Kata Kata untuk Sahabat Sejati Terbaik dalam Bahasa Inggris

Kata Kata untuk Sahabat dalam Bahasa Inggris

EnglishCoo – Kata Kata untuk Sahabat Terbaik (Best Friends) yang menyentuh hati. Pelihara persahabatan dan hubungan baik dengan teman-teman terdekat. Mereka adalah orang-orang istimewa.

Waktunya berbicara tentang persahabatan. Coba bayangkan wajah para sahabat terbaik yang kamu miliki? Keseruan apa yang pernah kalian lakukan? Siapa paling sering dicurhatin? Apakah kamu juga ada di saat ia membutuhkanmu?

Bicara tentang sahabat, kawan, teman, sobat atau apapun namanya, saya teringat satu lagu berjudul “Sahabat Sejati” dari Sheila On 7. Adakah di antara kamu tahu lagu tersebut? Nih, saya kasi sepenggal liriknya. Yuk, nyanyi bareng.

Sahabat Sejatiku
Hilangkah dari ingatanmu
Di hari kita saling berbagi
Dengan kotak sejuta mimpi
Aku datang menghampirimu
Kuperlihat semua hartaku

Kita s’lalu berpendapat
Kita ini yang terhebat
Kesombongan di masa muda yang indah
Aku raja kaupun raja
Aku hitam kaupun hitam
Arti teman lebih dari sekedar materi

Eits, udah segitu dulu ya biar nggak kepanjangan. Lagunya emang asik, kata-katanya keren dan musiknya bikin kita pengen loncat-loncat. Cocok banget dinyanyikan bareng kawan-kawan seperjuangan.

Selain lagu tentang persahabatan, kamu juga bisa mengirimkan ungkapan kasih sayang lewat kata kata untuk sahabat. Yuk pelihara hubungan baik dengan teman-teman terbaikmu. Kirimkan kata mutiara untuk sahabat tercinta.

Check them out!

 

1. Makna persahabatan bisa kamu dapatkan dengan membaca kata kata untuk sahabat dalam Bahasa Inggris berikut ini. Kirim kepada mereka yang menjadi kawan terbaikmu.

Kata Kata untuk Sahabat Tentang Makna Persahabatan dalam Bahasa Inggris


Apa arti persahabatan bagimu? Menurut saya, seorang sahabat bukan berarti ia selalu ada di dekatmu. Bahkan menemani setiap hari selama 24 jam nonstop. Widih, udah kayak security aja nih. Ya, nggak harus gitu juga.

Sahabat adalah orang yang bermakna. Kehadirannya membawa warna. Ia menjadi peneduh tatkala panas membara. Ia adalah penyemangat saat kita hilang asa. Sebuah anugerah terindah bisa memilikinya.

Adakah tempat spesial bagi sahabat di hatimu? Yuk dalami makna persahabatan dari kata kata untuk sahabat berikut ini. Jika menyukai kata-kata indah dan bermakna, kamu bisa kirim kepada sobat teristimewa.

All love that has not friendship for its base, is like a mansion built upon the sand.
(Ella Wheeler Wilcox)

Artinya: Semua cinta yang tidak memiliki persahabatan sebagai pondasinya, bagaikan sebuah rumah dibangun di atas pasir.
Kamu bisa bayangkan gimana jadinya sebuah rumah dibangun di atas pasir? Bukan sandcastle tentunya ya. Hidup rentan kehancuran seperti rumah itu apabila tak memiliki cinta semurni dan setulus persahabatan.

Friendship is one mind in two bodies.
(Mencius)

Artinya: Persahabatan adalah satu pikiran dalam dua tubuh.
Mencius, seorang filsuf Tiongkok, percaya bahwa mereka yang terjalin dalam suatu persahabatan punya pemikiran sama. Mungkin ini dimaksud Bapak saya tentang “Hukum jenis mencari jenis”. Seseorang bakalan nyambung ngobrolnya dengan orang lain yang punya pemikiran sama. Kemudian mereka menjalin persahabatan.

Friendship is the hardest thing in the world to explain. It’s not something you learn in school. But if you haven’t learned the meaning of friendship, you really haven’t learned anything.
(Muhammad Ali)

Artinya: Persahabatan adalah hal tersulit di dunia untuk dijelaskan. Itu bukan sesuatu yang dipelajari di sekolah. Tetapi jika belum belajar arti persahabatan, kamu benar-benar tidak belajar apa pun.
Petinju asal Amerika, Muhammad Ali, mengatakan bahwa arti persahabatan sulit dijelaskan lewat kata-kata. Mungkin hanya bisa dirasakan atau dicerminkan dengan tindakan. Dengan memaknai persahabatan, kamu sudah belajar banyak hal.

Awards become corroded. Friends gather no dust.
(Jesse Owens)

Artinya: Penghargaan-penghargaan akan terkorosi. Kawan-kawan tak mengumpulkan debu.
Nangkep nggak maksud dari kata-kata untuk sahabat di atas? Atlet Jesse Owens membandingkan persahabatan dengan penghargaan. Penghargaan yang kita peroleh cepat rusak dan terlupakan sementara persahabatan tak akan pernah usang.

It’s not what we have in life, but who we have in our life that matters.
(Unknown)

Artinya: Bukan apa yang kita miliki, tetapi siapa yang kita miliki dalam hiduplah hal terpenting.
Siapa yang kamu miliki dalam hidup? Keluarga, sahabat atau orang terdekat lainnya? Orang-orang itu terpenting. Mereka membuat hidupmu lebih bermakna.

Friendship is essentially a partnership.
(Aristotle)

Artinya: Persahabatan pada dasarnya adalah kemitraan.
Apa maksud dari kata kata tentang persahabatan di atas? Kemitraan seringkali dikaitkan dengan kerjasama dalam sebuah usaha atau bisnis. Yap, persahabatan adalah kerjasama bersifat sukarela. Dalam kerjasama itu tentu ada ketulusan untuk berbagi. Itulah persahabatan sejati.

Friendship marks a life even more deeply than love. Love risks degenerating into obsession, friendship is never anything but sharing.
(Elie Wiesel)

Artinya: Persahabatan menandai kehidupan bahkan lebih dalam daripada cinta. Resiko cinta berubah menjadi obsesi, persahabatan tidak beresiko selain berbagi.
Antara cinta dan persahabatan, menurutmu manakah memiliki makna lebih dalam? Menurut seorang aktivis Elie Wiesel, cinta dapat berubah menjadi obsesi. Mungkin maksudnya adalah keinginan untuk memiliki. Padahal cinta tak harus memiliki. Jadi, persahabatan bersifat lebih tulus dan murni.

Nothing makes the earth seem so spacious as to have friends at a distance; they make the latitudes and longitudes.
(Henry David Thoreau)

Artinya: Tak ada yang membuat bumi tampak begitu luas seperti memiliki teman di kejauhan; mereka membuat garis lintang dan garis bujur.
Pernah melihat peta dunia? Tentu kamu bisa menunjukkan mana garis lintang dan bujur. Dunia amat sangat luas. Dengan adanya garis lintang dan bujur, lokasi tampak jelas dan berdekatan. Seperti halnya memiliki sahabat di kejauhan. Apalagi punya teman-teman di beberapa negara, dunia tak tampak begitu luas.

 

2. Kata kata untuk sahabat yang memberi dukungan di saat kita gagal dan ikut merayakan kesuksesan kita. Itulah ciri-ciri seorang sahabat terbaik.

Kata Kata untuk Sahabat Terbaik dalam Bahasa Inggris beserta artinya
Apakah kamu pernah merasakan kegagalan? Siapakah orang yang selalu mendukungmu di saat gagal? Apakah kamu pernah meraih kesuksesan? Siapakah orang yang ikut merayakan kesuksesan bersamamu? Jika mereka adalah teman-teman berarti kamu sudah memiliki sahabat sejati.

Nggak semua saudara dan sahabat menyemangati saat gagal, stress, depresi. Banyak di antara mereka menghindar dan bahkan tak ambil pusing dengan keadaanmu. Apabila ada sahabat membantu dengan tulus saat kamu terjatuh, itulah persahabatan sejati.

Demikian juga saat kamu sudah sukses besar. Banyak orang menghampiri. Mereka bertingkah sebagai orang terdekat. Banyak orang merasa iri akan kesuksesanmu. Sahabat sejati adalah ia yang benar-benar merasa bahagia dan bangga dengan prestasimu. Tanpa ada perasaan iri dengki.

Anything is possible when you have the right people there to support you.
(Misty Copeland)

Terjemahannya: Segala sesuatu mungkin ketika kamu memiliki orang yang tepat untuk mendukungmu.
Saya sangat setuju dengan kata kata untuk sahabat di atas. Di belakang orang sukses selalu ada orang benar-benar mendukungnya. Quote ini nggak hanya ditujukan kepada sahabat doang, tapi untuk siapapun. So, kelilingi dirimu dengan orang-orang berenergi positif dan saling mendukung.

