Contoh Kalimat Conjunction dan Artinya Menggunakan Kata Sambung Populer

EnglishCoo – Contoh Kalimat Conjunction dan artinya menggunakan kata penghubung dalam bahasa Inggris. Ada banyak kalimat menggunakan beberapa jenis Conjunction: Coordinating, Subordinating, Correlative, Adverbial.

Contoh kata sambung (Conjunction) paling sering digunakan dalam bahasa Inggris adalah for, and, nor, but, or, yet, so, although, because, since, after, before, unless, as, if, dan masih banyak lagi.

Apakah kamu pernah membuat contoh kalimat Conjunction? Kata penghubung (Conjunction) apa yang sering kamu gunakan saat menyusun contoh kalimat? Bagaimana ya caranya membuat contoh kalimat menggunakan Conjunction?

EnglishCoo juga sudah membagikan materi tentang jenis-jenis kata penghubung dalam bahasa Inggris lho. Setiap conjunction berisi penjelasan masing-masing conjunction lengkap dengan contoh kalimat dan artinya. Komplit banget ya!

Jika kamu ingin paham pengertian Conjunction, jenis-jenis Conjunction, dan contoh kalimat menggunakan Conjunction, simak materinya dalam link berikut: Contoh Conjunction Kata Penghubung dalam Bahasa Inggris

Dalam postingan ada banyak contoh kalimat menggunakan Conjunction yang dikelompokkan berdasarkan jenisnya. Kita akan bahas juga pengertian masing-masing jenis Conjunction.

Ada 4 subpoin yang berisi 50 Contoh Kalimat Conjunction dan artinya.

  1. Contoh Kalimat Coordinating Conjunction
  2. Contoh Kalimat Subordinating Conjunction
  3. Contoh Kalimat Correlative Conjunction
  4. Contoh Kalimat Conjunction Adverbial

Kita mulai dari jenis Conjunction yang pertama yaitu Coordinating Conjunction. Apa itu kata sambung Coordinating? Seperti apa contoh kalimat menggunakan Conjunction ini? Yuk lanjut!

1. Contoh Kalimat Conjunction Coordinating (for, and, nor, but, or, yet, so)

contoh kalimat conjunction coordinating for and nor but or yet so


Coordinating Conjunction adalah jenis kata sambung dalam bahasa Inggris yang menghubungkan dua kata, dua frase, atau dua klausa yang setingkat / setara. Yang dimaksud setingkat adalah kata, frase, atau klausa yang dihubungkan itu memiliki jenis yang sama.

Contoh Coordinating Conjunction adalah for, and, nor, but, or, yet, so. Banyak yang mengingat kata penghubung ini dengan akronim FANBOYS (for, and, nor, but, or, yet, so). Yuk simak contoh kalimat berisi kata sambung (Conjunction) berikut.

Yap, materi bahasa Inggris ada buanyaaakk banget. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat membuat contoh kalimat bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Rahasianya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

  1. She resigned from the company, for she hated the new boss. (Dia mengundurkan diri dari perusahaan, karena dia membenci bos baru.)
  2. I don’t want to go with her, for she is very annoying. (Saya tidak ingin pergi bersamanya, karena dia sangat menyebalkan.)
  3. My friends and I will go to Taman Safari next July. (Teman-temanku dan aku akan pergi ke Taman Safari Juli depan.)
  4. Susan is reading a book, and I am writing a letter. (Susan sedang membaca buku, dan aku sedang menulis surat.)
  5. Katarina won’t call you, nor will she text you. (Katarina tidak akan meneleponmu, juga tidak akan mengirimimu pesan.)
  6. Mr. Sam is very rich but not friendly. (Pak Sam sangat kaya tetapi tidak ramah.)
  7. I don’t know Jojo’s daughter, but my son does. (Aku tidak tahu anak perempuan Jojo, tapi anakku tahu.)
  8. There are five or six girls in the room. (Ada lima atau enam gadis di ruangan itu.)
  9. Do you want to go with us or stay at home? (Apa kamu ingin pergi bersama kami atau tinggal di rumah?)
  10. I tried to contact her, yet she didn’t want to talk to me. (Saya mencoba menghubunginya, tetapi dia tidak mau berbicara dengan saya.)
  11. Today is Gina’s birthday, so I bought a birthday cake. (Hari ini ulang tahun Gina, jadi aku membeli kue ulang tahun.)
  12. Juna wants to live in Japan, so he is learning Japanese. (Juna ingin tinggal di Jepang, jadi ia belajar bahasa Jepang.)

Tingkatkan keterampilan berbahasa Inggris dengan membaca contoh kalimat dalam materi-materi dasar berikut:

2. Contoh Kalimat Conjunction Subordinating (although, because, since, after, before, unless, as, if, as if, so, so that, while, when, where, how)

contoh kalimat conjunction subordinating although because since after before unless as if so that while when where how
Subordinating Conjunction adalah jenis kata sambung dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menghubungkan dua klausa, yaitu Independent Clause dan Dependent Clause.

Contoh Subordinating Conjunction adalah although, because, since, after, before, unless, as, if, as if, so, so that, while, when, where, how, etc. Berikut contoh kalimat menggunakan Conjunction dan artinya.

  1. She ate all of the food although she didn’t like it. (Ia menghabiskan semua makanan itu walaupun ia tak menyukainya.)
  2. I don’t like Oni because she gets upset easily. (Aku tak suka Oni karena ia mudah marah.)
  3. She has played tennis since she was ten. (Ia sudah bermain tennis sejak ia berumur 10 tahun.)

Banyak peluang emas tak dapat diambil jika kemampuan bahasa Inggris kurang baik. Manfaatkan waktu yang kamu miliki untuk upgrade diri menguasai bahasa Inggris. Dengan ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir, kamu tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang! Jangan sampai menyesal di kemudian hari karena melewatkan kesempatan untuk menguasai bahasa Inggris.

Let’s buy some food before we go to the airport.

    (Mari membeli makanan sebelum kita pergi ke bandara.)

    Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula
  1. After she arrives, we are going to eat together. (Setelah ia tiba, kita akan makan bersama.)
  2. You will be late unless you hurry. (Kamu akan terlambat kecuali jika kamu bergegas.)
  3. The performance was incredible, as I expected. (Pertunjukkan itu luar biasa, sebagaimana yang aku harapkan.)
  4. If they took more exercise, they would probably feel heathier. (Jika mereka lebih banyak berolahraga, mereka mungkin akan merasa lebih sehat.)
  5. Lewis ate as if he hadn’t eaten for a week. (Lewis makan seolah-olah ia belum makan selama seminggu.)
  6. She wore her glasses and wig so that nobody could recognise her. (Dia memakai kacamata dan wignya agar tidak ada yang bisa mengenalinya.)
  7. Did he say anything about me when he called you? (Apa ia mengatakan sesuatu tentang aku ketika ia menghubungimu?)
  8. I ordered pizza while she ordered fried rice. (Aku memesan pizza sementara ia memesan nasi goreng.)
  9. Where you find the picture, you will also find a letter. (Di mana kamu menemukan gambar itu, kamu juga akan menemukan sebuah surat.)
  10. Riza asked me how we could earn money online. (Riza bertanya kepadaku bagaimana kita bisa mendapatkan uang secara online.)
  11. She didn’t eat the food although she looked hungry. (Ia tidak makan makanan itu walaupun ia tampak lapar.)
  12. Even though it is quiet in here, I can’t concentrate. (Meskipun di sini tenang, aku tidak bisa berkonsentrasi.)
  13. Though it was raining, we still enjoyed the concert. (Meskipun sedang hujan, kita tetap menikmati konser itu.)

Kamu juga dapat mempelajari materi-materi bahasa Inggris lainnya seperti Preposition dan Adjective Clause:

3. Contoh Kalimat Conjunction Correlative (either-or, neither-nor, whether-or, both-and, not only-but also)

contoh kalimat conjunction correlative either or neither nor whether or both and not only but also
Correlative Conjunction adalah kata sambung berpasangan yang digunakan untuk menghubungkan dua kata, frase, atau klausa. Kedua kata, frase, atau klausa ini harus sejajar, setingkat, atau setara, misalnya: kata benda dengan kata benda, frase dengan frase, atau klausa dengan klausa.

Yap, Contoh Correlative Conjunction adalah either-or, neither-nor, whether-or, both-and, not only-but also. Berikut ini contoh kalimat menggunakan kata penghubung (Conjunction) dan artinya. Yuk simak!

  1. Either Jack or Jennie cooks dinner after work. (Jack atau Jennie memasak makan malam sepulang kerja.)
  2. They can either go out with me or stay home with you. (Mereka bisa pergi bersamaku atau tinggal di rumah bersamamu.)
  3. Neither Ruka nor Carol has got a car. (Ruka ataupun Carol tidak punya mobil.)
  4. There was neither food nor drink on the table. (Tidak ada makanan atau minuman di atas meja.)
  5. I’m not sure whether she is from Spain or Italy. (Saya tidak yakin apakah dia dari Spanyol atau Italia.)
  6. We will go to the market whether it rains or not. (Kita akan pergi ke pasar entah hujan atau tidak.)
  7. She loves both ice cream and chocolate. (Dia suka es krim dan coklat.)
  8. Ken is both smart and diligent. (Ken cerdas dan rajin.)
  9. Erna is not only an employee but also an entrepreneur. (Erna tidak hanya seorang karyawan tetapi juga seorang pengusaha.)
  10. He not only sings songs beautifully but also writes songs very well. (Dia tak hanya menyanyikan lagu-lagu dengan indah tetapi juga menulis lagu-lagu dengan sangat baik.)

Supaya bisa merangkai kata-kata menjadi kalimat, kamu perlu belajar tentang kata, frase, klausa, dan kemudian kalimat. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat membuat contoh kalimat bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Caranya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

4. Contoh Kalimat Conjunction Adverbial (therefore, hence, so, thus, however, otherwise, on the other hand, nevertheless, in addition, futhermore, moreover, besides, first, then, next, after that, finally)

Kata penghubung dapat berperan sebagai Adverbial Conjunction atau dikenal dengan istilah Conjunctive Adverbs. Mereka digunakan untuk menghubungkan dua klausa independen yang menunjukkan urutan, kontras, sebab-akibat, penambahan, & hubungan lainnya.

Contoh Adverbial Conjunctions adalah therefore, hence, so, thus, however, otherwise, on the other hand, nevertheless, in addition, futhermore, moreover, besides, first, then, next, after that, finally, etc. Yuk simak seperti apa contoh kalimat conjunction dan artinya.

  1. I want to study abroad. Therefore, I am learning some foreign languages. (Aku ingin belajar di luar negeri. Oleh karena itu, saya belajar beberapa bahasa asing.)
  2. He is very adorable. So, everyone loves him. (Dia sangat menggemaskan. Oleh karena itu, semua orang mencintainya.)
  3. She came to my house; however, I wasn’t home yesterday. (Ia datang ke rumahku; namun aku tidak di rumah kemarin.)
  4. You have to bring a jacket; otherwise, you will be cold. (Kamu harus membawa jaket; jika tidak, kamu akan kedinginan.)
  5. Juna likes to play outdoors. On the other hand, his brother loves to play indoors. (Juna suka bermain di luar ruangan. Di sisi lain, kakaknya suka bermain di dalam ruangan.)
  6. Lonita gave me a gift. In addition, she paid for my lunch. (Lonita memberiku hadiah. Selain itu, dia membayar makan siangku.)
  7. The dress is beautiful; besides, the price is quite affordable. (Gaun itu indah; selain itu harganya cukup terjangkau.)
  8. We need to talk about several issues. First, it’s about our communication. (Kita perlu membicarakan beberapa masalah. Pertama, tentang komunikasi kita.)
  9. She did her homework. Then, she played outside. (Dia mengerjakan PR-nya. Lalu, dia bermain di luar.)
  10. We went to the zoo; after that, we went to the art market. (Kami pergi ke kebun binatang; setelah itu, kami pergi ke pasar seni.)
  11. It took him a long time to find a job. Finally, he got a job in a hotel. (Butuh waktu lama baginya untuk mendapatkan pekerjaan. Akhirnya, dia mendapat pekerjaan di sebuah hotel.)

Baca lebih banyak contoh kalimat dalam bahasa Inggris dalam materi-materi berikut:

***

Itulah 50 contoh kalimat conjunction dan artinya yang menggunakan kata penghubung dalam bahasa Inggris. Sekarang giliranmu nih untuk membuat contoh kalimat sendiri. Kamu pasti bisa!

Jangan lupa tetap berlatih ya. The more you practice English, the more you master it. Let’s learn English with EnglishCoo. English is easy!

Website: www.englishcoo.com
Facebook: englishcoocom
Instagram: englishcoocom
Youtube: EnglishCoo

Ngerasa minder bahasa Inggrismu gitu-gitu ajah? Ingin mahir berbahasa Inggris tapi bingung mulai dari mana? Cari tahu jawabannya di video ini.
Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Leave a Comment