Penggunaan Was dan Were dalam Kalimat Past Tense Sederhana

Penggunaan Was dan Were dalam Kalimat Past Tense Sederhana

EnglishCoo – Penggunaan Was dan Were gampang sekali. Kedua To Be ini digunakan untuk membuat kalimat Simple Past Tense, Past Continuous, & Passive Voice. Ada puluhan contoh beserta terjemahannya. Simak penjelasan sederhana ini.

Banyak pelajar yang mengajukan pertanyaan tentang perbedaan 5 kosakata ini: Was, Were, Is, Am, Are. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu punya pertanyaan yang sama atau malah bisa memberi penjelasan tentang kelima To Be tersebut?

Bedanya adalah:
Penggunaan Is, Am, Are untuk PRESENT Tense.
Penggunaan Was dan Were adalah untuk PAST Tense.

Supaya lebih jelas, coba perhatikan penggunaan To Be berikut ini:

  • You are at home now. (Kamu berada di rumah sekarang.)
  • You were in the hospital yesterday. (Kamu berada di rumah sakit kemarin.)

Bisakah kamu melihat perbedaan keduanya? Are dan Were sama-sama berarti “berada” atau “ada”. Bedanya, Are digunakan untuk menyatakan waktu hari ini atau sekarang alias PRESENT. Sedangkan penggunaan Were adalah untuk hal yang terjadi kemarin atau pada masa lampau alias PAST.

Nah, kita nggak bakal membahas Is, Am ataupun Are. Karena kita fokus pada penggunaan Was dan Were dalam kalimat Bahasa Inggris.

Awalnya materi ini dibuat untuk Simple Past Tense saja. Tapi penggunaan Was dan Were tidak hanya pada kalimat Simple Past saja tapi juga Past Continuous. Bahkan penggunaan kedua To Be itu juga untuk membuat Passive Voice.

Jadi, ada 6 subpoin yang akan kita bahas dalam artikel ini. Apa saja? Check them out!

  1. Perbedaan Was dan Were dilihat dari Subyek
  2. Penggunaan Was dan Were dalam Simple Past Tense
  3. Penggunaan Was dan Were dalam Past Continuous Tense
  4. Penggunaan Was & Were dalam Kalimat To Be Verbs
  5. Penggunaan Was & Were dalam Kalimat Pasif (Passive Voice)
  6. Contoh Penggunaan Was & Were dalam Bahasa Inggris

Dengan mengetahui Was dan Were serta bagaimana menggunakan mereka dalam bahasa Inggris, kamu jadi semakin paham tentang Past Tense, terutama Simple Past dan Past Continuous.

Setiap penjelasan berikut dilengkapi dengan contoh kalimat beserta terjemahnnya sehingga kamu tahu cara penggunaan dan penempatan Was dan Were.

Yuk mulai.

 

1. Perbedaan Was dan Were dilihat dari Subyek

Was dan Were memiliki arti dan fungsi sama yaitu menghubungkan Subyek dan Keterangan, entah itu keterangan waktu, tempat, suasana, dll.

Trus, apa sih perbedaan Was dan Were? Adakah di antara kalian ada yang tahu bedanya?

Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

Selain Was dan Were, ada banyak jenis kata kerja dalam bahasa Inggris. Yap, materi bahasa Inggris emang buanyaakk banget. Jika kamu bingung mulai belajar dari mana, jangan khawatir karena semuanya ada dalam ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

Hmm, coba perhatikan penggunaan Was & Were dalam kalimat bahasa Inggris berikut. Saya beri lebih banyak contoh supaya bisa lebih gampang melihat bedanya.

  1. I was in Medan last week.
  2. She was in Medan last week.
  3. They were in Medan last week.
  4. We were in Medan last week.

Perhatikan kata yang digarisbawahi. Bandingkan penggunaan semua To Be. Saya sengaja menggunakan keterangan yang sama in Medan last week (di Medan minggu lalu) supaya perbedaannya tampak jelas.

Perhatikan penggunaan Subyeknya! Jika kamu teliti lebih lanjut, yang membedakan keempatnya adalah Subyek. Yap, ada I, She, They, We. Perbedaan Was dan Were bisa dilihat dari Subyek yang digunakan.

Pertanyaannya selanjutnya adalah: Kelompok Subyek apa saja menggunakan WAS? Dan Subyek apa berpasangan dengan WERE?

Mudah sekali. Penggunaan Was adalah untuk subyek berjumlah satu (I, She, He, It). Namun penggunaan Were apabila jumlah subyeknya banyak (They, We, You).

Satu hal yang perlu diperhatikan yaitu: subyek YOU bisa berarti satu dan bisa berarti banyak, namun tetap dipasangkan dengan WERE.

Bagi kamu para pelajar visual, yang menyerap cepat dengan gambar, kamu bisa perhatikan gambar berikut. Fokus pada penggunaan WAS & WERE saja ya.
Pasangan Subyek dengan Was Were Did dalam Simple Past Tense


Gimana caranya menghapal? Ah, jangan dihapal. Tapi gunakan sesering mungkin. Semakin sering menggunakannya, kamu akan semakin ingat perbedaan keduanya serta pasangan subyek yang sesuai. Bisa karena Biasa!

 

2. Penggunaan Was dan Were dalam Simple Past Tense

Selain memakai kata kerja bantu DID, Kalimat Simple Past Tense menggunakan Was dan Were sebagai To Be Verb.

Gimana caranya menggunakan Was dan Were dalam Simple Past Tense? Gampang banget!

Jika sebuah kalimat sudah menggunakan kata kerja Verb 2, kamu nggak perlu menambahkan Was dan Were. Apabila kalimat itu tidak memiliki kata kerja, ya gunakan Was dan Were.

Paham maksudnya?

Oke, sebaiknya kita lihat contoh penggunaan beserta terjemahannya saja ya biar lebih ngerti. Ingat penggunaan subyeknya harus sesuai. Jangan sampai salah pasangan ya. Contoh:

  1. It was a great time. (Itu adalah waktu yang tepat.)
  2. The girl wasn’t lazy; she was just tired. (Anak perempuan itu tidak malas; ia hanya lelah.)
  3. I was your brother’s college roommate. (Aku itu teman sekamar kakakmu saat kuliah dulu.)
  4. You weren’t very patient. (Kamu nggak begitu sabar.)
  5. Were they in the haunted house? (Apakah mereka berada di rumah berhantu itu?)
  6. Bananas were her favorite fruit. (Pisang adalah buah kesukaannya dulu.)

Dari keenam kalimat Simple Past Tense di atas, apakah kamu mulai paham penggunaan Was & Were?

Jika masih belum paham penggunaan seperti apa, lanjut baca. Pada subpoin keempat ada penjelasan mengapa sebuah kalimat menggunakan Was dan Were.

You will surely find the answer. Keep moving!

Ingin mahir membuat kalimat dalam Bahasa Inggris? Pilih dan pelajari materi dasar berikut:

 

3. Penggunaan Was dan Were dalam Past Continuous Tense

Tadi udah disebutkan sekilas bahwa penggunaan Was & Were bukan hanya untuk Simple Past Tense. Was ataupun Were bisa dipasangkan dengan kata kerja, asalkan kata kerja itu adalah Verb-ing.

Was/Were dipasangkan dengan Verb-ing ini adalah pola Past Continuous Tense. Jenis pola ini menyatakan kegiatan atau hal yang sedang dilakukan di masa lalu. Kalau di masa sekarang kita punya Present Continuous Tense, nah, di masa lampau ada namanya Past Continuous Tense.

Ada banyak jenis kata kerja dalam bahasa Inggris dan digunakan dalam TENSES yang berbeda. Yap, materi bahasa Inggris emang buanyaakk banget. Jika kamu bingung mulai belajar dari mana, jangan khawatir karena semuanya sudah ada dalam ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

Dalam Past Continuous Tense, Was/Were dipasangkan dengan Verb-ing. Coba perhatikan contoh penggunaan berikut ini.

  1. I was eating my lunch at 2 p.m. yesterday. (Aku sedang makan siang jam 2 kemarin.)
  2. She wasn’t watching TV when I came. (Ia tidak sedang nonton TV saat aku datang.)
  3. Was a policeman looking for me last night at 10 o’clock? (Apakah polisi sedang mencariku kemarin malam jam 10?)
  4. They were siting here and waiting for you. (Kami sedang duduk di sini dan menunggumu.)
  5. You were not listening to her. (Kamu tidak sedang mendengarkannya.)
  6. Some monkeys were attacking a tourist yesterday morning. (Beberapa monyet sedang menyerang seorang turis kemarin pagi.)

Dari keenam contoh penggunaan di atas, apa kamu menemukan kalimat negatif? Yap, kamu hanya perlu menambahkan kata “not” setelah Was/Were.

Ciri utama Past Continuous Tense adalah selalu menggunakan Present Participle alias kata kerja Verb-ing. Jadi, nggak ada ceritanya kalau membuat Past Continuous Tense tanpa penggunaan Verb-ing.

Jika ingin menyatakan sesuatu yang sedang terjadi dalam waktu tertentu di masa lalu, gunakanlah Past Continuous Tense. Coba ingat-ingat apa yang sedang kamu lakukan jam 1 kemarin siang? Coba jawab pake bahasa Inggris.

Untuk menjawab pertanyaan itu, kamu tentu bakal menggunakan Past Continuous Tense. Mengapa? Karena waktunya spesifik yaitu jam 1 kemarin siang. Dan pertanyaannya: apa yang SEDANG kamu lakukan waktu itu?

Gampang kan? Intinya, penggunaan Was & Were adalah untuk membuat kalimat Past Continuous Tense. Jangan lupa didampingi dengan kata kerja Verb-ing ya.

Pengen tahu mengapa sebuah kalimat bahasa Inggris menggunakan Was/Were? Yuk simak jawabannya di subpoin keempat.

Belajar Bahasa Inggris bisa diibaratkan kayak traveling. Yuk simak: Belajar Bahasa Inggris Sama Kayak Traveling lho: Ini 7 Alasan Unik.

 

4. Penggunaan Was dan Were dalam Kalimat To Be Verbs

Penggunaan Was dan Were dalam Kalimat Non Verbal Nominal
Kenapa harus menggunakan Was/Were? Kenapa nggak pakai Did? Apa bedanya Was, Were dan Did? Apakah kamu dikelilingi dengan pertanyaan seperti ini? Atau kamu sudah menemukan jawabannya?

Pada Simple Past Tense, banyak yang mengatakan bahwa Was dan Were adalah bukan kata kerja. Padahal Was dan Were adalah masuk ke kategori kata kerja To Be sehingga disebut To Be Verbs. Karena dianggap bukan kata kerja, makanya kalimat dengan To Be Verbs sering disebut kalimat Non Verbal atau Nominal.

Penggunaan Was dan Were dalam kalimat Simple Past diikuti oleh kata sifat (Adjective), benda (Noun) atau keterangan (Adverb).
Sedangkan penggunaan Did adalah sebagai kata kerja bantu dalam kalimat negatif atau pertanyaan (interogatif) yang ada kata kerja Verb.

Jadi, penggunaan DID pada kalimat VERB, sedangkan penggunaan WAS/WERE pada kalimat TO BE VERB (ada kata sifat, benda atau keterangan).

Yap ada banyak jenis kata dalam bahasa Inggris. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat menguasai bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Caranya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

Coba bandingkan contoh berikut.

  1. I was hungry. (Aku lapar.) –> To Be Was & “hungry” termasuk kata sifat Adjective
  2. I ate some biscuits. (Aku makan beberapa biskuit.) –> Verb ate & termasuk kalimat POSITIVE
  3. Were they in my house? (Apakah mereka ada di rumah saya?) –> To Be Were & “in my house” termasuk keterangan tempat (Adverb)
  4. Did They play hide and seek. (Apakah mereka bermain petak umpet?) –> Verb play & termasuk kalimat INTEROGATIF
  5. You were not a bad guy. (Kau bukanlah pria yang jahat.) –>To Be Were & “a bad guy” adalah kata benda (Noun)
  6. You didn’t do bad things. (Kau tidak melakukan hal yang buruk.) –> Verb do & termasuk kalimat NEGATIF

Sudah paham mengapa dalam sebuah kalimat menggunakan Was/Were? Selain untuk Active Voice, Was dan Were juga digunakan dalam Passive Voice. Cek contoh penggunaan pada subpoin kelima.

Ingin tahu bedanya kalimat Verbal dan Non Verbal? Atau ingin tahu lebih lanjut tentang kata keterangan (Adverb)? Yuk simak penjelasan lengkap dalam artikel berikut:

 

5. Penggunaan Was dan Were dalam Kalimat Pasif (Passive Voice)

Penggunaan Was dan Were dalam Kalimat Pasif (Passive Voice) Simple Past dan Past Continuous
Kalimat Verbal (dengan kata kerja) yang memiliki Obyek, bisa diubah menjadi Passive Voice. Nah, saat inilah Was dan Were digabung dengan kata kerja Verb 3.

Siapa bilang kalau penggunaan To Be (Is, Am, Are, Was, Were) nggak boleh digabung dengan kata kerja? Continuous Tense menggabungkan To Be dengan kata kerja Verb-ing. Lagi, Passive Voice dibentuk dari penggunaan To Be dan kata kerja Verb 3.

Masih ingat gimana mengubah aktif menjadi pasif dalam bahasa Inggris? Coba perhatikan contoh berikut.

PAST CONTINUOUS TENSE

  1. Active: She was cooking my favourite food yesterday at 1 p.m.
    Passive: My favourite food was being cooked by her yesterday at 1 p.m.
  2. Active: They were finishing Science project when I came.
    Passive: Science project was being finished by them when I came.
  3. Active: You were eating their bananas.
    Passive: Their bananas were being eaten.

SIMPLE PAST TENSE

  1. Active: She cooked my favourite food yesterday.
    Passive: My favourite food was cooked by her yesterday.
  2. Active: They finished Science project last week.
    Passive: Science project was finished by them last week.
  3. Active: You ate their bananas.
    Passive: Their bananas were eaten.

Pada Past Continuous Tense, Was dan Were digunakan pada kedua kalimat baik itu aktif maupun pasif. Sedangkan pada Simple Past Tense, Was dan Were digunakan pada kalimat pasif.

Jika masih pengen explore tentang Passive Voice pada kedua tenses di atas, kamu bisa cari materinya di akhir postingan ini. Ada list materi lainnya juga. Lengkap deh pokoknya!

Ingin meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris? Salah satu caranya dengan mempelajari materi-materi berikut:

 

6. Contoh Penggunaan Was dan Were dalam Bahasa Inggris

Contoh penggunaan Was & Were udah banyak banget dikasih. Masih pengen lagi? Oke deh. Saya kasih yang campur saja ya. Campur-campur, emang lebih enak!

Ada Simple Past Tense, Past Continuous Tense dan Passive Voice. Saya nggak akan label pada setiap contoh. Coba tentukan sendiri penggunaan tenses di bawah ini.

Check them out!

  1. It was the first time she had driven a car.
  2. She was washing her own clothes when her parents weren’t at home.
  3. At first, they weren’t nice and friendly.
  4. Were you payed $100 per hour to write the articles?
  5. The second chance was being given to her to prove that she was right.
  6. The rooms were being cleaned when I arrived..
  7. We were being followed by a mysterious man.
  8. Two people were arrested last night.
  9. I wasn’t reading a book at 8.00 yesterday morning.
  10. Was he angry because they were late?

Membaca banyak contoh kalimat dapat meningkatkan bahasa Inggris. Berikut Contoh Kalimat Past Tense Lengkap yaitu Simple, Continuous, Perfect, dan Perfect Continuous: Contoh Kalimat Past Tense Lengkap (Simple, Continuous, Perfect, Perfect Continuous)

***

Akhirnya sampai pada bagian closing. Intinya, penggunaan Was dan Were adalah untuk kalimat Simple Past, Past Continous dan Passive Voice. Ingat juga kelompok Subyek yang berpasangan dengan Was dan apa saja yang dipasangkan dengan Were.

Selamat menjelajah samudera pengetahuan!

Pengen tahu lebih banyak tentang Simple Past Tense? Nih, semua materinya ada di bawah ini. Tinggal klik materi yang ingin kamu pahami.

Unit 1: Ayo Kenalan Dulu!

Semakin kenal, maka semakin mahir. Itulah pencapaian ilmu yang kamu peroleh jika mau kenalan dulu. Awali dengan pengertian, kenali pola kalimat kemudian gali terus contoh kalimatnya. Dengan begitu semoga kamu semakin kenal dengan Simple Past Tense.

Pengertian Simple Past

Rumus Simple Past

Contoh Kalimat Simple Past

Unit 2: Gali Ilmu Terus Yuk

Supaya bisa bikin kalimat Simple Past Tense sendiri, tak cukup tahu pola saja. Kamu harus kenal dengan WAS, WERE, DID. Pahami juga penggunaan kata kerja Verb 2. Agar lebih bervariasi, kamu bisa gunakan keterangan waktu yang sesuai. Dengan begitu ilmu yang kamu miliki semakin komplit.

Penggunaan Was dan Were

Kata Kerja Verb 2

Keterangan Waktu Simple Past

Unit 3: Selamat ya, Kamu Bisa!

Selain kalimat aktif, kamu juga bisa explore kalimat pasif alias passive voice. Biar semakin maknyus, baca juga paragraf dan dialog Simple Past Tense. Buktikan kemampuan diri dengan praktek bikin cerita dan dialog sendiri. Kamu pasti bisa.

Kalimat Pasif Simple Past

Contoh Paragraf Si mple Past

Contoh Dialog Simple Past
Website: www.englishcoo.com
Facebook: englishcoocom
Instagram: englishcoocom
Youtube: EnglishCoo

Ngerasa minder bahasa Inggrismu gitu-gitu ajah? Ingin mahir berbahasa Inggris tapi bingung mulai dari mana? Cari tahu jawabannya di link berikut. Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula

71 thoughts on “Penggunaan Was dan Were dalam Kalimat Past Tense Sederhana”

  1. Amam Musfiroh

    Thank you very much kak. Artikel ini sangat membantu bagi saya dan orang banyak. ☺
    Semoga diberkahi ilmunya kak.

    1. You’re welcome. Terimakasih banyak ya atas komentarnya. Semangat dan sukses ya! 😉

  2. Nada Fatia Ahsani

    Terimakasih untuk ilmu yang sudah dibagikan, ini sungguh sangat bermanfaat terutama untuk saya pribadi, jujur saya ingin sekali mahir bahasa Inggris, untuk mengikuti les bahasa Inggris pun saya memiliki kendala dikeuangan, tetapi di website ini materinya mudah saya fahami. Saya rasa apapun jalannya jika kita niat, rajin dan gigih dalam mengejar nya kita pasti akan bisa.
    Dan saya ingin mengucapkan terimakasih atas e-book yang sudah kak Deari buat, saya serasa diberi jalan yang sangat mudah untuk belajar bahasa Inggris, saya sudah menemukan jalan setelah sekian lama saya buntu ingin mahir bahasa Inggris, sekali lagi terimakasih banyak kak. Semoga apapun ilmu yang sudah Kaka share bermanfaat juga untuk yang lain. Semangat 😁💪

    1. Hai kak Nada,
      Wah, terimakasih banyak sudah meluangkan waktu untuk menuliskan komentar di website EnglishCoo. Senang sekali mengetahui bahwa website dan ebook EnglishCoo bermanfaat. Yap bener banget, asalkan ada niat apapun bisa dicapai koq. Where there is a will, there is a way. Di mana ada niat atau kemauan di situlah pasti ada jalan. Semangat ya kak dan semoga sukses! 😉

  3. Ika Ariartha

    Penasaran dengan kalimat ‘Who was your favorite rider on 2020..?’ Kalimatnya bertema past tense. Penggunaan WAS, apakah karena who bersifat singular..?

  4. Kak bener di sini paling ngerti tuk belajar bhs inggris. Tp sy punya pertanyaan
    1. Knp pd subj I (saya) dlm past tense menggunakan was (singular) TAPI klo dlm present perfect ” I have book” subjk I nya di golongkan ke jamak yh krn klo singular hrs ny pake Has bukan have
    2. Knp dlm past tense jika ada kalimat nominal menggunakan was atw were adjective ny ada yg di tambahkan ed jg dan ad juga adjctv ny yg tdk di tambhkn ed
    Contoh : i was excited
    George was hungry
    Mohon pencerahanny mksh bnyk kak

    1. Hai Ety,
      Wah, terimakasih atas komentarnya. Senang mengetahui kalau blog ini bermanfaat. Terimkasih juga atas pertanyaannya. Berikut penjelasan yang dapat saya berikan:

      1. Dalam Simple Past, penggunaan WAS dan WERE memang dilihat dari singular atau plural. WAS digunakan untuk kata ganti singular/tunggal (I, She, He, It) sedangkan WERE untuk kata ganti plural/jamak (We, You, They). Namun dalam Present Perfect, penggunaan HAVE dan HAS tidak terlalu dilihat dari singular atau plural, tapi dilihat dari kata ganti orang keberapa. HAVE digunakan untuk kata ganti orang pertama dan kedua (I, We, You) dan kata ganti orang ketiga plural (They) sedangkan HAS digunakan untuk kata ganti orang ketiga singular (She, He, It). Demikian aturannya.
      2. Ada adjective yang dibentuk dari kata kerja ditambah akhiran -ING dan -ED. Misalnya excited – exciting, bored – boring.

      Kedua penjelasan tersebut merupakan materi dasar yang harus dikuasai untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. EnglishCoo sudah meluncurkan ebook panduan belajar bahasa Inggris yang membahas materi-materi dasar secara lengkap dan jelas. Jika ingin mengetahui tentang ebook EnglishCoo klik di sini ya. Semangat belajar dan semoga sukses ya! 😉

  5. Erwin dwi meriana

    Trimkash mba, artikelnya sangat bagus sekali ,mba tips untuk lulus toefel gimana ya

    1. Hai Erwin,
      Sama-sama. Terimakasih sudah berkunjung dan menulis komentar di EnglishCoo. Perbanyak latihan soal TOEFL, bisa beli buku atau ikuti test toefl online free. Supaya kemampuan Listening meningkat, sering2 nonton film pake subtitle Bahasa Inggris, dengarkan video atau audio Bahasa Inggris. Sewaktu tes Reading, baca soalnya dulu kemudian baru cari jawabannya dalam teks. Buat jadwal belajar dan ikuti jadwal itu dengan konsisten. Semoga berhasil ya!

  6. kak mohon pencerahannya, saya baru belajar bahasa inggris, saya bingung dengan kalimat ini kak, “This group was ended” disitu ada kalimat ended sedangkan di artikel kakak kalau sudah ada V2 tidak usah menggunakan was lagi, mohon pencerahan nya kak, terimakasih 🙂

    1. Hai Ninda,
      Sama-sama. Wah, senang sekali bisa membantu. Semangat belajar! 😉

  7. Terimakasih atas ilmu yg telah dibagikan. Penjelasannya cukup mudah dipahami. Dan cukup lengkap dari mulai pengenalan. Mba deari juga cantik dengan kacamatanya. Salam kenal ya ^_^~

    1. Hai Thomas,
      Sama-sama. Terimakasih telah mampir ke blog EnglishCoo dan menulis komentar positif. Senang berkenalan via online 😉

  8. Mbak, yg two people were arrested last night itu kalimat simple past tense ya???

    1. Setelah menemukan artikel ini, semangat belajar dalam memahami bahasa Inggris saya jadi meningkat. Padahal di beberapa waktu saya kehilangan minat mempelajari bahasa Inggris lebih jauh. Terimakasih banyak atas artikelnya, kak. Sangat membantu sekali.

    2. Hi RySwan
      Sama-sama. Senang bisa membantu meningkatkan pemahaman dan minatmu untuk belajar Bahasa Inggris. Terimakasih atas apresiasinya. Semoga sukses ya!

  9. ahhhh… pucinx pala berbie. menyesal sering kabur pas kelas bahasa inggris. 🙁

    1. Hai Mas Boy
      Ha ha, tidak apa yang penting sekarang nggak skip-skip lagi. Semangat belajar!

  10. Wah.. keliatannya seru dan gampang hehe. tapi belom sepenuhnya mengerti hehehe.

  11. Rifki ilham

    Wahh…jadi mudah beljrnya..mudah juga di pahami
    Thanks youu😙😘😘😘

    1. Hi Rifki,
      You are welcome. Wah, mantap banget. Semangat terus ya belajarnya!

  12. Fakhrul Reyza

    Sangat jelas dan mudah dipahami,pelajaran dari skolah yg kurang jelas bisa terjawab disinii,mantepl dahh👍👍

    1. Hi Fakhrul,
      Wah, nggak sia-sia nih penulis begadang bikin artikel EnglishCoo. Ternyata ada manfaatnya juga. Senangnya. Terimakasih komentarnya.

  13. This article is very important to me 😀
    terimakasih ka 🙂

    1. Hi Syira,
      You are welcome. I really appreciate it.
      Have a good day! 😉

  14. kaka maaf ko q mendadak jadi bingung ya… untuk penggunaan was dan have has yang sama sama di gunakan untuk yang sudah terjadi..itu cara menbedaknnya bagaimana ya ka?
    terimakasih

  15. Mr. Karnita

    Terima kasih, materinya sangat membantu saya belajar bahasa Inggris.

  16. materinya lengkap, bagus, dan mudah dipahami, terima kasih.😇👍👍

    1. Hi, Rozak.
      Terimakasih atas komenntarnya. Semoga tambah semangat belajar bahasa Inggrisnya.
      Sukses ya!

  17. Terima kasih sudah share ilmunya,
    Keep up doing great works ,^.^

    1. Hi Jimmy,
      Sama-sama. Terimakasih sudah menulis komentar dan berkunjung ke EnglishCoo.
      Have a good day!

  18. sumpah..bagus banget ni penjelasannya..gampang masuk akal n pencernaan😂😂
    makasih buanyak saaay..love u love u much

    1. Hai Haysia,
      Namamu unik dan cantik 😉
      Wah, senang banget artikel ini bermanfaat buat kamu.
      Sama-sama and love you too. Semangat belajar! 😉

  19. Marcellina

    Sangat membantu sekali dan mudah dipahami👌🏻👌🏻
    Belajar jadi ga ribet deh
    Thankyou!💕💕

    1. Hi Marcellina
      Terimakasih sudah berkunjung dan menulis komentar di blog EnglishCoo.
      Senang bisa membantumu.
      Semangat belajar!

  20. I really to say thank you for your articles. You know what? I was reading many articles in google. But your articles are the completes. 😂 and now, i got it.
    sorry if my english so bad. You can check my sentences and give a comment😂 i just want to improve my english 😞

    1. Hi Tresea,
      Don’t be sorry for your English skills. You need to be proud that you can comment here using English.
      You just need to learn more about sentence structure for example: “I really WANT to thank you for your articles… But your articles are the COMPLETE ones…”
      Thank you for leaving a positive comment here. I’m so happy that this blog is beneficial for you.

  21. Waahhh bagguuss… penjelasannya terang benderang & mudah dimengerti. Trimakasih. Sangat bermanfaat 👍🏽

    1. Hi Eva,
      Yup, sama-sama. Thanks udah membaca dan menulis komentar.
      Semoga sukses!

  22. Hallo ibu dari awal saya belajar bahasa ingris tentang tenses. Baru kali ini saya mengerti tentang penjelasannya dan masok ke otak saya. Dari smp sampe sma kosong ke otak saya bu. Banyak buku gramer yg pernah saya baca tapi gk tau kenapa ga ngerti2 saya. Makasi ibu deari, thanks a lot
    Terus berkaria ya bu saya tunggu tulisan2nya.

    1. Hi, Jefri
      Wow, senang sekali mendengar kalau artikel-artikel di EnglishCoo membantumu lebih paham Bahasa Inggris.
      Terimakasih telah berkunjung dan menulis komentar di blog ini.
      Sukses untukmu ya and Have a good day!

  23. sangat jelas sekali, mudah dipahami dan singkat.
    cuma mau tanya aja, yang contoh terakhir no 4 “Were you payed $100 per hour to write the articles?
    ” itu setelah were kenapa ada verb 2 yah? payed itu verb 2 kan? atau emang gitu cara buat kalimat tanya versi lampau? menggunakan was/were + subject + verb 2?
    maaf mungkin rada nyelekit di hati, tapi saya nggak mau bingung sendiri hehe…

    1. apakah ini kalimat pasif? waduh malah bingung cara bedain pasif sama aktif

    2. Hi, Fadhil
      Coba deh bedain 2 kalimat ini:

      1. Did they pay you $100 per hour to write the articles? (Apakah mereka membayarmu $100 per jam untuk menulis artikel?)
      2. Were you payed $100 per hour to write the articles? (Apakah kamu dibayar $100 per jam untuk menulis artikel?)

      Lihat kata kerja bantu dan kata kerja yang digunakan. DID + S + VERB1 untuk kalimat aktif (pertanyaan) sedangkan WAS/WERE + S + VERB3 untuk kalimat pasif (pertanyaan).

      Semoga bermanfaat.

  24. Dar Jamilah Sari

    Terimakasih, penjelasan disini sangat sangat membantu. Kata2 yg digunakan juga mudah dipahami. Terimakasih banyakkk😊 Jadi website favorite nih👍

    1. Halo Dar Jamilah,
      Sama-sama.
      Wow, makasih udah berkunjung dan meninggalkan komentar yang menyejukkan. I really appreciate it. Have a good day 😉

    1. Halo Mili,
      Soal latihan untuk Simple Past Tense, terutama Was dan Were belum ada. Nanti akan diupdate lagi.
      Terimakasih.

  25. Wah, mantap penjelasannya lengkap. 😊👍
    Saran sy di akhir buat pertanyaan/soal dan kunci jwabannya min, biar bisa buat latihan supaya lebih paham. 🙂

    1. Hi, Wildan
      Wow, saran yang bagus! Sudah diterapkan di beberapa materi bahasa Inggris di blog ini.
      Nanti akan ditindaklanjuti lagi. Makasih ya.

  26. Pada lagu:
    “I was created to worship you”

    Kenapa was (kalimat nominal) bareng dengan kalimat created (kalimat verbal)?

    Apakah penggunaan was dan were ini hanya berlaku jika yang membuat kalimat adalah subjek?

    1. Hi, Agustin
      Kalimat “I was created to worship you” adalah contoh kalimat Pasif.

      Was dan Were juga bisa dipasangkan dengan kata kerja (Verb) seperti dalam kalimat Present Continuous (Was/Were + Verb-ing) dan kalimat Pasif (Was/Were + Verb3). Dalam artikel ini juga sudah dijelaskan tentang penggunaan Was dan Were dalam kalimat pasif.

      Semoga bermanfaat 😉

  27. Ms, kenapa pada contoh kalimat “Were you payed $100 per hour to write the articles?” itu, kata write tidak menjadi wrote? Bukannya kalimat tersebut konteksnya lampau?

    1. Hi, Azzah
      Jadi gini, kata kerja “write” nggak mengalami perubahan bentuk menjadi “wrote” karena ada kata “TO”. To selalu diikuti kata kerja pertama yang disebut dengan to infinitive. Walaupun kalimatnya lampau, kata kerja setelah TO haruslah present verb (Verb 1)

      Biar lebih mantap, nih contoh lainnya: She wanted to eat pizza two hours ago. (2 jam yang lalu alias sudah lewat)
      Pake kata kerja WANTED dan TO EAT (BUKAN ate, apalagi eaten)

      Semoga semakin paham ya…
      Anyway, thanks for your question. It’s amazing!

  28. setelah ane baca ane sedikit bingung min cara bedakan simple past dan past continuous tense @@

    btw thanks artikelnya 🙂

    1. Hi,
      Yap, mungkin nanti bakal dibikinin artikel khusus ngebahas Simple Past vs Past Continuous.

      Mereka sama2 dipake untuk menyatakan masa lalu. Bedanya, Simple Past itu waktunya nggak spesifik. Sedangkan Past Continuous menyatakan kegiatan dalam waktu spesifik.

      Contoh:
      “What did you do yesterday?” (Simple Past) –> nanya kegiatan secara umum yang dilakukan kemarin
      “What were you doing yesterday morning at 10 o’clock?” (Past Continuous) –>nanya hal yang sedang dilakukan pada waktu spesifik kemarin.

      Semoga bisa dipahami dengan baik. Have a good day!

Leave a Comment

Your email address will not be published.