Belajar Speaking dan Listening Lewat Film dengan Cara Santai

Belajar Speaking dan Listening Bahasa Inggris Lewat Film dengan Cara Santai

EnglishCoo – Belajar Speaking dan Listening dengan cara santai lewat film dapat meningkatkan skill Bahasa Inggris. Pilih movie favoritmu lalu lakukan langkah-langkah menyenangkan berikut.

Kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris, bisa kita ketahui dengan cara menilai empat skill Bahasa Inggris yaitu Speaking (berbicara), Listening (mendengar), Reading (membaca) & Writing (menulis). Semakin baik keempat skill ini, semakin baik pula kemampuan berbahasa Inggris.

Untuk menguasai keempat keterampilan di atas memang tidak mudah, bukan berarti tidak mungkin. Kamu perlu terus belajar serta berlatih dengan konsisten, maka sangat mungkin keempat skill dapat berkembang. Nah, kali ini kita akan fokus pada dua skill yaitu belajar Speaking dan Listening.

Apakah kamu suka nonton film atau movie Bahasa Inggris? Coba sebutkan tiga movie Bahasa Inggris favoritmu atau apa saja sudah pernah ditonton? Ternyata kegiatan menyenangkan ini dapat membantu meningkatkan keterampilan Speaking dan Listening lho. Bagaimana caranya ya?

Ada beberapa langkah perlu kamu lewati. Dalam setiap langkah, ada beberapa poin yang bisa kamu ikuti. Dilengkapi juga dengan tips agar sukses meningkatkan keterampilan Speaking dan Listening Bahasa Inggris. Yuk belajar Speaking dan Listening lewat film dengan melalui beberapa langkah berikut.

  1. Persiapan
  2. Pemanasan
  3. Pelaksanaan
  4. Evaluasi

By the way, tulisan ini hasil inspirasi dari seorang penulis lepas (baca tentang penulis di akhir artikel ya) dengan penambahan serta revisi dari EnglishCoo. Jika kamu suka berbagi pengetahuan bahasa Inggris plus ingin dapat honor juga, baca: Yuk Menulis untuk EnglishCoo dan Berpenghasilan Online.

 

1. Langkah Pertama Belajar Speaking dan Listening: PERSIAPAN

Belajar Speaking dan Listening Lewat Film Tahap Persiapan


Melakukan persiapan adalah hal yang paling penting. Kita tidak mungkin bertempur tanpa mempersiapkan perlengkapan tempur. Sebelum belajar Speaking & Listening lewat film, terlebih dahulu harus mempersiapkan beberapa hal.

Sediakan buku catatan, kamus & alat tulis

Pertama-tama, sediakan dulu kamus, buku catatan beserta alat tulis. Kamus bisa menggunakan kamus online. Untuk buku dan alat tulis bisa diganti dengan notepad di hp atau laptop. Asalkan bisa mengetik dengan cepat, itu akan mempermudah. Perlengkapan ini akan berguna pada langkah selanjutnya untuk mendapatkan hasil belajar terbaik.

Sediakan film pilihanmu beserta media untuk memutarnya dan merekam suaramu

Pilih satu film dengan genre favoritmu, misalnya action, comedy, romance, crime, drama, fantacy, adventure, horror, dan sebagainya. Selain itu, sediakan media untuk menonton misalnya TV, laptop, komputer atau handphone). Jika memungkinkan, gunakan headset supaya pengucapan terdengar lebih jelas. Ingat juga menyediakan perekam suara untuk belajar Speaking.

Bingung memilih film apa? Ada banyak banget movie keren bisa ditonton ketika belajar Speaking dan Listening. Misalnya Harry Potter, The Hunger Games, Twilight, The Wizard of Oz, Notting Hill, Jurrasic Park, Toy Story, Moana, Brave, Coco, Mrs Peregrine’s Home For Peculiar, Happy Death Day, The Frozen Ground, Limitless, Lucy, The Butterfly Effect, Flatliners, Brain on Fire, serta masih banyak lagi. Subscribe saja Netflix, Iflix atau TV berlangganan untuk menonton movie kesukaanmu.

Tentukan waktu belajar Speaking dan Listening

Kapan kamu akan belajar dan berapa lama waktunya? Tentukan sekarang juga. Misalnya rencana melakukan kegiatan ini pada hari Senin, Rabu & Sabtu masing-masing selama 1 jam saja. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan durasi film lalu membaginya menjadi beberapa bagian. Anggap saja seperti nonton serial, tapi dapat sekalian belajar Speaking & Listening. Wah, komplit ya!

Ciptakan suasana kondusif untuk belajar Speaking dan Listening

Selain menyiapkan alat tulis, kamus, film & medianya, pastikan suasana serta lingkungan sekitar kondusif untuk belajar. Jika belajar di kamar, tutup pintu agar tak ada suara-suara dari luar mengganggumu. Sampaikan juga kepada orang-orang di sekitar rumah bahwa kamu sedang belajar sehingga mereka mengerti dan mendukungmu.

Kamu punya pengalaman seru? Ceritakan kegiatan sehari-hari (Daily Activity) atau cerita kegiatan hari libur akhir pekan. Jangan lupa baca dulu:

 

2. Langkah Kedua Belajar Speaking dan Listening: PEMANASAN

Belajar Speaking Bahasa Inggris Lewat Film dengan Mencatat Kosakata Sulit
Langkah kedua adalah pemanasan. Artinya, kamu sudah mulai beraksi tapi tetap santai. Tidak perlu terlalu serius. Santai saja dan nikmati setiap prosesnya. Ada beberapa langkah harus dilakukan pada tahap ini.

Tonton film menggunakan subtitle Bahasa Inggris

Setelah semuanya siap serta beres, saatnya mulai menonton movie pilihanmu menggunakan subtitle Bahasa Inggris. Jika merasa masih level pemula alias beginner, pilih movie yang sudah pernah ditonton sebelumnya. Hal ini sangat membantu memahami alur cerita dan mengerti konteks kalimat diucapkan para aktor.

Suka tantangan dan merasa kemampuanmu lebih tinggi? Kamu bisa menonton film baru dengan subtitle Bahasa Inggris. Tunggu sampai lima menitan. Apabila mengerti alurnya serta paham sebagian besar perkataan aktor, silahkan lanjut. Namun jika tak paham dan mulai pusing, ubah saja subtitle menjadi Bahasa Indonesia dulu. Setelah selesai menonton, istirahat sebentar kemudian tonton movie yang sama dengan subtitle Bahasa Inggris.

Catat kosakata dalam film yang tidak kamu pahami artinya

Saat menonton, kamu pasti akan menemukan kosakata-kosakata Bahasa Inggris yang tidak diketahui artinya. Catatlah kosakata-kosakata itu dalam buku catatan, hp atau laptop. Catat saja dulu, tanpa membuka kamus. Kalau bisa, catat sekalian frase atau kalimat agar paham makna berdasarkan konteksnya nanti.

Bagaimana jika banyak sekali kata-kata tak dipahami? Duh, pusing mencatat semuanya! Eits, jangan dicatat semuanya ya. Nanti malah membosankan. Kamu kan sudah pernah menonton film tersebut, ya kira-kira saja makna beberapa kata. Catat kata-kata paling sulit yang benar-benar tak dipahami maknanya.

Untuk memahami makna kosakata dengan baik, pelajari kata-kata yang sering membingungkan berikut: Confusing Words dalam Bahasa Inggris Penting Kamu Tahu.

Cari arti dari semua kosakata sulit yang sudah dicatat

Setelah menonton film selama 30 menit atau sesuai durasi yang sudah ditentukan serta mencatat kata-kata sulit, saatnya mengubek-ubek kamus untuk mencari maknanya. Jika tak punya kamus buku fisik, kamu bisa browsing kamus online. Catat arti setiap kosakata sulit. Pastikan kamu paham konteksnya juga ya. Nah, inilah mengapa tadi diminta menulis kata-kata sulit beserta frase atau kalimatnya.

Selain menggunakan kamus, ada cara menyenangkan lainnya bisa dilakukan untuk mendapatkan makna kosakata sulit. Apakah itu? Menonton film itu lagi dengan subtitle Bahasa Indonesia. Ingat ya gunakan subtitle Bahasa Indonesia berkualitas. Dalam Netflix, Iflix atau TV berlangganan sudah dilengkapi subtitle berbagai Negara termasuk Bahasa Indonesia.

Pelajari arti kosakata sulit di catatanmu

Setelah mencatat makna kosakata sulit, ya saatnya sekarang mempelajarinya. Bayangkan adegan saat aktor mengucapkan kata tersebut. Cari tahu konteks frase atau kalimatnya, kapan, di mana dan dalam situasi apa kosakata itu digunakan. Cara ini dapat memperkuat ingatan tentang kata sulit.

Selain maknanya, perhatikan juga ejaan dan ucapan kata-kata tersebut. Kamu bisa mencari kamus online yang menyediakan makna kata beserta cara mengucapkannya. Biasanya dalam kamus online menyediakan contoh kalimat. Nah, kamu dapat membandingkan contoh kalimat tersebut dengan kalimat yang diucapkan oleh aktor dalam film.

Uji pemahamanmu tentang kosakata tersebut

Bagaimana cara menguji pemahamanmu tentang kata sulit? Tonton kembali film itu dengan tetap menggunakan subtitle Bahasa Inggris. Saat menonton, kamu akan berjumpa lagi dengan setiap kosakata sulit yang sudah dicari maknanya. Uji dirimu apakah masih ingat dengan maknanya. Jika tidak ada masalah, maka lanjutkanlah ke tahap pelaksanaan untuk melakukan hal yang lebih serius.

Yuk tingkatkan keterampilan Bahasa Inggris: Reading & Writing. Baca artikel berikut dan praktekkan!

 

3. Langkah Ketiga Belajar Speaking dan Listening: PELAKSANAAN

Sekarang saatnya fokus belajar Speaking dan Listening. Lha, bukannya kita sudah berlatih Speaking dan Listening pada tahap kedua? Tadi itu, kamu diminta mempelajari kata-kata sulit dalam film. Jika telah memahami kosakata sulit, tahap ini sangat mudah dilalui. Ada 2 kegiatan dalam tahap ini yaitu belajar Listening dan belajar Speaking.

BELAJAR LISTENING BAHASA INGGRIS LEWAT FILM

Belajar Listening Bahasa Inggris Lewat Film

Tonton kembali film tanpa subtitle selama 15 menit

Siapkan tempat duduk yang nyaman dan popcorn, saatnya menonton kembali film tersebut tanpa subtitle. Apa? Yap, kamu nggak salah dengar koq. TANPA SUBTITLE. Jika semua kosakata sudah dipahami, maka menonton movie Bahasa Inggris tanpa subtitle bukanlah hal menyeramkan. Jika masih ragu, tonton 10 sampai 15 menit saja dulu. Ingat, tanpa subtitle ya!

Dengarkan baik-baik percakapan dalam film

Di sini kamu belajar Listening Bahasa Inggris. Perhatikan pengucapan aktor dalam film. Dengan headset, kamu bisa mendengarkan pengucapan dengan lebih jelas. Sesekali buka catatan kata sulit beserta artinya apabila diperlukan. Sesekali saja ya, jangan keseringan. Selain mendengarkan pengucapan kata, perhatikan gerakan bibir para aktor ketika mengucapkannya. Cara ini dapat membantu meningkatkan keterampilan Listening Bahasa Inggris.

Tetap tenang saat kesulitan menonton film tanpa subtitle

Karena menonton tanpa subtitle, kamu mungkin akan merasa sulit memahami percakapan dalam film. Tenang saja, kendala seperti ini bisa teratasi. Kamu tinggal putar kembali bagian yang tidak dipahami, lalu cek subtitle Bahasa Inggris untuk mengetahui kata-kata yang diucapkan. Ulangi lagi dan lagi sampai betul-betul memahaminya.

Tonton lanjutan film sampai 30 menit

Setelah menonton selama 15 menit dan paham alur beserta percakapan para aktor, lanjutkan menonton sampai durasi 30 menit tanpa subtitle. Dengarkan baik-baik percakapan dalam movie. Sesekali buka catatan kata-kata sulit. Seharusnya tidak ada lagi kata sulit yang kamu temui dalam tahap ini. Mengapa? Karena semua kosakata sulit sudah dikupas tuntas pada tahap kedua yaitu pemanasan.

Uji keterampilan Listening Bahasa Inggris

Bagaimana cara menguji keterampilan Listening Bahasa Inggris? Tonton film dari awal sampai durasi 30 menit. Yes, dari awal. Tanpa Subtitle ya. Karena ini adalan ujian, jadi jangan sampai nyontek ya. Buku catatan kosakata sulit harus ditutup rapat. Jika semua langkah di atas dilakukan dengan serius, kamu tak akan mengalami banyak kesulitan saat menonton movie Bahasa Inggris tanpa subtitle. Bahkan lulus ujian ini dengan nilai memuaskan. Apa indikator lulus tidaknya? Jika kamu paham percakapan dari awal sampai durasi 30 menit. Kamulah pengujinya, so be honest with yourself!

Yuk tingkatkan keterampilan Bahasa Inggris: Speaking & Listening. Baca artikel berikut dan praktekkan!

BELAJAR SPEAKING BAHASA INGGRIS LEWAT FILM

Belajar Speaking Bahasa Inggris Lewat Film

Pilihlah satu pemeran film

Untuk melatih Speaking lewat film, pilihlah satu pemeran saja. Sebelum berlatih speaking, terlebih dahulu tentukan dirimu ingin menjadi siapa dalam movie. Boleh menjadi peran protagonis atau antagonis, semua tergantung seleramu. Pilihlah pemeran favoritmu. Usahakan memilih pemeran yang banyak bicara karena ini latihan Speaking alias berbicara dalam Bahasa Inggris.

Pelajari bagian percakapan pemeran pilihanmu

Pelajarilah bagian percakapan dari pemeran yang dipilih. Sekarang, kamu perlu memutar dan menonton kembali filmnya dengan subtitle Bahasa Inggris. Cari adegan-adegan saat pemeran tersebut melakukan banyak percakapan Bahasa Inggris. Fokus pada adegan-adegan tersebut. Perhatikan kata-kata yang diucapkan. Pahami makna dan dengarkan pengucapannya. Jika mampu, pelajari percakapan satu pemeran sampai durasi 30 menit.

Mulailah berbicara seolah kamu adalah pemeran film

Setelah memahami serta mendengarkan percakapan dari pemeran pilihanmu, berlatihlah untuk mengucapkannya. Berbicara dalam bahasa Inggris seolah kamu adalah pemeran film tersebut. Putar lalu tontonlah kembali dengan subtitle Bahasa Inggris. Tiru ucapan si pemeran kemudian rekam suaramu. Lakukanlah hal ini berulang-ulang sampai durasi 30 menit. Hal ini mudah dilakukan karena hanya meniru satu pemeran saja, bukan semua pemeran.

Tetap tenang jika kamu kesulitan berbicara

Jangan kuatir jika mengalami kesulitan saat belajar Speaking. Ini hal yang wajar bagi para pelajar. Jika sulit berbicara Bahasa Inggris secepat si pemeran, kamu tidak perlu memaksakan diri. Pelan-pelan saja. Rekam suaramu untuk percakapan durasi beberapa menit dulu. Setelah itu baru lanjutkan sampai mencapai durasi 30 menit. Pastinya dengan kesabaran, kamu bisa berucap serta bercakap-cakap seperti pemeran film tersebut.

Uji keterampilan Speaking Bahasa Inggris

Untuk menguji Speaking Bahasa Inggris, kamu perlu menonton ulang film lalu membandingkan rekaman suaramu dengan pengucapan si pemeran. Apakah pengucapan (Pronounciation) sudah sesuai? Apakah kamu perlu mempercepat pengucapan? Pastikan pengucapannya benar ya. Jika sabar & serius, tentu ada hasil manis bisa dipetik dari kegiatan belajar Speaking dan Listening ini.

Ingin mahir berbicara Bahasa Inggris? Ada banyak tips belajar speaking. Pilih dan praktekkan!

 

4. Langkah Ketiga Belajar Speaking dan Listening: EVALUASI

Belajar Speaking dan Listening Bahasa Inggris Lewat Film Tahap Evaluasi
Jika sudah melakukan semua langkah di atas, selanjutnya adalah evaluasi. Tujuan melakukan evaluasi adalah untuk mengetahui hasil belajar Speaking dan Listening lewat film. Lewat evaluasi, dapat mengetahui hal yang perlu ditingkatkan saat berlatih secara keseluruhan. Hasilnya, kamu bisa menjadi lebih baik pada latihan berikutnya.

Tonton kembali film selama 30 menit

Pada tahap ini, kamu bisa menonton ulang movie selama 30 menit. Lihat kemampuan diri setelah belajar Speaking & Listening sebelumnya. Apakah pengucapan si pemeran terdengar lebih jelas dari sebelumnya? Apakah kamu bisa meniru ucapan pemeran dengan baik? Cari tahu hal yang dapat ditingkatkan pada latihan berikutnya.

Ketahui tahap latihan yang perlu mendapat perhatian

Lewat evaluasi, tentukan tahap latihan yang perlu ditingkatkan. Apabila banyak kosakata terlupakan, baik itu ejaan maupun maknanya, mungkin perlu ada teknik khusus yang dapat dilakukan setelah latihan. Misalnya membuat flashcard unik & menarik dengan kata-kata sulit beserta artinya. Apabila tahap pelaksanaan belajar Speaking dan Listening kurang berjalan lancar, kamu perlu mencari tahu apa penyebab beserta solusinya kemudian perbaiki pada latihan berikutnya.

Ingin mahir berbicara Bahasa Inggris? Ada banyak tips belajar speaking. Pilih dan praktekkan!

***

Demikian cara santai belajar Speaking dan Listening lewat film. Kalau kamu sudah sukses melakukannya, silahkan lanjutkan film tersebut sampai akhir. Kemudian cari movie Bahasa Inggris lain sebagai bahan latihan untuk meningkatkan keterampilan. Semakin sering melakukan latihan, semakin cepat kemampuan Speaking dan Listening meningkat. Semangat berlatih.

Sekilas tentang Penulis: YOSITHO RATO KAMEO
A coffee lover who has many modes of writing. Loves to learn and to share various things he likes through writing. Also likes sharing many things related to English learning tips and materials.

About Deari

I am a blogger who like to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

2 thoughts on “Belajar Speaking dan Listening Lewat Film dengan Cara Santai

  1. Thanks kak, sangat membantu sekali dalam pembelajaran bahasa Inggris apalagi buat para pecinta film seperti saya. Saya udah coba sedikit demi sedikit di rumah, dan hasilnya memuaskan di sekolah. Thanks banget 😀

    1. Hi Gideon,
      Wah, senang sekali baca komentar bahwa artikel EnglishCoo bermanfaat untukmu. Semoga ke depannya semakin berkembang ya pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris. Good luck! 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.