Alasan Belajar Bahasa Inggris ini Bikin Kamu Makin Semangat

Alasan Belajar Bahasa Inggris

EnglishCoo – Alasan Belajar Bahasa Inggris bisa membuatmu makin semangat, khususnya bagi para pelajar pemula. Cari tahu mengapa harus mendalami bahasa asing.

Adakah sekelebat pikiran apa sih pentingnya bahasa Inggris? Koq semua orang (yang sayang sama kamu) agak memaksa supaya belajar bahasa asing? Mengapa juga jadi salah satu mata pelajaran di ujian nasional? Pernahkah terpikir olehmu untuk mencari jawaban semua pertanyaan tersebut?

Mungkin kamu bertanya-tanya buat apa nyari semua jawaban itu. Toh ini tetap jadi salah satu pelajaran wajib harus ditaklukkan agar lulus sekolah.

Gini ya, dengan tahu semua jawaban itu, jadi semakin semangat. Masa iya sih? Iya banget. Kamu jadi punya tujuan mengapa belajar bahasa asing serta tahu pentingnya untuk kehidupan sekarang, juga nanti.

Di jaman kayak gini, bahasa asing itu lebih dari sekedar penting. Lebih tepatnya URGENT! 9 alasan berikut akan membuatmu paham pentingnya bahasa Inggris.

 

1. Bahasa Inggris menjadi Bahasa Dunia. Koq bisa ya???

Alasan Belajar Bahasa Inggris karena menjadi Bahasa Dunia

Pernah dengar istilah “Global English”? Bahasa Inggris memang disebut-sebut sebagai bahasa global aka bahasa dunia atau bahasa internasional. Kenapa sih bahasa asing sebegitu dielu-elukan, bahkan menjadi primadona dunia?

Padahal untuk mahir bahasa ini susah banget, ya nggak sih? Tentu banyak yang kompak jawab setujuuuu, kecuali yang sudah pintar casciscus speaking.

Kenapa bukan bahasa Indonesia menjadi bahasa internasional? Kan lebih gampang bahasa Indonesia daripada bahasa Inggris? Itu mah karena bahasa nasional kita ya bahasa Indonesia, makanya jadi lebih gampang.

Kenapa bukan bahasa Mandarin dinobatkan sebagai bahasa global? Padahal bahasa China paling banyak penggunanya, lho.

Berdasarkan Wikipedia.org, bahasa Mandarin alias bahasa Cina menempati ranking pertama sebagai bahasa paling banyak digunakan. Sedangkan bahasa Inggris menempati urutan ketiga setelah bahasa Spanyol. Trus, kenapa bukan bahasa Mandarin dijadikan bahasa internasional? Kenapa harus bahasa Inggris?

Ini berkaitan dengan sejarah, kawan. Bahasa Inggris adalah bahasa resmi negara Inggris (England). Orang-orang Inggris adalah penjelajah sekaligus penjajah. Dahulu kala pada abad ke 18 sampai 19, negara Inggris memiliki posisi kuat dalam berbagai bidang di dunia.

Pengaruh Inggris begitu dominan pada masa tersebut. Bahkan, Inggris memiliki 90 negara jajahan tersebar di seluruh dunia. Terbentuknya Revolusi Industri menjadi sarana bagi Inggris untuk mengendalikan perekonomian, teknologi, perdagangan dunia.

Karena kekuatan yang dimilikinya, Inggris mampu menyebarkan bahasa nasional mereka. Menjadikan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama di seluruh dunia. Bahkan banyak negara bekas jajahan Inggris menjadikannya sebagai bahasa resmi mereka, seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia, India, Selandia Baru, dll.

Jadi, tak heran mengapa bahasa Inggris itu jadi bahasa dunia. Apa alasan belajar bahasa Inggris ini memaksamu untuk lebih bersemangat? Belum??? Coba cek alasan kedua yuk!

