Confusing Words dalam Bahasa Inggris Penting Kamu Tahu

Confusing Words dalam Bahasa Inggris

EnglishCoo – Confusing Words dalam Bahasa Inggris seperti advise vs advice, affect vs effect, than vs then, dll. sangat penting dipelajari agar keterampilan naik tingkat. Ada 17 kosakata sering bikin orang bingung.

Banyak orang tahu sulitnya mengeja kosakata Bahasa Inggris. Beda salah satu huruf saja terkadang sudah mengandung arti jauh berbeda. Bahasa Inggris mempunyai banyak kata terdengar sama tapi pengejaan dan maknanya jauh berbeda. Mereka disebut Confusing Words dalam Bahasa Inggris. Hal ini mengakibatkan banyak orang sering keliru dalam membuat kalimat.

Bagaimana caranya menghindari kesalahan seperti itu? Apakah ada trik-trik tertentu? Apa saja kata-kata membingungkan dalam Bahasa Inggris? Untuk dapat memahami Confusing Words, kamu perlu mengenal mereka. Sering-sering membaca untuk mengembangkan Vocabulary. Semakin sering menemukan Confusing Words dalam sebuah bacaan Bahasa Inggris, kamu semakin mengetahui maknanya.

Berikut 17 pasangan Confusing Words Bahasa Inggris dibahas pada postingan kali ini:

  1. Advice – Advise
  2. Affect – Effect
  3. Than – Then
  4. It’s – Its
  5. Farther – Further
  6. Complement – Compliment
  7. Breath – Breathe
  8. Among – Between
  9. Imply – Infer
  10. Flaunt – Flout
  11. Assure – Ensure
  12. Resign – Re-Sign
  13. Disinterested – Uninterested
  14. Bear – Bare
  15. All Together – Altogether
  16. Break – Brake
  17. Council – Counsel

Selalu lakukan pengecekan kata dalam kamus Bahasa Inggris apabila merasa ragu dengan maknanya. Untuk mengecek, kamu dapat menbuka kamus bahasa Inggris atau membuka internet. Namun hati-hati, tidak semua yang ada di Internet itu benar, jadi pastikan kamu mendapatkan informasi dari website terpecaya ya.

By the way, tulisan ini hasil inspirasi dari seorang penulis lepas (baca tentang penulis di akhir artikel ya) dengan penambahan serta revisi dari EnglishCoo. Jika kamu suka berbagi pengetahuan bahasa Inggris plus ingin dapat honor juga, baca: Yuk Menulis untuk EnglishCoo dan Berpenghasilan Online.

Berikut ini beberapa Confusing Words dalam Bahasa Inggris sering membuat binggung. Check them out!

Confusing Words dalam Bahasa Inggris Advice Advise, Affect Effect, Than Then, It's Its

 

1. Confusing Words dalam Bahasa Inggris: ADVICE dan ADVISE

Sekilas mungkin keduanya terlihat sama, namun, eitss.. perhatikan lagi. Ada satu huruf berbeda yaitu huruf C dan S. Lalu, apa perbedaan keduanya?

Advice adalah Noun alias kata benda (Uncountable), artinya saran. Sedangkan Advise adalah verb alias kata kerja, artinya memberi saran. Kedengarannya tidak jauh beda, tapi penggunaannya dalam kalimat sangatlah berbeda. Yuk simak contoh kalimat menggunakan Confusing Words Advice dan Advise.

  • Advice: Kate gave me a piece of good advice. (Kate memberi saya saran yang bagus.)
  • Advise: Kate advised me to smile more. (Kate memberi saya saran untuk lebih banyak tersenyum.)

 

2. Confusing Words dalam Bahasa Inggris: AFFECT dan EFFECT

Apakah kamu menyadari perbedaan kedua kata ini? Lumayan jelas ya karena bedanya terdapat pada huruf pertama, A dan E. Affect adalah verb alias kata kerja, artinya mempengaruhi. Sedangkan Effect adalah noun alias kata benda (Countable & Uncountable), artinya pengaruh. Yuk simak penggunaan Confusing Words Affect dan Effect dalam contoh kalimat.

  • Affect: Sunlight affects plant growth. (Artinya: Sinar matahari mempengaruhi pertumbuhan tanaman.)
  • Effect: Sunlight has major effect on plant growth. (Artinya: Sinar matahari mempunyai pengaruh besar terhadap pertumbuhan tanaman.)

Jika kamu mengalami kesulitan membedakan kedua Confusing Words ini, ada tips nih untukmu. Ganti Affect dan Effect dengan kata Impact. Impact dapat berarti pengaruh maupun mempengaruhi. Berikut contoh penggunaan kata Impact.

Mengganti kata Effect: Sunlight impacts plant growth.
Mengganti kata Affect: Sunlight has major impact on plant growth.

 

3. Confusing Words dalam Bahasa Inggris: THAN dan THEN

Kedua kata di atas cukup populer dan sering digunakan dalam percakapan Bahasa Inggris sehari-hari. Jika kamu memahami keduanya, level Bahasa Inggris bisa naik tingkat nih.

Kita bahas kata Than dulu ya. Than memiliki arti daripada. Kata ini digunakan untuk membandingkan satu hal dengan hal lain (Comparative Degree). Sedangkan kata ‘then’ memiliki arti lalu, kemudian, selanjutnya. Kata ini digunakan untuk mengindikasikan waktu atau kegiatan selanjutnya. Perhatikan contoh kalimatnya.

  • Than: Jessika is taller than Ratna. (Jessika lebih tinggi daripada Ratna.)
  • Then: I took a bath, and then went out of my house. (Saya mandi, lalu keluar rumah)

 

4. Confusing Words: IT’S dan ITS

Bisakah kamu melihat perbedaan dua kosakata di atas? Ada tidaknya koma atas atau Apostrophe. Perbedaan kedua Confusing Words Bahasa Inggris tidak hanya pada koma atas (Apostrophe) saja, namun juga pada makna katanya.

It’s merupakan singkatan dari It is, artinya itu adalah. Berbeda dengan kata Its memiliki makna kepunyaan atau kepemilikan sehingga Its merupakan salah satu Possesive Pronouns. Possesive Pronoun adalah kata yang menunjukan kepunyaan atau kepemilikan dan diikuti oleh kata benda. Contoh kalimat berikut dapat memberi gambaran.

  • It’s: No need to thank me, it’s my job. (Tidak perlu berterima kasih, itu adalah tugas saya.)
  • Its: We have a guard dog. Its job is to protect us. (Kami memiliki anjing penjaga. Tugasnya adalah untuk melindungi kita.)

Ingin meningkatkan keterampilan Bahasa Inggris? Pilih dan pelajari materi-materi tentang Pronoun berikut.

Confusing Words dalam Bahasa Inggris Farther Further, Complement Compliment, Breath Breathe, Among Between

 

5. Confusing Words: FARTHER dan FURTHER

Pasangan kata ini sangat sulit dibedakan. Mengapa? Karena bukan hanya pengejaanya saja hampir sama, maknanya juga hampir sama. Kedua Confusing Words dalam Bahasa Inggris ini sama-sama menunjukkan jarak. Keduanya sama-sama berarti lebih jauh.

Perbedaannya, kata Farther menunjukkan jarak lebih jauh secara fisik, sedangkan kata Further menunjukkan jarak lebih jauh secara abstrak. Bingung? Contoh kalimat dibawah ini akan membantumu mengerti lebih baik.

  • Farther: He lives farther from the city now. (Sekarang ia tinggal lebih jauh dari kota.)
  • Further: He is further from finishing his work. (Dia masih jauh belum menyelesaikan tugasnya.)

 

6. Confusing Words: COMPLEMENT dan COMPLIMENT

Pernahkah kamu mendengar kedua kosakata ini? Atau mungkin pernah menggunakannnya dalam kalimat? Kedua Confusing Words Bahasa Inggris di atas memiliki makna positif, namun arti berbeda.

Complement berarti melengkapi. Biasanya digunakan untuk mendeskripsikan kombinasi yang cocok antara dua benda. Sedangkan, Compliment berarti pujian. Gunakan kata Compliment apabila ada kesan positif terhadap suatu hal atau seseorang. Perhatikan penggunaannya pada contoh kalimat di bawah ini.

  • Complement: The green shoes complement the red hat. (Sepatu hijau melengkapi topi merah itu.)
  • Compliment: The fashion designer received many compliments on his winter collection. (Perancang busana itu menerima banyak pujian atas koleksi pakaian musim dinginnya.)

 

7. Confusing Words: BREATH dan BREATHE

Apa bedanya Breath dan Breathe? Yang mana termasuk kata benda dan mana kata kerja? Nah, kamu akan segera mengetahua perbedaan kedua Confusing Words dalam Bahasa Inggris ini.

Breath adalah noun alias kata benda, berarti napas. Sedangkan Breathe merupakan verb alias kata kerja, berarti bernapas. Penggunaaan kedua kosakata tersebut dalam Bahasa Inggris perlu diperhatikan.

  • Breath: Take a deep breath. (Ambil napas dalam-dalam.)
  • Breathe: He is told to breathe deeply. (Dia diminta untuk bernapas dalam-dalam.)

Ingin memperbanyak perbendaharaan kosakata kata benda Bahasa Inggris? Yuk baca artikel-artikel berikut.

 

8. Confusing Words dalam Bahasa Inggris: AMONG dan BETWEEN

Walaupun kata-kata ini jelas tampak berbeda, namun masih banyak orang sulit membedakan arti keduanya. Apalagi dalam Bahasa Indonesia keduanya memiliki arti yang sama, yaitu di antara. Trus, di mana ya letak perbedaanya?

Kata Among lebih condong akan makna di sekitar. Jadi, Among menunjukkan posisi berada di sekitar sesuatu atau beberapa hal. Sedangkan Between menunjukkan posisi hanya diapit oleh dua hal atau benda. Tidak usah binggung, sebenarnya ini tak sulit dimengerti koq. Perhatikan saja kalimat di bawah ini.

  • Among: There is a small house among tall buildings. (Ada satu rumah kecil di antara bangunan-bangunan tinggi.)
  • Between: Her house is between a bank and a supermarket. (Rumahnya berada di antara bank dan supermarket.)

Confusing Words dalam Bahasa Inggris Imply Infer, Flaunt Flout, Assure Ensure, Resign Re-sign

 

9. Confusing Words dalam Bahasa Inggris: IMPLY dan INFER

Pernahkah kamu menggunakan kata Imply dan Infer? Imply dan Infer adalah lawan kata. Pembicara melakukan aksi “imply” sedangkan pendengar melakukan aksi “infer”. Trus apa artinya Imply dan Infer?

Imply artinya mengatakan atau menyampaikan sesuatu secara implisit atau tidak langsung. Pelaku “imply” adalah orang yang berbicara alias speaker. Sedangkan Infer artinya mengambil kesimpulan dari apa yang telah didengar. Pelaku “infer” adalah orang yang mendengarkan alias listener.

  • Imply: John implied that it wasn’t his fault. (John menyiratkan bahwa itu bukan salahnya.)
  • Infer: His girlfriend inferred that he lied. (Pacarnya menyimpulkan bahwa ia berbohong.)

Ingin memperbanyak perbendaharaan kosakata Bahasa Inggris seperti kata kerja, sifat dan keterangan? Yuk baca artikel-artikel berikut.

 

10. Confusing Words dalam Bahasa Inggris: FLAUNT dan FLOUT

Kali ini Confusing Words dibahas bermakna negatif yaitu memamerkan dan mengejek. Apakah kamu pernah melakukan salah satunya? Atau mungkin ingat seseorang suka pamer atau mengejek? Kata apa berarti memamerkan dan kata apa berarti mengejek?

Kata Flaunt memiliki arti pamer atau memamerkan. Sedangkan Flout berarti menghina atau mencemooh. Yuk simak penggunaan Confusing Words Flaunt dan Flout dalam kalimat Bahasa Inggris berikut.

  • Flaunt: Charles flaunted his new high-tech computer. (Charles memamerkan komputer baru berteknologi tinggi.)
  • Flout: How dare you to flout at my sister? (Beraninya kau mencemooh adikku?)<

 

11. Confusing Words: ASSURE dan ENSURE

Coba ucapkan Confusing Words dalam Bahasa Inggris di atas. Kedengerannya mirip, bukan? Kata Assure dan Ensure sama-sama memiliki arti memastikan atau menjamin dalam Bahasa Indonesia. Oleh karena itu, banyak orang Indonesia binggung dan salah menggunakan kedua kata ini. Apakah perbedaannya?

Assure memiliki makna memastikan atau meyakinkan seseorang sehingga ia tidak ragu lagi. Sedangkan Ensure berarti memastikan atau menjamin bahwa sesuatu akan atau tidak akan terjadi. Perbedaan ini bisa tampak dari contoh kalimat berikut.

  • Assure: The students assured the teacher that they wouldn’t be noisy. (Murid-murid memastikan kepada guru bahwa mereka tidak akan rebut.)
  • Ensure: The class leader took action to ensure that the students wouldn’t be noisy. (Ketua kelas mengambil tindakan untuk menjamin murid-murid tidak akan rebut.)

 

12. Confusing Words: RESIGN dan RE-SIGN

Apakah kamu bisa melihat perbedaan sangat kecil dari kedua Confusing Words tersebut? Yes, pengejaannya sama, hanya memiliki perbedaan pada tanda hubung (hyphen) saja. Karena perbedaan sekecil itu, mereka memiliki makna berlawanan satu sama lain.

Resign memiliki arti mengundurkan diri. Kata ini berarti bahwa kamu sudah tidak puas atau tidak menyukai pekerjaanmu, sehingga memutuskan untuk keluar dari tempat kamu bekerja. Sedangkan Re-sign bermakna menandatangani ulang. Kata ini berarti bahwa kamu merasa senang akan pekerjaanmu dan tetap ingin bekerja sehingga kamu menandatangani ulang kontrak kerja.

  • Resign: He resigned because he moved to another city. (Dia mengundurkan diri karena pindah ke kota lain.)
  • Re-sign: Judy loves his job, so he re-signs for another year. (Judy menyukai pekerjaannya, jadi ia tanda tangan ulang untuk tahun berikutnya.)

Ingin meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris? Salah satu caranya dengan mempelajari materi-materi berikut:

Confusing Words Bahasa Inggris Disinterested Uninterested, Bear Bare, All Together Altogether, Break Brake, Council Counsel

 

13. Confusing Words Bahasa Inggris: DISINTERESTED dan UNINTERESTED

Banyak orang engira bahwa kedua Confusing Words dalam Bahasa Inggris ini memiliki arti sama. Padahal sebenarnya mereka memiliki arti yang jauh berbeda. Disinterested berarti tidak memihak atau tidak ada kecondongan terhadap suatu pihak. Sedangkan Uninterested berarti tidak tertarik, bosan atau tidak ada keinginan untuk memperhatikan sesuatu.

  • Disinterested: A mediator must be disinterested and fair. (Seorang mediator haruslah tidak memihak dan bersikap adil.)
  • Uninterested: The game wasn’t fun, the kids looked uninterested. (Permainan tersebut tidak menyenangkan, anak-anak tampaknya tak tertarik.)

 

14. Confusing Words dalam Bahasa Inggris: BEAR dan BARE

Kata Bear memiliki dua arti, satu sebagai noun (kata benda) dan satu lagi sebagai verb (kata kerja). Bear sebagai kata benda berarti hewan beruang, sedangkan sebagai kata kerja berarti menanggung, betah, melahirkan. Jangan samakan dengan kata Bare yang memiliki arti telanjang atau tidak tertutup. Bare dapat menjadi adjective (kata sifat) maupun verb (kata kerja).

  • Bear: I can’t bear this teacher, he’s really boring. (Saya tidak tahan dengan guru ini, dia sangat membosankan.)
  • Bare: His feet hurt because he just walked barefoot outside. (Kakinya sakit karena dia baru saja berjalan tanpa alas kaki keluar.)

 

15. Confusing Words: ALL TOGETHER dan ALTOGETHER

Perbedaan kedua Confusing Words Bahasa Inggris ini kecil sekali, namun cukup signifikan. Kata All Together memiliki makna bersama serempak atau semua anggota dalam sebuah kelompok. Tidak sama dengan arti kata Altogether yaitu sama sekali, benar-benar, seluruhnya. Untuk lebih mengerti perbedaan kedua kata tersebut, yuk perhatikan contoh kalimat di bawah:

  • All together: Put your books all together in this shelve. (Letakkan semua buku Anda di rak ini.)
  • Altogether: He’s married twice and has 5 children altogether. (Dia telah menikah dua kali dan memiliki lima anak secara keseluruhan.)

 

16. Confusing Words: BREAK dan BRAKE

Kedua kata memiliki huruf-huruf sama persis, tapi penyusunannya berbeda dan tentu saja maknanya juga berbeda. Kata Break mungkin sudah cukup familiar di telinga kita. Bagaimana dengan Brake? Apakah kamu sudah mengetahui perbedaan antara Break dan Brake?

EnglishCoo akan membahasnya untukmu nih. Jadi, kata Break memiliki arti memecahkan/merusak atau bisa juga rehat atau istirahat. Sangat berbeda dengan kata Brake memiliki arti rem/mengerem. Walaupun sekilas kedua kata ini terlihat mirip, ternyata arti mereka sangat berbeda. Untuk pemahaman lebih lanjut, mari baca perbedaan penggunaan Break dan Brake dalam contoh kalimat Bahasa Inggris.

  • Break: Let’s take a break. (Ayo istirahat.)
  • Brake: The car couldn’t stop because the brake was broken. (Mobil itu tidak bisa berhenti karena remnya rusak.)

Ingin bisa membuat puisi, dialog atau contoh descriptive text dalam Bahasa Inggris? Yuk simak materi berikut:

17. Confusing Words: COUNCIL dan COUNSELPerbedaan kedua Confusing Words dalam Bahasa Inggris ini tidak banyak diketahui orang. Namun sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang mudah dipahami.

Kata Counsel memiliki arti saran / memberi saran / konsultasi. Jadi kata ini dapat dijadikan kata benda (Noun) maupun kata kerja (Verb). Nah, kalau Counsel artinya saran, sedangkan Council artinya orang yang memberi saran atau lebih tepatnya Dewan. Sudah jelas sekali kan perbedaannya? Tapi, tidak lengkap rasanya jika tidak ada contoh kalimat untuk kedua Confusing Words ini.

  • Council: The country council bans smoking on public areas. (Dewan negara melarang tindakan merokok di tempat-tempat umum.)
  • Counsel: He didn’t listen to his father’s wise counsel. (Dia tidak mendengarkan nasihat bijak ayahnya.)

***

Mempelajari semua hal ini memang sangat membingungkan bukan? Tapi jangan khawatir, bukan kamu saja yang merasakan hal ini. Banyak orang merasa sulit mempelajarinya juga, jadi kamu tidak perlu malu jika membuat kesalahan. Bahkan, banyak Native Speakers masih kebingungan mengenai Confusing Words lho!

Kamu tidak perlu berpikir terlalu banyak mengenai Confusing Words dalam Bahasa Inggris saat sedang Speaking. Tak semua orang akan memperhatikan kesalahanmu sebab Pronunciation (cara pengucapan) kebanyakan kata hampir sama. Namun, kamu perlu hati-hati saat menulis alias Writing. Kesalahanmu dapat dideteksi dengan mudah apabila berbeda ejaan atau Spelling. Pastikan kamu menggunakan Vocabulary yang benar. Jika masih ragu, sempatkan mengecek ejaan beserta artinya dalam kamus Bahasa Inggris online ya!

Sekilas tentang Penulis: FANNY LIEYANTI
Seorang pecinta Bahasa Inggris yang belajar secara otodidak, sangat bersyukur telah mendapat banyak prestasi dan juga selalu mendapat dukungan dari orang-orang terdekat untuk selalu menekuni passion. Telah menjadi pengajar selama bertahun-tahun dan berharap dapat selalu membagi ilmu. Get in touch with me on Fannylieyanti@gmail.com untuk sharing mengenai Bahasa Inggris!

About Deari

I am a blogger who like to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.