)
  3. They can’t eat on the …. (bus / buses)
  4. You are such a nice …. (person / people)
  5. Look, there is a … (goose / geese) over there!
  6. She brings some … (photo / photos) to school.
  7. The shop also sells many …. (watch / watches)
  8. What are those … (woman / women) doing here?
  9. I saw two … (mouse / mice) in front of his house.
  10. She must wash her … (foot / feet) before sleeping.

KUNCI JAWABAN

  1. Puppies are so cute. (Anak-anak anjing sangat imut.)
  2. My sister loves horses. (Adikku suka kuda.)
  3. They can’t eat on the bus. (Mereka tak bisa makan di dalam bus.)
  4. You are such a nice person. (Kamu adalah orang yang baik.)
  5. Look, there is a goose over there! (Lihat, ada seekor angsa di sana!)
  6. She brings some photos to school. (I a membawa beberapa foto ke sekolah.)
  7. The shop also sells many watches. (Toko itu juga menjual banyak jam tangan.)
  8. What are those women doing here? (Apa yang para perempuan itu lakukan di sini?)
  9. I saw two mice in front of his house. (Aku melihat dua ekor tikus di depan rumahnya.)
  10. She must wash her feet before sleeping. (Ia harus mencuci kakinya sebelum tidur.)

Berapa banyak kesalahan kamu lakukan saat berlatih soal di atas? Tidak apa membuat kesalahan karena berbuat salah itu artinya kamu sedang belajar. Perbaiki dan belajar dari kesalahan tersebut. Ingat quote bijak ini: Mistakes have the power to turn you into something better than you were before. Jadi, jangan pernah takut salah ya, guys!

***

Bagaimana pemahamanmu terhadap materi Regular dan Irregular Plural Nouns? Selain latihan soal, cobalah membuat kalimat menggunakan kata benda dalam Bahasa Inggris yang sudah dipelajari. Semakin sering berlatih, kamu akan semakin mahir. Semangat belajar!

Untuk memahami tenses, yuk belajar empat kelompok tenses ini: Present, Past, Present Future dan Past Future.

About Deari

I am a blogger who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.