Penggunaan Will dan Going To itu Sederhana dan Mudah Dipahami

Penggunaan Will dan Going To

EnglishCoo – Penggunaan Will dan Going To nggak seribet yang dibayangkan lho, sangat sederhana serta mudah dipahami. Perbedaannya: Will lebih spontanitas sedangkan Going To lebih terencana. Itu saja.

Bicara tentang Present Future Tense nggak pernah lepas dari penggunaan Will dan Going To. Banyak pelajar masih bingung dengan penggunaan keduanya. Kapan kita menggunakan Will dan kapan menggunakan Going To.

Pada artikel sebelumnya saya lebih sering menyebut Be Going To daripada Going To saja. Tujuannya agar kita ingat memberi To Be (Is / Am / Are) sebelum kata Going To. Dalam artikel ini saya akan gunakan Going To saja. Jika menekankan pada To Be maka digunakan sebutan Be Going To.

Ada 5 subpoin dibahas dalam artikel ini:

  1. Mengenal arti kata Will dan Going To
  2. Contoh kalimat Simple Future Tense menggunakan WILL
  3. Contoh kalimat Simple Future Tense menggunakan Be Going To
  4. Rumus Penggunaan Will dan Going To dalam Simple Future Tense
  5. Contoh Soal Penggunaaan Will dan Going To

Penggunaan Will dan Going To sudah pernah dibahas dalam beberapa artikel sebelumnya. Bahkan dalam artikel tentang contoh kalimat aktif dan pasif sudah diberikan rumusnya juga. Tetap saja saya tertarik untuk membahasnya kembali.

Sebelum membuat artikel ini, saya bertanya-tanya apa masih perlu membahas penggunaan Will dan Going To secara spesifik lagi. Setelah menimbang-nimbang berbagai hal, saya putuskan untuk menyediakan materi penggunaan Will dan Going To karena merupakan dasar untuk memahami pola Simple Future Tense.

 

1. Mengenal Arti Kata Will dan Going To

Perbedaan Will dan Going To serta Artinya


Sebelum membahas penggunaan Will dan Going To, apakah kamu sudah mengenal arti kata Will dan Going To? Mungkin banyak pelajar menganggap gampang saja karena artinya sama yaitu AKAN.

Pengertian WILL

Will adalah sebuah modal auxiliary verb yang digunakan untuk memberi makna pada kalimat Present Future Tense. Apa itu Modal Auxiliary Verb? Mungkin kalian pernah mendengar istilah bahasa Inggris tersebut?

Sekilas saja ya, Modal Auxiliary Verb disebut juga kata kerja bantu dalam bahasa Indonesia. Namanya juga kata bantu, ya fungsinya membantu kata kerja dong. Untuk apa? Memberi makna lebih jelas tentang waktu dan mempertegas fungsinya.

Coba bandingkan,
pertama:“I eat an apple”
kedua: “I will eat an apple”.

Apakah kamu dapat melihat perbedaannya? Yang pertama berarti aku makan apel (mungkin setiap hari atau secara teratur) sedangkan yang kedua berarti aku akan makan apel (nanti atau di kemudian hari). Nah, beda bukan?

So, penggunaan Modal Auxiliary Verb WILL berguna untuk memberi makna tentang apa yang akan dilakukan nanti di masa mendatang pada kalimat Present Future Tense.

Pengertian BE GOING TO

Bagaimana dengan Be Going To? Sama ajah. Be itu juga termasuk Auxiliary Verb alias kata kerja bantu. Untuk Simple Future kita menggunakan Be dalam bentuk Present yaitu Is, Am, Are sesuai dengan Subjeknya. Subjek I berpasangan dengan AM; Subjek She, He, It berpasangan dengan IS dan terakhir They, We, You diikuti oleh ARE.

Banyak pelajar pemula kebingungan dengan pola kalimat Be Going To. Mereka mengira sama dengan Present Continuous. Yap, polanya emang agak mirip dengan Continuous, hanya saja Be Going To ditambah Verb 1 sedangkan Continuous berisi Verb-ing.

Coba bedakan sendiri yuk!
Continuous: I am going to Marsya’s house.
Be Going To: I am going to study Math there.

Kalimat Continuous diatas berarti aku (sedang) pergi ke rumah Marsya. Sedangkan yang kedua menyatakan hal yang akan dilakukan di sana yaitu belajar Matematika. Setelah Be Going To diikuti VERB1 untuk Verbal dan BE untuk NonVerbal/Nominal.

Sampai di sini masih bingung? Bagus! Lho, koq??? Iya, itu artinya kamu berpikir. Pelan-pelan saja. Agar lebih paham sebaiknya kita tahu perbedaan Will dan Going To berikut.

Perbedaan WILL dan GOING TO

Setelah tahu arti keduanya masing-masing, sekarang kita bahas apa perbedaan Will dan Going To. Topik ini sih sudah dibahas secara lengkap banget dalam artikel Pengertian dan Fungsi. Kalau kamu ingin menambah pengetahuan tentang perbedaan Will dan Going To secara lengkap, lanjut ke artikel tentang pengertian Simple Future Tense setelah selesai membaca postingan ini ya.

Saya tampilkan satu image yang menggambarkan secara jelas perbedaan Will dan Going To.
Penggunaan Will dan Be Going To dalam Kalimat Simple Future Tense
Perhatikan gambar di atas; penggunaan Will dan Going to saya ambil dari sebuah buku berjudul “Elementary English Grammar” karya Digby Beaumont, halaman 142. Ada 2 gambar dengan 3 karakter yaitu seorang Ibu, seorang anak kira-kira berusia 10 tahun dan seekor anjing (sepertinya bukan anjing mereka). Kedua gambar tersebut menampilkan cerita berangkaian.

Gambar Pertama: Seekor anjing sedang tidur. Ibu dan anak melintas dan melihat anjing tersebut. Si anak mencoba menyentuh anjing itu. Ibu melarang serta memberi peringatan dengan berpendapat “Don’t touch that dog. He will bite you.”

Gambar Kedua: Namun, si anak malah menyentuh anjing itu. Apa yang terjadi kemudian? Tentu saja anjing merasa terusik, terganggu dan marah. Ibu berteriak panik, memperingatkan anak agar menjauh “Look out! He is going to bite you.”

Dapatkah kamu melihat perbedaan Will dan Going To? Lihat dua kalimat bergaris bawah. “He will bite you” hanya pendapat atau perkiraan saja. Bisa terjadi bisa juga tidak. Tapi saat mengatakan “He is going to bite you”, si Ibu yakin apa yang benar-benar akan terjadi karena melihat keadaan sekarang yaitu si anjing marah.

Selain itu, penggunaan WILL adalah untuk hal yang belum pasti atau keputusan yang baru dibuat saat bicara. Misalnya saat ditanya akan ke mana malam mingguan dan kamu belum punya rencana kemudian saat itu juga memutuskan nggak kemana-mana. “I don’t know. I will probably stay at home.

Namun, penggunaan Be Going To adalah untuk menyatakan rencana yang sudah diputuskan sebelumnya. Rencana pasti. Misalnya saat ditanya malam minggu akan ke mana, dan kamu sudah punya rencana mengunjungi kakek-nenek sehingga bisa menjawab “I am going to visit my grandparents.

Sudah jelas perbedaan Will dan Going to? Untuk menambah pengetahuanmu, nanti baca artikel tentang Pengertian Simple Future Tense ya. Yuk sekarang lanjut ke subpoin kedua untuk membaca contoh kalimat menggunakan Will dan Going to berikut.

 

Tambahan Pengetahuan Penggunaan Will dan Going To

Subyek kata pengganti seperti They, We, I, You, She, He, It dan WILL bisa disingkat. Hanya perlu menambahkan apostrophe alias tanda petik tunggal yaitu (‘). Sedangkan untuk penggunaan will pada kalimat negatif bisa disingkat WILL NOT menjadi WON’T.

  • I will/shall = I’ll
  • We will/shall = We’ll
  • They will = They’ll
  • She will = She’ll
  • He will = He’ll
  • dst.

Selain itu, Going To juga bisa disingkat menjadi Gonna. Tapi ini biasanya digunakan dalam situasi nggak formal atau saat berbicara. Perhatikan contoh berikut ini.

  • I am going to learn Math = I’m gonna learn Math
  • She is going to clean her car = She’s gonna clean her car
  • They are going to buy some food = They’re gonna buy some food
  • dst.

 

2. Contoh Kalimat Simple Future Tense Menggunakan Will

Penggunaan Will dalam Contoh Kalimat Simple Future Tense
Belajar tenses bahasa Inggris emang harus membaca contoh. Apalagi jika ingin tahu penggunaan Will dan Going To, ya mesti pahami dengan contohnya. Pada akhirnya kamu mampu membuat kalimat bahasa Inggris sendiri menggunakan Will dan Going To.

Pertama-tama, kita membahas Modal Auxiliary Verb WILL dulu ya. Ada 2 jenisnya yaitu VERBAL dan NONVERBAL. Masih ingat dengan keduanya? Sesuai dengan namanya, Verbal ditandai dengan adanya kata kerja (WILL + VERB 1). Sedangkan NonVerbal tidak ada kata kerja, tapi ada Be yang diikuti kata benda Noun atau kata sifat Adjective atau kata keterangan Adverb (WILL BE + NOUN/ADJ/ADV).

Singkatan untuk penggunaan Will dalam

Supaya lebih nyata dan nggak membayang-bayangkan saja, yuk kita simak penggunaan will dalam contoh kalimat bahasa Inggris beserta terjemahannya. Bahkan dilengkapi juga dengan positif, negatif dan interogatif alias pertanyaan. Check them out!

 

Contoh Penggunaan WILL + VERB 1

  1. (+) I will phone him after this class. (Saya akan menghubunginya setelah kelas ini.)
    (-) I will not phone him tomorrow. (Saya tidak akan menghubunginya besok.)
    (?) Will you phone him tomorrow? (Apakah Anda akan menghubunginya besok?)
  2. (+) She will help you to clean this room. (Ia akan membantu Anda membersihkan ruangan ini.)
    (-) They won’t help you to clean this room. (Mereka tidak akan membantu Anda membersihkan ruangan ini.)
    (?) Who will help me to clean this room? (Siapa yang akan membantu saya membersihkan ruangan ini?)
  3. (+) My friends and I will go out when it stops raining. (Teman-teman dan aku akan keluar ketika hujan berhenti.)
    (-) My friends and I will not go out if it keeps raining. (Teman-teman dan aku tidak akan keluar jika tetap hujan.)
    (?) Will you and your friends go out when it stops raining? (Akankah kamu dan teman-temanmu keluar ketika hujan berhenti?)
  4. (+) They’ll probably invite lots of people to the party. (Mereka mungkin akan mengundang banyak orang ke pesta itu.)
    (-) I think they won’t invite Jacky to the party (Aku pikir mereka tidak akan mengundang Jacky ke pesta itu.)
    (?) Will they invite Jacky to the party? (Apakah mereka akan mengundang Jacky ke pesta itu?)
  5. (+) He’ll pay you back on Monday. (Dia akan membayarmu kembali hari Senin.)
    (-) I am sure he won’t forget to pay you on Monday. (Aku yakin ia tidak akan lupa membayarmu kembali hari Senin)
    (?) When will he pay me back? (Kapan ia akan membayarku kembali?)

 

Contoh Penggunaan WILL BE + NOUN/ADJ/ADV

  1. (+) Her parents will be in Japan next year. (Orang tuanya akan ada di Jepang tahun depan.)
    (-) Her parents will not be in Europe next year. (Orang tuanya tidak akan ada di Eropa tahun depan.)
    (?) Where will her parents be next year? (Akan ada di manakah orang tuanya tahun depan?)
  2. (+) I’ll be at home this evening. (Saya akan berada di rumah malam ini.)
    (-) I’ll not be at home tomorrow evening. (Saya tidak akan ada di rumah besok malam.)
    (?) Will you be at home this evening? (Akankah Anda berada di rumah malam ini?)
  3. (+) You will be exhausted if you don’t take a rest. (Kamu akan kelelahan jika tak beristirahat.)
    (-) You won’t be relaxed if you think too much. (Kamu tidak akan rileks jika berpikir terlalu banyak.)
    (?) Will I be exhausted if I don’t take a rest? (Akankah saya kelelahan jika tidak beristirahat?)
  4. (+) She’ll be worried if I don’t text her. (Ia akan khawatir jika aku tidak mengiriminya SMS.)
    (-) She won’t be happy if I come home late. (Ia tidak akan bahagia apabila aku pulang terlambat.)
    (?) Will she be happy if you come home late? (Apakah ia akan bahagia jika kamu terlambat pulang?)
  5. (+) I am sure he will be a husband soon. (Saya yakin dia akan segera menjadi seorang suami.)
    (-) He will not be a single man forever. (Dia tidak akan menjadi pria lajang selamanya.)
    (?) When will he be a husband? (Kapankah ia akan menjadi seorang suami?)

 

3. Contoh Kalimat Simple Future Tense Menggunakan Be Going To

Penggunaan Be Going To dalam Contoh Kalimat Simple Future Tense
Setelah membaca contoh kalimat dalam bahasa Inggris menggunakan Will, apakah kamu bisa membuat kalimat sendiri? Tenang, tenang, pada subpoin kelima ada waktunya kita praktek penggunaan will dan going to.

Loading...
berpenghasilan online dengan menulis artikel EnglishCoo

Sekarang lanjut ke penggunaan Going To dalam contoh kalimat bahasa Inggris. Ingat sebelumnya untuk menambahkan BE (Is, Am, Are) pilih sesuai dengan Subjeknya. Ada Verbal (BE GOING TO + VERB 1) dan NonVerbal (BE GOING TO BE + NOUN/ADJ/ADV) serta ada positif negatif interogatif juga. Wah, lengkap banget ya!

 

Contoh Penggunaan BE GOING TO + VERB 1

  1. (+) We are going to visit her tomorrow. (Kami akan mengunjunginya besok.)
    (-) We are not going to visit her this evening. (Kami tidak akan mengunjunginya malam ini.)
    (?) Are we going to visit her this evening? (Apakah kita akan mengunjunginya malam ini?)
  2. (+) Susan and Gusto are gonna go to Paris next week. (Susan dan Gusto akan pergi ke Paris minggu depan.)
    (-) Susan and Gusto aren’t gonna go to London next week. (Susan and Gusto tidak akan pergi ke London minggu depan.)
    (?) Where are Susan and Gusto gonna go next week? (Ke mana Susan dan Gusto akan pergi minggu depan?)
  3. (+) I’m gonna watch my favourite movie. (Aku akan menonton film kesukaanku.)
    (-) I’m not gonna watch the news. (Aku tidak akan menonton berita tersebut.)
    (?) Am I gonna watch the news? (Apakah aku akan menonton berita itu?)
  4. (+) She’s going to join a photography class this Friday. (Ia akan mengikuti kelas fotografi hari Jumat ini.)
    (-) She’s not going to join a beauty class this Friday. (Ia tidak akan mengikuti kelas kecantikan hari Jumat ini.)
    (?) What class is she going to join this Friday? (Kelas apa yang akan dia ikuti hari Jumat nanti?)
  5. (+) Mr. Elow is going to rent this house next month. (Pak Elow akan menyewa rumah ini bulan depan.)
    (-) Mr. Elow is not going to buy this house next week. (Pak Elow tidak akan membeli rumah ini bulan depan.)
    (?) Is Mr. Elow going to buy this house next month? (Apakah Pak Elow akan membeli rumah ini bulan depan?)

 

Contoh Penggunaan BE GOING TO BE + NOUN/ADJ/ADV

  1. (+) Rico and Chuan are gonna be participants of that competition. (Rico dan Chuan akan menjadi peserta kompetisi itu.)
    (-) Rico and Chuan aren’t gonna be judges of that competition. (Rico dan Chuan tidak akan menjadi juri kompetisi itu.)
    (?) Are Rico and Chuan gonna be judges of that competition? (Apakah Rico dan Chuan akan menjadi juri kompetisi itu?)
  2. (+) I am gonna be an employee at the end of this year. (Saya akan menjadi karyawan akhir tahun ini.)
    (-) I am not gonna be jobless at the end of this year. (Saya tidak akan menganggur akhir tahun ini.)
    (?) Am I gonna be jobless at the end of this year? (Apakah aku akan menganggur akhir tahun ini?)
  3. (+) Laura is going to be my roommate. (Laura akan menjadi teman sekamarku.)
    (-) Saskia isn’t going to be my roommate. (Saskia tidak akan menjadi teman sekamarku.)
    (?) Who is going to be my roommate? (Siapa yang akan menjadi teman sekamarku?)
  4. (+) He is going to be in Indonesia next February. (Ia akan ada di Indonesia Februari depan.)
    (-) He is not going to be in Thailand next February. (Ia tidak akan ada di Thailand Februari depan.)
    (?) Where is he going to be next February? (Di manakah ia akan berada Februari depan?)
  5. (+) We’re gonna be quiet in that room. (Kami akan tenang dalam ruangan itu.)
    (-) We aren’t gonna be noisy in that room. (Kami tidak akan berisik dalam ruangan itu.)
    (?) Are you gonna be quiet in that room? (Akankah kalian tenang dalam ruangan itu?)

 

4. Rumus Penggunaan Will dan Going To dalam Simple Future Tense

Sebenarnya rumusnya sudah dibahas dalam satu artikel terpisah. Tapi di sana saya hanya memberi rumus untuk penggunaan Will saja. Nah, di sini saya sajikan paket komplit yaitu Rumus Penggunaan Will dan Going To.

Sebelum lanjut, seperti biasa saya ingin agar kamu mencoba bikin rumus sendiri dulu ya. Caranya gimana? Mulai dengan membaca contoh. Kemudian buat coretan atau draft di atas kertas seperti apa kira-kira rumusnya. Trus baca contohnya lagi dan cocokkan dengan pola yang sudah kamu buat. Terakhir, baru deh cocokkan dengan rumus Will dan Going To versi EnglishCoo berikut.

Rumus Penggunaan Will dalam kalimat Simple Future Tense
Rumus Penggunaan Will dan Going To

Rumus Penggunaan Going To dalam kalimat Simple Future Tense
Rumus Penggunaan Will dan Going To dalam Present Future Tense

 

5. Yuk PRAKTEK Contoh Soal Penggunaan Will dan Going To dalam Kalimat Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris nggak cukup dengan teori saja, tapi perlu praktek supaya kita semakin paham. Saya berikan beberapa soal untuk mengasah kemampuanmu tentang penggunaan Will dan Be Going To.

Pertama, menyusun kata-kata acak menjadi kalimat Simple Future Tense yang sesuai. Kedua, melengkapi kalimat bahasa Inggris dengan Will, Will Be, Going To, Going To Be. Ketiga, membuat kalimat positif, negatif dan interogatif. Setelah praktek, kamu bisa intip kunci jawaban yang telah tersedia.

PRAKTEK 1 PENGGUNAAN WILL DAN GOING TO
Instruction: Arrange these words into proper sentences.

  1. I promise – to – I – won’t – it – anyone – tell
  2. What should I do? – clothes – wash – my – hhmm – I – will
  3. they – to – next – Surabaya – gonna – are – go – week

PRAKTEK 2 PENGGUNAAN WILL DAN GOING TO
Instruction: Complete these sentences using one of these choices: will / will be / going to / going to be.

  1. I think she … the next leader.
  2. We’ve got the highest score. We … the winners.
  3. They … meet Mr. President this Friday.
  4. You … get one free if you buy it now.

PRAKTEK 3 PENGGUNAAN WILL DAN GOING TO

  1. They will be here soon (Change into interrogative)
  2. Is she going to go to the cinema? (Change into negative)
  3. I am going to do my writing project this evening? (Change into interrogative with question word WHAT and subject YOU)

KUNCI JAWABAN

  1. I promise I won’t tell it to anyone.
  2. What should I do? Hhmm, I will wash my clothes.
  3. They are gonna go to Surabaya next week.
  4. I think she will be the next leader.
  5. We’ve got the highest score. We are going to be the winners.
  6. They are going to meet Mr. President this Friday.
  7. You‘ll get one free if you buy it now.
  8. Will they be here soon?
  9. She is not going to go to the cinema.
  10. What are you going to do this evening?

***

Penggunaan Will dan Going To sebenarnya gampang saja. Semakin banyak contoh yang kamu baca dan pahami ya semakin ngerti cara membuat kalimat Simple Future Tense menggunakan Will dan Be Going To. Ingat, nggak hanya sekedar membaca saja tapi juga dipahami.

Berikut ini list materi Simple Future Tense. Pilih materi bahasa Inggris ingin kamu kuasai dan tingkatkan pemahaman tentang Future Tense.

berpenghasilan online dengan menulis artikel EnglishCoo
Loading...

About Deari

I am a blogger who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

4 thoughts on “Penggunaan Will dan Going To itu Sederhana dan Mudah Dipahami

  1. Its awesome,,, sy senang bisa belajar dr artikel ibu,,, mudah dipahami dan diingat,,, klo disekolah (dulu) kurang paham krn gurunya g detail klo ngajar.

    1. Hai Bagus,
      Terimakasih banyak atas apresiasi dan komentar positif. Sangat senang mengetahui bahwa artikel EnglishCoo bermanfaat. Semangat belajar ya dan semoga sukses.

    1. Hai Mahbu,
      Wah, senang sekali membaca komentarmu. Terimakasih atas apresiasinya. Semangat belajar dan semoga sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.