Bicara Bahasa Inggris Sendiri Tanpa Partner dengan 13 Cara Ampuh Ini

mahir bicara bahasa inggris sendiri

EnglishCoo – Pengen praktek bicara Bahasa Inggris sendiri? Dengan 13 cara ampuh ini kamu bisa berlatih speaking dan bisa dipraktekin saat nggak punya teman ngobrol.

Supaya bisa berbahasa asing dengan cepat, kamu harus BERLATIH berbicara. Terdengar klise? Yap, itu memang nasehat kuno alias semua orang juga tahu. Walaupun kuno, ini adalah cara tercepat agar mahir lho. Sayangnya, orang sering lupa atau mencari-cari alasan untuk menghindari praktek.

Bagaimana mahir kalau bahasanya pas-pasan dan grammar kacau? Ya karena bahasa pas-pasan dan grammar kacau, kamu harus rajin berlatih biar bahasa Inggrismu makin maknyus.

Tapi, ndak punya teman bule diajak ngobrol, gimana donk? Ya carilah teman ngobrol, dan itu pun nggak mesti bule. Orang yang mahir di sekitarmu bisa dijadikan partner berlatih.

Masalahnya ndak ada bule atau orang mahir di sekitar sini, gimana donk? Baiklah, baiklah. Jika memang sedang sendiri, berlatihlah tanpa partner.

Wah, emang bisa? Jawabannya bisa banget!

Mungkin kedengarannya agak aneh: berlatih speaking tanpa partner alias seorang diri.

Melatih keterampilan menulis (writing), membaca (reading) dan mendengarkan (listening) dilatih seorang diri. Bagaimana mungkin latihan berbicara (speaking) dapat dilakukan sendiri?

Tenang, tenang. Dengan 13 tips ampuh, mulailah berlatih bicara Bahasa Inggris sendiri walaupun tanpa seorang partner pun, hingga jadi mahir speaking. Apa saja ya??? Check them out!

 

1. Berpikir dalam bahasa baru dapat meningkatkan kemampuan berbahasa tersebut

Berpikir dalam bahasa asing dapat meningkatkan keterampilan bicara bahasa Inggris

Berlatih bicara bahasa Inggris adalah hal lumrah. Namun pernah mencoba berpikir dalam bahasa Inggris? Tapi ini kan berlatih berbicara, bukan berpikir. Yap, berpikir dengan sebuah bahasa meningkatkan kemampuan berbahasa tersebut, lho.

Saatnya sediakan waktu berpikir / merenung. Misalnya, sedang melakukan perjalanan ke sebuah tempat, pikirkan tentang suasana di jalan. Atau saat menonton TV, berpikirlah tentang program yang sedang ditonton.

Keterampilan berbicara sebuah bahasa dapat ditingkatkan apabila menggunakan bahasa tersebut dalam keseharian kita, terutama saat berpikir. Terlebih lagi, menurut penelitian dikutip dari Wired.com berpikir menggunakan bahasa asing juga membuatmu memutuskan sesuatu lebih baik dan lebih rasional (better decision making).

 

2. Sering bergumam? Berbicara dengan diri adalah cara tepat berlatih bicara Bahasa Inggris sendiri

bergumam dapat melatih keterampilanbicara Bahasa Inggris sendiri

Saya yakin setiap orang pernah melakukan hal ini: bicara kepada diri sendiri, begitu juga kamu, kan? Atau bahkan sering melakukannya hingga jadi kebiasaan?

Manfaatkan kebiasaan bergumam ketika sedang sendiri, tanpa partner. Yang dibutuhkan hanya kemauan dari dalam diri untuk melakukannya. Ingat sebuah pepatah : Where there is a will, there is a way. Jika memang punya kemauan tinggi, tentu saja jalan terbentang luas di depanmu.

Bergumam nggak harus bersuara keras, cukup dengan suara setengah berbisik tapi jelas terdengar di telingamu sendiri. Seringkali pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana bisa mahir jika tak memiliki kosakata (vocabulary) yang cukup?

Gunakan saja kata yang diketahui & sudah dipelajari. Hindari menerjemahkan dari Indonesia ke Inggris ya. Cara tersebut kurang efektif meningkatkan keterampilan berbahasa asing.

 

3. Cermin menjadi media bertemu partner paling mengerti kamu yaitu diri sendiri

Cermin adalah media terbaik saat ingin berlatih bicara Bahasa Inggris sendiri

Kapan terakhir kali bercermin? Masih ingat seperti apa bayangan dirimu di cermin? Memperhatikan bayangan di cermin sering kita lakukan saat sedang menyisir rambut / membenahi penampilan.

Pernahkah menggunakan cermin untuk bertemu partner terbaik (yaitu dirimu) dan mewujudkan impian mahir berbahasa asing?

Bercermin serta melihat bayangan sambil bicara meningkatkan pengetahuan tentang diri sendiri. Tak hanya kemampuan berbahasa meningkat, tapi juga kepercayaan diri untuk menjadi pribadi lebih baik. “Knowing yourself is the beginning of all wisdom” sebuah kutipan dari Aristotle.

 

4. Bicara Bahasa Inggris sendiri dapat dilakukan dengan merekam suara kemudian mendengarkan rekamanmu. Ini menjadi langkah terbaik untuk mengoreksi diri (Self Reflection)

Merekam suara kemudian dengarkan adalah tips ampuh meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris

Selain berlatih di depan cermin, dapat juga memanfaatkan alat perekam untuk mengabadikan prosesnya. Tips itu sangat efektif dan terbaik meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Dengan merekam suaramu, kamu dapat mendengarkannya kembali.

Awalnya, mungkin terasa agak aneh mendengarkan suara sendiri. Lama-kelamaan terbiasa mendengar suaramu dan mencoba mengoreksi pelafalan (pronunciation) yang belum tepat.

Memanfaatkan teknologi & internet untuk mengoreksi serta mendapatkan feedback tentang rekamanmu. Beberapa website seperti Vocaroo, MailVu, atau Audiopal menyediakan alat perekam free alias gratis. Terlebih lagi, kami dapat mengirim rekamanmu kepada penutur asli (Native Speakers) terpercaya. Upload di sosial media agar dikomentari. Asyik kan?

Misalnya kamu tahu kata kerja Simple Present Tense lalu ingin membuat kalimat Simple Present, ya gunakan Verb tersebut.

Berikut artikel spesial buat nambah kosakata terutama kata kerja. Check them out!

 

5. Kamu sedang dalam perjalanan pulang kuliah/kerja? Yuk berlatih bicara bahasa Inggris sendiri dengan mengomentari sekitarmu!

Komentari sekitar ketika perjalanan pulang akan melatih keterampilan berbicara bahasa inggris

Tips lain melatih keterampilan bicara bahasa Inggris sendiri adalah memberi komentar terhadap hal-hal di sekitarmu. Saat pulang kerja atau sepulang dari kampus misalnya, kamu dapat memperhatikan sekitar dan berkomentar menggunakan bahasa asing.

Daripada mengeluhkan jalanan macet, pengendara motor nyelap-nyelip atau ngebut, lebih baik berkomentar positif saja. Pasti selalu ada sisi positif dikomentari asalkan melihatnya dengan kacamata positif.

 

6. Dengarkan radio dan beri komentar tentang topik yang didiskusikan. Ini langkah praktis melatih keterampilan bicara bahasa Inggris sendiri

Fasih bicara bahasa inggris sendiri dengan mendengarkan radio & memberi komentar tentang program

Sedang melakukan apa sambil baca artikel ini? Mendengarkan radio atau menonton acara favoritmu di televisi? Nah, waktu yang pas berkomentar tentang topik diskusi di radio atau tentang acara favorit di TV.

Gimana caranya? Jika bingung mau bilang apa, tenang, mulai dengan pertanyaan WH questions seperti:

  • Who is the presenter?
  • How does she/he present the program?
  • Why do you like this program?
  • (susun pertanyaan sesuai keinginanmu)

Mungkin saat ini sedang browsing di internet. Ada banyak sekali informasi bertebaran di internet bisa menjadi bahan untuk dikomentari. Atau mau dibahas sendiri, monggo. Jika konsisten melakukannya, ini membuatmu semakin mahir.

 

7. Menyanyi lagu bahasa Inggris juga melatih kemampuan berbicara, lho.

Mahir berbicara dengan menyanyikan lagu-lagu berbahasa Inggris (English songs)

Suka bernyanyi? Nah, tips bicara Bahasa Inggris sendiri ini bakalan sangat ampuh. Jangan hanya mendengarkan lagu favoritmu saja ya! Tantang diri mendengarkan lagu lain, lagu lawas atau rap misalnya. Kamu akan mendengarkan berbagai aksen serta cara melafalkan kata.

Menyanyi lagu bahasa Inggris disebut-sebut sebagai cara belajar menyenangkan. Tapi terkadang bikin stress juga apabila nggak nangkep apa yang diucapkan si penyanyi. Apalagi diiringi musik, suara si penyanyi jadi nggak jelas.

Pilih lagu sesuai kemampuanmu. Bukan sebuah masalah jika memulai dari lagu anak-anak. Lagu anak-anak nggak semuanya level Easy, lho. Bagus juga kalau diselingi lagu lain.

Coba pahami isi lagu tersebut kemudian dengarkan liriknya dengan baik. Akan lebih bagus jika menulis liriknya. Lupakan sejenak tentang Grammar. Dengarkan berkali-kali lalu lengkapi lirik lagu sampai akhir. Setelah itu, periksa lirik lagu di internet.

Jangan lewatkan artikel ini: Grammar itu Susah??? Kenalan Dulu lewat 6 Langkah Jitu, Setelah itu Terserah Kamu!

 

8. Tantang dirimu mengucapkan kalimat tongue twister untuk melatih pelafalan (pronunciation)

tantang dirimu mengucapkan kalimat Tongue Twister sehingga bahasa inggrismu semakin lancar

Pernah mendengar tentang kalimat Tongue Twister? Itu lho kalimat terdiri dari serangkaian kata, pengucapannya sangat mirip sehingga membuat lidahmu seolah melilit. Mereka sukar diucapkan dalam kecepatan tinggi, malah belepotan alias tak sesuai teksnya.

Latihan mengucapkan kalimat Tongue Twister secara teratur (beberapa menit sehari) dipercaya meningkatkan pelafalan (pronunciation) & kefasihan (fluency). Ini juga berpengarubh besar terhadap kemampuan berbicara bahasa Inggris.

Contoh Tongue Twister itu gimana sih? Cek kalimat di bawah ini ya.

  • She sells seashells by the seashore.
  • I scream, you scream, we all scream for ice cream.
  • Susie works in a shoeshine shop. Where she shines she sits, and where she sits she shines.
  • We surely shall see the sun shine soon.
  • I saw a kitten eating chicken in the kitchen.
  • The thirty-three thieves thought that they thrilled the throne throughout Thursday.

Gimana? Lidahmu udah belepotan? Jika sering berlatih bicara bahasa Inggris sendiri, tentu lidahmu akan menyesuaikannya.

Yuk tingkatkan 4 keterampilan berbahasa Inggris: Speaking, Listening, Reading, Writing. Baca artikel berikut dan praktekkan!

 

9. Bicara Bahasa Inggris Sendiri dengan memanfaatkan Google Translate yang menyediakan media Text to Speech

Gunakan media google translate text to speech agar keterampilan englishmu semakin mahir

Kalo dipikir-pikir, beruntung banget kita hidup di jaman teknologi maju. So, manfaatkan kemajuan teknologi sekarang ini. Tentu tahu Google dan berbagai layanan gratisnya, misalnya Google Translate. Pada Google Translate, sudah ada media Text to Speech. Media ini memberitahumu pengucapan sebuah kata, kalimat, bahkan juga sebuah paragraf.

INGAT, jangan menerjemahkan dari Indonesia ke Inggris. Hal ini nggak direkomendasikan karena bikin jadi keterusan menerjemahkan dari Indonesia ke Inggris.

Ketik kata dalam bahasa Inggris kemudian klik ikon speaker, ketika disorot bertuliskan “Listen”. Dengarkan kosakata itu, kemudian ulangi pengucapan kata tersebut. So, kamu tahu gimana mengucapkannya.

 

10. Dengarkan sebuah audio atau video bahasa Inggris dan tirukan ucapan mereka

Tips mahir berbicara dalam bahasa inggris yaitu mendengarkan English audio dan video

Sekarang kita fokus memanfaatkan teknologi guna meningkatkan keterampilan bicara Bahasa Inggris sendiri. Kalau tadinya menggunakan Google Translate untuk mengetahui pengucapan kata/kalimat, kali ini bisa mencari audio atau video. Kemudian, tiru pengucapannya.

Jika masih belum ngerti apa yang diucapkan, sebaiknya dengarkan berkali-kali. Jika masih belum nangkep juga, mungkin perlu cari audio atau video yang bahasanya lebih ringan. Percayalah pada kekuatan konsistensi. Semakin konsisten berlatih, semakin mahir.

Ingin mahir berbicara Bahasa Inggris? Ada banyak tips belajar Speaking. Pilih dan praktekkan!

 

11. Lakukan monolog sebelum tidur tentang hal-hal kamu syukuri hari ini

Mahir bicara dalam bahasa inggris jika rutin melakukan monolog sebelum tidur

Karena tak ada partner diajak berlatih, ya lakukan itu bersama partner yang mengenalmu sangat baik, yaitu diri sendiri. Ceritakan kepada dirimu hal-hal disyukuri hari ini. Lakukan hal itu sebelum tidur.

Pertama-tama, mulai dari 1, 2 hal disyukuri. Setelah seminggu, update menjadi tiga hal yang disyukuri dan terus bertambah setiap minggunya.

Cara tersebut juga membuatmu semakin positif, mengurangi stress dan membuatmu merasa lebih baik esok hari.

 

12. Cerita rakyat atau legenda dalam bahasa Inggris bisa menjadi tantangan tersendiri buatmu

tips mahir berbicara yaitu tantang dirimu bercerita menggunakan bahasa inggris

Ingat kembali cerita rakyat, legenda, narrative text lain yang diketahui. Tentu setiap orang pernah membaca atau didongengi cerita rakyat sewaktu kecil. Ceritakan kembali cerita rakyat, legenda / contoh narrative text lainnya itu. Kepada siapa bercerita? Ya, tentu kepada dirimu.

Jika khawatir dengan grammar pas-pasan, carilah satu buku cerita dan baca untuk dirimu dulu. Jika sudah siap bercerita kepada orang lain, rekam suaramu dan membagikan video atau audio rekamanmu kepada orang lain.

Bingung cari contoh narrative text? Jangan khawatir karena ada Contoh Narrative Text Legend Populer di Indonesia.

 

13. Cara terbaik meningkatkan keterampilan bicara Bahasa Inggris sendiri adalah Relax dan kenali dirimu dengan baik. Jangan underestimate atau memaksakan diri. Hargai setiap usahamu.

relax dan kenali dirimu sehingga bisa mencari cara belajar bahasa Inggris terbaik

Nah, tips ampuh terakhir ini menjadi jurus pemungkas untuk meningkatkan keterampilan bicara. Kenali dirimu sebaik-baiknya. Jangan pernah memandang rendah apalagi memaksakan dirimu meraih sesuatu yang kurang direncanakan dengan baik.

Hargai setiap pencapaian. Penghargaan kepada diri akan memberi semangat untuk selalu melakukan yang terbaik. Sebuah kutipan dari Tina Lifford: When you know yourself, you are empowered. When you accept yourself, you are invincible.

***

Belajar adalah sebuah proses. Proses itu akan berjalan apabila melangkah secara konsisten. Tidak ada yang bisa menjamin apakah akan mahir bicara bahasa Inggris sendiri dalam sehari, sebulan atau setahun, kecuali dirimu. Semua itu bergantung pada usaha serta keyakinan. So, believe it and keep on taking actions!

About Deari

I am a blogger who like to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

6 thoughts on “Bicara Bahasa Inggris Sendiri Tanpa Partner dengan 13 Cara Ampuh Ini

  1. Hi Deari…
    Thanks a lot for your blog.
    It’s a very nice writing. Encouraged me to practise speaking English.

  2. Big thanks for u madame deari, i am so grateful could find this article. Its can boost my spirit to learn english continuously 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.