5 Rahasia Belajar Reading Bahasa Inggris Ini Bikin Kamu Mahir Tanpa Ribet

Rahasia Belajar Reading Bahasa Inggris Ini Bikin Kamu Mahir Tanpa Ribet

EnglishCoo – Kamu sedang belajar reading bahasa Inggris? Cari tahu 5 rahasia yang bisa membantumu meningkatkan keterampilan membaca teks dengan mudah.

Membaca adalah aktivitas yang menyenangkan. Ya, itu kalau membaca buku favorit dalam bahasa yang dimengerti, Bahasa Indonesia misalnya. Saat belajar bahasa Inggris dan harus paham sebuah teks yang hampir 90% kata-katanya asing di matamu, ah jadi hal yang frustrating kan?

Banyak orang yang suka nanya, gimana sih caranya agar bisa membaca teks bahasa Inggris dengan lancar? Ada berpuluh-puluh cara agar jago reading, tapi rahasianya hanya 5 saja. Yuk lakukan 5 cara ampuh ini agar kamu mahir reading bahasa Inggris.

 

1. Pikirkan bahwa reading itu mudah. Motivasi ini sangat menentukan bagaimana mengakhiri apa yang sudah dimulai.

Pikirkan bahwa belajar reading bahasa Inggris itu mudah

Sebelum belajar membaca alias reading, apa yang kamu pikirkan tentang teks yang ada di hadapanmu? Argh, ini teks yang membosankan. Argh, aku nggak bakal ngerti. Argh, kata-katanya seperti menari-nari. Argh, aku nggak suka reading! Arrrrgghhh…

Atau malah nggak ngerasa apa-apa? Ya sudah, ikutin ajah. Ya sudah, dibaca ajah. Ya sudah, nurut ajah. Ya sudaaaahhhlah…. Koq jadi pasrah?

Apakah kamu termasuk orang yang suka ngeluh karena materi belajar yang susah atau malah menyerah pasrah? Kalau kamu adalah salah satunya, jangan heran kalau perjalananmu menuju sukses berbahasa Inggris akan terasa sangat panjang berliku dan melelahkan.

Trus gimana caranya biar cepat sampai di tempat tujuan? Positive Thinking! Ya, ini sangat membantumu mempercepat langkah karena kamu termotivasi. Rasa lelah itu nggak bakal terasa kalau punya pikiran yang positif. Apabila mikir untuk mahir reading itu hal yang menantang dan menyenangkan, perjalanan yang berliku itu terasa seperti sebuah anugerah. Nggak percaya? Buktikan aja.

Selain materi reading, yang sering dianggap susah adalah grammar bahasa Inggris. Grammar itu Susah? Kenalan Dulu dengan 6 Langkah Jitu, Setelah itu Terserah Kamu!

 

2. Pilih bacaan yang tepat dan sesuai kemampuan. Jangan asal memilih materi belajar reading bahasa Inggris di internet.

Pilih bacaan yang tepat dan sesuai kemampuan

Dengan mikir ajah, emang bisa mahir reading bahasa Inggris? Ternyata tidak, saudara-saudara. Kamu nggak bisa mengandalkan pikiran positif saja. Jangan hanya jadi motivator kemudian duduk menunggu sukses menghampirimu. Itu tidak akan terjadi. Sekali lagi, itu tidak akan pernah terjadi!

Ada rahasia lain yang perlu diketahui bahwa formula untuk sukses itu adalah:

Motivation + Strategic Plan + Action = SUCCESS

Selain berpikir positif (motivasi), kamu perlu Strategic Plan alias rencana yang strategis. Kayak gimana tuh rencana yang strategis? Sebelum belajar reading bahasa Inggris, rencanakan buku-buku yang akan dibaca. Nah, pilih buku yang tepat dan sesuai kemampuanmu.

Koq nggak boleh pilih bacaan yang advance? Kan biar cepat bisa… Kalau kamu adalah pemula, bacaan level tinggi bisa membuat stres dan malas baca buku bahasa Inggris karena 90% kata-kata dalam bacaan advance nggak dimengerti. Masa mau buka kamus bahasa Inggris terus???

Cara memilih buku yang tepat itu gimana sih? Tipsnya: baca dulu sekilas. Baca judul, subpoint atau halaman pertama dengan cepat. Jika nangkap maksudnya (bukan arti per kata ya), berarti buku/bacaan itu pas buat kamu. Jika nggak, ya masukkan dalam waiting list aja. Siapa tahu nanti memerlukannya.

 

3. Pilih tempat dan tentukan waktu khusus untuk belajar reading bahasa Inggris, di mana kamu benar-benar fokus dan tidak akan diganggu oleh apapun dan siapapun.

Pilih tempat dan tentukan waktu khusus untuk belajar reading dalam bahasa inggris

Setelah memilih buku yang tepat, rahasia yang tak boleh dilewatkan adalah memilih tempat dan waktu khusus. Buatlah jadwal reading teks bahasa Inggris dan tentukan di mana kamu akan melakukannya. Jadwal 30 menit sampai 1 jam itu udah cukup koq. Yang penting ikuti secara konsisten. Daripada menjadwalkan 2 jam membaca tapi bolong-bolong, mending 30 menit dan dilakukan sesuai jadwal.

Hindari tempat yang bising dan membuatmu kurang berkonsentrasi karena banyak distraksi. Tempat yang nyaman dan jauh dari suara-suara gaduh akan membantu menjaga konsentrasimu sehingga lebih fokus saat membaca. Kamu juga bisa memutar musik yang cocok untuk reading. Jangan lupa untuk meletakkan hal-hal yang dibutuhkan (misalnya buku dan pulpen) jika diperlukan.

Satu hal yang paling penting dan nggak boleh dilupakan adalah matikan notifikasi media sosialmu: BBM, WA, Instagram, FB, Twitter, de el el. Nggak ada alasan seperti: Ah, hanya balas chattingan sebentar koq. Jangan sampai jadwal reading teks/buku bahasa Inggris berubah menjadi kegiatan membaca timeline temen. Ups,…

 

4. Coba teknik skimming sebelum dan sesudah membaca. Kamu akan paham tentang apa bacaan itu dengan cepat.

Coba teknik skimming sebelum dan sesudah reading bahasa inggris

Pernah mendengar tentang 2 teknik reading ini: skimming dan scanning? Kedua teknik ini memiliki kesamaan yaitu membaca dengan cepat. Hanya saja tujuan mereka berbeda. Skimming dilakukan untuk memahami makna secara keseluruhan sedangkan Scanning untuk mencari informasi spesifik misalnya nama, tanggal, tempat, dll.

Apabila yang akan dibaca adalah sebuah teks dalam bahasa Inggris yang jumlahnya beberapa halaman, kamu bisa melakukan skimming dengan membaca judul, subpoin dan paragraf pertama untuk mendapatkan ide utama dari teks tersebut. Namun, jika yang dibaca adalah sebuah buku bahasa Inggris, coba teknik skimming pada ringkasan (biasanya ada di sampul belakang).

Pengen mahir mendengarkan bahasa Inggris juga? Yuk, terapkan 5 Cara Belajar yang Bikin Kamu Jago Listening Bahasa Inggris secara Otodidak.

 

5. Ajukan pertanyaan kepada diri sendiri. Kamu bisa melakukannya sembari membaca atau setelah membaca. Lihat seberapa paham dirimu.

Saat atau setelah belajar reading bahasa Inggris, ajukan pertanyaan kepada diri sendiri

Rahasia yang terakhir adalah mengajukan pertanyaan kepada diri sendiri. Pertanyaan apa? Jika bingung, gunakan 5W1H: What, Why, Who, Where, When, dan How. Pertanyaan ini sangat berguna untuk membantumu semakin paham tentang isi teks/bacaan.

Kamu juga bisa membuat Mindmap dengan panduan pertanyaan 5W1H. Jadi, nggak perlu nulis pertanyaan yang lengkap. Cukup tulis kata tanya beserta informasi yang bisa dikumpulkan untuk menjawab kata tanya tersebut. Cara ini bisa dilakukan setelah selesai membaca teks atau buku bahasa Inggris.

Gimana kalau ingin membuat pertanyaan sambil reading? Boleh saja. Kamu perlu membuat pertanyaan yang lengkap. Tulis di secarik kertas. Setelah selesai membaca, kamu bisa jawab pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat sebelumnya. Tapi jangan nyontek jawaban dari teks atau bukunya ya. Nah, ini bisa melatih sejauh mana pemahamanmu.

Dari belajar reading bahasa Inggris, uga bisa memahami tenses yang digunakan. Sebelumnya, baca ini dulu: 5 Fakta Menarik dan Mengejutkan tentang 16 Tenses Bahasa Inggris.

***

Tanpa disadari, sebenarnya kamu telah memiliki daya juang yang Superb lho.  Terbukti, kamu telah mampu membaca artikel ini sampai selesai. Pernahkan membayangkan betapa susahnya memahami teks bahasa Indonesia saat pertama kali belajar reading (mungkin saat TK atau SD)?

Jika sulit mengingatnya, lihat keponakan atau anak tetangga yang sedang belajar membaca teks bahasa Indonesia sederhana. Kamu bisa paham dengan sekali baca saja, sedangkan mereka harus mengeja per kata dan belum tentu paham seluruh isinya. Jadi, temukan lagi semangat juangmu sebagai pemenang saat belajar reading bahasa Inggris seperti saat kamu berusaha menaklukkan bahasa Indonesia.

About Made Ari

Hi, thank you for visiting EnglishCoo! Here, we share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. By the way, I am Made Ari from Bali, Indonesia. See ya...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *