Contoh Conjunction (Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris)

Contoh Conjunction Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris

EnglishCoo – Contoh Conjunction atau Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris adalah for, and, nor, but, or, yet, so, although, because, since, unless, as, if, so, while, when, either-or, neither-nor, whether-or, both-and, not only-but also. Ada juga contoh kalimat menggunakan kata sambung dalam bahasa Inggris beserta artinya.

Apakah kamu pernah mendengar istilah Conjunction sebelumnya? Apa itu Conjunction? Apa saja jenis-jenis dan Contoh Conjunction dalam bahasa Inggris? Bagaimana menggunakan Conjunction dalam kalimat?

Conjunction adalah kata penghubung atau kata sambung dalam bahasa Inggris. Jika kamu sedang mencari contoh conjuction, kamu sedang membaca artikel yang tepat. Di sini kita akan membahas tentang kata penghubung atau kata sambung yang disebut Conjunction.

Di postingan ini ada 6 subpoin yaitu sebagai berikut:

  1. Apa itu Conjunction
  2. Jenis-jenis dan Contoh Conjunction
  3. Contoh COORDINATING Conjunction: for, and, nor, but, or, yet, so
  4. Contoh SUBORDINATING Conjunction: although, because, since, after, before, unless, as, if, as if, so, so that, while, when, where, how
  5. Contoh CORRELATIVE Conjunction: either-or, neither-nor, whether-or, both-and, not only-but also
  6. Latihan Soal tentang Contoh Conjunction

Sebelum membaca contoh penghubung (conjunction), yuk pahami dulu apa itu kata penghubung dalam bahasa Inggris. Let’s get started!

1. Apa itu Conjunction

Conjunction adalah konjungsi, kata penghubung, atau kata sambung dalam bahasa Inggris. Conjunction, disebut juga Linking Words, digunakan untuk menghubungkan antar kata (Words), antar frase (Phrases), dan antar klausa (Clauses) dalam sebuah kalimat.

Perhatikan contoh conjunction yang digunakan dalam kalimat berikut.

  1. Claudia likes apples and oranges. (Claudia suka apel dan jeruk.)
  2. I went home because I had to study. (Aku pulang karena aku harus belajar.)
  3. The food was very expensive but not so nice. (Makanan itu sangat mahal tapi tidak terlalu enak.)

Perhatikan kata-kata yang digarisbawahi dalam contoh kalimat di atas. Ada kata and, because, dan although. Mereka adalah contoh conjunction yang berfungsi untuk menghubungkan kata, frase, atau klausa dalam sebuah kalimat.

Yap, materi bahasa Inggris ada buanyaaakk banget. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat membuat contoh kalimat bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Rahasianya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

Perhatikan kembali tiga kalimat di atas. Bagaimanakah mereka menghubungkan kata, frase, dan klausa? Baca dengan baik penjelasan berikut yuk!

  • Conjunction “and” pada kalimat 1 “Claudia likes apples and oranges” menghubungkan antara kata “apples” dan “oranges”.
  • Conjunction “because” pada kalimat 2 “I went home because I had to study” menghubungkan antara klausa “I went home” dan klausa “I had to study”.
  • Conjunction “but” pada kalimat 3 “The food was very expensive but not so nice” menghubungkan antara frase “very expensive” dan frase “not so nice”.

Dari ketiga kalimat di atas, kamu dapat melihat kata penghubung (conjunction) yang menghubungkan antar kata (word-word), antar frase (phrase-phrase), dan antar klausa (clause-clause).

Apakah kamu sudah paham apa itu Conjunction? Supaya semakin paham, berikut ini definisi Conjunction dikutip dari salah satu kamus bahasa Inggris online yaitu Cambridge Dictionary:

A Conjunction is a word such as ‘and’, ‘but’, ‘while’, or ‘although’ that connects words, phrases, and clauses in a sentence.

Artinya: Conjunction adalah kata seperti ‘and’, ‘but’, ‘while’, atau ‘although’ yang menghubungkan kata, frase, dan klausa dalam sebuah kalimat.

2. Jenis-jenis dan Contoh Conjunction

Setelah tahu apa itu Conjunction, saatnya kita memperluas pengetahuan tentang jenis-jenis dan contoh conjunction. Berikut tiga jenis Conjunction alias penghubung dalam bahasa Inggris.

  1. Coordinating Conjunctions: for, and, nor, but, or, yet, so
  2. Subordinating Conjunctions: although, because, since, after, before, unless, as, if, as if, so, so that, while, when, where, how
  3. Correlative Conjunctions: either-or, neither-nor, whether-or, both-and, not only-but also

Pada saat membahas tentang pengertian Conjunction, sudah diberikan contoh kalimat menggunakan kata penghubung and, because, dan but. Contoh Conjunction apa saja yang pernah kamu gunakan saat membuat kalimat bahasa Inggris?

Yuk kita pelajari lebih lanjut ketiga jenis penghubung atau kata sambung tersebut lengkap dengan contoh kalimat dalam bahasa Inggris beserta artinya.

3. Contoh Conjunction: COORDINATING (for, and, nor, but, or, yet, so)

contoh conjunction coordinating for and nor but or yet so


Coordinating Conjunctions adalah jenis kata sambung yang menghubungkan dua kata, dua frase, atau dua klausa yang setingkat / setara. Yang dimaksud setingkat adalah kata, frase, atau klausa yang dihubungkan itu memiliki jenis yang sama.

Contoh Coordinating Conjunction adalah for, and, nor, but, or, yet, so. Banyak yang mengingat conjunction ini dengan akronim FANBOYS (for, and, nor, but, or, yet, so).

Apakah kamu pernah menggunakan contoh conjunction dengan jenis Coordinating ini? Seperti apa ya contoh kalimat menggunakan Coordinating Conjunction? Yuk simak penggunaannya dalam contoh kalimat berikut.

  • For artinya: karena (menunjukkan sebab atau alasan, seperti because)
    Igor didn’t come, for he looked after his little sisters. (Dia tidak datang, karena dia menjaga adik-adiknya.)
  • And artinya: dan (menambahkan satu hal)
    They stayed at home and watched TV. (Mereka tinggal di rumah dan menonton TV.)
  • Nor artinya: tidak juga (menyatakan hal negatif, yang didahului klausa negatif)
    I don’t like swimming, nor do I enjoy fishing. (Saya tidak suka berenang, juga tidak suka memancing.)
  • But artinya: tetapi, namun (menunjukkan hal yang kontras)
    I like milk, but my sister prefers coffee. (Aku suka susu, tetapi kakakku lebih suka kopi.)
  • Or artinya: atau (menunjukkan pilihan)
    Which color do you want? Red or green? (Warna apa yang kamu inginkan? Merah atau hijau?)
  • Yet artinya: tetapi, namun (menunjukkan hal yang kontras, maknanya lebih kuat daripada but)
    I wanted to sleep early, yet there was a lot of noise. (Aku ingin tidur lebih awal namun ada banyak suara berisik.)
  • So artinya jadi, oleh sebab itu (menunjukkan akibat, efek, dampak atau konsekuensi)
    She forgot to bring her wallet, so she borrowed my money. (Ia lupa membawa dompetnya, jadi ia meminjam uangku.)

Selain menambah kosakata penghubung dalam bahasa Inggris (conjunction), tamnbah juga kosakata lainnya dalam materi berikut.

4. Contoh Conjunction: SUBORDINATING (although, because, since, after, before, unless, as, if, as if, so, so that, while, when, where, how)

contoh conjunction subordinating although because since after before unless as if so that while when where how
Subordinating Conjunctions adalah jenis kata sambung yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa. Yap, jenis conjunction ini digunakan untuk menghubungkan dua klausa yaitu Independent Clause dan Dependent Clause. Apakah kamu pernah mendengar kedua klausa tersebut?

Sebelum lanjut membaca contoh conjunction, kita pahami dulu bedanya Independent Clause dan Dependent Clause ya.

Independent Clause vs Dependent Clause
Independent artinya bebas, merdeka, sendiri, berdikari. Klausa yang bisa berdiri sendiri disebut Independent Clause atau Main Clause. Apabila sendiri, klausa ini dapat menjadi kalimat utuh dan bermakna.

Dependent artinya bergantung, tidak bisa berdiri sendiri. Klausa yang tidak bisa berdiri sendiri disebut Dependent Clause atau Subordinate Clause. Apabila sendiri, klausa ini tidak dapat menjadi kalimat. Dependent Clause biasanya diawali kata penghubung alias Subordinating Conjunction.

Perhatikan Contoh Kalimat berikut:
When she was calling me, I was on my way home. (Ketika ia meneleponku, aku dalam perjalanan pulang.)

Pada kalimat tersebut, terdapat dua klausa. Klausa pertama adalah “When she was calling me” termasuk Dependent Clause, artinya klausa ini tidak dapat berdiri sendiri sebagai kalimat dan diawali Subordinating Conjunction “when”. Klausa kedua adalah “I was on my way home” termasuk Independent Clause, artinya klausa ini dapat berdiri sendiri sebagai kalimat.

Contoh Subordinating Conjunction adalah although, because, since, after, before, unless, as, if, as if, so, so that, while, when, where, how, etc.

Apakah kamu pernah menggunakan contoh kata sambung (conjunction) tersebut? Kata penghubung apa yang pernah kamu gunakan untuk membuat kalimat dalam bahasa Inggris?

Banyak peluang emas tak dapat diambil jika kemampuan bahasa Inggris kurang baik. Manfaatkan waktu yang kamu miliki untuk upgrade diri menguasai bahasa Inggris. Dengan ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir, kamu tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang! Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena melewatkan kesempatan untuk menguasai bahasa Inggris.

Berikut ini adalah contoh conjunction yang digunakan dalam kalimat bahasa Inggris beserta artinya. Yuk simak!

  • Although artinya: walaupun, meskipun (menunjukkan pertentangan atau hal yang kontras)
    Although the story was weird, I enjoyed the movie. (Walapun ceritanya aneh, aku menikmati film itu.)
  • Because artinya karena, sebab (menunjukkan alasan)
    I slept early because I was tired. (Aku tidur lebih awal karena aku lelah.)
  • Since artinya: sejak, semenjak (menunjukkan waktu dimulainya sesuatu)
    Since he moved here, he hasn’t met his parents. (Sejak ia pindah ke sini, ia belum bertemu orang tuanya.)
  • Since artinya: karena, sebab (menunjukkan alasan)
    You may not play outside since you haven’t done the homework. (Kamu tidak boleh bermain di luar karena kamu belum menyelesaikan PR.)
  • Before artinya: sebelum (lebih awal dari waktu atau peristiwa yang disebutkan)
    Before she left, we gave her a gift. (Sebelum ia pergi, kami memberinya hadiah.)
  • After artinya: setelah, sesudah (lebih lambat dari waktu atau peristiwa yang disebutkan)
    Please call me after you arrive home. (Tolong hubungi aku setelah kamu sampai di rumah.)
  • Unless artinya: kecuali jika (menyatakan hal yang akan atau tidak akan terjadi jika sesuatu yang lain terjadi)
    She will not buy a new smartphone unless the old one is broken. (Ia tidak akan membeli hp baru kecuali jika hp yang lama rusak.)
  • As artinya: seperti, sebagaimana (menunjukkan sesuatu telah disebutkan atau diketahui)
    As you know, she lives nextdoor. (Seperti yang kamu tahu, ia tinggal di sebelah.)
  • As artinya: karena, sebab (menunjukkan alasan)
    As she lives nextdoor, I see her quite often. (Karena ia tinggal di sebelah, aku cukup sering melihatnya.)
  • As artinya: ketika, saat, waktu (menunjukkan waktu terjadinya suatu hal saat hal lain terjadi)
    Your parents looked so proud as you were on stage. (Orang tuamu terlihat sangat bangga ketika kamu berada di atas panggung.)
  • If artinya: jika (menunjukkan pengandaian, satu hal terjadi jika hal lain terjadi)
    If you meet Dewi, please give her this letter. (Jika kamu bertemu Dewi, tolong berikan padanya surat ini.)
  • As if artinya: seolah-olah (menunjukkan pengandaian)
    Nona talks as if she knew everything. (Nona berbicara seolah-olah ia tahu semuanya.)
  • So that artinya: agar, supaya (menunjukkan alasan dilakukan sesuatu)
    Close the window so that the wind won’t enter the room. (Tutup pintunya agar debu tidak masuk ke kamar.)
  • When artinya: ketika, saat, waktu (menunjukkan waktu terjadinya suatu hal saat hal lain terjadi)
    When we were kids, we fought a lot. (Ketika kami masih anak-anak, kami banyak bertengkar.)
  • While artinya: ketika/saat (menunjukkan waktu terjadinya suatu hal, seperti kata when)
    I went to Lawang Sewu while I was in Semarang. (Aku pergi ke Lawang Sewu ketika aku di Semarang.)
  • While artinya: sementara, sedangkan (menunjukkan perbedaan antara dua hal)
    The kids were playing outside while the parents were talking inside. (Anak-anak bermain di luar sementara orangtua berbicara di dalam.)
  • Where artinya: di mana (menunjukkan tempat atau lokasi)
    She put the money where nobody could find it. (Dia menaruh uang itu di mana tak ada yang bisa menemukannya.)
  • How artinya: bagaimana (menunjukkan cara sesuatu dilakukan)
    He didn’t tell us how the machine worked. (Ia tidak memberitahu kami bagaimana mesin itu bekerja.)

Itulah Contoh Subordinating Conjunction yang digunakan untuk membuat contoh kalimat beserta artinya. Cobalah membuat contoh kalimat sendiri menggunakan kata sambung dalam bahasa Inggris ya. Selanjutnya kita simak jenis kata penghubung berikutnya yaitu Correlative.

Selain belajar tentang conjunction, kamu juga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris dengan mempelajari materi-materi berikut. Pilih materi yang ingin dipelajari.

5. Contoh Conjunction CORRELATIVE (either-or, neither-nor, whether-or, both-and, not only-but also)

contoh conjunction correlative either or neither nor whether or both and not only but also
Correlative Conjunctions adalah kata sambung berpasangan yang digunakan untuk menghubungkan dua kata, frase, atau klausa. Kata, frase, atau klausa ini harus sejajar, setingkat, atau setara, misalnya: kata benda dengan kata benda, frase dengan frase, atau klausa dengan klausa.

Yap, Contoh Correlative Conjunction adalah either-or, neither-nor, whether-or, both-and, not only-but also. Berikut ini penjelasan masing-masing contoh penghubung beserta contoh kalimat dan artinya. Yuk simak!

  • either – or artinya: antara … atau … (menyatakan dua pilihan dan memilih salah satunya)
    You can live either with your mother or with your father. (Kamu bisa tinggal bersama ibumu atau ayahmu.)
  • neither – nor artinya: baik… maupun… tidak… (menyatakan dua hal negatif atau tidak keduanya)
    Neither Dede nor his sister came to the party yesterday. (Baik Dede maupun suadarinya tidak datang ke pesta kemarin.)
  • whether – or artinya: apakah/entah… atau … (menyatakan dua opsi dalam satu klausa)
    Whether I succeed or fail, I have to try it. (Apakah aku berhasil atau gagal, aku harus mencobanya.)
  • both – and artinya: keduanya … dan … (menyatakan dua hal sekaligus)
    Both Lisa and Tanti are my best friends. (Lisa dan Tanti adalah teman terbaikku.)
  • not only – but also artinya: tak hanya … tetapi juga (menyatakan dua hal sekaligus dan menekankan pada hal yang kedua)
    My little sister can type a long text not only quickly but also correctly. (Adikku dapat mengetik teks panjang tidak hanya dengan cepat tetapi juga dengan benar.)

Contoh kata penghubung mana yang pernah kamu gunakan sebelumnya? Untuk contoh correlative conjunction, jangan lupa menggunakan kata, frase, atau klausa yang setara.

Tingkatkan keterampilan berbahasa Inggris dengan mempelajari materi-materi berikut:

6. Latihan Soal tentang Contoh Conjunction

Setelah belajar tentang pengertian conjunction, contoh conjunction serta penggunaan penghubung dalam kalimat, saatnya kita berlatih nih. Pilih penghubung dalam bahasa Inggris yang tepat untuk melengkapi kalimat.

  1. The dress is beautiful, … (but / when) it is too expensive.
  2. Which fruit do you like, a mango … (nor / or) an apple?
  3. … (yet / although) it rained a lot, we enjoyed our holiday.
  4. … (if / as if) Daniel had much money, he wouldn’t work here.
  5. Mona accepted the job … (unless / because) the salary was very high.
  6. She didn’t come to the party, … (for / how) she went to visit her grandmother.
  7. Sit in the front line … (so that / even though) you can see the writing more clearly.
  8. I don’t have a red dress, … (after / so) I am wearing a green one.
  9. You won’t pass the exam … (since / unless) you study very hard.
  10. I haven’t met her … (but / since) I came back from holiday.
  11. I’m not sure … (both / whether) she is from Spain or Italy.
  12. She loves … (both / not only) ice cream and chocolate.
  13. She is … (not only / neither) hungry but also sleepy.

Setelah menjawab pertanyaan di atas, saatnya mengecek jawabanmu dengan kunci jawaban yang telah tersedia berikut.

Supaya bisa merangkai kata-kata menjadi kalimat, kamu perlu belajar tentang kata, frase, klausa, dan kemudian kalimat. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat membuat contoh kalimat bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Caranya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

KUNCI JAWABAN

  1. The dress is beautiful, but it is too expensive. (Gaun itu cantik, tetapi terlalu mahal.)
  2. Which fruit do you like, a mango or an apple? (Buah mana yang kamu suka, mangga atau apel?)
  3. Although it rained a lot, we enjoyed our holiday. (Meskipun hujan deras, kami menikmati liburan kami.)
  4. If Daniel had much money, he wouldn’t work here. (Jika Daniel punya banyak uang, dia tidak akan bekerja di sini.)
  5. Mona accepted the job because the salary was very high. (Mona menerima pekerjaan itu karena gajinya sangat tinggi.)
  6. She didn’t come to the party, for she went to visit her grandmother. (Dia tidak datang ke pesta, karena dia pergi mengunjungi neneknya.)
  7. Sit in the front line so that you can see the writing more clearly. (Duduklah di garis depan agar tulisan lebih jelas terlihat.)
  8. I don’t have a red dress, so I am wearing a green one. (Aku tak punya baju merah, jadi aku memakai baju hijau.)
  9. You won’t pass the exam unless you study very hard. (Kamu tidak akan lulus ujian kecuali jika kamu belajar dengan giat.)
  10. I haven’t met her since I came back from holiday. (Aku belum bertemu dengannya sejak kembali dari liburan.)
  11. I’m not sure whether she is from Spain or Italy. (Saya tidak yakin apakah dia berasal dari Spanyol atau Italia.)
  12. She loves both ice cream and chocolate. (Dia menyukai es krim dan cokelat.)
  13. She is not only hungry but also sleepy. (Dia tidak hanya lapar tapi juga mengantuk.)

Jangan lewatkan materi-materi berikut untuk meningkatkan pengetahuan bahasa Inggris.

***

Contoh Conjunction ada banyak sesuai dengan jenisnya yaitu Coordinating, Subordinating, dan Correlative. Semua jenis kata penghubung atau kata sambung dalam bahasa Inggris ini tak bisa dihapal dalam semalam saja. Gunakan dalam keseharian, lama-lama pasti ingat deh!

Jangan lupa tetap berlatih ya. The more you practice English, the more you master it. Let’s learn English with EnglishCoo. English is easy!

Website: www.englishcoo.com
Facebook: englishcoocom
Instagram: englishcoocom
Youtube: EnglishCoo

belajar bahasa inggris untuk pemula

About Deari

Hello everyone. Welcome to EnglishCoo. I'm Made Ari Yuliati, call me Deari. I'm the founder of EnglishCoo and very happy to share English with you. My personal IG is Deari_You. By the way, I have written an ebook, "A Great Start to Master English: Panduan Belajar Bahasa Inggris Level Pemula hingga Mahir". If you want to improve your English skills but don't know where to start, I highly recommend this ebook to you. Please check this link: EnglishCoo Ebook A Great Start to Master English. Feel free to contact me via Whatsapp 081938311314 when you have any questions about the ebook. Let's learn with EnglishCoo. English is Easy!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *