Kata Kata untuk Ibu Tersayang Ucapan Selamat Hari Ibu

Kata Kata Untuk Ibu Ucapan Selamat Hari Ibu dalam Bahasa Inggris

EnglishCoo – Kata kata untuk Ibu bisa disampaikan sebagai ucapan Selamat Hari Ibu, Ulang Tahun, atau ungkapan terima kasih buat Mama tersayang. Ada banyak quote bahasa Inggris lengkap dengan terjemahannya.

Setiap tanggal 22 Desember, banyak anak perempuan dan laki-laki bingung mencari kado istimewa untuk Hari Ibu. Pernah suatu hari saya ke toko buku, ada banyak banget remaja bergerombol di buku-buku tentang masak-memasak.

“Duh, mahalnya. Ibuku bakal suka nggak ya?” celetuk salah satu di antara mereka.

Setelah bongkar buku sana-sini, akhirnya ada yang berujar “Ah, bikin kartu ucapan sajalah. Cari inspirasi tentang kata kata untuk Ibu di Google. Beres deh!”

Emang mendingan ngasih kartu ucapan Selamat Hari Ibu daripada memaksa membeli kado untuk Ibu yang belum tentu disukai atau dibutuhkan oleh Ibu. Terpenting sih niatnya tulus, untuk berterimakasih kepada Mama tercinta. Memberi kado beserta kata kata untuk Ibu dalam Bahasa Inggris juga mantap. Sertai dengan tindakan juga ya.

Ibunda dikenal sebagai sosok penuh cinta, kelembutan, perhatian serta kasih sayang. Bagaimana kamu memanggil sosok ini? Selain Ibu, Mama dan Bunda adalah panggilan umum di Indonesia. Panggilan lain untuk Ibu: Enyak (Betawi), Meme (Bali), Emak (Sunda), Inaq (Lombok), Inang (Batak Toba), Nande (Batak Karo), Amak, Mandeh (Minangkabau), Umai (Dayak Ngaju), Umak (Basemah), Ibuk (Jawa), Mak / Mamak / Bonda (Kepulauan Riau). Bagaimana penggilan Ibunda di wilayahmu?

Mengirim ungkapan sayang dengan kata kata untuk Ibu nggak harus menunggu Hari Ibu ya. Saat ulang tahun atau hari-hari lainnya pun, kata mutiara buat Ibu bisa dikirim. Sampaikan betapa besar rasa terima kasih dan sayangmu kepada Bunda tercinta.

 

1. Kata kata untuk Ibu tulus dan menyentuh hati sebagai ucapan Selamat Hari Ibu (Happy Mother’s Day)

Kata Kata Untuk Ibu Ucapan Selamat Hari Ibu


Jika diminta menyebutkan satu atau dua kata tentang Ibu, apakah kata itu? Kalau saya, humble dan tulus. Meme’ adalah sosok yang selalu rendah hati alias nggak pernah sombong. Darinya saya belajar banyak tentang ketulusan, ikhlas dan kuat dalam menjalani semua cobaan hidup. I have learned many things about life from her. She is the best mother. Bagaimana dengan Ibumu? Yuk kirimkan kata kata mutiara cinta buat Ibu tersayang.

Thank you for being such a great teacher, a positive influencer, an amazing role model, and a lovely friend. You are the best mother. Happy Mother’s Day!

Artinya: Terima kasih telah menjadi guru hebat, pengaruh positif, teladan luar biasa, dan teman baik. Kau adalah Mama terbaik. Selamat Hari Ibu!
Selain sebagai seorang Mama, apakah ada peran lain dari sosok Ibunda memberi pengaruh positif dalam hidupmu? Menjadi teman curhat misalnya, atau menjadi guru terhebat serta penasihat terbaik. Ah, Mama selalu bisa menjadi apa saja.

Dear Mom, to the world you may be just one person, but to me you are the world. Stay happy and healthy, Mama. I love you with all my heart.

Artinya: Mamaku sayang, untuk dunia kau mungkin hanya satu orang, tapi bagiku kau adalah dunia itu. Tetap bahagia dan sehat, Mama. Aku mencintaimu sepenuh hati.
Kata kata untuk Ibu hampir sama dengan kata untuk Ayah dalam bahasa Inggris. Bagi dunia, seorang Bunda atau ayah adalah seseorang seperti manusia lainnya. Namun bagi si anak, orang tua adalah dunia mereka. Segalanya. Betul?

I believe in love at first sight, because I love my mom since I opened my eyes. Happy mother’s day, my beloved Mama.

Artinya: Aku percaya adanya cinta pada pandangan pertama, karena aku mencintai Mama sejak aku membuka mata. Selamat Hari Ibu untuk Mama tercinta.
Apakah kamu percaya dengan adanya cinta pada pandangan pertama, seperti kata kata untuk Ibu? Bayangkan seorang bayi umumnya melihat sang Ibunda ketika pertama kali membuka mata. Nah, itulah yang disebut sebagai cinta pada pandangan pertama. Cinta antara Bunda dan anak.

You inspire me to be humble, patient, calm and positive. I’m the way I am because of you. Happy Mother’s day, you are my inspiration.

Artinya: Kau mengilhamiku untuk bersikap rendah hati, sabar, tenang dan positif. Aku menjadi diriku sekarang karenamu. Selamat hari Ibu, kau adalah inspirasiku.
Anak memiliki sikap positif karena orang tua memiliki sikap positif pula. Hampir mirip dengan peribahasa ini: Air cucuran atap jatuhnya ke pelimbahan juga. Sifat positif apa menurun dari orang tua terutama Ibumu?

You show me how to be myself. You encourage me to speak my mind. You remind me not to be afraid to achieve my dream. Thank you, Mother.

Artinya: Kau menunjukkan kepadaku bagaimana menjadi diri sendiri. Kau mendorongku untuk menyuarakan pikiranku. Kau mengingatkanku untuk tak takut mencapai mimpiku. Terima kasih, Ibu.
Kata kata untuk Ibunda tentang ungkapan terima kasih anak kepada sang Bunda karena telah mendorongnya. Ada Bunda yang memaksa anak menjadi sepertinya atau menuruti kehendaknya. Ada juga macam Bunda yang memberi kebebasan untuk anak menentukan pilihan. Jika kamu punya Bunda keren begini, jangan lupa sampaikan terimakasih.

Having a mother like you is what I am grateful for. You always support and tell me that I can be my self. I don’t have to change for anyone. That’s the most valuable gift. Thanks, Mom.

Artinya: Memiliki Mamak sepertimu adalah hal yang ku syukuri. Kau selalu mendukung dan mengatakan bahwa aku bisa menjadi diriku. Aku tak harus berubah untuk siapapun. Itu adalah hadiah paling berharga. Terimakasih Ibu.
Apakah kamu setuju dengan kata kata untuk Ibu itu? Mamak selalu memberi nasihat terbaik untuk anaknya. Ia ingin anaknya menjadi diri sendiri. Nggak perlu berubah menjadi orang lain. Be yourself! Sampaikan terima kasih jika Mamak pernah mengatakan hal tersebut kepadamu.

God has blessed me with an awesome mother. You give all the best for your family. Words are never enough to thank you for all that you do. We love you so much. Happy Mother’s Day!

Artinya: Tuhan telah memberkatiku dengan seorang ibu mengagumkan. Kau memberi semua yang terbaik untuk keluargamu. Kata-kata tak pernah cukup untuk berterimakasih atas semua yang kau lakukan. Kami sangat mencintaimu. Selamat Hari Ibu!
Kata kata untuk Ibu dalam bahasa Inggris agak panjang tapi maknanya tetap awesome. Ada pujian untuk Ibu dan rasa syukur telah memiliki sosok mengagumkan. Yap, setuju banget kalau kata-kata nggak bakal pernah cukup menjabarkan cinta, pengorbanan, ketulusan, kasih sayang Bunda kepada keluarga tercinta.

Thank you for making our home the happiest place to be. Sharing, caring and loving each others are what you teach us. Wishing you a very special mother’s day.

Artinya: Terima kasih telah menjadikan rumah kami tempat paling membahagiakan. Berbagi, peduli dan saling mencintai adalah apa yang kau ajarkan kepada kami. Semoga kau menjalani Hari Ibu yang sangat istimewa.
Apakah kamu merasa betah tinggal di rumah? Apakah kamu merasa bahagia di rumah? Kalau jawaban saya sih iya banget. Betah banget rasanya di rumah kalau ada kedua orang tua, Ibunda dan Ayahanda. Mereka membuat rumah jadi tempat paling bahagia serta selalu dirindukan oleh anak-anak di rantauan. We will feel homesick!

You are the most special and important woman in my life, now and forever. May your day be as wonderful and perfect as you are. Happy Mother’s Day!

Artinya: Kau adalah perempuan paling istimewa dan penting dalam hidupku, sekarang dan selamanya. Semoga harimu menjadi seindah dan sehebat dirimu. Selamat Hari Ibu!
Bagi sebagian anak, Mama adalah orang paling penting dan istimewa. Jika ditanya mengapa, setiap anak punya jawaban tersendiri. Setiap anak memiliki pengalaman seru dan indah bersama Mama yang tentu saja berbeda-beda dengan anak lain. Kata kata untuk Ibu bisa mewakili perasaanmu itu.

