5 Cara Ampuh Belajar Writing Bahasa Inggris untuk Pemula

Cara Ampuh Belajar Writing Bahasa Inggris untuk Pemula

EnglishCoo – Bingung gimana caranya belajar writing bahasa Inggris? Dalam artikel ini, kamu akan menemukan 5 strategi yang telah terbukti mampu meningkatkan keterampilan menulis.

Saat belajar writing, hal pertama yang harus dilakukan adalah praktek. Ya, sekali lagi, kamu harus praktek menulis.

Tapi, aku nggak punya ide nulis apa. Tapi, aku nggak punya cukup kosakata (vocabulary). Tapi, aku nggak hapal spelling yang benar. Tapi, aku nggak tahu cara bikin kalimat bahasa Inggris itu gimana. Tapi,…

Eits, nggak perlu sekhawatir itu, bahkan sebelum memulainya. Kegiatan menulis dalam bahasa Inggris nggak seseram itu koq, asalkan tahu strategi atau smart ways to learn English writing. Untuk itulah artikel ini diluncurkan. Iya, tulisan itu khusus buat kamu yang sedang cari cara yang efektif untuk meningkatkan keterampilan menulis (writing), terutama bagi yang masih pemula.

Nggak perlu bertele-tele membaca 20 cara atau 10 tips belajar writing bahasa Inggris. Kamu hanya perlu 5 cara yang paling ampuh. Yap, hanya LIMA! Berikut ini 5 cara yang paling strategis agar mahir writing dalam bahasa Inggris.

 

1. Atur semuanya dengan baik. Semuanya? Yap, jadwal, tempat, materi, dan hal-hal lain yang kamu butuhkan sebelum belajar writing bahasa Inggris.

Sebelum belajar writing bahasa Inggris, atur jadwal, tempat, materi, dan lain-lain

Sebelum menyelami kegiatan writing, sebaiknya luangan beberapa waktu untuk mengatur semua hal yang diperlukan. Perencanaan ini akan sangat membantu saat praktek menulis nanti. Siapkan jadwal, pilih tempat, materi, kamus, buku, pulpen dan alat-alat tulis yang dibutuhkan.

Mengatur jadwal terlebih dahulu memberikan gambaran sekilas tentang hal-hal yang akan dilakukan. Jadwal ini tentu berisi waktu (hari, jam) dan kegiatan menulis dengan jelas dan detail. Tentukan tempat khusus yang membuatmu nyaman dan termotivasi untuk terus menggerakkan pena. Kamu juga bisa meletakkan foto penulis favoritmu, karya mereka atau apa saja yang membuatmu bersemangat mencapai tujuan: mahir writing dalam bahasa Inggris.

 

2. Untuk bisa meraih impian, kamu perlu berkorban. Tanya kepada diri apa yang akan diberikan untuk bisa mahir writing bahasa Inggris?

Tanyakan ini sebelum belajar writing bahasa Inggris: siapkah kamu berkorban?

Satu hal penting yang harus diketahui dan disadari yaitu kesuksesan butuh pengorbanan. Jika bertanya tips sukses kepada orang-orang yang sudah sampai di level tersebut, secara serempak mereka akan bilang bahwa usaha dan doa adalah ramuan yang paling manjur untuk mencapai impian. Usaha itu tak lain adalah kerja keras. Kamu perlu bekerja keras: mengorbankan waktu, tenaga dan biaya untuk melangkah ke tahap sukses. Tanpa pengorbanan, tak akan ada kesuksesan.

Begitu halnya dengan impian untuk mahir berbahasa Inggris, terutama keterampilan menulis. Berapa jam dalam sehari yang akan dikorbankan untuk belajar writing? Siapkah melawan rasa malas dan bosan saat praktek menulis? Tanyakan kepada diri sendiri pengorbanan lainnya yang bisa diberikan untuk meraih masa depan impian itu.

Jika masih ragu tentang masa depan impian seperti apa, yuk telusuri: 7 Masa Depan Impian Ini Dapat Kamu Raih dengan Belajar Bahasa Inggris

 

3. Tulis apa yang kamu dengar! Entah itu lagu, audio ataupun video bahasa Inggris. Ini mengasah 2 keterampilan sekaligus: Listening dan Writing.

 Tulis apapun yang kamu dengar untuk melatih listening dan writing bahasa Inggris

Bagi para pemula, bukanlah cara yang strategis kalau langsung praktek tanpa tahu apa yang hendak ditulis. Hal ini kurang efektif karena kamu belum punya cukup knowledge alias pengetahuan. Knowledge yang dimaksud itu apa? Spelling, kosakata dan cara membuat kalimat sederhana. Tanpa ketiga hal ini, kamu masih tetap bisa praktek tapi bukan langsung menulis apa yang ada di kepalamu.

Trus, cara yang paling jitu itu gimana? Apa yang harus dilakukan untuk memulainya? Cara efektif belajar writing bahasa Inggris bagi pemula adalah dengan menulis apa yang didengar. Pilih lagu, audio atau video yang simpel.

Jika susah mencari lagu yang pas, berlatihlah dengan mendengarkan lagu anak-anak. Jangan pernah malu untuk memulai dari level paling bawah. Semua profesional di dunia, yap semuanya, mereka memulai dari level paling bawah. Sebuah kutipan dari Nick Vujicic: We all start with zero. We all start at the beginning. Do not give up.

Jadi, pilih materi yang bisa kamu dengar dan tulis dalam bahasa Inggris. Dengar lagi dan cek apa yang sudah ditulis. Ulang hal ini berkali-kali (paling tidak sampai yakin dengan apa yang ditulis). Lanjutkan dengan mengecek tulisanmu. Lihat lirik lagu atau subtitle audio atau video tersebut. Dengan cara ini kamu telah meningkatkan keterampilan listening dan writing sekaligus. Paket Combo ya?

Punya kesulitan saat mendengarkan (Listening) Bahasa Inggris? Kamu perlu ini: 5 Cara Belajar Ini Bikin Kamu Jago Listening Bahasa Inggris secara Otodidak.

 

4. Belajar writing bahasa Inggris bisa dimulai dengan membuat kalimat sederhana. Fokus pada 3 sampai 5 tenses dulu. Jangan berambisi untuk menguasai semua tenses dalam waktu sekejap. Ingat, proses!

Ketahui cara membuat kalimat sederhana dan fokus pada 2 atau 3 tenses bahasa Inggris

Setelah selesai mengecek tulisanmu dengan melihat lirik atau subtitle, jangan dibiarkan begitu saja ya. Kamu bisa menggunakannya untuk belajar tentang kalimat bahasa Inggris. Dengan langkah ini, secara nggak langsung juga mempelajari tentang tenses.

Kalau serius melakukan cara pada poin pertama, kamu pasti teringat dengan kata-kata dalam lagu atau video yang didengarkan. Itupun kalau mendengarkannya berulang-ulang. Apapun yang dilakukan secara berulang-ulang pasti bikin kamu lebih ingat daripada hanya melakukannya sekali saja. Itu udah rumus, kawan.

Jadi, gunakan tulisanmu (hasil poin pertama) untuk tahu lebih lanjut tentang kalimat sederhana, berkenalan dengan To Be, kata kerja, atau kosakata lainnya. Nah, selanjutnya kamu bisa review lagi tentang tenses. Tunda dulu ambisi untuk hapalin 16 tenses. Pilih 3 sampai 5 tenses saja sebagai langkah awal. Pelajari dan kenali lebih dalam sebagai bekal untuk praktek menulis selanjutnya.

Bingung pilih tenses yang mana? Yuk simak: 5 Tenses yang Paling Sering Digunakan saat Percakapan Bahasa Inggris.

 

5. Menulis diary bahasa Inggris setiap hari. Tulis komentar dalam bahasa Inggris. Pokoknya, jadikan menulis sebagai hobi.

Tulis diary bahasa Inggris dan jadikan menulis sebagai hobi agar keterampilan writing meningkat

Nah, setelah mengetahui tenses dan tahu cara membuat kalimat sederhana, saatnya praktek. Menulislah terus menerus sampai kegiatan itu jadi kebutuhan. Kayak makan. Kita nggak bisa hidup tanpa makanan. Kita juga harusnya nggak bisa tahan tanpa menulis dalam sehari.

Tulis apa saja. Agar lebih asyik, kamu bisa menulis dairy dalam bahasa Inggris. Awali dengan 1 kalimat per hari, kemudian tingkatkan menjadi 2 kalimat, dan seterusnya. Cari satu kata baru, pahami artinya dan buat dalam kalimat sederhana.

Nggak hanya jadi kebiasaan, jadikan kegiatan menulis sebagai hobi. Suka musik, nyanyi, main tenis? Nikmati kegiatan tersebut dan rasakan sebagai sesuatu yang menyenangkan. Apalagi saat ada kemajuan alias progres, walaupun hanya sedikit saja, hargai itu.

Jika pengen kuasai 16 tenses, jangan lewatkan sajian ringan ini: 5 Fakta Menarik dan Mengejutkan tentang 16 Tenses Bahasa Inggris.

***

Selain butuh pengorbanan, belajar writing bahasa Inggris juga adalah sebuah proses. Seperti halnya sebuah perjalanan mendaki gunung. Kamu harus melewati medan yang panjang berliku dan terjal. Jika terus berjalan dan tetap semangat, tentu kamu adalah orang yang akan memberi jejak di puncak. Keringat dan rasa lelah akan terbayar dengan kepuasan menikmati alam yang fenomenal. So, enjoy the process of learning English!

About Made Ari

Hi, thank you for visiting EnglishCoo! Here, we share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. By the way, I am Made Ari from Bali, Indonesia. See ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *