Kata Kerja Verb ING (Present Continuous Tense) Paling Sering Dipakai

EnglishCoo – Ada 100 contoh kata kerja Verb ing. Kata Kerja Present Continuous Tense sering digunakan untuk membuat kalimat bahasa Inggris. Di sini kamu juga belajar gimana caranya mengubah Verb1 menjadi Verb-ing.

Pengen lebih mahir tenses bahasa Inggris, utamanya Present Continuous Tense??? Nah, ini saat yang tepat karena ada buanyak contoh kata kerja Verb ing, atau nama kerennya Present Participle.

Nggak usah bingung apalagi sampai melongo kalau ada orang nyebut-nyebut Present Participle. Itu nggak lain dan nggak bukan adalah Verb-ing.

Di sini kamu juga belajar mengubah Infinitive alias Verb 1 menjadi Verb-ing alias Present Participle.

Selain itu, kamu juga belajar gimana caranya membuat kalimat dengan Verb-ing. Yuk langsung menyongsong materi berikut ini.

 

1. Mengubah Infinitive (Verb 1) menjadi Kata Kerja Present Continuous Tense (Verb-ing)

Mengubah Verb 1 menjadi kata kerja Present Continuous Tense

Ah, kalau ini sih gampang banget. Tinggal menambahkan akhiran –ing. Misalnya: eateating, sleepsleeping, readreading, dan seterusnya. Betul kan???

Hmmm…ya benarnya fifty-fifty sih. Kenapa??? Kita nggak bisa main tambah-tambahin gitu aja karena nggak semuanya mau diperlakukan sama.

Yap, nggak semua Verb ditambahin akhiran –ing trus jadi Verb-ing. No, no, no! Kamu perlu memperhatikan huruf terakhirnya.

Coba ubah write menjadi Verb-ing! Apakah writeing atau writing???

Yang benar adalah writing. Saat mengucapkan, hal ini nggak jadi persoalan. Tapi kalo disuruh nulis, nah perlu tahu ejaan atau spelling yang benar.

Jika ingin mahir tenses, wajib tahu ketentuan mengubah Infinitive (Verb 1) jadi kata kerja Verb-ing.

Yap, materi bahasa Inggris emang buaaanyak banget. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat menguasai bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Caranya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

 

a. Kata kerja Present Continuous Tense berakhiran silent -e

Apa itu silent -e? Kata kerja apa berakhiran silent -e?

Silent artinya diam. Nah, silent -e artinya huruf e yang diam alias nggak diucapkan. Verb berakhiran silent -e berarti berakhiran huruf e tapi tak diucapkan saat melafalkannya.

Perhatikan contoh kata kerja diakhiri silent -e berikut ini: Arrive, Come, Dance, Live, Love, dan sebagainya. Gimana kira-kira merubahnya menjadi kata kerja Present Continuous Tense???

Caranya gampang banget. Hilangkan huruf e dan tambahkan akhiran –ing. Jadi deh! Lihat tabel berikut ini biar lebih jelas.

Infinitive (Verb 1)

Arti Kata Kerja

Contoh kata kerja Verb ing
arrive tiba, sampaiarriving
bake memanggangbaking
breathe bernapasbreathing
come datangcoming
create menciptacreating
dance menaridancing
drive mengemudidriving
erase menghapuserasing
give memberigiving
hide menyembunyikanhiding
imagine berfantasiimagining
improve meningkatkanimproving
leave meninggalkanleaving
live tinggal, hidupliving
love mencintailoving
make membuatmaking
manage mengaturmanaging
move berpindahmoving
ride mengendarairiding
save menyimpansaving
take mengambiltaking
use menggunakanusing
write menuliswriting

Lihat perubahan Infinitive (Verb 1) menjadi contoh kata kerja Verb ing di atas? Huruf –e dilebur alias menghilang dan tergantikan dengan akhiran –ing.

Apakah semua yang berakhiran –e diperlakukan sama??? Oooh, tidak semua ya. Hanya silent –e saja. Ingat ya, hanya silent –e.

Bagaimana dengan see, artinya melihat??? Kamu perlu menambahkan –ing sehingga jadinya seeing. Jadi hanya yang berakhiran silent –e mengikuti aturan di atas.

Ingin memperbanyak perbendaharaan kosakata Bahasa Inggris seperti kata benda, sifat dan keterangan? Yuk baca artikel-artikel berikut.

 

b. Kata kerja Present Continuous Tense berakhiran Konsonan-Vokal-Konsonan (KVK)

Kalo tadi adalah aturan untuk Verb berakhiran silent -e, sekarang kita masuk ke ketentuan kedua yaitu berakhiran konsonan-vokal-konsonan.

Beberapa kata kerja berakhiran satu konsonan-vokal-konsonan memiliki aturan tersendiri dalam membentuk Verb-ing. Aturan itu menambahkan huruf terakhir yang sama sehingga akhiran konsonan menjadi double.

Perhatikan contoh perubahan Verb 1 menjadi contoh kata kerja Verb ing berikut ini.

Banyak peluang emas tak dapat diambil jika kemampuan bahasa Inggris kurang baik. Manfaatkan waktu yang kamu miliki untuk upgrade diri menguasai bahasa Inggris. Dengan ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir, kamu tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang! Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena melewatkan kesempatan untuk menguasai bahasa Inggris.

Infinitive (Verb 1)

Arti Kata Kerja

Present Participle (Verb-ing)
beg memintabegging
begin mulaibeginning
chat ngobrolchatting
get mendapatgetting
jog lari keciljogging
let membiarkanletting
mop mengepelmopping
plan merencanakanplanning
put meletakkanputting
quit berhentiquitting
refer mengacureferring
run berlarirunning
shop belanjashopping
sit duduksitting
stop berhenti, menghentikanstopping
submit mengumpulkan, memberikansubmitting
swim berenangswimming
win menangwinning

Jadi, sebelum mengubah sebuah Infinitive (Verb1) menjadi kata kerja Present Participle (Verb-ing), perhatikanlah akhirannya. Gampang kan??? Ya, emang gampang-gampang susah sih. Yang penting kamu gunakan kata kerja tersebut sesering mungkin sehingga ingat ejaan (spelling) yang benar.

Pernahkah kamu membuat kalimat Gerund menggunakan Verb-ing? Ataukah menggunakan A, An, The atau kata ganti (Pronoun) dalam kalimat? Jangan lewatkan materi dasar berikut:

 

c. Kata kerja Present Continuous Tense berakhiran –ie

Selain itu, kamu juga perlu perhatikan Verb berakhiran –ie. Ada apa dengan kata kerja dalam bahasa Inggris yang diakhiri huruf –ie???

Untuk mengubah ini menjadi kata kerja Present Continuous Tense, kamu perlu mengubah akhiran –ie menjadi –y kemudian ditambahkan akhiran –ing. Gampang banget ya!

Berikut contoh kata kerja Verb ing.

Infinitive (Verb 1)

Arti Kata Kerja

Present Participle (Verb-ing)
die meninggal, sekaratdying
lie berbaring,lying
lie berbohonglying
tie mengikattying
vie bersaing, bertandingvying

Itu beberapa contoh Verb berakhiran –ie beserta perubahannya menjadi kata kerja Present Continuous Tense. Memang agak sulit mendapatkan yang berakhiran –ie. Jika kamu punya contoh lainnya, Please share it on the comment below!

Perbanyak perbendaharaan kata kerja dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Yuk tambah kosakata Verb berikut ini.

 

d. Contoh kata kerja Verb ing lainnya

Nah, ini adalah jenis yang paling gampang. Mengapa disebut paling gampang???

Karena kamu nggak usah mikir keras untuk mengubahnya menjadi Present Participle (Verb-ing). Hanya menambahkan akhiran –ing dan taraaaa, jadi deh contoh kata kerja Verb ing. Gampang sekali!

Check this out!

Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula
act berperanacting
attend menghadiriattending
break memecahkanbreaking
burn membakarburning
buy membelibuying
call memanggilcalling
catch menangkapcatching
clean membersihkancleaning
complain mengeluhcomplaining
cook memasakcooking
do melakukandoing
dream bermimpidreaming
drink minumdrinking
dry mengeringkandrying
eat makaneating
enjoy menikmatienjoying
join bergabungjoining
find menemukanfinding
finish menyelesaikanfinishing
go pergigoing
help membantuhelping
jump melompatjumping
learn belajarlearning
listen mendengarkanlistening
look melihatlooking
pay membayarpaying
play bermainplaying
pray berdoapraying
rain hujanraining
read membacareading
say berbicarasaying
search mencarisearching
see melihatseeing
sell menjualselling
sing bernyanyisinging
sleep tidursleeping
speak berbicaraspeaking
spend menghabiskanspending
stay tinggal (sementara)staying
study belajarstudying
sweep menyapusweeping
teach mengajarteaching
tell berceritatelling
thank berterimakasihthanking
think berpikirthinking
travelbepergiantraveling
trymencoba, berusahatrying
visit berkunjungvisiting
wait menungguwaiting
walk berjalanwalking
wash mencuciwashing
watch menontonwatching
wear memakai (pakaian)wearing
work bekerjaworking

Gampang banget kan??? Yup, emang ini paling gampang. Tinggal tambahkan akhiran –ing, jadi deh contoh kata kerja Verb-ing. Sayangnya, nggak semua bisa diperlakukan sama.

Tapi, kabar baiknya adalah kamu nggak perlu hapalin semua dalam semalam. Hanya perlu lebih sering berlatih dan menggunakan Verb tersebut dalam percakapan atau saat menulis kalimat bahasa Inggris.

Pengen tahu cara lebih lanjut menggunakan contoh kata kerja Verb ing untuk membuat kalimat Present Continuous Tense??? Nih ada banyaaak contohnya.

Perbanyak perbendaharaan kata kerja dapat meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Yuk tambah kosakata Verb berikut ini.

 

2. Menggunakan Kata Kerja Present Continuous Tense dalam Kalimat Bahasa Inggris

Menggunakan kata kerja Present Continuous Tense dalam kalimat bahasa Inggris
Supaya bisa merangkai kata-kata menjadi kalimat, kamu perlu belajar tentang kata, frase, klausa, dan kemudian kalimat. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat membuat kalimat bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Caranya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

Sebenarnya ini sama saja dengan contoh kalimat Present Continuous. Yuk kita lihat seperti apa contoh kalimat menggunakan kata kerja Present Continuous Tense.

  1. He is going home on foot.
  2. I am learning Italian now because I want to stay in Italy.
  3. She is dancing like a professional one.
  4. You are wearing a gorgeous gown.
  5. We are not visiting our grandparents next month.
  6. Are they playing their favorite game?
  7. Alice is always dreaming while eating.
  8. The cat is walking like a queen.
  9. I am not washing my car this Saturday.
  10. Why are those children lying on my bed?
  11. The chef is tying on her apron.
  12. Those players are vying for a place in this team.
  13. We are jogging now, not running.
  14. He is not swimming this afternoon.
  15. My mother is shopping our daily needs.
  16. My dog is not sleeping; he is watching TV.
  17. I am coming to your house this evening.
  18. She is not giving you a great advice.
  19. Your English is getting improved.
  20. I am not waiting for him. I am waiting for you.
  21. She is always trying her best.

Membaca banyak contoh kalimat dapat meningkatkan bahasa Inggris. Berikut Contoh Kalimat Past Tense Lengkap yaitu Simple, Continuous, Perfect, dan Perfect Continuous: Contoh Kalimat Past Tense Lengkap (Simple, Continuous, Perfect, Perfect Continuous)

***

Jadi, untuk membuat kalimat Present Continuous Tense kamu perlu tahu cara mengubah Infinitive (verb 1) menjadi Present Participle (Verb-ing).

Ada di antara kamu berpikir atau lebih tepatnya complain, duh banyak yang mesti dihapalain! Sekali lagi, nggak harus hapalin semuanya dalam semalam. Yang perlu dilakukan adalah membuat kalimat dengan kata kerja Present Continuous Tense sesering mungkin. Ya, praktek!

Yuk perdalam pengetahuanmu tentang tense ini. Materinya lengkap banget!

Website: www.englishcoo.com
Facebook: englishcoocom
Instagram: englishcoocom
Youtube: EnglishCoo

Ngerasa minder bahasa Inggrismu gitu-gitu ajah? Ingin mahir berbahasa Inggris tapi bingung mulai dari mana? Cari tahu jawabannya di video ini.
Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

41 thoughts on “Kata Kerja Verb ING (Present Continuous Tense) Paling Sering Dipakai”

    • Hai Anya,
      Iya termasuk KVK tapi nggak ikut aturan KVK, makanya perubahannya dari Visit menjadi Visiting. Sedangkan kata kerja Sit ikut aturan KVK menjadi Sitting. Jadinya nggak semua kata kerja berakhiran KVK mengikuti aturan tersebut ya. Semoga membantu.

  1. maaf ka, knpa guru bahasa inggris ku mengatakan bahwa love tidak bisa menjadi loving dan understan juga tidak bisa menjadi understanding

    Reply
    • Halo Salsadilla,
      Kata kerja Love dan Understand memang tidak digunakan dalam kalimat Continuous Tenses.
      Namun, kata kerja tersebut tetap memiliki bentuk -ing untuk digunakan sebagai jenis kata lain, salah satunya sebagai Gerund. Contoh: Loving yourself is not easy.
      Semoga membantu ya.

  2. Slmt pagi kak kata kerja seperti get, run,swim, itu kenapa double huruf consonant ubah( getting, running,swimming).

    Reply
    • Hai Willem,
      Kata kerja seperti get, run, swim itu terdiri dari satu suku kata saja. Nah perubahan kata kerja tersebut menjadi Verb-ing akan menjadi double consonant. Semoga bermanfaat ya! Semangat belajar dan Semoga Sukses! 😉

  3. Hi kak,
    untuk kata kerja berakhiran “L” apakah ada treat special?
    soalnya rada confuse aku baca di buku ada yang “L” double baru +ing (ex : quarrel – quarrelling), ada juga yang nggk perlu di double “L” langsung di +ing (ex : boil-boiling, conceal – concealing)

    Mohon pencerahannya kak,
    Thank you

    Reply
    • Kata wait menjadi waiting. Satu saja huruf t-nya. Semoga bermanfaat.

    • Hai Elizer,
      Contoh kalimat Love – Loving:
      Loving him is the best thing in my life.
      Itu contoh kalimat Simple Present Tense yang berisi kata “loving”.
      Kata-kata “loving him” dalam kalimat di atas berperan sebagai kata benda alias Gerund.
      Semoga meembantu.

    • Hai Zaky,
      Present Participle (Verb-ing) dari choose adalah choosing. Semoga membantu, and good luck! 😉

  4. Maksudnya konsonan vokal konsonan itu bagaimna yah mba?
    Sorry gg ngerti

    Reply
    • Hai Dewi,
      Konsonan = huruf mati (BCDFGHJKLMNPQRSTVWXYZ)
      Vokal = huruf hidup (AIUEO)
      Kata kerja berakhiran Konsonan-Vokal-Konsonan (KVK) itu artinya pada akhir kata kerja terdapat huruf mati-hidup-mati. Contoh beg, jog atau begin.
      Semoga semakin paham ya.

    • Hai Andiri,
      Ya, fly menjadi flying. Semoga membantu.

    • Halo Lexa,
      kata kerja “play” diubah menjadi “playing”
      Semangat!

    • Hallo kak bisakah dalam satu kalimat memiliki dua verb ing?

    • Hai Casey,
      Terimakasih atas pertanyaannya. Hanya saja pertanyaannya kurang jelas. Penempatan 2 verb ing yang dimaksud bagaimana? Jika penempatannya tidak berurutan, ya tentu bisa. Misalnya “I am cooking while she is watching TV.” Atau contoh lainnya: “I saw him speaking without opening his mouth.” Namun jika penempatannya berurutan, saya jarang melihat contoh kalimat seperti itu. Mungkin kamu memiliki contohnya, bisa di-share ya. Terimakasih. 😉

  5. Kak ,kalo “answer” dalam kvk jadinya “answering” kenapa kok nggak “answerring” ?

    Reply
    • Hai,
      Saya tekankan ya, nggak semua kata itu nurut aturan KVK, ya contohnya kata “answer” ini.
      Semangat belajar!

  6. Hai kak, mau tanya dong kenapa Verb1 : buy gak termasuk KVK ? kalau ikut aturannya kan disitu kalau KVK huruf akhirnya jadi double. Terus yg Quit juga, huruf akhirnya kan VVK. Mohon penjelasannya kak, agak bingung disitu

    Reply
  7. Ingin bertanya…apakah kata want bisa jadi wanting….thank you

    Reply
    • Hi Hari Winarto,
      Want tidak bisa diubah menjadi wanting. Terimakasih sudah berkunjung.

  8. I am sorry just want to share. For present continues tense , you can’t say ” loving, understanding. Those are stative verbs. Thanks.

    Reply
    • Hi, Muhammad Abrar
      I have checked my grammar book and searched online sources. And yes, there are some verbs which are not normally used in continuous tenses.
      Thank you for sharing it.

  9. contoh kedua KVK
    “quit” jadinya vvk, apa benar jadi quitting

    Reply
    • Hi, …
      Nama kamu siapa sih?
      Yup, benar “quit” menjadi “quitting”
      Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Comment