A family with a great mother will become an amazing family. That’s why we are so grateful to have you as our mother. Wishing you a fabulous Mother’s day!

Artinya: Sebuah keluarga dengan Ibunda hebat akan menjadi keluarga yang luar biasa. Itulah mengapa kami sangat bersyukur memilikimu sebagai Bunda kami. Semoga kau menjalani Hari Ibu luar biasa!
Yap, saya setuju banget dengan kata kata untuk Ibu dalam Bahasa Inggris di atas. percaya banget bahwa sebuah keluarga bahagia adalah ketika ada Bunda dengan kualitas terbaik. Bunda penuh cinta, perhatian, dukungan dan ketulusan hati. Bunda nggak suka bergosip alias membicarakan keburukan orang lain. Kalau sibuk bergosip ya mana ada waktu untuk keluarga sendiri. Ya nggak sih?

Jangan hanya nyari kata kata untuk Ibu saja, agar lebih seimbang kirim juga ungkapan cinta untuk Ayah tersayang dengan Kata Kata untuk Ayah Menyentuh Hati, Ucapan Terimakasih dalam Bahasa Inggris.

 

2. Ungkapkan Kata Kata untuk Ibu sebagai ungkapan cinta dan kasih sayang serta ucapan Selamat Ulang Tahun buat Mama terbaik yang kamu miliki.

Kata Kata Untuk Ibu Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Mama Terbaik
Ingat kapan hari ulang tahun Ibu? Jangan sampai lupa kasih kado istimewa buat Bunda. Tapi kalau belum berpenghasilan, bisa kasih kartu ucapan Selamat Ulang Tahun berisi kata kata untuk Ibu tersayang. Ungkapan rasa sayang setulus hati lebih baik dari pada beli kado mahal hasil pinjam uang dari teman.

Happy birthday to my dearest mother! You are my best friend, my teacher, my advisor and surely the best mother in the world. I love you very much, Mom.

Artinya: Selamat Ulang Tahun buat Ibu tersayang! Kau adalah sahabat terbaik, guru, penasehatku dan pastinya ibu terbaik di dunia. Aku sangat mencintaimu, Bu.
Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Ibu keren banget. Asyik banget ya punya Mama kayak sahabat. Apakah kamu akrab dengan Bunda? Sering curhat apa saja dan minta nasihat darinya? Jika iya, si Bunda emang sobat terbaik. Jangan lupa kirim ucapan selamat di hari ulang tahun Bunda ya.

Mom, you have a big and loving heart. You teach me many things about love and kindness. I wish you plenty of love, happiness, health, joy and wonders. Happy Birthday, Mom.

Artinya: Ibu, kau memiliki hati besar dan penuh kasih sayang. Kau ajariku banyak hal tentang cinta dan kebaikan. Kuharap kau mendapat banyak cinta, kebahagiaan, kesehatan, kegembiraan dan keajaiban. Selamat ulang tahun Ibu.
Hari Ulang Tahun adalah hari bahagia di mana saatnya kamu menyampaikan rasa cinta kasih kepada Emak. Ingat selalu hal positif ia ajarkan kepadamu. Apa yang telah diajarkan kepadamu dan apa harapan serta doamu untuk Emak?

You are my source of wisdom and love. You are the person who are always there for me no matter what. I am nothing without you, Mom. Have a wonderful birthday!

Artinya: Kau adalah sumber kebijaksanaan dan cinta. Kau adalah orang yang selalu ada untukku apapun yang terjadi. Aku bukanlah apa-apa tanpamu, Mak. Semoga hari ulang tahunmu menyenangkan!
Emak itu sumber kebijaksanaan dan cinta. Ingat kata kata untuk Ibu jika kamu punya pikiran negatif tentang Emakmu. Sosok perempuan emang sering kali cerewet minta ampun, nyuruh kita begini-begitu serta ngelarang ini-itu. Pastinya, kita bukanlah apa-apa tanpa adanya Emak dan Babe.

Have an amazing birthday, Mom. We love you more than you could ever imagine. The best wishes from your lovely children.

Artinya: Semoga ulang tahunmu menakjubkan, Bu. Kami mencintaimu lebih dari bisa kau bayangkan. Harapan terbaik dari anak-anakmu yang baik.
Kata kata untuk Ibu sebagau ucapan ulang tahun begitu singkat, hanya tiga kalimat dan frase saja. Tapi maknanya dalam. Tahukah kau ibu, cinta kami (anak-anakmu) lebih dari yang kau bisa bayangkan. Manis dan romantis kan? Pasti dong, agar hubungan Mama dan anak tambah harmonis.

No one in this world can love, encourage, care and support me like a mother does. Always be healthy and happy, Mom. I love you so much.

Artinya: Tak seorang pun di dunia ini dapat mencintai, mendorong, merawat, dan mendukungku seperti yang ibu lakukan. Selalu sehat dan bahagia, Bu. Aku sangat mencintaimu.
Seperti Ibu saya, ia selalu memberi cinta, dukungan dan perhatian. Ibu memberi dukungan atas segala pilihan anaknya, memberi nasihat dan pendapat jika ia kurang setuju tapi tak pernah memaksakan kehendaknya. Ia selalu mendengarkan pendapat anaknya. Terimakasih, Meme’.

Sending hugs and kisses to my wonderful mother on her special day. Happy birthday, Mama!

Artinya: Mengirim pelukan dan ciuman kepada Mamaku yang hebat di hari istimewanya. Selamat ulang tahun, Mama!
Ini sepertinya adalah ucapan tersingkat. Tapi maknanya tetap keren dan niatnya tulus. Jika kamu nggak suka bertele-tele, kamu bisa kirim kata kata untuk Ibu sebagai ucapan selamat ulang tahun.

A mother is she who can take the place of all others, but whose place no one else can take.
(Cardinal Mermillod)

Artinya: Seorang ibu adalah ia yang bisa menggantikan posisi orang lain, tapi posisinya tak tergantikan oleh siapapun.
Pernah ngelihat seorang Emak berperan menjadi dokter, perawat, guru, koki, sekaligus teknisi? Di rumah, jika salah satu anggota keluarga sakit, Mamak menjadi dokter sekaligus perawat. Jika si anak kesulitan ngerjain PR, Emak berperan sebagai guru. Mamak selalu menjadi koki andal. Jika ayah tak di rumah dan ada perabot rusak, Mamak jadi teknisi dadakan. Ya, Emak bisa mengerjakan apapun, tapi tak pernah bisa tergantikan oleh siapapun.

A mother’s love for her child is like nothing else in the world. It knows no law, no pity, it dares all things and crushes down remorselessly all that stands in its path.
(Agatha Cristie)

Artinya: Cinta seorang ibu untuk anaknya tak seperti hal lain di dunia ini. Cinta Ibu tidak mengenal hukum, rasa kasihan, berani pada semua hal dan menghancurkan apapun yang menghalangi jalannya.
Yang punya hobi baca novel terjemahan bahasa Inggris tentu tahu Agatha Cristie. Seorang penulis asal Inggris terkenal dengan novel bertema detektif. Menurutnya, Cinta Ibu benar-benar powerful tak kenal rasa kasihan dan menghancurkan tanpa ampun sesuatu yang menghalangi di depannya. Begitulah cinta Ibu kepada anaknya, menurut sang novelis melegenda ini.

A mother is a person who seeing there are only four pieces of pie for five people, promptly announces she never did care for pie.
(Tenneva Jordan)

Artinya: Seorang Ibu adalah orang yang melihat hanya ada empat potong kue untuk lima orang, segera mengumumkan bahwa ia tak berminat dengan pai.
Seorang Ibu tak pernah memikirkan dirinya. Ibu hanya ingin kebahagiaan anak-anak dan suaminya. Walaupun nggak kebagian sesuatu, ia akan tetap bahagia melihat semuanya kebagian rata. Kebahagiaannya adalah melihat semuanya tersenyum bahagia, tanpa peduli akan dirinya. Kata kata yang cocok banget buat Ibu saya. Bagaimana dengan Ibumu?

 

3. Kata kata untuk Ibu untuk ditulis di atas kartu ucapan Selamat Hari Ibu dari Anak Laki-laki atau Seorang Putra (Mother and Son)

Kata Kata Untuk Ibu Ucapan Selamat Hari Ibu dari Anak Laki Laki (Mother and Son)
Ucapan Selamat Hari Ibu atau Terima Kasih untuk Mama tersayang ini spesial dari anak laki-laki. Jika kamu anak laki-laki dan sedang mencari kata kata untuk Ibu, pas banget nih. Yuk, lanjut.

Thank you for giving me the best things in my life: your endless love, your continuous support, and your tasty cooking. Happy Mother’s Day!

Artinya: Terima kasih telah memberi hal terbaik dalam hidupku: cinta abadi, dukungan terus-menerus, dan masakan lezat buatanmu. Selamat Hari Ibu!
Hal apa yang paling kamu sukai dari sosok seorang Ibu? Apakah Ibumu pintar memasak dan selalu menyiapkan makanan enak untuk keluarga? Sesekali boleh dong ngasih pujian buat Ibu tersayang.

I’m sorry that I can’t remember all of the words you have ever said to me. But I do remember one thing: you always love your son. Thank you, Mom.

Artinya: Aku minta maaf karena tak bisa mengingat semua kata yang pernah kau sampaikan kepadaku. Tapi aku ingat satu hal: Kau selalu mencintai putramu. Terima kasih Ibu.
Apakah kamu bisa mengingat semua pesan Ibu kepadamu? Semua kata-kata dari Ibu? Kalau nggak bisa, ya sama, saya juga. Tapi kita tahu bahwa cinta Ibu selalu ada untuk anak-anaknya. So, boleh kirim ucapan terimakasih buat Ibu dong.

I cannot image a day without your smile, support and love. Thank you for all, Mom.

Artinya: Aku tak bisa membayangkan sehari tanpa senyum, dukungan dan cintamu. Terima kasih untuk semuanya, Ibu.
Sehari tanpa senyum, dukungan dan cinta Ibu? Duh, nggak kebayang deh gimana jadinya hidup kita. Semasih kita bernapas, senyum-dukungan-cinta dari Ibu akan selalu menyertai kita.

Happy Mother’s Day to my beautiful caring perfect mother. Best wishes from your favorite and cool son.

Artinya: Selamat Hari Ibu untuk ibu sempurna penyayang yang cantik. Doa terbaik dari putra kesayangan dan keren.
Kamu adalah putra kesayangan Mama? Kamu juga merasa sebagai anak laki-laki keren? Nah, ucapan Selamat Hari Ibu dalam bahasa Inggris tersebut pas banget buatmu.

I have learned many things about life from you. Now I am growing to be an independent boy. I’m so lucky to be your son. You are the best mother. Thank you for all you do.

Artinya: Aku belajar banyak hal tentang hidup darimu. Sekarang aku tumbuh menjadi anak laki-laki mandiri. Aku sangat beruntung menjadi putramu. Kau adalah ibu terbaik. Terima kasih atas semua yang kau lakukan.
Kamu anak perempuan dan merasa kata kata untuk Ibu di atas pas banget? Ya sudah, ganti ajah beberapa kata yaitu boy menjadi girl dan son menjadi daughter. So, kalimat bahasa Inggris nya menjadi “Now I am growing to be an independent girl. I’m so lucky to be your daughter.” Pas, mantap!

I wanna be tough like you. I wanna be strong like you. I wanna be a problem solver like you. You are my inspiration. Happy Mother’s Day!

Artinya: Saya ingin setangguh dirimu. Saya ingin kuat sepertimu. Saya ingin menjadi pemecah masalah sepertimu. Kau adalah inspirasiku. Selamat Hari Ibu!
Walaupun tampaknya lemah, sebenarnya Ibu memiliki kekuatan yang luar biasa.

My mother is a walking miracle.
(Leonardo DiCaprio)

Artinya: Ibuku adalah keajaiban yang berjalan.
Singkat, padat dan memesona. Begitulah pendapat saya tentang kata kata untuk Ibu dari aktor ganteng Hollywood, Leonardo DiCaprio. Apa maksudnya a walking miracle? Gini, kata walking bisa digunakan untuk menekankan pada seseorang. A Walking Miracle berarti seseorang yang menjadi menarik keajaiban. Di mana ada Ibu, di situlah ada keajaiban. Setuju?

Mama was my greatest teacher, a teacher of compassion, love and fearlessness. If love is sweet as a flower, then my mother is that sweet flower of love.
(Stevie Wonder)

Artinya: Mama adalah guru terhebat, seorang guru pengasih, penuh cinta dan tanpa rasa takut. Jika cinta itu manis seperti bunga, maka ibuku adalah cinta dari kembang yang manis itu.
Coba perhatikan kalimat pertama menggunakan WAS yang berarti Ibu Stevie Wonder sudah meninggal. Kalimat tersebut adalah contoh kalimat Simple Past Tense (masa lampau). Jika Ibumu masih ada di dunia, kamu gunakan IS. Kalimatnya menjadi “Mama is my greatest teacher, a teacher of compassion, love and fearlessness.” Sekalian belajar tenses nih. Asyik!

I remember my mother’s prayers and they have always followed me. They have clung to me all my life.
(Abraham Lincoln)

Artinya: Aku teringat doa ibu dan doa-doa itu selalu mengikutiku. Mereka telah melekat padaku sepanjang hidupku.
Restu dan Doa Ibu emang manjur banget deh. Presiden Amerika Serikat ke-16, Abraham Lincoln, ajah udah mengakuinya dalam kata kata mutiara buat Ibu. Pria yang berkali-kali terpuruk dan gagal ini akhirnya bisa menjadi orang nomor 1 di USA sana. Ia akui itu salah satunya karena doa dan restu Ibu. Wah, hebat ya!