 

2. Berbagai kesempatan dan peluang terbuka lebar untukmu yang mampu berbahasa Inggris

Alasan belajar Bahasa Inggris karena berbagai kesempatan, peluang terbuka lebar untukmu di masa depan

Let say, sudah tahu sejarah kalau bahasa Inggris itu adalah salah satu bahasa paling banyak digunakan di seluruh dunia. So what??? Ini adalah bahasa dunia. Trus apa hubungannya denganmu??? Oke, alasan pertama mungkin belum bisa bikin kamu tergugah.

Bagaimana jika tahu hal berikut: mereka yang mahir berbahasa Inggris memiliki berbagai kesempatan juga peluang untuk terbang tinggi. What? Terbaaang??? Yap, Fly High!

Jika hobi baca buku pengembangan diri, tentu bakal terbiasa dengan istilah Fly High. Apapun cita-citamu, tentu ingin berskala internasional. Menguasai bahasa Inggris, kamu bisa membuat mimpimu jadi realita.

Masih belum nangkap maksudnya gimana? Jadi gini. Misalnya pengen jadi dokter, guru, programmer atau profesi lainnya, ya dengan keterampilan berbahasa super OKE, kamu bisa bekerja di perusahaan internasional dengan gaji dolar. Menggiurkan, bukan?

Aduh, ngejar cita-cita mah masih lama. Oke, kalo gitu kita bicara waktu sekarang. Jika mahir berbahasa Inggris, kamu bisa berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Mau cari sahabat orang Amerika, bisa. Mau berteman dengan orang Australia, monggo. Mau ngobrol dengan orang India, silahkan. Itu semua bisa dilakukan asalkan mampu berbahasa dunia.

Juga, banyak program beasiswa serta pertukaran pelajar ke luar negeri yang bisa diikuti. Bahkan, memiliki relasi atau teman di luar negeri kamu sedang menciptakan peluang untuk diri sendiri. Bisa jadi mereka akan memberi informasi sehingga membuatmu terbang tinggi ke luar negeri. Everything is possible, right?

 

3. Jika saatnya terjun dalam kompetisi, kamu akan berterimakasih kepada dirimu yang dulu susah payah belajar Bahasa Inggris

Jika kamu konsisten belajar bahasa Inggris, kamu akan berterimakasih kepada diri sendiri saat ikut kompetisi

Alasan belajar bahasa Inggris ketiga tentang kompetisi. Hidup memang bukan kompetisi. Tapi bukan berarti nggak ada perlombaan dan penentuan pemenang. Ada saatnya nanti harus menunjukkan potensi diri. Biasanya hal ini teruji saat melamar sebuah pekerjaan untuk memenangkan hati HRD atau pewawancara.

Ah, tapi aku nggak bakal kerja di luar negeri koq. Buat apa pintar bahasa Inggris???

Siapa bilang alasan belajar bahasa Inggris hanya untuk kerja di luar negeri? Sekarang ini sudah banyak perusahaan nasional memiliki client atau customer orang asing, jadi mau nggak mau kamu perlu kemampuan bahasa asing super keren.

Di zaman globalisasi banyak pekerjaan memberi syarat memiliki keterampilan berbahasa yang mumpuni. Banyak perusahaan internasional memiliki cabang di Indonesia. So, kamu berkesempatan besar untuk bekerja di sana, apabila bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris baik lisan maupun tulisan.

So, nggak ada alasan lagi untuk menunda belajar. Itung-itung mempersiapkan diri untuk masa depan yang sebentar lagi akan dihadapi. Percaya deh, lima atau sepuluh tahun itu sebentar banget. Ketika ada dalam kompetisi yang membutuhkan bahasa Inggris, kamu akan tersenyum bersyukur karena dulu telah bersusah payah mempelajarinya.

Jangan lewatkan: 7 Masa Depan Impian Ini dapat Diraih dengan Menguasai Bahasa Inggris

 

4. Penguasaha perlu mahir Bahasa Bisnis Dunia. Jika pengen jadi Entrepreneur sukses, alasan belajar bahasa Inggris ini bisa jadi penyemangat

Alasan belajar bahasa Inggris karena menjadi bahasa bisnis Dunia.

Masih ingat sejarah negara Inggris menguasai bidang perdagangan? Dua negara atau lebih sedang bekerja sama dalam perdagangan dunia, mereka menggunakan bahasa Inggris saat melakukan transaksi.

Misalnya pedagang Indonesia dan pedagang Filipina bekerja sama. Mereka lebih memilih menggunakan bahasa Inggris. Mengapa? Kalau pake bahasa Indonesia ya si pedagang Filipina nggak ngerti. Sebaliknya, kalo pake bahasa Tagalog ya orang Indonesia bakal bingung. Jadi, mereka cenderung memilih bahasa ini sebagai bahasa pengantar.

Begitu halnya dengan pedagang-pedagang dari negara lain. Mereka lebih memilih bahasa Inggris karena telah diajarkan di sekolah-sekolah formal. Selain itu, dunia menyepakati bahwa ini adalah bahasa internasional.

Jika ingin jadi seorang pebisnis sukses, ya perlu mempersiapkan keterampilan berbahasa Inggris. So, kamu nggak akan takut jika nanti perlu mengadakan ekspansi bisnis ke luar negeri, merekrut karyawan asing atau memasarkan produk atau jasa kepada pelanggan dari negara lain. Mau kan bisnismu berkembang sampai ke negeri orang?

 

5. Alasan belajar bahasa Inggris untuk pendidikan yang lebih baik. Penguasaan bahasa asing memberimu kesempatan memilih universitas terbaik di dunia

Jika mahir berbahasa Inggris, memilih universitas terbaik dunia sangatlah mudah

Gimana ceritanya bahasa Inggris bisa memberi peluang memilih universitas terbaik di dunia?

Pernah dengar tentang kuliah di luar negeri? Jika menguasai bahasa Inggris, kamu bisa berkesempatan untuk menuntut ilmu di Amerika, Australia, Inggris serta negara-negara maju lainnya. Gimana caranya? Ya lamar atau cari beasiswa ke kampus impianmu.

Informasi tentang beasiswa seringkali disajikan dalam bahasa asing. Bahkan syarat pendaftaran umumnya harus menunjukkan bahwa kamu bisa berbahasa Inggris dengan baik. Caranya? Dengan menyertakan sertifikat ujian IELTS (International English Language Testing System) atau TOEFL (Test of English as a Foreign Language). Biasanya skor minimal diminta oleh universitas adalah 5.5 atau 6.0, tergantung jurusan di universitas masing-masing.

Mengapa perlu skill bahasa Inggris yang baik untuk kuliah di luar negeri?

Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar di beberapa universitas terbaik seperti Oxford, Cambridge, Harvard, Stanford, MIT (Massachusetts Institute of Technology). Ya, hampir semua mata kuliah diajarkan dalam bahasa Inggris, termasuk berkomunikasi dengan profesor (dosen), staf bahkan teman kampus.

Walaupun paling pintar di bidang Teknologi atau Matematika, semua nggak berarti tanpa kemampuan berbahasa asing, jika ingin kuliah di luar negeri. Kalaupun ke sana bermodal nekat (juga keberuntungan) lulus di universitas impian, tapi bahasa Inggris kacau, kamu harus berusaha keras untuk memahami apa kata para profesor.

Jika sekarang bersakit-sakit, ya nanti nggak bakal khawatir lagi gimana nasibmu saat merantau di negeri orang. Mulai sekarang jangan pernah remehkan bahasa Inggris. Apalagi sampai benci pelajaran satu ini. Kalau nggak mau nyesel di kemudian hari.

 

6. Alasan belajar bahasa Inggris demi membuka wawasan karena pengetahuan luas nggak hanya didapat dari kuliah di luar negeri saja.

Berarti untuk mendapat pendidikan terbaik, harus kuliah ke luar negeri ya?? Hahaha… nggak juga koq. Siapa bilang untuk berpengetahuan harus meninggalkan negeri sendiri? Kalau kamu pengen berpengetahuan luas tanpa harus ke luar negeri, bisa banget! Terutama untuk mereka yang terbatas finansial kuliah ke luar negeri, asalkan nggak terbatas niat ya.

Alasan belajar bahasa Inggris ke-5 (sebelumnya) itu bukan untuk memaksamu ngelanjutin studi ke luar negeri. Kemahiran berbahasa asing memberimu peluang memperluas ilmu. Lebih banyak buku bisa dibaca, tanpa terbatas bahasa. Berbagai ilmu bisa dilahap habis.

Yuk cari tahu: 5 Rahasia Mahir Reading Bahasa Inggris tanpa Ribet

Bahasa Inggris memungkinkan untuk upgrade diri. Berbagai pengetahuan dalam jangkauanmu karena banyak hasil penelitian, literatur, sejarah dunia serta pengetahuan lainnya ditulis dalam bahasa ini. Bahkan, sekarang ada video di Youtube bisa ditonton tanpa harus khawatir gagal paham.

Intinya, bahasa asing membuat pengetahuan semakin terjangkau dalam genggamanmu (saat searching dengan gadget-mu). Ternyata, sebanyak 52% website tersebar di internet menggunakan bahasa Inggris.

Dengan pengetahuan luas tak terbatas, kamu jadi makin berwawasan. Asalkan bisa bahasa Inggris, jadi bisa upgrade diri. So, tunggu apa lagi, mantapkan diri untuk memulai sekarang.

 

7. Kamu mahir berbahasa asing? Selamat, kamu siap untuk pergi ke luar negeri. Alasan belajar bahasa Inggris ini cocok buat yang suka traveling.

Bahasa Inggris memudahkanmu untuk traveling

Meluasnya internet terutama media sosial membuat tren traveling makin kekinian di kalangan anak muda. Bahkan, ada yang menjadikannya sebagai kebutuhan untuk menepis kepenatan rutinitas.

Gimana dengan kamu? Apa pernah traveling ke negara tetangga sampai Amerika? Rencana traveling ke Singapura, Malaysia, Thailand, negara di Asia lainnya akan dipermudah dengan penguasaan bahasa Inggris.

Nggak hanya di negara-negara tersebut, traveling ke negara-negara di benua Amerika, Australia serta Afrika jadi makin gampang dengan keterampilan berbahasa. Mengapa? Ya, jawabannya simpel banget yaitu karena banyak sekali orang di seluruh dunia berbahasa Inggris.

Pernah ngeliat traveler datang ke daerah tempat tinggalmu? Nggak semua orang Inggris. Ada orang Perancis, Jerman, India, Afrika, Italia, Arab Saudi, Filipina. Saat mereka ngobrol dengan orang lokal, entah minta petunjuk arah atau belanja di warung pinggir jalan, mereka menggunakan bahasa Inggris.

Begitupun saat traveling ke sebuah negara, misalnya Perancis, ya bahasa Inggris menjadi andalan saat tersesat atau kehabisan minuman di jalan. Jadi, nggak perlu mikir ribuan kali saat ingin traveling ke luar negeri. Enak ya?

Belajar bahasa Inggris bisa jadi menyenangkan lho. Pikirkan kalau belajar itu kayak Traveling. Emang bisa??? Nih simak 7 Alasan Unik Mengapa Belajar Bahasa Inggris itu Ibarat Traveling.

 
 

8. Alasan belajar bahasa Inggris ini berkaitan dengan otak. Bahasa asing membantu perkembangan otak sehingga kamu makin cerdas

Alasan belajar Bahasa Inggris mempengaruhi perkembangan otak sehingga menjadi semakin cerdas

Belajar sebuah bahasa baru bikin otakmu makin cerdas, lho. Koq bisa ya???

Sebuah penelitian dilakukan oleh Georgetown University Medical Centre dikutip dari DailyMail.co.uk, orang yang menguasai banyak bahasa (polyglot) memiliki materi abu-abu lebih banyak pada otak dari pada mereka yang hanya menguasai satu bahasa saja.

Apa sih materi abu-abu pada otak? Gini, otak itu kan ada bagian-bagiannya. Nah, kita bahas lapisan otak terluar atau korteks selebral, disebut juga materi abu-abu. Lapisan ini memainkan peran penting dalam memori, kesadaran persepsi, perhatian, pikiran, bahasa, alam sadar manusia.

Berkembangnya bagian otak ini artinya kamu jadi makin jago dalam mengingat, lebih fokus, cepat paham. Inilah alasan mengapa seseorang yang menguasai lebih dari satu bahasa – entah bilingual, multilingual, atau polyglot – dikatakan memiliki otak semakin berkembang.

Bahkan, belajar sebuah bahasa baru dapat memperlambat penyakit dementia, Alzheimer, atau penyakit otak lain berkaitan dengan kognitif. Dengan kata lain, bahasa baru membuat otakmu menjadi lebih sehat, tetap muda bahkan saat beranjak tua nanti. Gimana, masih mikir berkali-kali untuk mencari alasan belajar bahasa Inggris???

 

9. Alasan belajar Bahasa Inggris karena kurang pede? Bisa! Pribadi yang lebih percaya diri adalah hasil dari kerja keras.

Setelah mahir berbahasa Inggris, kepercayaan dirimu akan meningkat pesat

Alasan terakhir adalah tentang kepribadianmu lebih shining. Yap, kepercayaan dirimu semakin meningkat. Siapa sih yang nggak pengen jadi pribadi pede dan mampu menaklukkan rintangan?

Setelah menguasai bahasa Inggris, kamu jadi tahu bahwa dirimu adalah pejuang sejati. Sudah berjuang dalam berbagai kesulitan serta kemalasan. Banyak pelajar menyerah di tengah jalan, tapi kamu menjadi seorang pemenang karena mencapai puncak kemahiran.

Saat bisa mengatasi sebuah kesulitan, saat memahami tenses bahasa Inggris, di situlah kamu percaya pada kemampuan diri. Mulai yakin bahwa segala pencapaian memerlukan proses. Juga percaya bahwa segala kesuksesan butuh kegagalan-kegagalan kecil, di mana kamu bangkit lalu melangkah konsisten.

Kesabaran adalah pohon lain yang akan tumbuh subur dalam taman kepribadianmu. Mempelajari sebuah bahasa baru pun butuh kesabaran dalam berproses. Intinya, saat menjadi pemenang dalam menaklukan bahasa asing, dirimu telah bertransformasi menjadi pribadi yang jauh lebih baik. Menggiurkan, bukan?

Yuk pahami tenses bahasa Inggris dengan cepat, salah satunya dengan menguasai Simple Present Tense. Mulai dari Pengertian, Pola Kalimat, Jenis-jenis kalimat beserta contoh kalimat. Simak Pengertian Simple Present Tense, Materi Lengkap serta Mudah Dipahami.

***

Jadi, jangan pernah ragu lagi dan mencari alasan belajar bahasa Inggris. Yap, semuanya sangat menguntungkan baik untuk masa sekarang maupun masa depanmu nanti. Kamu akan mendapatkan banyak manfaat jika memulainya secepat mungkin, alias SEKARANG.

About Made Ari

Hi, thank you for visiting EnglishCoo! Here, we share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. By the way, I am Made Ari from Bali, Indonesia. See ya…

2 thoughts on “Alasan Belajar Bahasa Inggris ini Bikin Kamu Makin Semangat

    1. Hi, Ayu.
      Boleh banget. Bisa chat via fb, intagram dan twitter (EnglishCooCom)
      Good luck, 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *