Cerita Liburan Akhir Pekan dalam Bahasa Inggris: How was your weekend?

Cerita Liburan Akhir Pekan dalam Bahasa Inggris

EnglishCoo – Cerita Liburan Akhir Pekan dalam Bahasa Inggris sering menjadi pembahasan saat masuk sekolah lagi. Sabtu-Minggu adalah hari yang paling ditunggu. Cerita liburan jadi berkesan dan menyenangkan. Apalagi jika liburnya beberapa hari atau sering disebut a long weekend. Wah, enak banget ya libur lama-lama.

Sebelum lanjut, EnglishCoo ingin menyampaikan bahwa cerita liburan akhir pekan dalam Bahasa Inggris ini adalah hasil karya dari seorang penulis lepas (lihat tentang penulis di akhir ya). Bagi kamu yang suka berbagi pengetahuan bahasa Inggris plus ingin dapat honor juga, simak kriteria dalam postingan: Yuk Menulis untuk EnglishCoo dan Berpenghasilan Online.

Yuk, lanjut.

“How was your weekend?” adalah topik kita kali ini. Bagi kebanyakan pelajar pemula mungkin masih agak asing dengan pertanyaan tersebut. Bagi penulis pun, ungkapan ini adalah sesuatu yang baru. Nah, sambil membahasnya, kita belajar bersama. Asyik juga ya.

 

1. Waktu yang tepat bertanya “How was your weekend?”

Mengapa memilih topik ini? Saat bertemu dengan seseorang, kita memberi pertanyaan Bahasa Inggris seperti “How are you?”, “How’s it going?” dan “How was your day?” Yap, setelah salam biasanya diikuti dengan pertanyaan seputar kabar. Jenis pertanyaan tersebut tak mengenal hari.

Sedangkan, untuk pertanyaan “How was your weekend?” hanya bisa dilontarkan setelah liburan akhir pekan saja. Kapan itu? Ya, hari Senin dong. Pokoknya setelah hari Sabtu dan Minggu atau habis akhir pekan yang panjang.

So, kalimat tanya “How was your weekend?” ini akan kita dengar pada waktu tertentu saja (misalnya hari Senin) saat kita bertemu dengan teman atau guru di sekolah atau rekan kerja di kantor. Ingat ya, pertanyaan menggunakan WAS dan WERE adalah untuk masa lalu (Simple Past Tense).

Jangan lewatkan pengetahuan luar biasa lengkap tentang Simple Past Tense, terutama Penggunaan Was dan Were dalam Kalimat Past Tense Sederhana.

 

2. Cara menjawab “How was your weekend?” untuk liburan akhir pekan yang menyenangkan

Kegiatan Menyenangkan saat Liburan Akhir Pekan dalam Bahasa Inggris


Ada banyak cara menjawab pertanyaan tentang akhir pekan lalu. Kita bisa memberi jawaban singkat. Apabila ada waktu yang cukup dan dituntut menjelaskan, ya jawab dengan cerita liburan akhir pekan dalam Bahasa Inggris.

Bagaimana cara singkat menjawab atau merespon ungkapan tersebut? Pada kesempatan ini, saya akan membahas bagaimana respon saat ada teman atau orang lain bertanya tentang akhir pekan alias weekend.

Question: How was your weekend?
Answer: My last weekend was good.

Gitu saja? Tenang, masih ada beberapa respon untuk menjawab liburan akhir pekan yang menyenangkan. Berikut ini jawaban singkat untuk pertanyaan “How was your weekend?”

  • It was awesome.
  • It was really fun.
  • It was great.
  • It was wonderful.
  • It was okay.

Tak berhenti sampai di sana saja. Kita pun harus siap dengan pertanyaan selanjutnya, yaitu “What did you do?” Nah, hal ini dapat menjadi awal sebuah cerita liburan akhir pekan dalam Bahasa Inggris.

Question: So, what did you do?
Answer: I went shopping with my Mom.

Percakapan di atas adalah contoh sederhana yaitu aku pergi berbelanja dengan Ibu. Setiap orang tentu memiliki kegiatan berbeda pada hari Sabtu dan Minggu. Aktivitas menyenangkan apa yang kamu lakukan saat weekend?

Berikut adalah beberapa kegiatan menyenangkan yang mungkin dilakukan saat weekend.

  • went shopping
  • visited friends
  • had a party
  • saw a movie
  • stayed at cousin’s house
  • went for a walk
  • watched a DVD
  • went to the cinema
  • stayed in a hotel
  • visited many places
  • went camping
  • went to theatre
  • spent time with family
  • went to concerts
  • had coffee with friends

Begitu banyak pilihan kegiatan yang bisa kita lakukan saat weekend ya. Selain beberapa kegiatan di atas kamu juga bisa bercerita tentang kegiatan luar biasa lainnya yang dilakukan saat libur akhir pekan lalu.

 

3. Cara menjawab “How was your weekend?” untuk liburan akhir pekan yang kurang menyenangkan

Kegiatan Tak Menyenangkan saat Liburan Akhir Pekan dalam Bahasa Inggris
Dari pembahasan sebelumnya kita tahu cara merespon pertanyaan “How was your weekend?” untuk akhir pekan yang menyenangkan. Tapi nggak semua liburan akhir pekan itu menyenangkan. Setuju?

Bagaimana bila liburan akhir pekan kita membosankan? Respon apa yang sesuai untuk pernyataan tersebut? Berikut cara merespon apabila libur akhir pekanmu kurang menyenangkan.

Question: How was your weekend?
Answer: My last weekend was bad.

Bukan itu saja. Ada juga beberapa cara lain untuk mengawali cerita liburan akhir pekan yang biasa saja atau bahkan kurang menyenangkan. Yuk simak berikut ini.

  • It was bad.
  • It was a terrible weekend.
  • My last weekend was awful.
  • It was boring.

Untuk menjelaskan akhir pekan, kamu bisa gunakan kata sifat lainnya. Temukan Ribuan Daftar Kata Sifat dalam Bahasa Inggris Super Lengkap A sampai Z.

Apabila ada teman yang memberi jawaban tersebut, apa ya kira-kira respon yang cocok? Tentu saja bertanya-tanya apa yang membuat libur akhir pekannya kurang menyenangkan. Dan kalimat tanya yang bisa kita gunakan untuk meresponnya kembali yaitu:

Question: What was wrong?
Answer: I worked all Sunday.

Ya, siapa juga yang suka bekerja pada saat libur terutama hari Minggu. Tentu saja liburan akhir pekan menjadi kurang menyenangkan. Apalagi pekerjaan yang dilakukan membosankan. Waduh!

Selain bekerja, berikut ini hal kurang menyenangkan yang dapat terjadi saat liburan akhir pekan.

  • had a bad cold
  • was ill on Saturday
  • checked emails
  • did homework
  • stayed at home all Saturday
  • finished the report
  • worked half a day
  • worked on Sunday
  • worked at the weekend
  • cleaned my house
  • cleaned the car
  • did the washing
  • finished Math assignments

 

4. Contoh cerita liburan akhir pekan dalam Bahasa Inggris

Contoh Cerita Liburan Akhir Pekan dalam Bahasa Inggris
Terakhir, saya akan memberi contoh paragraf atau cerita liburan akhir pekan dalam Bahasa Inggris. Jangan lupa ya, di sini jenis kalimatnya menggunakan Simple Past Tense.

Sebagai pengingat, Simple Past Tense merupakan bentuk tense yang menceritakan atau menggambarkan kejadian di masa lampau (Past) dan menggunakan kata kerja bentuk kedua (Verb 2).

OK. Check it out now…

My last weekend was OK. My boyfriend texted me. He asked me to meet him for breakfast. Then, we played badminton together. At 11 a.m. he and I went to a café and had a cup of coffee. We also ate some food. We listened to music, talked a lot and enjoyed our time. After that, we had taken a perfectly friendly walk around Central Park. At 2 p.m. I went home and listened to Beyonce and Selena Gomez for one hour. Then, I cooked dinner for my family. After dinner, my cousin visited me and brought 2 concert tickets, so we went to a concert that night. We arrived there at 07:30 p.m. We were sitting pretty high up, but the view was amazing. At 10 p.m. we went home. That was a long day and I really enjoyed it.

Artinya:
Akhir pekan terakhirku baik-baik saja. Pacarku mengirimkan pesan. Ia mengajakku bertemu untuk sarapan. Kemudian, kami bermain bulu tangkis bersama. Pukul 11.00 dia dan aku pergi ke sebuah kafe dan minum secangkir kopi. Kami juga makan. Kami mendengarkan musik, mengobrol cukup banyak dan menikmati waktu bersama. Setelah itu, kami berjalan-jalan di sekitar Central Park. Jam 2 siang aku pulang ke rumah dan mendengarkan (lagu) Beyonce dan Selena Gomez selama satu jam. Setelah itu, aku masak makan malam untuk keluargaku. Setelah makan malam, sepupuku datang berkunjung dan membawa 2 buah tiket konser, jadi kami pergi ke konser malam itu. Kami tiba disana pukul 07:30. Kami duduk di tempat yang cukup tinggi, tapi pemandangannya begitu luar biasa. Pukul 10.00 malam kami pulang ke rumah. Hari yang begitu panjang dan aku sangat menikmatinya.

Kita bisa melihat bahwa kata kerja bentuk kedua (Verb 2) dari cerita di atas yaitu texted, asked, played, went, had, ate, listened, talked, enjoyed, taken, cooked dan lain-lain.

Eemmm, buat para pembaca yang punya ketelitian cukup tinggi, kalian akan menemukan salah satu kata kerja yang tidak mengikuti pola Simple Past Tense, verb manakah itu???

Pada contoh paragraf di atas, terdapat verb yang tidak menggunakan verb 2 (He asked me to meet him for breakfast) yaitu kata kerja meet. Di sini meet tidak dirubah menjadi met (verb 2) karena merupakan infinitive. Dalam kalimat ini, setelah to harus diikuti kata kerja Verb 1.

Penjelasan infinitive bisa kita diskusikan pada kesempatan selanjutnya ya, karena di sini kita hanya fokus pada cerita liburan akhir pekan dalam Bahasa Inggris yang menggunakan tense Simple Past Tense.

Selain itu, untuk membuat cerita menjadi lebih menarik, kamu bisa tambahkan beberapa kata keterangan (adverb) atau lainnya. Misalnya menambahkan “at the end of…” sebagai kalimat terakhir atau penutup.

“…We were sitting pretty high up, but the view was amazing. At the end of the concert, there was an accident…”
atau
“…We were sitting pretty high up, but the view was amazing. At the end of the concert, there was big applause…”

***

Cerita liburan akhir pekan dalam Bahasa Inggris berbeda antara satu orang dengan orang lainnya. Walaupun akhir pekan adalah waktu bersantai, tak semua orang memiliki cerita liburan akhir pekan yang menyenangkan. Ada yang membosankan dan bahkan menyedihkan. Bagaimana dengan akhir pekanmu yang telah berlalu?

Sekilas tentang penulis: Namanya Azza Sundus Antartika, perempuan yang lahir di kota Temanggung, dari keluarga sederhana. Sejak kecil dia selalu dinasehati ayah dan ibunya untuk selalu bekerja keras. Ia memiliki gelar sarjana Sains dari Universitas Gadjah Mada.

About Made Ari

I am a blogger who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.