 

4. Kata kata untuk Ibu dirangkai menjadi ucapan Selamat Hari Ibu dari Anak Perempuan atau Seorang Putri (Mother and Daughter)

Kata Kata Untuk Ibu Ucapan Selamat Hari Ibu dan Cinta dari Perempuan (Mother and Daughter)
Pada poin ketiga, khusus buat putra. Poin keempat khusus untuk putri. Ada banyak ucapan Selamat Hari Ibu dan Terima Kasih untuk Ibu dari anak perempuan. Pilih dan kirim kata kata untuk Ibu terbaik.

Your love is like a rainbow that brings colors into my world. I am so grateful to have you in my life. I am such a lucky daughter. I love you, Mama!

Terjemahannya: Cintamu seperti pelangi yang membawa warna ke dalam duniaku. Aku sangat bersyukur memiliki dirimu dalam hidupku. Aku adalah putri yang beruntung. Aku mencintaimu, Mama!
Kata kata untuk Ibu keren banget, puitis. Cinta Ibu diibaratkan pelangi berwarna warni. Pasti pernah dong lihat pelangi? Alangkah indahnya, merah kuning hijau, di langit yang biru, eh ini koq jadi kayak nyanyian “Pelangi-Pelangi” ya? Ha ha!

Off all the gifts that life has to offer, a loving mother is the greatest of them all. I am the luckiest daughter who has such a loving mother like you. Happy mother’s day!

Terjemahannya: Dari semua karunia ditawarkan kehidupan, Ibunda yang penuh kasih adalah karunia terbesar dari semuanya. Aku adalah putri paling beruntung memiliki Bunda penyayang sepertimu. Selamat Hari Ibu!
Sosok seorang Ibunda emang terkenal dengan kelembutan dan penuh kasih. Halus budi pekerti dan bahasanya. Memiliki seorang Bunda adalah karunia terbesar yang patut kamu syukuri. Yuk, kirimkan ucapan Selamat Hari Ibu beserta rasa syukur dan terimakasih kepada Ibunda tercinta.

Mother, you hold my hand for a moment and my heart for a lifetime. I know that you are always there for me. I love U, Mom.

Terjemahannya: Ibu, kau memegang tanganku sejenak dan hatiku seumur hidup. Aku tahu bahwa kau selalu ada untukku. Aku mencintaimu, Ibu.
Awal membaca kata kata untuk Ibu, saya bertanya-tanya koq Ibu pegang tangan anaknya hanya sebentar for a moment saja sih? Nggak sayang ya? Eits, nggak boleh nge-judge dulu. Setelah saya pikir-pikir, maksudnya memegang tangan adalah selalu membantu anaknya hingga ia mandiri. Ibaratnya belajar berjalan sewaktu bayi kan kita selalu dipegangin tuh, nah setelah bisa jalan sendiri ya dilepas. Walaupun begitu Ibu tetap mengawasi dan selalu ada untuk kita.

Your encouragement, support, and love have helped me grow to what I am today. Thank you for brightening up my life, Mama.

Terjemahannya: Semangat, dukungan, dan cintamu telah membantuku tumbuh menjadi diriku sekarang. Terimakasih telah mencerahkan hidupku, Mama.
Apakah Mama selalu mendukung setiap langkah yang kamu ambil? Apakah Mama adalah seseorang yang memberimu semangat tatkala kamu terjatuh dan gagal? Apakah kamu menjadi orang yang lebih baik karena Mama? Kirim ucapan terimakasih dan cinta untuk Mama tersayang.

The love between a mother and daughter is forever. You’re the best mother a daughter could ever hope for. I love U today and will always love U.

Terjemahannya: Cinta antara ibu dan anak perempuan berlangsung selamanya. Kau adalah ibu terbaik yang diharapkan seorang anak perempuan. Aku mencintaimu hari ini dan akan selalu mencintaimu.
Yap, cinta ibu untuk putrinya serta putri untuk ibunya itu nggak ada tanggal expired alias kadaluarsa. Kayak KTP sekarang udah berlaku seumur hidup. Gunakan kata kata untuk Ibu jika kamu ingin mengungkapkan cinta tiada akhir.

Who ran to help me when I fell, and would some pretty story tell, or kiss the place to make it well? My Mother.
(Ann Taylor)

Terjemahannya: Siapa yang berlari untuk membantuku ketika aku jatuh, dan bercerita hal bagus, atau mencium agar aku merasa baikan? Ibuku.
Kata kata untuk Ibu sebenarnya adalah penggalan sebuah puisi tentang Ibu. Seorang Ibu tak akan tega melihat anaknya terjatuh. Menurut Ann Taylor, Ibunya adalah pencerita yang selalu membuat dirinya tenang jika berada di dekatnya. Bagaimana sosok seorang Ibu menurutmu?

I love my mother. She is my first love. She has been through a lot and is a sole survivor.
(Messy Elliot)

Terjemahannya: Aku sayang ibuku. Dia adalah cinta pertamaku. Dia telah melalui banyak hal dan satu-satunya yang selamat.
Ibu adalah sosok yang kuat dan tangguh. Berbagai masalah dalam hidup menimpa seorang Ibu tapi ia tetap berjuang. Perjuangan ibu adalah untuk anak-anak tercinta. Setiap Ibu memiliki cerita masa lalu tentang perjuangan sehingga ia bisa berada di posisi sekarang. Cari tahu kisah perjuangan ibumu agar kamu belajar menjalani hal berat biar lebih kuat.

I love my mom. My mom loves me. We don’t have an easy relationship. I don’t think we ever will, but I’d rather have a complicated, misunderstood relationship than have no relationship at all.
(Tory Spelling)

Terjemahannya: Aku mencintai ibu. Ibu mencintaiku. Kami tidak memiliki hubungan baik. Saya pikir kami tak akan pernah memiliki hubungan baik, tapi aku lebih suka memiliki hubungan rumit dan kesalahpahaman daripada tidak memiliki hubungan sama sekali.
Apakah kamu nggak nyambung dengan ibumu? Hubunganmu dan ibu kurang harmonis? Menurut aktris Tory Spelling, lebih baik punya hubungan tak harmonis daripada nggak punya hubungan sama sekali. Bagaimanapun sifat Ibumu, terimalah dia apa adanya. Karena ia, kau terlahir ke dunia. Lihat sisi positifnya ya, guys!

Being your daughter is the most grateful thing in my life. You’re beautiful, smart, caring, loving, brave and awesome. I love U very much, Mommy!

Terjemahannya: Menjadi anak perempuanmu adalah hal paling kusyukuri dalam hidup. Kau cantik, cerdas, perhatian, penyayang, berani serta mengagumkan. Aku sangat mencintaimu, Mama!
Setiap Enyak itu cantik. Cantik paras serta hatinya. Satu sifat baik yang ingin saya tambahkan yaitu humble alias rendah hati. Kalau Meme saya itu humble. Meme tak suka pamer. Ia tak pernah menyombongkan diri atau menyombongkan anak-anaknya di hadapan orang lain. Begitulah Ibu. Kata sifat apa yang mencerminkan sosok Ibumu?

Wah, lengkap banget ya kata sifat merepresentasikan sosok perempuan terbaik ini. Jika kamu ingin mengubah kata kata untuk Ibu atau memilih kata sifat bahasa Inggris yang cocok dengan sosok Ibumu, bisa cari kata-katanya dalam artikel Kata Sifat dalam Bahasa Inggris Super Lengkap A sampai Z

 

5. Kata Kata Mutiara (Quotes) untuk Ibu dari Orang-Orang Besar di Dunia yang mengagumi serta bersyukur dengan keberadaan Ibu dalam hidup mereka.

Kata Kata Mutiara Cinta untuk Ibu dalam Bahasa Inggris beserta Artinya Lengkap Banget
Selain kata kata hari Ibu, ada juga quotes bahasa Inggris dari orang-orang sukses terkenal di dunia. Yuk pahami tentang sosok Ibunda beserta cinta kasihnya dari kutipan bahasa Inggris. Adakah quote merepresentasikan sosok Ibumu?

In a child’s eyes, a mother is a goddess. I am convinced that this is the greatest power in the universe.
(N.K. Jemisin)

Terjemahannya: Di mata seorang anak, Mama adalah seorang dewi. Saya yakin ini adalah kekuatan terbesar di alam semesta.
Yap, seorang Mama bagaikan dewi begitu sempurna. Mama menyayangi anak-anaknya setulus hati. Cinta adalah kekuatan terbesar di alam semesta.

My mom is definitely my rock.
(Alicia Keys)

Terjemahannya: Ibuku adalah orang benar-benar kuandalkan.
Apa ada hal aneh awal membaca kata kata untuk Ibu dari Alicia Keys? Kata rock ini bukan maksudnya batu atau aliran musik. Menurut kamus Oxford definisi kata ROCK: used in similes and metaphors to refer to someone or something that is extremely strong, reliable, or hard. Jadi digunakan dalam perumpamaan untuk mengacu pada seseorang atau sesuatu yang sangat kuat, bisa diandalkan, atau tangguh. So, Ibunda adalah sosok tangguh, kuat serta dapat diandalkan.

My mother’s wonderful. To me she’s perfection.
(Michael Jackson)

Terjemahannya: Ibuku luar biasa. Bagiku, ia sempurna.
Penyanyi legendaris dunia seperti Michael Jackson mengagumi sosok seorang Ibu. Michael mendapat dukungan penuh dari Ibunya untuk bernyanyi. Apakah kamu mendapat dukungan dari Ibumu untuk mewujudkan cita-citamu?

A mother’s love is patient and forgiving when all others are forsaking, it never fails or falters, even though the heart is breaking.
(Helen Rice)

Terjemahannya: Cinta seorang Ibu itu sabar serta memaafkan saat yang lain meninggalkan, cinta Ibu tak pernah gagal dan menghilang, walaupun hatinya hancur.
Pernah melakukan kesalahan kepada Ibu? Ia selalu sabar serta memaafkan setiap kesalahan yang kita lakukan. Cinta ibu tak pernah menghilang. Ia tetap ada dan bertahan walaupun terkadang sakit hati dengan perilaku anaknya. Ia tetap mencintaimu. Sadarkah dirimu betapa besar pengorbanan seorang Ibu kepadamu?

Youth fades; love droops; the leaves of friendsip fall. A Mother’s secret love outlines them all.
(Oliver Wendell Holmes)

Terjemahannya: Masa muda berlalu; cinta terasa berat; daun persahabatan berguguran. Cinta seorang Ibu mengarahkan semuanya.
Semua yang ada di dunia ini akan pudar lalu mulai menghilang oleh waktu. Masa muda, cinta pasangan serta persahabatan akan terlewatkan. Sementara cinta Ibu tetap berjaya, malah akan menjadi penyembuh luka untuk segala pelipur lara. Ah, kata kata untuk Ibu begitu menyejukkan.

Mother’s love is the fuel that enables a normal human being to do the impossible.
(Marion C. Garrety)

Terjemahannya: Cinta Bunda adalah bahan bakar yang membuat manusia biasa mampu melakukan hal mustahil.
Inilah kekuatan cinta dari seorang Ibunda, dapat membuat segala sesuatu mungkin terjadi. Cinta Bunda dapat memungkinkan ketidakmungkinan. Jika kamu ingin merealisasikan mimpimu, jangan lupa minta restu dan doa Ibunda ya.

Being a full-time MOTHER is one of the highest salaried jobs since the payment is pure LOVE.
(Mildred B. Vermot)

Terjemahannya: Menjadi seorang Ibu rumah tangga adalah salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi karena bayarannya adalah CINTA yang tulus.
Banyak orang mengira pekerjaan sebagai Ibu di rumah itu mudah, hanya mengurus anak serta beres-beres rumah. Padahal pekerjaan di rumah itu nggak ada habisnya. Nyambung terus, tanpa bayaran pula. Sebenarnya, itu adalah pekerjaan bergaji paling tinggi, yaitu Cinta Kasih tulus dari anak untuk Ibu serta terciptanya keluarga harmonis. Itulah buah manis dari Cinta Ibu yang tulus.

I love my mother as the trees love water and sunshine. She helps me grow, prosper, and reach great heights.
(Terri Guillemets)

Terjemahannya: Saya mencintai Ibu bagaikan pepohonan mencintai air dan sinar matahari. Ibu membuat saya tumbuh, makmur serta mencapai tingkat tertinggi.
Pohon memerlukan air serta sinar matahari untuk hidup. Begitulah peran seorang Ibu dalam hidup kita. Tanpa Ibu, kita tak akan ada. Ibu selalu mendukung serta menyemangatimu untuk tetap bangkit saat gagal, terus berjuang untuk meraih puncak tertinggi. Apakah kamu setuju dengan kata kata untuk Ibu ini?

Age 10: I Love U, Mom!
Age 14: My mom is so annoying!
Age 18: I wanna leave this house.
Age 25: Mom, U were right.
Age 30: Mom, forgive me please.
Age 50: I don’t wanna lose my mom.
Age 70: Mom, I love U so much.

Terjemahannya:
Umur 10: Ibu, aku sayang kepadamu!
Umur 14: Ibuku sangat mengganggu (cerewet)
Umur 18: Aku ingin pergi dari rumah ini.
Umur 25: Bu, ternyata kamu benar.
Umur 30: Bu, maafkanlah aku.
Umur 50: Aku tak mau kehilangan Ibuku.
Umur 70: Ibu, aku sangat mencintaimu.
Berapa umurmu saat ini? Bagaimanakah hubunganmu dengan Bunda? Terkadang kita merasa Ibunda sangat cerewet bahkan ingin meninggalkan rumah karena selalu diatur-atur. Setelah bertambah usia, kita sadar bahwa Bunda melakukan hal tersebut demi kebaikan kita. Pada akhirnya, kita nggak ingin kehilangan Bunda walau kita tahu suatu saat nanti Ibunda pasti akan pergi. So, love your mother before it’s late.

***

Apakah kamu pernah bikin trus ngirim kata kata untuk Ibu dalam Bahasa Inggris versimu sendiri?

About Made Ari

I am a teacher who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *