Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren

Cara Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren

EnglishCoo– Kamu sedang membuat puisi bahasa inggris? Berikut ini 11 Cara ampuh dan praktis sebagai inspirasi untuk menghasilkan sebuah karya yang melegenda.

Menulis puisi dalam Bahasa Inggris itu gampang banget. Asalkan kamu punya kemauan yang tinggi, segala rintangan pasti dapat ditaklukkan. Apalagi hanya merangkai kata-kata seperti seorang pujangga. Pakai bahasa Inggris lagi. Ah, gampang!

Siapa yang setuju dengan pendapat itu???

Bagi yang merasa bahasa Inggris itu mudah, mungkin akan setuju dengan komentar di atas. Namun bagi yang terlanjur membenci pelajaran bahasa Inggris, nggak bakal deh ngacungin jempol dengan komentar tersebut.

Di pihak manapun kamu berada, yang jelas kegiatan membuat puisi bahasa Inggris bisa jadi salah satu cara ampuh menguasai bahasa Inggris. Mengapa? Ya karena kamu belajar merangkai kosakata bahasa Inggris menjadi penuh makna. Apalagi jika kamu tahu cara-cara mudah menghasilakn sebuah puisi, ini akan sangat membantu.

Sebelum kita menuju ke cara ampuh tersebut, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu puisi. Walaupun sudah banyak yang telah mengetahuinya, ayo kita intip makna poem atau poetry dalam Bahasa Inggris.

Menurut poetry.org, Poetry berasal dari Bahasa Yunani Kuno (Ancient Greek) yaitu “Poieo” yang memiliki makna I create alias “Saya Menciptakan”. Sehingga dapat dikatakan bahwa puisi adalah karya yang diciptakan oleh seseorang, bukan hasil kopas alias copy paste.

Sebelum menciptakan sebuah karya yang disebut puisi, ayo kita liat makna kata “poem” berikut ini.

A piece of writing in which the words are arranged in seperate lines, often ending in rhyme, and are chosen for their sound and for the images and ideas. (Sumber: dictionary.cambridge.org)

Kira-kira artinya seperti ini: Sebuah karya bertuliskan kata-kata yang diatur dalam beberapa baris, seringkali diakhiri dalam rima yang dipilih sedemikian rupa untuk menyuarakan hati, gambar dan ide mereka.

Jadi, puisi adalah letupan perasaan dalam baris kata-kata yang memiliki rima sehingga indah dibaca. Biar lebih afdol, kita intip sekilas tentang puisi dalam bahasa Indonesia. Ada 2 jenis yaitu: Puisi Lama dan Puisi Baru.

Puisi Lama

Puisi Lama terikat dengan aturan-aturan seperti jumlah kata dalam 1 baris, jumlah baris dalam 1 bait, rima atau persajakan, irama dan banyaknya suku kata tiap baris.

Pengen tahun jenis-jenis puisi lama? Kita lihat daftarnya berikut ini yuk.

  1. Mantra, yaitu ucapan yang (dianggap) memiliki kekuatan gaib,
  2. Pantun, bersajak abab, yang ada sampiran dan isi,
  3. Karmina atau pantun pendek,
  4. Seloka atau pantun berkait,
  5. Gurindam atau nasehat,
  6. Syair (bersumber dari Arab),
  7. Talibun atau pantun genap.

Puisi Baru

Puisi Baru tidak terlalu terikat dengan aturan-aturan seperti puisi lama, sifatnya lebih bebas tidak terikat dengan jumlah suku kata, kata, dan baris. Nah, jenis-jenis puisi baru adalah:

  1. Balada, yang berisi cerita,
  2. Himme adalah untuk pujaan Tuhan, tanah air dan pahlawan,
  3. Ode adalah sanjungan untuk orang berjasa,
  4. Epigram, yang berisi tuntunan dan ajaran hidup,
  5. Romans yaitu dari ungkapan perasaan,
  6. Elegi adalah jenis yang menuangkan kesedihan,
  7. Satire adalah jenis yang digunakan untuk menyindir karena berisi sindiran,

Setelah mengetahui makna puisi dan jenis-jenisnya, apakah kamu sudah siap untuk membuat sebuah puisi dalam Bahasa Inggris?

Eits, sebelum nulis, kamu wajib baca 11 tips berikut sehingga menemukan cara mudah membuat puisi Bahasa Inggris keren.

 

1. Tentukan tema yang sesuai dengan perasaan dan pengetahuanmu. Jangan ikut-ikutan teman.

Tips membuat puisi Bahasa Inggris dengan memilih tema yang kamu suka

Kamu pengen bikin puisi tentang apa? Itu pertanyaan pertama yang harus nongol di kepala sebelum bikin puisi dalam bahasa Inggris.