A friend is someone who understands your past, believes in your future, and accepts you today just the way you are.
(Unknown)

Terjemahannya: Seorang sahabat adalah ia yang memahami masa lalumu, percaya akan masa depanmu, dan menerimamu hari ini apa adanya.
Setelah membaca quote tentang sahabat di atas, saya bertanya-tanya apakah ini ciri-ciri sahabat atau pacar? Jika kamu punya sahabat dengan karakter di atas, wah, pas banget jika dijadikan pacar. Khusus untuk sobat lawan jenis ya.

Pengen nyari kata romantis buat pasangan atau kekasih tercinta? Tenang saja, kamu bisa dapatkan puluhan kata cinta dalam artikel berikut: Kata Kata Cinta Bahasa Inggris Ungkapan Sayang Buat Pacar

A true friend is one who overlooks your failures and tolerates your success!
(Doug Larson)

Terjemahannya: Teman sejati adalah orang yang mengabaikan kegagalan Anda dan menoleransi kesuksesan Anda!
Mengabaikan kegagalan dan menoleransi kesuksesan itu maksudnya gimana ya? Kita bahas satu per satu. Mengabaikan kegagalan bukan berarti mengabaikanmu. Tapi artinya tidak membicarakan kegagalanmu, tidak menyudutkanmu. Sedangkan menoleransi kesuksesan berarti mengakui pencapaianmu dan ikut berbahagia. Jika kamu memiliki sahabat seperti ini, ungkapkan terimakasih dan kirim kata kata untuk sahabat di atas.

True friends are always together in spirit.
(L.M. Montgomery)

Terjemahannya: Teman-teman sejati selalu bersama dalam semangat membara.
Apapun kegiatan dilakukan bersama kawan-kawan pasti seru dengan semangat menggebu. Itulah kebersamaan yang akan selalu dikenang. Semangat berapi-api untuk melewatkan waktu bersama para sobat teristimewa.

True friends aren’t the ones who make your problems disappear. They are the ones who won’t disappear when you’re facing problems.

Terjemahannya: Teman sejati bukan orang yang membuat masalahmu menghilang. Mereka adalah orang-orang yang tidak akan menghilang ketika kamu sedang menghadapi masalah.
Makna dari kata kata untuk sahabat di atas jelas banget. Sahabat sejati tak akan pernah meninggalkanmu saat ada masalah. Bahkan ia akan berusaha membantumu menghadapi masalah itu sampai tuntas.

Best friends share laughs, memories and inside jokes. They will always be honest and stand by your side no matter what. They wipe your tears, pick you up when you fall, and are forever a piece of your heart.

Terjemahannya: Teman-teman terbaik berbagi tawa, kenangan, dan lelucon. Mereka akan selalu jujur dan berdiri di sisimu tak peduli apa pun keadaannya. Mereka menyeka air matamu, menjemputmu ketika kau jatuh, dan selamanya menjadi bagian di hatimu.

Sitting silently beside a friend who is hurting may be the best gift we can give.
(Unknown)

Terjemahannya: Duduk diam di samping seorang sahabat yang terluka mungkin adalah hadiah terbaik yang bisa kita berikan.
Kata kata untuk sahabat di atas benar banget lho. Jangan pernah berkomentar negatif kepada teman yang sedang bersedih. Apalagi menyalahkan dirinya atas semua yang terjadi. Dengan duduk diam dan menjadi pendengar, kamu sudah menjadi seorang sahabat yang baik koq.

Lots of people want to ride with you in the limo, but what you want is someone who will take the bus with you when the limo breaks down.
(Oprah Winfrey)

Terjemahannya: Banyak orang ingin naik denganmu di limusin, tetapi yang kamu inginkan adalah seseorang yang akan naik bus bersamamu ketika limusin itu rusak.
Banyak orang menghampirimu saat sukses besar. Apakah ada sahabat tetap mengakuimu sebagai orang terdekat di saat kamu gagal. Ingatlah, hanya sahabat sejati mau melakukannya.

Anybody can sympathise with the sufferings of a friend, but it requires a very fine nature to sympathise with a friend’s success.
(Oscar Wilde)

Terjemahannya: Siapa saja dapat bersimpati dengan penderitaan seorang teman, tetapi membutuhkan karakter dasar untuk bersimpati dengan kesuksesan seorang teman.
Sepertinya kata kata untuk sahabat dari Oscar Wilde ini ada hubungannya dengan quote dari Oprah Winfrey. Menurut Oscar, merasakan kesedihan seorang teman adalah hal lumrah. Gampang dilakukan. Tapi jarang banget ada orang benar-benar bahagia melihat kesuksesan sahabatnya. Tanpa ada rasa iri dengki menyelimuti.

 

3. Cara untuk mendapatkan sahabat sejati adalah dengan menjadi kawan terbaik bagi orang lain. Jika kamu sudah memilikinya, pelihara persahabatan dengan mengirim kata kata untuk sahabat.

Kata Mutiara tentang Persahabatan dalam Bahasa Inggris
Jika ingin mendapat seorang sahabat, kamu harus keluar dan bersosialisasi. Tunjukkan karakter terbaikmu. Rendah hati, punya keinginan untuk berbagi, toleransi, berpikir positif dan sifat baik lainnya yang telah dipelajari dalam Budi Pekerti.

Selain itu, gunakan juga logikamu. Jangan selalu membawa perasaan alias baper dalam persahabatan. Tempatkan logika. Saya sering menyebutnya balok alias bawa logika. Sehingga orang lain tak akan memanfaatkan kebaikanmu.

Persahabatan yang baik adalah hubungan komunikatif, saling memberi dan berbagi. Nggak ada menjadi parasit, selalu menerima tanpa pernah memberi. Yang dimaksud bukan hanya barang, tapi juga perhatian dan kasih sayang. Seperti mengirim kata kata untuk sahabat sebagai ungkapan kasih sayang.

The only way to have a friend is to be one.
(Ralph Waldo Emerson)

Artinya: Satu-satunya cara untuk memiliki seorang sahabat adalah menjadi salah satunya.
Kata kata untuk sahabat dari filsuf ini nggak harus dibahas lagi. Maknanya sudah jelas yaitu jadilah seorang teman baik jika ingin mendapatkan seorang sahabat.

No friendship is an accident.
(O. Henry)

Artinya: Tidak ada persahabatan yang merupakan kecelakaan.
Maksudnya kecelakaaan itu kayak gimana? Kecelakaan adalah peristiwa yang terjadi secara tidak sengaja. Nah, persahabatan terjadi apabila orang-orang menginginkannya. Mereka membuka diri. Menerima kekurangan dan kelebihan orang lain. Bukan hubungan tak disengaja.

Many people will walk in and out of your life, but only true friends will leave footprints in your heart.
(Eleanor Roosevelt)

Artinya: Banyak orang akan masuk dan keluar dari hidupmu, tetapi hanya sahabat sejati akan meninggalkan jejak kaki di hati Anda.
Berapa banyak orang keluar-masuk hidupmu? Jika dihitung dari kecil sampai sekarang, mungkin ada puluhan, ratusan dan bahkan ribuan orang. Tapi nggak semua orang bisa dikenang. Nggak semua orang mendapat tempat spesial di hatimu.

Life was meant for good friends and great adventures.
(Unknown)

Artinya: Hidup diperuntukkan untuk kawan-kawan baik dan petualangan hebat.
Apa kamu setuju dengan kata-kata tentang hidup di atas? Hidup adalah untuk menjalin persahabatan dan melakukan petualangan. Mungkin nggak semua orang setuju dengan quote di atas. Bagaimana dengan keluarga (Ayah, Ibu, dan suadara)? Yap, saya setuju dengan prinsip “Family comes first”. Kawan pun bisa menjadi bagian dari keluarga.

Selain kata kata untuk sahabat, ada juga kata mutiara untuk Ayah dan Ibu tercinta dalam Bahasa Inggris. Jangan lewatkan ya:

There are friends, there is family, and then there are friends that become family.
(Unknown)

Artinya: Ada teman, ada keluarga, kemudian ada teman menjadi keluarga.
Nah, kata kata ini cocok banget dikirim untuk sahabat yang sudah seperti saudara sendiri. Biasanya menjadi saudara, baik itu berperan sebagai kakak maupun adik. Apalagi jika kamu sering menghabiskan waktu bersama para sahabat. Mereka sudah seperti saudara sendiri.

There is nothing I would not do for those who are really my friends.
(Jane Austen)

Artinya: Tak ada yang tidak kulakukan untuk mereka yang benar-benar adalah temanku.
Ini adalah kata kata untuk sahabat dari seorang novelis Inggris bernama Jane Austen. Ia akan melakukan apa saja demi sahabat-sahabatnya. Boleh-boleh saja berprinsip kayak gini. Tapi tetap untuk hal positif. Tetap balok ya alias bawa logika.

There’s nothing like a really loyal, dependable, good friend. Nothing.
(Jennifer Aniston)

Artinya: Tak ada seperti sahabat yang benar-benar setia, dapat diandalkan dan baik. Tidak ada.
Menurut aktris asal Amerika ini, tidak ada orang sesetia, baik dan dapat diandalkan seperti seorang sahabat. Hanya sahabat yang bisa seperti itu. Apakah kamu setuju dengan kata kata untuk sahabat tersebut?

Be slow in choosing a friend, slower in changing.
(Benjamin Franklin)

Artinya: Lambat dalam memilih teman, lebih lambat dalam berubah.
Menurut saya, makna quote di atas adalah berhati-hati dalam memilih teman. Jangan tergesa-gesa. Karena persahabatan memberi pengaruh luar biasa untuk mengubah hidup seseorang. Pertahankan persahabatan yang membawa dampak positif dalam hidup.

Be slow to fall into friendship, but when you are in, continue firm and constant.
(Socrates)

Artinya: Melambatlah untuk menciptakan persahabatan, tetapi ketika kau berada di dalamnya, tetap teguh dan konstan.
Biar lambat asal selamat. Ungkapan ini cocok dengan kata mutiara tentang persahabatan di atas. Nggak usah tergesa-gesa dalam menjalin persahabatan. Apabila kamu sudah melakukannya, teruskan memelihara hubungan baik itu.

Friendship is the source of the greatest pleasures, and without friends even the most agreeable pursuits become tedious.
(Thomas Aquinas)

Artinya: Persahabatan adalah sumber kesenangan terbesar; tanpa kawan-kawan, pengejaran yang paling menyenangkan pun menjadi membosankan.
Siapa setuju dengan kata kata untuk sahabat dalam bahasa Inggris di atas? Ini benar apabila kamu sangat menikmati persahabatan. Kamu mendapat kesenangan dan keseruan dengan para sahabat. Tanpa teman-teman, hidupmu jadi membosankan.

Wishing to be friends is quick work, but friendship is a slow-ripening fruit.
(Aristotle)

Artinya: Berharap menjadi teman adalah pekerjaan cepat, tetapi persahabatan adalah buah yang lambat.
Nah, dalam quote bahasa Inggris kamu bisa melihat bedanya menjadi teman dan persahabatan. Jika ingin menjadi teman, kamu tinggal kenalan dan ngobrol sebentar saja. Kemudian ngobrol basa-basi di setiap pertemuan. Sedangkan persahabatan bukanlah hubungan dengan segudang basa-basi. Tapi lebih memahami satu sama lain.

Don’t walk behind me; I may not lead. Don’t walk in front of me; I may not follow. Just walk beside me and be my friend.
(Albert Camus)

Artinya: Jangan berjalan di belakangku; Aku mungkin tak memimpin. Jangan berjalan di depanku; Aku mungkin tak mengikuti. Berjalanlah di sampingku dan jadilah temanku.
Cieh, kata mutiara persahabatan ini keren banget. Jangan berjalan di belakangku ataupun di depanku. Berjalanlah di sampingku dan jadi temanku. Saling berbagi, bekerjasama dan mendukung satu sama lain.

 

4. Sahabat adalah orang yang dengan jujur menyatakan kekurangan dan kelebihan kita. Pilih kata kata untuk sahabat dan kirim kepadanya sekarang juga.

Kata Kata untuk Sahabat Sejati yang Jujur dan Menyentuh Hati
Sahabat ya sahabat. Menerimamu apa adanya. Mereka peduli kepadamu. Terus terang mengatakan kekuranganmu. Dan nggak menyudutkanmu. Jujur mengakui kelebihanmu. Dan nggak diselimuti iri dengki. Itulah ciri sahabat sejati.

Banyak persahabatan berakhir karena nggak ada kejujuran. Bersikap manis di depan tapi membicarakan keburukan teman di belakang. Berpura-pura baik. Persahabatan tanpa kejujuran dapat hancur setiap saat.

Masalahnya, jarang ada orang bisa menerima kenyataan. Dikritik dikit, baper. Diungkap kekurangannya, marah-marah. Diberi pujian, malah merendah. Ah, parah! Jika sahabat sudah jujur, kamu harusnya bersyukur. Itu tandanya mereka sayang dan peduli kepadamu.

Sampaikan terimakasih untuk sahabat. Kirim kata kata untuk sahabat yang pas dan menyentuh hati.

A friend is one who overlooks your broken fence and admires the flowers in your garden.
(Unknown)

Terjemahannya: Seorang teman adalah orang yang mengabaikan pagarmu yang rusak dan mengagumi bunga-bunga di kebunmu.
Terjemahannya: Saya suka banget dengan perumpamaan di atas. Sahabat tak fokus pada kekuranganmu. Tapi mereka mengakui dan memuji hal terbaik dalam dirimu. Susah banget lho nyari sahabat seperti ini. Apakah kamu sudah memilikinya?

Best friends don’t necessarily have to talk every day. They don’t even need to talk for weeks. But when they do, it’s like they never stopped talking.
(Unknown)

Terjemahannya: Sahabat terbaik tak harus ngobrol setiap hari. Mereka bahkan tak perlu ngobrol selama berminggu-minggu. Tetapi saat mereka melakukannya, mereka seolah tidak pernah berhenti berbicara.
Kalau sudah ketemu sahabat, mode ngobrol langsung ON. Nggak ada habis-habisnya. Ada saja pembahasan. Ada saja guyonan. Pada akhirnya hanya waktu memisahkan. Setuju?

True friends are never apart, maybe in distance but never in heart.
(Unknown)

Terjemahannya: Sahabat sejati tidak pernah terpisah, mungkin berpisah dalam jarak tetapi tidak dalam hati.
Punya sahabat sekarang tinggal jauh darimu? Nggak masalah. Apalagi jaman secanggih sekarang. Jarak bukan masalah lagi asalkan kamu ada niat menghubungi. Berkabar udah bisa dengan Chat atau Video Call lewat Whatsapp. Manfaatkan teknologi untuk memelihara hubungan baik dengan sahabat.

It’s the friends you can call up at 4 a.m. that matter.
(Marlene Dietrich)

Terjemahannya: Kawan-kawan yang dapat kau hubungi jam 4 pagi adalah hal berarti.
Jam 4 pagi? Wauw! Dikira alarm kali ya… Adakah di antara kamu nelpon teman jam subuh atau dini hari? Mungkin saat punya masalah dan ingin berbagi cerita dengan sahabat. Bersyukur jika sahabat bersedia ngobrol ampe dini hari. Kalau nggak, ya maklumi ajah. Don’t be selfish. Toh, kamu bisa cerita esoknya.

My best friend is the one who brings out the best in me.
(Henry Ford)

Terjemahannya: Sahabat terbaikku adalah seseorang yang menunjukkan hal terbaik dalam diriku.
Ini adalah kata kata untuk sahabat dari Henry Ford, seorang pebisnis suskses di dunia pertama kali memproduksi mobil. Sahabat mengakui dan menunjukkan hal terbaik dalam diri Henry. Sahabat sejati nggak hanya mengkritik saja, tapi juga memberi pujian.

True friends stab you in the front.
(Oscar Wilde)

Terjemahannya: Teman sejati menusukmu dari depan.
Wait, what? Ini baru mantap jiwa. Maksudnya gimana? Jangan mengartikannya secara harfiah ya. Ini hanya ungkapan. Menusuk dari depan artinya membeberkan kejelekanmu di depanmu. Dalam masyarakat, saya sering melihat sekelompok orang membicarakan keburukan seseorang saat orang itu tidak ada di sana. Sahabat sejati tak akan melakukan hal itu.

Only a true friend would be that truly honest.
(Shrek)

Terjemahannya: Hanya teman sejati yang benar-benar jujur.
Kata kata untuk sahabat ini singkat. Tapi maknanya dalem banget. Kalau punya teman nggak jujur atau malah membicarakanmu di belakang, ia tak pantas disebut sahabat sejati.

Friendship is when people know all about you but like you anyway.
(Unknown)

Terjemahannya: Persahabatan adalah ketika orang-orang tahu semua tentangmu tetapi tetap menyukaimu.
Weiiih, quote persahabatan bikin hati ini meleleh. Sahabat tahu semua tentang dirimu. Baik burukmu. Tapi mereka tetap ada di sampingmu. Mendukungmu. Menerimamu. Itulah sahabat terbaik.

I would rather walk with a friend in the dark, than alone in the light.
(Helen Keller)

Terjemahannya: Saya lebih suka berjalan dengan seorang teman dalam kegelapan daripada sendirian dalam cahaya.
Setuju nggak dengan quote tentang sahabat dari Helen Keller? Walaupun gelap yang penting ada teman, daripada terang tapi sendirian. Wow banget. Helen adalah sosok perempuan terkenal di dunia dengan semangat tinggi. Saya mengenal Helen Keller dari film begitu fenomenal “The Miracle Worker”. Coba deh nonton filmnya. Keren abis.

The great thing about new friends is that they bring new energy to your soul.
(Shanna Rodriguez)

Terjemahannya: Hal hebat tentang kawan-kawan baru adalah mereka membawa energi baru untuk jiwamu.
Kata kata untuk sahabat memintamu untuk tidak takut memulai pertemanan. Kawan baru membawa energi baru. Memberi warna baru dalam hidupmu. Ibaratnya lukisan kehidupan, semakin berwarna semakin cantik. Asalkan dilukis dengan hati.

A friend is someone who gives you total freedom to be yourself.
(Jim Morrison)

Terjemahannya: Seorang teman adalah ia yang memberimu kebebasan menjadi diri sendiri.
Sahabat terbaik tak pernah memaksamu menjadi orang lain. Mereka menerima apa adanya dirimu. Mulai dari fisik sampai sifat yang buruk sekalipun tak membuat sahabat meninggalkanmu.

Surround yourself with only people who are going to lift you higher.
(Oprah Winfrey)

Terjemahannya: Kelilingi dirimu hanya dengan orang-orang yang akan mengangkatmu lebih tinggi.
Coba ingat sahabat-sahabat yang sering nongkrong bareng. Apakah mereka selalu mendukungmu? Apakah mereka mengangkatmu lebih tinggi? Memberimu motivasi untuk berprestasi? Jika iya, selamat ya karena kamu adalah orang beruntung.

Lagi galau, down sampai depresi? Perlu motivasi agar bisa menyemangati diri? Baca artikel berikut bisa bikin bersemangat lagi. Buktikan ajah sendiri.

 

5. Kamu adalah orang yang paling beruntung di dunia jika memiliki seorang sahabat. Ungkap seberapa beruntung dirimu dengan kata kata untuk sahabat berikut ini.

Kata Kata untuk Sahabat dalam Bahasa Inggris tentang Keberuntungan Memiliki Teman
Ini adalah subpoin terakhir. Tentang keberuntungan. Siapa sih nggak ingin keberuntungan? Saya yakin semua orang ingin beruntung. Dengan memiliki seorang sahabat, kamu sudah beruntung. You are very lucky to have best friends.

Mengapa kamu beruntung memiliki sahabat? Para sahabat membuat hidupmu lebih komplit. Susah, senang, seru, sedih, tawa, bahagia, semua rasa ada dalam persahabatan. Hidup jadi bermakna. So, jalin persahabatan sejati dan kamu akan merasakan keberuntungan yang tak terkira.

It’s not that diamonds are a girl’s best friend, but it’s your best friends who are your diamonds.
( Gina Barreca)

Artinya: Bukan berlian sahabat terbaik seorang gadis, tetapi sahabat-sahabat terbaik adalah berlianmu.
Bagi kebanyakan orang, berlian bukanlah hal yang paling berharga di dunia. Hubungan baik dengan sesama adalah hal utama. Persahabatan salah satunya. Kamu adalah orang paling beruntung di dunia memiliki sahabat.

In the cookie of life, friends are the chocolate chips.
(Unknown)

Artinya: Dalam kukis kehidupan, teman-teman adalah kepingan cokelat.
Apa yang ada di bayanganmu mendengar kata cookies? Biskuit bulat dengan kepingan-kepingan coklat? Hm…yummy! Kepingan coklat mengumbar rasa manis dalam setiap gigitan. Ha ha koq jadi ngiklan. Ya intinya, teman-teman itu seperti kepingan coklat dalam kukis kehidupan.

There is nothing on this earth more to be prized than true friendship.
(Thomas Aquinas)

Artinya: Tidak ada lebih berharga di dunia ini daripada persahabatan sejati.
Siapa yang setuju dengan kata kata untuk sahabat itu? Jika setuju, jangan lupa kirim ke sahabat terbaikmu ya. Ungkapkan bahwa persahabatan adalah hal yang amat sangat berharga. Bahkan tak ternilai harganya.

Good friends are like stars. You don’t always see them, but you know they’re always there.
(Unknown)

Artinya: Teman baik seperti bintang. Kau tak selalu melihatnya, tetapi kau tahu mereka selalu ada di sana.
Bintang di langit nggak semua bisa dilihat dengan mata. Jaraknya pun begitu jauh di sana. Tapi kamu tahu bahwa mereka ada. Seperti halnya sahabat. Jarak dan penglihatan bukan penghalang dalam persahabatan. Mereka selalu ada untukmu.

True friends are like diamonds – bright, beautiful, valuable, and always in style.

Artinya: Sahabat sejati itu seperti berlian – cerah, indah, berharga, dan selalu beragam.
Persahabatan itu amat sangat berharga. Bahkan lebih berharga dari apapun di dunia. Setujukah kamu apabila teman-teman diumpamakan seperti berlian?

A good friend is like a four-leaf clover: hard to find and lucky to have.
(Irish Proverb)

Artinya: Kawan baik itu seperti semanggi berdaun empat: sulit ditemukan dan beruntung memilikinya.
Setelah membaca kata kata untuk sahabat tersebut, saya googling tentang daun semanggi. Ternyata saya sering melihatnya di salah satu kartu remi warna hitam. Saya menyebutnya kartu hitam keriting. Semanggi biasanya berdaun tiga seperti tampak pada kartu remi. Semanggi berdaun empat jarang banget ada. Jika menemukannya, kamu beruntung. Seperti halnya memiliki sahabat.

The greatest gift of life is friendship, and I have received it.
(Hubert H. Humphrey)

Artinya: Hadiah terbesar dalam hidup adalah persahabatan, dan aku telah menerimanya.
Seorang politisi asal Amerika, Hubert mengatakan bahwa persahabatan adalah hadiah terbesar dalam hidup. Apakah kamu sudah menerima hadiah terbesar itu? Jika belum, kamu bisa menciptakannya. Karena persahabatan terbentuk apabila kamu menginginkannya.

A best friend is someone who makes you laugh even when you think you’ll never smile again.

Artinya: Teman terbaik adalah seseorang yang membuatmu tertawa bahkan ketika kamu pikir tak akan pernah tersenyum lagi.
Makna kata kata untuk sahabat di atas sangat dalam. Sahabat bukan hanya menghibur saja. Tapi membuatmu bangkit dan berjalan lagi. Bahkan di saat kamu lupa cara untuk tersenyum, sahabat berusaha membuatmu tertawa. Widih, sedapnya!

I don’t know what I would have done so many times in my life if I hadn’t had my girlfriends.
(Reese Witherspoon)

Artinya: Aku tak tahu apa yang akan kulakukan berkali-kali dalam hidup jika aku tidak memiliki teman-teman.
Quote di atas cocok banget dikirim buat teman-teman yang sering menemanimu. Melakukan aktivitas bersama-sama. Mulai dari jalan bareng, makan bareng bahkan sampai tidur bareng. Pokoknya seru deh.

F.R.I.E.N.D.S.
Fight for you.
Respect you.
Include you.
Encourage you.
Need you.
Deserve you.
Stand by you.
(Oprah Winfrey)

Artinya: Berjuang untukmu. Menghormatimu. Merangkulmu. Mendorongmu. Membutuhkanmu. Memantaskanmu. Ada untukmu.

***

Kata kata untuk sahabat dalam Bahasa Inggris adalah hadiah yang bisa kamu kirimkan sebagai ungkapan kasih sayang kepada kawan teristimewa. Atau kamu punya quote buatan sendiri? Upoload foto bersama sahabat di media sosial dan cantumkan kata-kata indah agar persahabatan awet sepanjang masa.

About Made Ari

I am a blogger who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

2 thoughts on “Kata Kata untuk Sahabat Sejati Terbaik dalam Bahasa Inggris

  1. Saya pikir baru baca setengah, eh baru di cek2 mau comment, kurang dari setengah, karna artikel yg judulnya “Sahabat” ini seru, ntar bakalan saya lanjutkan setelah selesai berurusan dengan jamban 😅,

    1. Halo Rama,
      Jangan mikir terus nanti rambut Anda rontok, mas… kwik kwik kwik
      Iya, memang seru banget. Saking serunya bikin Anda jadi kebelet dan berurusan dg jamb*n di pagi yg cerah ceria ini…:D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.