Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris Inspirasi Hidup Terbaikmu

Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris

EnglishCoo – Kata kata mutiara bahasa Inggris jika dipahami dengan baik akan menjadi penuntun kehidupan terbaik.

Kosakata bisa menginspirasi diri bersemangat menjadi terbaik. Mereka juga bisa membunuh semangat serta menyebabkan kehidupan terpuruk. Pilihan ada padamu. Kamulah menentukan apa peran kata kata mutiara bahasa Inggris dalam hidupmu. Yap, DIRIMU!

Sedih, marah, kecewa.
Senang, puas, bahagia.
Semua adalah rasa.
Semua hanya kata.
Jika tak diberi makna.

Yap, mereka nggak berarti jika nggak diberi makna dan nggak dipahami. Tapi ingat, mereka memiliki kekuatan besar dalam kehidupan manusia.

Meminjam pengertian dalam bahasa Inggris tentang kekuatan kosakata dari Yehuda Berg, seorang pembicara dan penulis Internasional:

“Words are singularly the most powerful force available to humanity. We can choose to use this force constructively with words of encouragement, or destructively using words of despair. Words have energy and power with the ability to help, to heal, to hinder, to hurt, to harm, to humiliate and to humble.”

Kurang lebih artinya kayak gini: Kata-kata merupakan kekuatan paling dahsyat bagi kemanusiaan. Kita dapat memilih untuk menggunakan kekuatannya secara konstruktif dengan kosakata semangat, atau secara destruktif menggunakan kosakata putus asa. Mereka memiliki energi serta kekuatan untuk membantu, menyembuhkan, menghalangi, menyakiti, membahayakan, mempermalukan serta merendahkan.

So, kata kata mutiara bahasa Inggris nggak sekedar bualan semata. Kamu bisa menggunakannya untuk berbagai hal. Gunakan kosakata positif lalu keajaiban akan mewarnai hidupmu. Apalagi saat sedang terpuruk ke jurang nestapa, kata mutiara dalam bahasa Inggris beserta artinya bisa membantumu bangkit lagi, menemukan hal yang hilang dan menyadari kekeliruan serta memperbaikinya.

Ada 6 subpoin berisi kumpulan kata kata mutiara Bahasa Inggris menginspirasimu:

  1. Kata Mutiara dalam Bahasa Inggris Mengungkap Kekuatan Rasa SYUKUR
  2. Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris sebagai Inspirasi Hidup Terbaik
  3. Kata Mutiara Bahasa Inggris untuk Menentukan Tujuan Hidup
  4. Quotes Bahasa Inggris Dahsyat yang Mengubah Hidupmu
  5. Quotes Bahasa Inggris Kunci Menjadi Diri Sendiri
  6. Quotes Bahasa Inggris agar Kehidupan Lebih Bermakna

Saya suka membaca quotes bahasa Inggris ketika saya butuh inspirasi cara terbaik melakoni perasn sebagai diri sendiri. Apalagi dalam bahasa Inggris, so bisa sambil belajar dan menemukan kosakata baru. Dapat inspirasi, dapat vocabulary baru pula. Ah, double combo, right?

 

1. Bersyukur karena hal-hal kecil akan mengantarkanmu pada keajaiban. Kata kata mutiara bahasa Inggris sederhana tapi memiliki makna membahana.

Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris tentang Bersyukur


Kita awali dengan rasa syukur. Apabila saat ini sedang merasa sedih, lihat dirimu lagi. Tubuh yang kamu miliki, anggota tubuh berfungsi sempurna, napas masih berhembus dan karunia kesehatan menjagamu tetap bertumbuh.

Sekecil apapun, rasa syukur akan memberimu kekuatan untuk merasakan hal lebih positif. Hidupmu jadi lebih maknyus dengan memahami kata mutiara bahasa Inggris. Semoga menginspirasi dan bikin dirimu lebih baik.

I opened two gifts this morning. They were my eyes.
(Zig Ziglar)

Artinya: Saya membuka dua hadiah pagi ini. Mereka adalah kedua mata saya.
Pernahkah kau menyadari kedua hadiah kecil namun begitu berharga dalam kehidupan? Mata. Yap, kedua mata berfungsi sempurna. Bayangkan apa jadinya dirimu tanpa memiliki mereka. Gelap gulita. Selagi memiliki kedua mata, syukuri mereka.

The more you praise and celebrate your life, the more there is in life to celebrate.
(Oprah Winfrey)

Artinya: Semakin Anda memuliakan dan merayakan kehidupan, semakin banyak hal dapat Anda rayakan.
Apa makna kata kata mutiara bahasa Inggris dari Oprah Winfrey tersebut? Jika mensyukuri kehidupan dengan memberi respon positif terhadap setiap peristiwa kecil, akan ada lebih banyak hal positif datang. Kamu akan menemukan lebih banyak keajaiban di depan sana. Percaya atau tidak, ini sudah dibuktikan oleh Oprah Winfrey, seorang pemandu acara sukses asal Amerika.

Smile and Gratitude lead you to Feel Good.
(Made Ari)

Artinya: Senyum dan Syukur membuat Anda merasa lebih baik.
Jika melihat nama pencetus kata kata mutiara bahasa Inggris di atas sekali lagi, namanya mirip penulis EnglishCoo. Yap, saya merangkainya pada tahun 2008 lalu. Waktu itu saya baru berkenalan dengan film dan buku The Secret, kemudian menggandrungi quote bahasa Inggris positif. Saya benar-benar merasa lebih baik ketika saya tersenyum dan bersyukur. Kekuatan senyum serta syukur benar-benar luar biasa untuk membuat saya semakin positif dan menemukan berbagai keajaiban, sekecil apapun.

You only live once, but if you do it right, once is enough.
(Mae West)

Artinya: Anda hanya hidup sekali, tetapi jika Anda melakukannya dengan benar, sekali sudah cukup.
Apa yang ada di pikiranmu tentang menjalani kehidupan dengan benar? Gimana caranya melakoninya dengan benar? Jawabannya tentu saja relatif. Ada orang memilih menjalani dengan melakukan kegiatan yang mereka sukai di dalam zona nyaman. Ada juga orang lebih tertantang dengan sesuatu di luar kenyamanan mereka. Apapun pilihanmu, tetap utamakan hal benar dan memberi dampak positif kepadamu. Jangan takut mencoba hal baru, misalnya traveling ke luar negeri. Lakukan saja serta nikmati prosesnya. Kau akan mendapatkan pelajaran berharga dari setiap perjalanan serta membuatmu tambah dewasa.

Lagi galau, down sampai depresi? Perlu motivasi agar bisa menyemangati diri? Baca artikel berikut bisa bikin bersemangat lagi. Buktikan ajah sendiri.

 

2. Hidup hanya sekali. Yap, hanya sekali. Trus apa yang harus dilakukan dalam hidup hanya sekali ini? Kata kata mutiara bahasa Inggris menyediakan jawabannya untukmu.

Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris tentang Hidup
Diam sejenak serta cari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan: Apakah makna kehidupan? Hidup seperti apa yang ingin dijalani? Apa yang kamu butuhkan dalam kehidupan ini?

Tenang, nggak ada jawaban salah koq. Semua jawaban benar, karena itu versimu. Kata kata mutiara bahasa Inggris tentang kehidupan datang dari beberapa orang hebat serta sukses. Kamu bisa belajar dari mereka. Bisa jadi kamu menemukan inspirasi terbaikmu.

In life you need either inspiration or desperation.
(Tony Robbins)

Artinya: Dalam kehidupan, Anda membutuhkan inspirasi atau keputusasaan.
Kata kata mutiara bahasa Inggris dari seorang motivator kelas dunia. Menurut Tony Robbins, dalam menjalani kehidupan kau membutuhkan salah satunya, entah itu inspirasi atau keputusasaan. Saat bersedih, jatuh, serta terpuruk, kau hanya perlu memilih untuk mendapatkan inspirasi sehingga bisa bangkit kembali. Atau memilih berdiam diri dan tetap terpuruk sehingga memutus segala harapan. Pilihan ada padamu. Yap, KAMU!

The best preparation for tomorrow is doing your best today.
(H. Jackson Brown, Jr.)

Artinya: Persiapan terbaik untuk hari esok adalah melakukan yang terbaik hari ini.
Mungkin ada yang nanya: Persiapan apa? Ujian sekolah? Boleh dikondisikan kayak gitu sih. Kan sebelum ujian ya harus belajar. Tapi ya nggak harus sehari sebelumnya baru belajar lho ya. Hm.. persiapan yang dimaksud lebih umum yaitu mempersiapkan masa depan dengan menghadapi setiap tantangan. Lakukan terbaik hari ini. Apapun yang sedang kamu kerjakan sekarang, do your best!

Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving.
(Albert Einstein)

Artinya: Hidup itu ibarat bersepeda. Agar tetap seimbang, Anda harus terus mengayuh.
Pernah membaca atau mendengar kata kata mutiara bahasa Inggris tersebut sebelumnya? Quote dari seorang ilmuwan paling berpengaruh di dunia yaitu sang penemu teori relativitas. Kalau kita tahu caranya bersepeda, tentu tahu kalau kita diam alias nggak mengayuh ya bakalan jatuh. Begitu pula kehidupan. Jika sekarang dirimu sedang sedih, lalui itu kemudian segera bangkit. Kita harus tetap melangkah, bergerak maju supaya tidak jatuh terpuruk. Kalaupun jatuh lagi, tak masalah, asalkan kita bangkit lalu bergerak lagi. Keep moving!

Be not afraid of life. Believe that life is worth living, and your belief will help create the fact.
(William James)

Artinya: Jangan takut pada kehidupan. Percayalah kehidupan itu layak dijalani dan keyakinan Anda akan membantu menciptakan kenyataan.
Terkadang kita merasa takut saat menjalani hidup, seperti takut ngomong di depan orang banyak, takut ketemu seseorang, takut salah dan lain sebagainya. Merasa takut itu wajar saja. Setelahnya kamu harus belajar mengendalikan rasa takut. Yakinlah pada hasil positif. Niscaya semesta mendukung!

 

3. Pernah terpikir mengapa kita terlahir ke dunia? Apa alasan hidupmu? Bisa jadi kita menemukannya dalam kata kata mutiara bahasa Inggris berikut.

Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris dan Artinya tentang Tujuan Hidup
Emang apa gunanya alasan hidup? Memiliki alasan sama seperti memiliki tujuan saat traveling. Kalau nggak punya tujuan, trus mau traveling ke mana? Mengapa kita traveling? Apa yang akan dilakukan saat traveling? Bingung kan? Nah, itu mengapa alasan itu penting.

Apakah kamu sudah menemukan alasan hidupmu? Kalau belum, kita bisa menciptakannya koq. Kita nggak harus nunggu seseorang datang memberi tahu mengapa kita dilahirkan ke dunia. Yuk, baca selanjutnya, siapa tahu kamu menemukan inspirasi pada salah satu kata kata mutiara bahasa Inggris.

The two most important days in your life are the day you are born and the day you find out why.
(Mark Twain)

Artinya: Dua hari terpenting dalam kehidupan Anda adalah hari ketika Anda lahir dan hari saat Anda menemukan alasannya.
Bahkan Mark Twain, penulis terkenal dari Amerika pada abad ke-18, menyatakan salah satu hari terpenting dalam kehidupan adalah saat kau menemukan alasan mengapa kau terlahir ke dunia ini. Jika sudah menemukan alasan kelahiranmu, selamat ya. Jika belum, jangan stress karena semua butuh proses.

Life is a journey, not a destination.
(Ralph Waldo Emerson)

Artinya: Kehidupan adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan.
Seperti kata kata mutiara bahasa Inggris di atas, bahwa kehidupan adalah perjalanan. Kehidupan memberimu banyak pengalaman serta pelajaran yang membuatmu semakin dewasa. Tentu dalam perjalanan ini, cepat atau lambat setiap manusia akan menemukan alasan kelahiran mereka.

The most important thing is to enjoy your life – to be happy – it’s all that matters.
(Audrey Hepburn)

Artinya: Hal paling penting adalah menikmati hidup – bahagia – hanya itu terpenting.
Setuju dengan quote dari Audrey Hepburn, aktris asal Inggris? Menurutnya hal paling penting dalam hidup adalah kebahagiaan. Apakah kamu bahagia hari ini?

The good life is one inspired by love and guided by knowledge.
(Bertrand Russel)

Artinya: Hidup yang baik itu diinspirasi oleh cinta dan dituntun oleh pengetahuan.
Cinta dan pengetahuan adalah kekuatan mendasar dalam diri yang membawa kejayaan. Setiap orang hebat di dunia memiliki keduanya. Cinta kasih kepada diri sendiri dan semesta serta pengetahuan membuat seseorang semakin sukses. Apakah kamu memiliki keduanya?

Cinta bisa menjadi penyemangat diri untuk menciptakan hidup lebih positif. Katakan cinta kepada orang tersayang seperti pacar, gebetan, kekasih hati membuat hari-hari lebih berseri. Yuk cari tahu kata-kata romantis selain “I LOVE YOU”.

 

4. Jika bukan kamu mengubah hidupmu, siapa lagi? Kata kata mutiara Bahasa Inggris ini benar-benar menginspirasi.

Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris Mengubah Hidup Lebih Baik
Hilangkan keluhan “Why me?” saat mendapat kesempatan untuk berbuat sesuatu. Misalnya ditunjuk guru ke depan kelas untuk menyelesaikan sebuah permasalahan. Kalau bukan kamu, siapa lagi?

Begitu juga dengan hidupmu. Kamulah bertanggung jawab terhadap hidupmu sendiri. Lakukan hari ini. Jangan ditunda lagi.

Every new day is another chance to change your life.
(Anonymous)

Artinya: Setiap hari baru adalah sebuah kesempatan untuk mengubah hidupmu.
Setuju dengan quote bahasa Inggris ini? Jika ada pertanyaan: Kapan saatnya berubah? Jawabannya: hari ini. Setiap hari baru adalah kesempatan untuk berubah. Berubah menjadi apa? Menjadi pribadi yang kau inginkan. Menjadi lebih baik dari dirimu kemarin. Jangan sia-siakan kesempatan itu.

Give every day the chance to become the most beautiful day of your life.
(Mark Twain)

Artinya: Beri setiap hari kesempatan menjadi hari paling indah dalam hidup Anda.
Hey, kamu! Yap, hanya dirimu dapat menciptakan hari terbaik dalam hidup. Apakah hari ini hari terbaik, hari terburuk atau biasa-biasa saja, ditentukan oleh dirimu sendiri. Bukan apa yang terjadi, bukan keluarga ataupun masyarakat di sekitarmu. Tapi dirimu sendiri.

Be the change you want to see in the world.
(Mahatma Gandhi)

Artinya: Jadilah perubahan yang ingin Anda lihat di dunia ini.
Baca dengan baik quote dari Mahatma Gandhi, seorang pemimpin besar dari India. Perubahan apa yang ingin kamu lihat di dunia ini? Mulailah dari diri sendiri. It’s as simple as that.

The best way to predict your future is to create it.
(Abraham Lincoln)

Artinya: Cara terbaik memprediksi masa depan adalah dengan menciptakannya.
Saya suka banget dengan quote di atas. Pengen tahu kayak gimana masa depanmu nanti? Jika kamu suka ramalan masa depan, nah ini dia cara terbaik meramalkan masa depan, menurut presiden Amerika Serikat ke-16. Abraham Lincoln berkali-kali gagal dan tak pernah menyerah pada kegagalan. Ia membuktikan bahwa masa depan bisa diciptakan.

 

5. Kata-kata mutiara bahasa Inggris adalah salah satu alat ampuh untuk menemukan jati diri. Jadilah diri sendiri. Hargai dirimu serta apapun melekat pada dirimu.

Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris dan Artinya Menjadi Diri Sendiri
Apakah kamu sedang mencari secuil kebahagian? Sedang mencari hal yang bikin kamu percaya diri? Berusaha mencari sesuatu yang bisa bikin hatimu lega dari kegundahan?

Hellooo… kamu nggak usah jauh-jauh mencarinya. Semua ada di dalam diri. Saya pernah membaca sebuah kata mutiara tentang diri sendiri: nggak ada yang bisa membuatmu bahagia sampai kamu merasa bahagia terhadap diri sendiri. So, it’s up to you, broh!

It’s not how good you are, it’s how good you want to be.
(Paul Arden)

Terjemahan: Ini bukan tentang seberapa baik Anda sekarang, tetapi seberapa baik yang Anda inginkan.
Kata kata mutiara bahasa Inggris di atas diambil dari sebuah buku oleh Paul Arden tentang panduan menjadi sukses di dunia. Saya belum baca bukunya sih, tapi menurut review buku tersebut bagus banget menuntun seseorang menjadi berani meraih impian serta menjadi apapun sesuai impianmu. So, ingin menjadi apa kau nanti? Percaya kepada diri dan berani untuk meraih impianmu!

Be yourself; everyone else is already taken.
(Oscar Wilde)

Terjemahan: Jadilah diri sendiri; orang lain sudah mengambil peran masing-masing.
Seseorang pemalu tak merasa puas dengan diri sendiri seringkali memiliki keinginan menjadi orang lain, bahkan sampai membandingkan diri dengan orang lain. Enak ya jadi dia. Lihat dia cantik banget, sedangkan aku… Ah, aku emang nggak sepintar dia… bla bla bla. STOP IT! Berhenti merendahkan diri. Berhenti membandingkan diri. Karena setiap manusia itu unik. Kamupun begitu. Jadilah diri sendiri.

You don’t have to be great at something to start, but you have to start to be great at something.
(Zig Ziglar)

Terjemahan: Anda tidak harus hebat untuk memulai sesuatu, tapi Anda harus menjadi hebat dalam suatu hal.
Zig Ziglar memiliki banyak kata mutiara bahasa Inggris keren banget. Pernahkah kau menunggu waktu yang tepat untuk memulai sesuatu? Misalnya pengen jadi photografer profesional. Kau nunggu biar punya kamera profesional dulu baru belajar. Padahal bisa menggunakan kamera hp untuk memulai atau beli kamera bekas murah. Jangan hanya menunggu waktu yang tepat. Tapi mulailah dengan langkah kecil sekarang. Lama-lama pasti bisa sampai di tempat tujuan.

Trust yourself. You know more than you think you do.
(Benjamin Spock)

Terjemahan: Percayalah kepada diri sendiri. Anda tahu lebih dari yang Anda pikir.
Setiap manusia memiliki kekuatan dahsyat di dalam diri mereka sendiri. The power withing. Tapi nggak semua manusia menyadari serta melatih diri untuk menggunakan kekuatan tersebut. Jika sedang terpuruk, sekaranglah saatnya kau bangkit. Percaya kepada diri bahwa kau mampu menaklukkan rintangan yang menghalangi jalan menuju kesuksesan. Yap, kamu pasti bisa!

Tingkatkan keterampilan bahasa Inggris dengan menulis kegiatan sehari-hari alias Daily Activities. Jangan lewatkan contoh kalimat Present Perfect Tense agar pengetahuanmu jadi lebih komplit.

 

6. Siapa bilang kehidupan itu seputar kau dan dirimu saja? Hidup nggak hanya tentang dirimu doang. Hidup akan lebih bermakna jika tahu cara memperlakukan orang lain dengan baik.

Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris dan Terjemahannya tentang Mencintai Orang Lain
Ingat kamu adalah makhluk sosial, broh. Kamu nggak hidup sendiri. Mengasihi sesama serta makhluk lainnya menciptakan kebahagian tersendiri. Ingat ya, kasih tulus tanpa menngharapkan ini itu.

Walaupun berlabel makhluk sosial, kamu nggak harus ikut campur urusan orang lain. Nggak juga ngegosip tentang kejelekan seseorang. Kata-kata mutiara dalam bahasa Inggris memperjelas hal tersebut.

Great minds discuss ideas; average minds discuss events; small minds discuss people.
(Eleanor Roosevelt)

Terjemahan: Orang dengan pikiran hebat membahas gagasan; orang dengan pikiran rata-rata mendiskusikan peristiwa; orang dengan pikiran pendek membahas orang lain.
Setuju nggak dengan quote dari aktivis asal Amerika ini? Kalau saya sih setuju banget. Orang hebat nggak punya waktu untuk membicarakan (keburukan) orang lain. Waktu mereka lebih banyak digunakan untuk berpikir serta membangun sebuah ide brilian. Orang rata-rata sibuk mendiskusikan tentang perayaan atau peristiwa-peristiwa sudah lewat. Sedangkan kelompok ketiga sibuk ngegosip tentang orang lain. Nah, dirimu ada di kelompok mana nih?

If you judge people, you have no time to love them.
(Mother Teresa)

Terjemahan: Jika Anda menilai orang, Anda tidak punya waktu untuk menyayangi mereka.
Ingat dengan perkataan dari Mother Teresa ini jika hendak menilai atau menghakimi seseorang. Jangan menilai dari penamnpilan fisik seseorang. Jangan terlalu cepat menyimpulkan kalau seseorang itu jahat, egois, suka marah, jutek, nggak sopan dll. sebelum benar-benar mengenalnya. Kalau kamu sibuk memberi penilaian negatif kepada orang lain, ya hatimu dipenuhi hal negatif, bukan cinta kasih.

Life’s most persistent and urgent question is, “What are you doing for others?”
(Martin Luther King, Jr.)

Terjemahan: Pertanyaan paling penting tentang kehidupan adalah “Apa yang Anda lakukan untuk orang lain?”
Bisakah kau menjawab pertanyaan dari quote bahasa Inggris tersebut? Hayo coba dipikir lagi apa yang sudah, sedang dan akan kau lakukan untuk orang lain? Menebar kebaikan bukan saja memberi kebahagian kepada orang lain, tapi sebenarnya itu membuat dirimu lebih terteram. Asalkan nggak pamrih ya.

If you can’t be a pencil to write anyone’s happiness, then try to be a nice eraser to remove their sadness.
(Anynomous)

Terjemahan: Jika Anda tidak bisa menjadi pensil untuk menulis kebahagian orang lain, maka jadilah penghapus yang baik untuk menghilangkan kesedihan mereka.
Nah, ini dia metafora alias pengandaian manis tentang kehidupan. Jadilah seseorang berguna serta membuat orang lain bahagia. Jika tidak bisa, setidaknya bisa menjadi penghapus kesedihan mereka. Trus, apakah kau sudah menjadi pensil atau penghapus untuk orang lain?

***

Kata kata mutiara Bahasa Inggris bisa memiliki kekuatan dahsyat, bisa juga hanya menjadi kata tanpa makna. Nggak akan berarti apa-apa jika hanya dibaca saja. Apabila kamu ingin mendapatkan inspirasi untuk menciptakan hidup terbaik, quote bahasa Inggris harusnya dipahami lalu dipraktekkan. Selamat menciptakan harimu!

About Made Ari

I am a blogger who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

10 thoughts on “Kata Kata Mutiara Bahasa Inggris Inspirasi Hidup Terbaikmu

  1. Saya suka sekali artikel ini karena sangatlah bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari saya terima kasih yah buat artikelnya
    “I like it”

    1. Hi, Sriwah
      Yeay…makasih juga udah mampir, komen dan baca artikel di blog ini.
      Semoga harimu menyenangkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.