Bingung pilih tema apa??? Ah, gampang. Pilih ajah yang kamu suka dan hal yang paling dekat denganmu. Misalnya tema keluarga, pendidikan, kepahlawanan, lingkungan, tanaman, hewan, alam semesta, sains, teknologi, ekonomi, sosial, budaya dan politik.

Jika kamu harus memilih salah satu tema yang telah tersedia, carilah tema yang dekat denganmu, dalam artian kamu memiliki pengetahuan tentang tema tersebut. Sekali pilih, kamu harus komit. Jangan sampai gonta-ganti tema ya. Dengan kata lain, kamu mesti setia pada satu tema.

Yang paling menyenangkan adalah ketika kamu diberikan kebebasan untuk memilih tema yang kamu suka. Yap, menyenangkan, tapi seringkali bikin kamu kebingungan untuk memilih tema yang terbaik.

Sebenarnya, semua tema adalah tema terbaik, yang penting kamu menguasai tema tersebut atau memiliki pengetahuan yang cukup tentang tema tersebut. Misalnya tema keluarga, kamu bisa membuat puisi tentang ayah, ibu, kakek, nenek, saudara perempuan atau saudara laki-laki. Intinya, pilihlah tema yang dekat denganmu.

Keluarga juga bisa menjadi tema dalam membuat sebuah contoh descriptive text. Kamu bisa melihat contohnya dalam artikel ini: 6 Contoh Descriptive Text tentang Seseorang Tercinta dalam Keluarga

 

2. Sebelum membuat puisi bahasa Inggris, cari tempat yang menginspirasi sehingga kata-kata indah mengalir seperti air.

Membuat puisi Bahasa Inggris dengan mencari tempat yang memberi inspirasi saat menulis

Tempat yang menginspirasi adalah kriteria tempat yang paling tepat untuk meluapkan perasaan dalam bentuk kata-kata indah nan bermakna. Tempat yang menginspirasi tidak selalu tempat yang tenang, jauh dari keramaian (namun bukan di kuburan ya…hehehe).

Misalnya kamu ingin menulis puisi tentang pasar. Tempat yang menginspirasi tentu saja adalah pasar, ketika pasar sedang ramai. Dengan melihat lalu lalang orang-orang, kegiatan jual beli, anak-anak yang juga ikut berjualan di pasar, semua itu dapat menginspirasimu untuk menuangkan tulisan yang berbentuk puisi.

Atau saat membuat puisi Bahasa Inggris tentang cinta, carilah tempat romantis yang bisa menginspirasi misalnya tempat pertama kali bertemu pacar. Jadi, carilah tempat menginspirasi yang sesuai dengan tema puisi yang telah kamu tentukan sebelumnya.

 

3. Selalu ada cara jika kamu mencarinya. Ciptakan suasana sesuai dengan tema puisi bahasa Inggris yang kamu pilih.

Menciptakan suasana sesuai tema sesuai dengan puisi

Pengen nulis puisi tentang Yogyakarta, masak harus ke Jogja dulu??? Nggak juga koq. Kamu bisa mengakalinya dengan menciptakan suasana yang menginspirasi.

Misalnya kamu ingin menulis puisi dalam Bahasa Inggris tentang kampung halamanmu di Bali. Namun, kamu nggak bisa bepergian dalam waktu dekat. Apa yang harus dilakukan? Membayangkan saja tentu nggak cukup.

Nah, kamu dapat menyetel musik-musik Bali yang akan membawa pikiranmu melayang ke pulau tersebut. Kamu juga bisa menonton video youtube yang membahas tentang Bali dan budayanya.

Dengan membuat suasana yang sesuai dengan tempat yang hendak kamu tulis, itu akan membantu kata-kata mengalir bagai air. So, ciptakan suasana yang mendukung tema puisi yang kamu ambil.

 

4. Bawa buku sakti yaitu kamus bahasa Inggris untuk menyelamatkanmu dari kegundahan arti sebuah kata.

Membawa Kamus Bahasa Inggris saat menulis puisi dalam bahasa Inggris

Yap, kamu perlu membawa buku sakti ini, kamus bahasa Inggris saat membuat puisi bahasa Inggris. Duh, koq ribet ya??? Bagi kamu yang punya gadget canggih, kamu bisa manfaatkan teknologi dengan instal aplikasi kamus bahasa Inggris di gadgetmu.

Dengan aplikasi itu, kamu nggak perlu repot bawa kamus bahasa Inggris yang tebal dan berat. Semua mudah dengan tejknologi. Tapi ingat, kamu harus membatasi diri bermedia sosial saat fokus menulis puisi. Jangan sampai tergiur buat status, upload foto atau komentar di media sosial. Jika enggak, puisi bahasa Inggrismu hanya tertulis di kepala saja.

Tapi kemampuan bahasa Inggrisku udah OKE, jadi nggak perlu kamus bahasa Inggris. Ah, pasti ada gunanya deh bawa kamus, entah dalam bentuk fisik ataupun digital.

Ada saatnya nanti kamu akan berterimakasih dirimu karena telah membawa kamus bahasa Inggris. Saat kamu membutuhkan arti sebuah kata atau ketika hendak menerjemahkan sebuah kata indah, kamus Bahasa Inggris tersebut akan menjadi penolong dan alat yang ampuh untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu.

 

5. Baca beberapa puisi bahasa Inggris setema karya orang lain. Inspirasi bisa datang dari mana saja.

Membaca karya orang lain memberimu inspirasi saat membuat puisi bahasa Inggris

Duh, nggak ada ide nih mau mulai nulis dari mana…

Di saat kehabisan ide kayak gini, kamu perlu mencoba satu strategi yang dijamin ampuh untuk mengalirkan ide. Ambil gadgetmu dan browsing puisi bahasa Inggris yang sesuai dengan tema yang sudah ditentukan.

Membaca puisi karya orang lain akan mengaktifkan otakmu untuk mencari ide kata-kata yang indah. Dengan membaca karya yang senada dengan temamu akan membuatmu terinspirasi untuk menulis karya sejenis, namun bukan hasil copy paste atau jiplakan. Ingat asal kata “poem” yang berarti “I create” atau Saya Menciptakan.

Jika kamu menjiplak karya orang atau bukan kamu yang menciptakan, kamu telah mengingkari hakikat atau makna dari sebuah puisi atau “poem”. Selain itu, hasil jiplakan tentu saja hanya memberikan beban, bukan kebanggaan, karena kamu harus mempertanggungjawabkannya. Jadi, baca beberapa puisi dalam Bahasa Inggris terkait hanya untuk mencari inspirasi.

 

6. Saat membuat puisi bahasa Inggris, ada baiknya mengadopsi beberapa kata-kata indah dari penulis lain. Tapi jangan salin semuanya ya!

Dengan mengadopsi kata-kata indah kamu semakin punya ide merangkai puisi dalam bahasa Inggris

Untuk kata adopsi, janganlah memaknainya dengan kata copy-paste. Copy-paste artinya kamu menjiplak semua kata yang ada di dalam sebuah puisi Bahasa Inggris. Adopsi di sini berarti mengambil beberapa kata saja (tidak lebih dari 3 kata) yang indah dalam sebuah puisi.

Catatlah kata-kata indah yang kamu temukan dari beberapa puisi dalam bahasa Inggris beserta maknanya. Jika kamu telah membaca lebih dari 10 karya orang lain dan telah mencatat kata-kata yang menurutmu puitis beserta maknanya, nah catatan itu dapat membantumu nanti ketika merangkai kata untuk menghasilkan puisi Bahasa Inggris yang keren.

Dari semua kata yang kamu catat, tentu nggak semua kata bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah puisi bahasa Inggris. Gunakan hanya kata yang sesuai dan kamu pahami betul maknanya, karena dalam Bahasa Inggris banyak kata yang memiliki makna lebih dari satu, tergantung dari konteks kalimatnya.

 

7. Kata-kata yang indah tapi nggak kamu pahami, percuma saja. Ketika membuat puisi bahasa Inggris, gunakan kata-kata yang kamu pahami saja.

Saat membuat puisi bahasa Inggris, kamu hendaknya menggunakan kata-kata yang kamu pahami

Nah, ini dia tips yang selanjutnya, yaitu kamu harus menggunakan kata-kata yang kamu pahami saja. Jika membuat puisi bahasa Inggris adalah tugas sekolah atau tugas kuliah, jangan sekali-sekali “bunuh diri” dengan menggunakan kata-kata nggak kamu pahami.

Hal ini akan membuatmu kelimpungan apabila ditanya makna kata yang kamu gunakan dalam buah karyamu. Menggunakan kata-kata yang kamu pahami akan membuatmu lebih mudah untuk membuat sebuah puisi dalam Bahasa Inggris.

Itu berarti nggak boleh pakai kosakata baru??? Oh, nggak juga. Kamu bebas menggunakan kosakata baru yang telah kamu pahami maknanya. Ingat, asalkan kamu tahu makna kata baru tersebut, kamu bisa menggunakannya.

Saat membaca puisi karya orang lain, tentu ada beberapa kata baru yang kamu pelajari. Nah, kamu bisa menggunakan beberapa kata baru tersebut. Yang penting kamu tahu arti kata baru itu.

Menulis sebuah puisi juga memerlukan kosakata yang cukup, misalnya kata sifat dalam bahasa Inggris. Yuk tambah pengetahuan vocabulary terutama adjective dengan artikel ini: Kata Sifat dalam Bahasa Inggris yaitu Contoh Adjective dari A sampai Z

 

8. Bentangkan imajinasi seluas-luasnya. Bayangkan seolah kamu ada dalam puisi itu.

Bentangkan imajinasimu saat membuat puisi dalam bahasa Inggris

Merangkai kata-kata yang indah dengan bahasa yang padat memerlukan imajinasi yang kuat. Selain karena suasana yang kamu ciptakan sendiri, imajinasimu akan terangsang dari keinginamu yang kuat untuk bisa menciptakan sebuah karya yang sesuai seleramu dan tujuanmu.

Buatlah dirimu relax dan tenang saat membuat puisi bahasa Inggris. Ketenangan dalam diri akan membantu otakmu bekerja lebih baik lagi sehingga ide-ide yang fresh akan bermunculan. So, be calm and keep writing!

 

9. Membayangkan saja ternyata nggak cukup. Jika ingin punya karya, mulailah mencipta.

Jangan tunda lagi, segera mulai membuat puisi bahasa inggris

Ini dia tips yang ketiga dari yang terakhir yaitu mulailah berkarya atau mulailah membuat sebuah puisi Bahasa Inggris. Jika kamu telah melakukan cara-cara di atas namun belum juga berkarya, sangat dipastikan kamu tidak akan berhasil menciptakan sebuah puisi bahasa Inggris.

Setelah selesai membaca tips ini sampai akhir, mulailah menulis. Jangan menunda lagi, mulailah berkarya. Tulis apa saja yang ada di pikiranmu, karena setelah selesai kamu dapat mengedit puisi Bahasa Inggrismu.

Ini yang sering dilakukan pemula: mencari kata-kata terbaik di awal. No! Jangan mencari kata-kata yang indah di awal, karena hal ini hanya akan membuatmu merasa terbebani. Just write the words and edit them at the end!

 

10. Jangan tergiur untuk mengambil peran sebagai orang lain. Jadilah diri sendiri.

Jadilah diri sendiri saat membuat puisi dalam bahasa Inggris

Membaca banyak karya orang lain terkadang membuatmu kehilangan ciri khas. Jangan sampai itu terjadi. Ada berbagai gaya dalam menulis. Janganlah hanya meniru gaya orang lain tapi jadilah diri sendiri ketika merangkai kata-kata menjadi sebuah puisi.

Terkadang ketika kita memilih tema, banyak dari kita yang memilih tema seperti pilihan teman baik kita. Ini bukanlah hal yang pas karena jika tema itu tidak kamu kuasai, kamu akan mengalami kesulitan dalam proses pembuatan puisi Bahasa Inggris.

Pilihlah tema sesuai selera dan menulislah sesuai dengan gaya bahasamu. Be yourself!

 

11. Siapa lagi yang puas dengan karyamu kalau bukan diri sendiri? Jadi, banggalah dengan karyamu setelah membuat puisi bahasa Inggris!

Bangga dengan puisi bahasa Inggris yang telah kamu buat

Jika kamu telah menulis, lalu mengedit karyamu sendiri juga berusaha dengan keras untuk menyelesaikannya, berbanggalah. Jangan merasa minder dengan buah karyamu. Kamu akan semakin ahli dalam menulis puisi jika kamu semakin sering berlatih.

Menyelesaikan sebuah puisi bukan perkara mudah. Banyak orang yang menyerah dan mengeluh dulu sebelum mencobanya. Banyak alasan yang dikemukakan: nggak ngerti bahasa Inggris lah, nggak punya banyak kosakata lah, nggak ada inspirasilah, alasan inilah, alasan itulah.

Nah, kalau kamu sudah selesai membuat satu puisi dalam bahasa Inggris, berbanggalah dengan hasil karyamu. Be confident!

Merasa bosen belajar bahasa Inggris? Ingin belajar bahasa Inggris menjadi kegiatan seru dan fun kayak traveling? Bisa! Baca alasannya dalam artikel ini: Belajar Bahasa Inggris itu Ibarat Traveling : Ini 7 Alasan Unik

***

Membuat puisi Bahasa Inggris adalah sebuah proses. Ibarat traveling atau sebuah perjalanan ke negara impian. Jika kamu nggak mengambil langkah kecil, kapan bisa sampai? Jadi, ambil pena dan berkaryalah. Bentangkan imajinasi dan hasilkan karya yang menginspirasi. Selamat berkreasi!

About Made Ari

Hi, thank you for visiting EnglishCoo! Here, we share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. By the way, I am Made Ari from Bali, Indonesia. See ya…

2 thoughts on “Cara Ampuh Membuat Puisi Bahasa Inggris Keren

    1. Hi, Prida. You are welcome. It’s glad to help you and other people who are learning English. Keep the spirit up!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *