Belajar Future Tense dengan Cepat dari 5 Fakta Menarik ini

5 Fakta Mengejutkan tentang Kalimat Future Tense yang Membuatmu Makin Paham

EnglishCoo – Belajar Future Tense jadi menyenangkan dengan fakta ini. Mengetahui 5 hal berikut, bikin kamu jadi semakin cepat mengerti tentang materi. Membuat kalimat bahasa Inggris pun jadi tugas lebih mudah.

Tahukah kamu, Future Tense adalah materi belajar paling asyik karena berbicara tentang masa depan. Buat kamu yang suka mengkhayal dan meramal masa mendatang itu seperti apa, kamu bakal menyukai tenses ini deh.

Katanya sih, masa depan siapa yang tau. Tapi kita tetap bisa membicarakannya koq. Semua orang punya masa depan impian ingin dicapai, bukan? Saat berbicara tentang kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di masa mendatang, di situlah kamu perlu jenis tenses ini.

Apa sih masa depan impianmu? Yuk simak: 7 Masa Depan Impian Ini Dapat Kamu Raih dengan Belajar Bahasa Inggris.

Nah, kita akan membahas secara mendalam tentang PRESENT Future. Emang ada yang lain ya? Jawabannya adalah ADA; yang lain itu tergolong PAST, namanya PAST Future. Tapi itu kita bahas nanti ajah. Kita fokus pada Present dulu ya.

Ternyata ada beberapa fakta menarik agar belajar Future Tense jadi lebih mudah, lho. Yuk kita simak seperti apa.

 

1. Ada ahli bahasa Inggris bilang kalo Future Tense bukan termasuk Tenses lho. Duh, kasian…

Menurut Ahli Bahasa Inggris, Kalimat Future Tense itu tidak termasuk Tenses

What??? Future Tense nggak dianggap sebagai tenses? Ah yang bener??? Yap, memang ada yang meyakini hal ini. Bahkan mereka yang belajar tentang bahasa (linguists) menyatakan dalam bahasa Inggris tidak ada namanya Future Tense. Nah lo… Apa sebabnya ya?

Jika kita telah bandingkan ketiga tenses utama yaitu Past, Present dan Future, kita bisa liat kalo kata kerja dalam Future Tense nggak berubah. Dengan kata lain, kalimat ini tidak memiliki perubahan kata kerja seperti yang terjadi dalam Past Tense dan Present Tense.

Masih ingat dengan Past dan Present? Yuk kita belajar ketiganya dari contoh berikut dengan kata kerja Do.

  • She did (Past)
  • She does (Present)
  • She will do (Future)

Perhatikan kalimat ketiga, tidak memiliki perubahan kata kerja karena telah memiliki modal WILL sebagai kata bantu. Karena tidak ada perubahan Verb itulah Future Tense tidak dianggap sebagai Tenses oleh para ahli bahasa Inggris. Trus, apa kita tetap belajar Future Tense? Oh, tentu saja!

 

2. Belajar Future Tense, kita jadi tahu bahwa ada tenses lain bisa digunakan untuk mengungkap masa mendatang juga, lho.

Masa depan tidak hanya diungkap dengan kalimat Future Tense

Ternyata untuk mengungkap masa mendatang, nggak melulu pakai kalimat Future Tense dengan modal WILL atau SHALL. Ada juga tenses lain dari Present Tense dipakai untuk menyatakan masa depan. Hal ini juga menjadi pendukung fakta nomor satu.

Kalo nggak pake WILL atau SHALL, trus pake apa donk? Yuk belajar dari contoh berikut ini.

  • She will do her homework tomorrow.
  • She is going to do her homework tomorrow.

Tanpa Will atau Shall, Future bisa menggunakan “Be Going To”. Kita sudah belajar tentang To Be pada Present Tense. Yang termasuk Be adalah is/am/are. Masih inget kan subyek-subyek yang menggunakan Is, Am dan Are? They We You pake ARE, She IT HE pake IS dan I pake AM. Lihat selengkapnya dalam artikel tentang Present Tense.

Selain Be Going To, Future Tense dapat digantikan juga oleh Present Tense. Contohnya nih ya…

  • Hurry! The train leaves in ten minutes. (Simple Present)
  • We are having spaghetti for dinner. (Present Continuous)

Contoh lainnya dapat dilihat di dalam artikel tentang kalimat Present Tense.

Kalimat Present Tense adalah termasuk Tenses yang HUMBLE alias rendah hati. Yuk simak artikel spesial ini: 7 Rahasia Tersembunyi dari Kesederhanaan Kalimat Present Tense Ini Bikin Kamu Makin Paham.

 

3. Tetep ajah, kalau ngobrol tentang Masa Mendatang nggak bakal afdol tanpa belajar Future Tense

Belajar Future Tense umumnya digunakan untuk mengungkap masa mendatang

Diakui sebagai tenses atau enggak, belajar Future Tense tetap penting. Mengapa? Saat berbicara tentang hal-hal yang akan dilakukan esok atau lusa, kamu dapat pertegas dengan Future Tense.

Walaupun dikatakan sebagai modal yang nggak menunjukkan Futurity alias kegiatan pada waktu mendatang, penggunaan WILL tetap menjadi pilihan untuk mengungkap masa depan. Apalagi saat tidak ada keterangan waktu.

Yuk kita lihat contoh kalimat bahasa Inggris di bawah ini:

  • I will visit my grandma in America. (Present Future)
  • She will be watching TV when you come tomorrow evening. (Future Continuous)
  • My parents will have left the house before she (Future Perfect)
  • Shera will have been cooking when you arrive in the morning. (Future Perfect Continuous)

Jika kalimat satu “I will visit my grandma in America” diubah menjadi “I visit my grandma in America”, maknanya akan berbeda. Modal WILL memberi ketegasan bahwa kegiatan tersebut akan terjadi pada waktu mendatang. Sedangkan kalimat Present tense akan menunjukkan masa depan apabila ditambah keterangan waktu. Misal: I visit my grandma in America next month.

Apapun itu, kamu wajib tau kalau Simple Present dan Present Continuous juga seringkali digunakan untuk menyatakan kegiatan masa mendatang. Ya, kali ajah kamu ketemu bule di café dan dia bilang “I am going to your house this evening.” Ini bukan berarti ia sedang menuju kerumahmu saat itu juga, tapi ia akan berencana pergi ke rumahmu nanti malam.

Belajar Bahasa Inggris nggak harus serius koq, malah bisa sambil ngakak. Kamu bisa belajar dari kesalahan 9 Poster Bahasa Inggris Menggelikan yang Bikin Ngakak.

 

4. Belajar Future Tense berarti mendalami 4 tenses ini. No more! Perhatikan gambar supaya semakin mengerti.

Belajar Future Tense dengan mengenal 4 jenis tenses

Ternyata Future Tense itu hanya ada 4 jenis saja koq. Nggak banyak! Kamu hanya perlu belajar 4 tenses untuk mengungkapkan tentang masa depan. Perhatikan contoh kalimat bahasa Inggris dalam gambar di atas. Ada 4 contoh dengan kata kerja alias Verb yang berbeda.

 
SIMPLE FUTURE TENSE
Kalimat pertama itu masuk ke golongan Simple Future. Sesuai namanya, disebut simple karena hanya perlu modal WILL dan kata kerja (verb) dan tentu saja pelengkap lainnya agar menjadi komplit. Misalnya: I’ll do my Science project this weekend.

 
FUTURE CONTINUOUS TENSE
Kalimat kedua itu namanya Future Continuous. Inget, continuous itu selalu pake To Be dan Verb-ing. Ini menyatakan hal sedang terjadi di masa mendatang. Misalnya: We’ll be playing the game tomorrow at 7 am.

 
FUTURE PERFECT TENSE
Selanjutnya ada yang disebut dengan Future Perfect. Nah, kalimat tersebut diungkap saat kamu telah selesai melakukan sesuatu hal di masa mendatang. Contoh: She will have finished her work after 4 p.m.

 
FUTURE PERFECT CONTINUOUS
Terakhir adalah Future Perfect Continuous. Jadi, kalau sesuatu telah dilakukan, sedang dan akan berlanjut di masa mendatang, maka digunakan jenis tenses ini. Contoh: By next year, he will have been working in this company for 10 years.

Kalo kamu udah tahu strategi belajar writing bahasa Inggris, tentu kamu bakal mahir menulis. Baca: 5 Cara Ampuh Belajar Writing Bahasa Inggris untuk Pemula.

 

5. Belajar Future Tense dari ilustrasi yuk, dijamin kamu semakin paham deh kapan menggunakannya.

Penggunaan Masing-Masing Future Tense

Jadi ceritanya aku diajakin nonton di bioskop besok malem. Film yang aku suka itu adalah Science Fiction. Pas diajakin nonton film Science Fiction terbaru, ya tentu saja aku nggak bakal nolak. Filmnya tayang jam 7 sampai jam 9 malem. Trus temenku yang lain ngajak bikin tugas bareng. Hm…pilih mana ya? Ke bioskop atau ngerjain tugas???

Aku pilih yang ngajakin duluan. Beruntungnya, aku diajakin nonton ke bioskop duluan. Hehehe… Sebenarnya sih emang lebih pengen nonton daripada ngerjain tugas. Lagian tugasnya juga dikumpul seminggu lagi. Ngeles

Tentu aku bilang sama temen yang ngajakin buat tugas kalo aku ada acara nonton besok. Nah, untuk ngejelasin kepada temen dalam bahasa Inggris, kamu perlu kalimat Future Tense. Liat gambar di atas. Dijamin pasti jadi lebih paham maksudnya.

Eh, ternyata si temen ini ngasi banyak pertanyaan seperti:

  • Kemana kamu besok? (jawabnya pake Present Future) I will watch a movie tomorrow.
  • Trus jam 8 kamu udah di rumah? (aku jawab pake Future Continuous) I will be watching the movie at 8 pm.
  • Trus berapa jam kamu akan nonton film itu? (jawab pake Future Perfect Continuous) I will have been watching the movie for two hours.
  • Jam berapa kamu akan pulang? (dijawab menggunakan Future Perfect) I will have gone home at 9.30.

Cerita tersebut dibuat untuk membantumu lebih paham. Biasanya jika menggunakan cerita, kita punya gambaran seperti apa penggunaan tenses. Semoga materi belajar Future Tense ini bisa membuat pengetahuan bahasa Inggrismu makin mantap. Masih ingin contoh lebih lanjut? Tenang, setiap tenses akan dijelaskan secara spesial dalam beberapa artikel terkait berikutnya. Ditunggu ya!

About Made Ari

Hi, thank you for visiting EnglishCoo! Here, we share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. By the way, I am Made Ari from Bali, Indonesia. See ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *