Kata Kerja Verb 2 dan Cara Menggunakan dalam Simple Past

Kata Kerja Verb 2 dan Cara Menggunakan dalam Simple Past

EnglishCoo – Kata kerja Verb 2 adalah kosakata yang kamu gunakan saat membuat kalimat Simple Past Tense. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Past Tense Verb.

Kata kerja Verb 2 ini adalah salah satu dari serangkaian artikel tentang Simple Past Tense. Yap, awalnya saya pikir kurang sreg (dan agak kurang penting juga) untuk membuat artikel khusus tentang kata kerja past tense.

Tapi setelah dipikir-pikir, koq kata kerja yang satu ini agak unik ya.

Uniknya gimana?

Dari sekian jenis kata kerja lainnya, verb 2 punya peran yang khusus yaitu HANYA untuk menyatakan kegiatan yang terjadi di masa lalu. Ya iyalah, namanya juga Past Tense.

Eh, tapi ini unik lho.

Uniknya di mana sih?

Ha ha. Gini ya. Saya sempat ubek-ubek buku Grammar. Juga Tenses. Searching ke sana kemari. Tujuannya apa? Untuk mencari kapan kata kerja verb 2 digunakan dalam kalimat bahasa Inggris.

Daaaaan, saya menemukan bahwa kata kerja verb 2 HANYA digunakan dalam kalimat pola Simple Past Tense. (Please correct me if I’m wrong). Bahkan, lebih spesifik lagi kata kerja Past Tense ini digunakan dalam kalimat verbal positif saja.

Hm, ini bisa jadi berita gembira dan duka di saat bersamaan. Saya kasih berita duka dulu ya agar ending-nya bahagia.

Duka, karena kita belajar sekian banyak kosakata kata kerja verb 2 tapi hanya digunakan untuk membuat kalimat verbal positif Simple Past Tense doang. Di saat bersamaan ini bisa bikin kita bahagia, karena hanya belajar satu pola saja yaitu Simple Past Tense.

Ya, mau pilih berduka, berbahagia atau biasa-biasa saja, nggak masalah. Kita tetap akan bahas Kata Kerja Verb 2 alias Past Tense Verb dengan baik dan benar.

Hanya ada 3 subpoin yang akan dibahas dalam postingan ini. Apa saja tuh?

  1. Berkenalan dengan Regular dan Irregular Verb
  2. Contoh kata kerja verb 2
  3. Penggunaan kata kerja verb 2 dalam kalimat Simple Past Tense

Subpoin di atas nggak harus ditelusuri secara berurutan. Kalau pengen tahu gimana caranya menggunakan kata kerja Verb 2 dalam bahasa Inggris, langsung aja cus ke subpoin 3.

Lanjut.

 

1. Berkenalan dengan REGULAR VERB dan IRREGULAR VERB

Berkenalan dengan Regular dan Irregular Verbs


Kenapa setiap bicara tentang kata kerja dalam bahasa Inggris selalu yang dbahas pertama adalah Regular dan Irregular? Ada yang punya pertanyaan demikian?

Kalau ditanya begitu saya hanya tahu kalau kata kerja itu penting. Menambah daftar kosakata kerja dalam memorimu akan menaikkelaskan keterambilan berbahasa Inggris.

Maka dari itu, setiap pelajar perlu tahu perubahan kata kerja, dari Verb 1 menjadi Verb 2 dan Verb 3. Misalnya want – wanted – wanted, (ingin), ada lagi use – used – used (menggunakan).

Awal belajar bahasa Inggris, saya bergumam “Ah, gampang banget perubahan kata kerja ini. Hanya tinggal menambahkan akhiran –d atau –ed pada Verb 1, maka jadi deh Verb 2 dan Verb 3.”

Setelah menelusuri lebih jauh, ternyata perubahan kata kerja yang hanya menambahkan akhiran –d atau –ed itu namanya Regular Verb. Nggak semua kata kerja mau mengikuti aturan tersebut.

Yap, ada kelompok “pemberontak” yang perubahan kata kerjanya tak beraturan. Kelompok ini disebut Irregular Verb. Perubahannya gimana? Ya, coba lihat sendiri deh dalam tabel kata kerja beserta artinya berikut ini.

REGULAR VERBS (si Teratur)
  • Verb1 – Verb 2 – Verb 3 – Artinya
  • Achieve – Achieved – Achieved = mencapai
  • Answer – Anwered – Answered = menjawab
  • Ask – Asked – Asked = bertanya, meminta
  • Burn – Burned – Burned = membakar
  • Call – Called – Called = memanggil, menelepon
  • Cause – Caused – Caused = menyebabkan
  • Change – Changed – Changed = berubah
  • Close – Closed – Closed = menutup
  • Clean – Cleaned – Cleaned = membersihkan
  • Cook – Cooked – Cooked =
  • Copy – Copied – Copied = menyalin, meniru
  • Dance – Danced – Danced = menari
  • Decide – Decided – Decided = memutuskan
  • Enjoy – Enjoyed – Enjoyed = menikmati
  • Employ – Employed – Employed = mempekerjakan
  • Explain – Explained – Explained = menjelaskan
  • Happen – Happened – Happened = terjadi
  • Help – Helped – Helped = membantu
  • Jump – Jumped – Jumped = melompat
  • Laugh – Laughed – Laughed = tertawa
  • Listen – Listened – Listened = mendengarkan
  • Like – Liked – Liked = menyukai
  • Live – Lived – Lived = tinggal, hidup
  • Look – Looked – Looked = melihat
  • Love – Loved – Loved = mencintai, menyayangi
  • Move – Moved – Moved = berpindah
  • Need – Needed – Needed = membutuhkan
  • Paint – Painted – Painted = mengecat
  • Play – Played – Played = bermain
  • Pull – Pulled – Pulled = menarik
  • Push – Pushed – Pushed = mendorong
  • Repair – Repaired – Repaired = memperbaiki
  • Say – Said – Said = berkata
  • Smile – Smiled – Smiled = tersenyum
  • Start – Started – Started = memulai
  • Study – Studied – Studied = belajar
  • Talk – Talked – Talked = berbicara
  • Try – Tried – Tried = berusaha
  • Visit – Visited – Visited = mengunjungi/li>
  • Walk – Walked – Walked = berjalan
  • Want – Wanted – Wanted = ingin
  • Wash – Washed – Washed = mencuci
  • Watch – Watched – Watched = menonton
  • Water – Watered – Watered = menyirami
  • Work – Worked – Worked = bekerja
IRREGULAR VERBS (si Acak_Kadoel)
  • Verb 1 – Verb 2 – Verb 3 – Artinya
  • Begin – Began – Begun = memulai
  • Buy – Bought – Bought = membeli
  • Catch – Caught – Caught = menangkap
  • Come – Came – Come = datang
  • Cut – Cut – Cut = memotong
  • Do – Did – Done = melakukan
  • Drink – Drank – Drunk = minum
  • Eat – Ate – Eaten = makan
  • Feed – Fed – Fed = memberi makan
  • Feel – Felt – Felt = merasakan
  • Find – Found – Found = menemukan
  • Forget – Forgot – Forgotten = melupakan
  • Get – Got – Gotten = mendapatkan
  • Go – Went – Gone = pergi
  • Give – Gave – Given = memberi
  • Hear – Heard – Heard = mendengar
  • Hurt – Hurt – Hurt = menyakiti
  • Keep – Kept – Kept = menjaga
  • Know – Knew – Known = tahu, mengetahui
  • Leave – Left – Left = meninggalkan
  • Lend – Lent – Lent = meminjamkan
  • Make – Made – Made = membuat
  • Meet – Met – Met = bertemu
  • Put – Put – Put = meletakkan
  • Quit – Quit – Quit = berhenti
  • Read – Read – Read = membaca
  • Run – Ran – Run = berlari
  • Send – Sent – Sent = mengirim
  • Sit – Sat – Sat = duduk
  • Sing – Sang – Sung = bernyanyi
  • See – Saw – Seen = melihat
  • Sleep – Slept – Slept = tidur
  • Swim – Swam – Swum = berenang
  • Teach – Taught – Taught = mengajar
  • Tell – Told – Told = menceritakan
  • Think – Thought – Thought = berpikir
  • Understand – Understood – Understood = mengerti
  • Wake – Woke – Woken = bangun
  • Wear – Wore – Worn = memakai
  • Write – Wrote – Written = menulis

Untuk mengingat semua, kamu hany perlu sering-sering menggunakannya dalam kalimat. Yap, praktek bikin kalimat dengan kata kerja yang ingin disimpan di memori.

 

2. Contoh Kata Kerja Verb 2

Contoh Kata Kerja Verb 2
Coba sebuktkan 20 contoh kata kerja past tense yang kamu ketahui!

Apa pertanyaan itu masih sulit untukmu? Tentu tidak dong, kan sudah ada tabel di atas. Tinggal cari saja urutan kedua. Beres deh. Tapi kalau bisa sebutin tanpa melihat tabel, wah, itu baru pencapaian!

Nih saya beri 20 contoh kata kerja verb 2 beserta artinya. Siapa tahu bisa bantu kamu yang benar-benar blank. Ini saya campur ya, ada Regular dan Irregular.

  1. Asked = bertanya, meminta
  2. Answered = menjawab
  3. Called = memanggil, menelepon
  4. Changed = mengubah/li>
  5. Enjoyed = menikmati
  6. Helped = membantu
  7. Loved = mencintai, menyayangi
  8. Played = bermain
  9. Studied = belajar
  10. Tried = berusaha
  11. Bought = membeli
  12. Found = menemukan
  13. Drank = minum
  14. Did = melakukan
  15. Went = pergi
  16. Knew = tahu
  17. Understood = mengerti, memahami
  18. Put = menaruh, meletakkan
  19. Read = membaca
  20. Sent = mengirim

Gimana, gampang kan? Yup, hanya mendaftar beberapa kata kerja sih dan memberi artinya masih tergolong pekerjaan yang mudah.

Kata-kata akan lebih bermakna jika dirangkai menjadi sebuah kalimat. Nah, gimana kalau kita bikin kalimat bahasa Inggris menggunakan kata kerja verb 2? Are you ready?

 

3. Penggunaan Kata Kerja Verb 2 dalam Kalimat Simple Past Tense

Penggunaan Kata Kerja Verb 2 dalam Kalimat Simple Past Tense
Ye, akhirnya kita sampai di subpoin 3 yaitu praktek bikin kalimat menggunakan kata kerja past tense. Saya beri terjemahannya dalam bahasa Indonesia sekalian deh.

Ingat, pola yang digunakan adalah Simple Past Tense.

  1. He asked me to open the door. (Dia memintaku untuk membuka pintu.)
  2. She answered the question loudly. (Ia menjawab pertanyaan dengan suara keras.)
  3. They called him “broom” because he was skinny (Mereka memanggilnya sapu karena ia kurus.)
  4. Finally she changed her mind last night. (Akhirnya ia berubah pikiran tadi malam.)
  5. Shina and Rangga enjoyed the movie. (Shina dan Rangga menikmati film itu.)
  6. My dad helped me to finish my Art project. (Ayah membantuku menyelesaikan proyek kesenianku.)
  7. The lady loved him like he was the last man on earth. (Perempuan itu mencintainya seperti ia adalah pria terakhir di bumi.)
  8. Luna and her friends played hide and seek two days ago. (Luna dan teman-temannya bermain petak umpet dua hari yang lalu.)
  9. If you studied hard, you would pass the exam. (Jika Anda belajar dengan giat, Anda akan lulus ujian.)
  10. At least, I tried my best. (Paling tidak aku berusaha yang terbaik.)
  11. We bought chicken and vegetables because we wanted to make chicken soup. (Kami membeli ayam dan sayur-sayuran karena kami ingin membuat sup ayam.)
  12. They found a baby bird and took care of it. (Mereka menemukan seekor anak burung dan merawatnya.)
  13. I drank milk that tasted weird a few hours ago. (Saya minum susu yang rasanya aneh beberapa jam yang lalu.)
  14. She did her homework one hour before she submitted it. (Dia mengerjakan PR sejam sebelum ia mengumpulkannya.)
  15. We went to Balekambang beach last month. (Kami pergi ke Pantai Balekambang bulan lalu.)
  16. When I looked at him, I knew the truth. (Ketika aku melihatnya, aku mengetahui kebenaran.)
  17. She understood the problem and tried to find a solution. (Dia mengerti masalahnya dan berusaha mencari solusinya.)
  18. I put my wallet here a few minutes ago. (Saya meletakkan dompet saya di sini beberapa menit yang lalu.)
  19. You read three books last week? Wow! (Kamu membaca 3 buku minggu lalu? Wow!)
  20. He sent me a lovely painting. (Dia mengirimiku lukisan yang indah.)

Ingat ya, semua contoh di atas terjadi pada waktu lampau alias masa lalu. Apa kalimatmu sudah jadi? Silahkan share di kolom komentar ya. I’ll be very glad to read yours.

***

Saatnya kita berpisah. Tapi nggak dalam waktu yang lama koq. Karena setelah membahas kata kerja verb 2, ada postingan-postingan lain tentang Simple Past Tense. Agar materinya jadi komplit dan nggak sulit. Nggak juga berbelit-belit. Let’s share it!

Pengen tahu lebih banyak tentang Simple Past Tense? Nih, semua materinya ada di bawah ini. Tinggal klik materi yang ingin kamu pahami.

About Made Ari

I am a teacher who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

8 thoughts on “Kata Kerja Verb 2 dan Cara Menggunakan dalam Simple Past

  1. Anyone knew who you are

    I kept you because I Love you

    Don’t left me down left me don’t down left me down :v

    Gimana min :v ku baru paham sedikit

    1. Hi, Erza.
      Thank you for your examples.

      1. Anyone knew who you were.
      2. I cared about you because I loved you.
      3. … (Saya nggak paham maksud dari kalimat ketiga. DON’T diikuti dengan VERB 1, misalnya “Don’t leave me alone!”)

      Selamat menjelajah pengetahuan bahasa Inggris!

  2. sample aja dari ane min, mohon koreksi

    she played game in your house
    did she played game in your house?
    she didn’t played game in the your house

    he thought about how to lose boss after he loss her game
    he talked me for train to become GM

    1. Hi, thank you buat contoh yang diberikan.

      1. She played game in your house (OK!)
      2. Did she played game in your house? (Did she PLAY game in your house?) Karena pakai Did, jadi gunakan Verb 1
      3. She didn’t played game in the your house (She didn’t PLAY game in your house.)
      4. He thought about how to lose boss after he loss her game (He thought about how to beat the boss after he lost his game)
      5. He talked me for train to become GM —> Ini maksudnya dia menyuruh ikut training atau berdiskusi tentang training?
        Jika berdiskusi: He talked to me about the training of becoming a GM —atau—
        Jika menyuruh: He told me to join a training to become a GM.

      Semoga bermanfaat.

    2. thanks atas koreksinya ,,karna itu ane buat contoh 5 takut nanti banyak salah,,,dan yang nomor 5 kurang menambahkan kata JOIN jadi keliru bacanya hehe

    3. Hi,
      Sama-sama. Dari kesalahan kita bisa belajar banyak. Kalau nggak bikin contoh, ya nggak bakalan dapet praktek dan nggak dapet ilmu.
      So, you have already taken a step to move forward. That’s amazing. Keep on going!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *