Another, Other, Others, The Other, The Others dalam Kalimat Bahasa Inggris

Penggunaan Another, Other, Others, The Other, The Others dalam Bahasa Inggris

EnglishCoo – Penggunaan Another, Other, Others, The Other, The Others dalam Kalimat Bahasa Inggris. Yuk pahami pengertian, penggunaan serta fungsinya sebagai kata sifat (Adjective) dan kata ganti (Pronoun).

Kita sering menemukan kata-kata mirip ketika sedang membaca teks Bahasa Inggris. Secara makna, mereka memiliki arti yang sama, tetapi berbeda-beda dalam penggunaannya. Contohnya Other – Others – The Other – The Others – Another.

Pernahkah kamu menemukan kata Other, Others, The Other, The Others dan Another? Apakah mereka memiliki makna sama? Bagaimana penggunaan masing-masing kata dalam kalimat Bahasa Inggris? EnglishCoo membahas semuanya dalam artikel ini dengan beberapa subpoin sebagai berikut.

  1. Pengertian dan Fungsi Another, Other, Others, The Other, The Others
  2. Another
  3. Other / Others
  4. The Other / The Others

Tentunya sangat membingungkan ketika kita tidak tahu fungsi dan kegunaannya dalam Bahasa Inggris. Padahal kata-kata yang mirip tersebut hanya berasal dari kata “OTHER” saja lho. Kamu juga harus tahu penggunaan kata-kata lainnya supaya bisa menyesuaikan dengan konteks kalimat Bahasa Inggris.

Supaya tidak bingung lagi, yuk simak dan pelajari penggunaan Other, Others, The Other, The Others dan Another dalam kalimat Bahasa Inggris.

By the way, tulisan ini hasil inspirasi dari seorang penulis lepas (baca tentang penulis di akhir artikel ya) dengan penambahan serta revisi dari EnglishCoo.

Jika kamu suka berbagi pengetahuan bahasa Inggris plus ingin dapat honor juga, baca: Yuk Menulis untuk EnglishCoo dan Berpenghasilan Online.

 

1. Pengertian dan Fungsi Another, Other, Others, The Other, The Others

Pengertian Another, Other, Others, The Other, The Others


Sebelum membahas kata-kata di atas, kita pahami dulu pengertian dan fungsi masing-masing. Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, semua kata (Another, Other, Others, The Other, The Others) memiliki makna sama, yaitu “Yang Lainnya”.

Semua kata ini digunakan untuk menyatakan benda lainnya. Another, Other dan Others ditujukan pada benda lain secara umum. Misalnya pulpen lainnya, handuk lainnya, laptop lainnya, dst. Sedangkan The Other dan The Others mengacu pada benda secara spesifik. Misalnya pulpen biru lainnya, handuk lain miliknya, laptop lain yang ada di rumah.

Selanjutnya, kita pelajari fungsi dan penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris. Pada subpoin kedua sampai keempat, ada penjelasan lebih detail masing-masing kata. Sebelum lanjut, pahami dulu yuk fungsi dan penggunaannya.

Kata-kata tersebut memiliki 2 fungsi yaitu:
1. sebagai Kata Sifat (Adjective)
2. sebagai Kata Ganti (Pronoun)

ANOTHER, OTHER, THE OTHER SEBAGAI KATA SIFAT (ADJECTIVE)

Kata sifat (Adjective) itu gunanya untuk menjelaskan kata benda (Noun). Apabila kata-kata di atas diikuti oleh kata benda, berarti fungsinya sebagai kata sifat. Dalam Bahasa Inggris biasa disebut Determiner. Ingat ya, kuncinya adalah ada kata benda. Contoh kalimat: “I need another bottle.” Contoh lainnya: another pencil, other people, the other ideas.

ANOTHER, OTHERS, THE OTHERS SEBAGAI KATA GANTI (PRONOUN)

Sebagai Pronoun, tidak perlu ada kata benda yang mengikuti kata-kata tersebut. Mengapa tidak perlu ada kata benda setelahnya? Karena Another, Others, The Others berfungsi sebagai pengganti kata benda. Contoh kalimat: “I have two cups. One cup is blue. Another is white.”

Subpoin berikutnya membahas satu per satu lebih detail dan lengkap. Yuk mulai dari kata pertama yaitu Penggunaan Another dalam Bahasa Inggris.

 

2. ANOTHER

Penggunaan Another dalam Kalimat Bahasa Inggris
Kata Another dalam Bahasa Inggris dapat berperan sebagai kata sifat dan kata ganti. Pada subpoin pertama sudah dijelaskan tentang fungsi sebagai Adjective dan Pronoun. Jika belum sempat membacanya, scroll ke atas lagi ya untuk melihat subpoin pertama.

Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, Another memiliki makna “satu… lainnya” atau “yang satunya”. Another biasanya diikuti oleh kata benda tunggal – dapat dihitung (Singular Countable Noun). Penggunaan Another dalam Bahasa Inggris seperti: another woman, another girl, another child. Namun TIDAK dapat digunakan pada: another women, another girls, another children.

ANOTHER + SINGULAR COUNTABLE NOUN

Apa maksudnya Singular Countable Noun? Singular berasal dari kata Single, berarti Sendiri atau Satu. Countable artinya dapat dihitung. Jadi, Another dapat diikuti oleh kata benda tunggal – dapat dihitung (Singular Countable Noun). Perhatikan penggunaan Another dalam contoh kalimat Bahasa Inggris.

  1. I will not give you another chance. (Aku tidak akan memberimu satu kesempatan lainnya.)
  2. Michael has bought another house. (Michael telah membeli satu rumah lainnya.)
  3. Would you like to order another cup of coffee? (Apakah kamu ingin memesan secangkir kopi lagi?)
ANOTHER + NUMBER + PLURAL COUNTABLE NOUN

Ternyata, Another juga dapat diikuti oleh kata benda jamak – dapat dihitung (Plural Countable Noun). Hanya saja harus menambahkan NUMBER di antara mereka. Simak contoh kalimat berikut.

  1. We need another couple of weeks to finish this project. (Kita membutuhkan dua minggu lagi untuk menyelesaikan proyek ini.)
  2. In another five months she is going to get married. (Lima bulan lagi ia akan menikah.)
  3. I’m going to stay another three days here. (Saya akan tinggal di sini tiga hari lagi.)
ANOTHER + ONE

Another dapat diletakan sebelum kata “one” apabila objek sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya. Perhatikan contoh kalimatnya.

  1. Though she has eaten two bowls of soup, she wants another one. (Meskipun ia sudah makan dua mangkuk sup, ia menginginkan satu lagi.)
  2. You have borrowed some of my books. You can borrow another one if you want. (Kamu sudah meminjam beberapa buku saya. Kamu bisa meminjam buku lainnya jika kamu mau.)
ANOTHER SEBAGAI KATA GANTI (PRONOUN)

Another dapat digunakan sebagai kata ganti (Pronoun), di mana pembicara sudah mengerti benda tersebut, tapi tidak tahu spesifik bendanya yang mana. Jadi, Another berfungsi menggantikan kata benda sebelumnya dan jumlahnya satu. Yuk simak penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris.

  1. That mango was sweet. I think I’ll have another. (Mangga itu manis. Aku akan mengambil satu (mangga) lagi.)
  2. I don’t like this soap. Let’s ask for another. (Aku tidak suka sabun ini. Mari kita minta satu (sabun) lainnya.)
  3. I lost my pencil. I need to buy another. (Aku kehilangan pensil. Aku harus membeli satu (pensil) lainnya.)

Nah, fungsi dan penggunaan Another beserta contoh kalimat Bahasa Inggris sudah dibahas tuntas. Supaya pengetahuan semakin bertambah, yuk lanjut ke subpoin ketiga tentang penggunaan Other / Others dalam Bahasa Inggris

 

3. OTHER / OTHERS

Penggunaan Other dan Others dalam Bahasa Inggris
Kata Other dalam Bahasa Inggris dapat berperan sebagai kata sifat, sedangkan Others sebagai kata ganti. Other diikuti oleh kata benda, sedangkan Others tidak. Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, Other/Others memiliki makna “yang lainnya”. Kita bahas fungsi dan penggunaan masing-masing ya.

Other biasanya diikuti oleh kata benda jamak – dapat dihitung (Plural Countable Noun). Penggunaan Other dalam Bahasa Inggris seperti: other women, other girls, other children. Jadi Other digunakan untuk menjelaskan benda yang jumlahnya lebih dari satu, beberapa atau banyak.

Others adalah bentuk jamak dari kata Other. Penggunaan Others dalam kalimat Bahasa Inggris adalah sebagai kata ganti (Pronoun). Others berfungsi sebagai pengganti kata benda sebelumnya. Jadi, TIDAK perlu menambahkan Noun setelah Others.

OTHER + PLURAL COUNTABLE NOUN

Apa maksudnya Plural Countable Noun? Plural berarti lebih dari satu, beberapa, banyak atau jamak. Countable artinya dapat dihitung. Jadi, Other dapat diikuti oleh kata benda jamak – dapat dihitung (Plural Countable Noun). Perhatikan penggunaan Other dalam contoh kalimat Bahasa Inggris.

  1. Some students love English, while other students don’t. (Beberapa murid menyukai Bahasa Inggris, sedangkan murid-murid lainnya tidak.)
  2. Some people are so nice, but other people can be rude. (Beberapa orang sangat baik, tapi orang-orang lainnya bisa bersikap kasar.)
  3. I have other plans to win this competition. (Saya punya rencana-rencana lain untuk memenangkan kompetisi ini.)
OTHER + ONES

Other dapat diikuti oleh kata “ones” apabila objek sudah disebutkan pada kalimat sebelumnya. Perhatikan contoh kalimatnya.

  1. We threw away those towels; so we bought other ones. (Kita sudah membuang handuk-handuk itu; jadi kita membeli (handuk-handuk) yang lainnya.)
  2. I don’t need these fruits. I need other ones. (Saya tak butuh buah-buahan ini. Saya butuh (buah-buahan) yang lainnya.)
OTHERS SEBAGAI KATA GANTI (PRONOUN)

Others dapat digunakan sebagai kata ganti (Pronoun), di mana pembicara sudah mengerti benda tersebut, tapi tidak tahu spesifik bendanya yang mana. Jadi, Others berfungsi menggantikan kata benda sebelumnya dan jumlahnya banyak. Yuk simak penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris.

  1. Many students love music and others love sport. (Banyak murid suka musik dan (murid-murid) yang lainnya suka olahraga.)
  2. Some people are so nice, but others can be rude. (Beberapa orang sangat baik, tapi (orang-orang) lainnya bisa bersikap kasar.)
  3. 80 % of employees are on time, but others are always late. (80% karyawan tepat waktu, tapi (karyawan-karyawan) yang lainnya selalu terlambat.)

Nah, fungsi dan penggunaan Other dan Others beserta contoh kalimat Bahasa Inggris sudah dibahas tuntas. Supaya pengetahuan semakin komplit, yuk lanjut ke subpoin keempat tentang penggunaan The Other / The Others dalam Bahasa Inggris

 

4. THE OTHER / THE OTHERS

Penggunaan The Other dan The Others dalam Bahasa Inggris
Kata The Other dalam Bahasa Inggris dapat berperan sebagai kata sifat dan kata ganti, sedangkan The Others sebagai kata ganti. Apabila diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, The Other / The Others memiliki makna “yang lainnya”.

Nah, apakah ada di antara kamu bertanya-tanya bedanya antara Other/Others dan The Other/The Others? Tentu kita bisa melihat perbedaan mencolok yaitu ada tidaknya kata THE. Apakah ada tidaknya kata THE membuat perbedaan signifikan? Mari kita lihat.

Kata THE memberi penekanan pada benda secara spesifik. Saat menggunakan The Other / The Others, pembicara sudah tahu benda apa dan yang mana dimaksud. Jadi bukan hanya tahu nama bendanya saja, tapi juga secara spesifik benda yang dimaksud.

The Other bisa diikuti oleh kata benda tunggal dan jamak – dapat dihitung (Singular & Plural Countable Noun). Penggunaan The Other dalam Bahasa Inggris seperti: the other woman, the other women, the other girl, the other girls, the other child, the other children.

Baik The Other maupun The Others dapat digunakan sebagai kata ganti (Pronoun). The Other / The Others berfungsi sebagai pengganti kata benda secara spesifik. Sebagai kata ganti, kita TIDAK perlu menambahkan Noun setelah The Other / The Others.

THE OTHER + SINGULAR COUNTABLE NOUN

The Other digunakan untuk menyatakan satu benda spesifik di antara 2 benda yang disebutkan sebelumnya. Dalam kalimat bahasa inggris, The Other bisa diikuti oleh kata benda tunggal – dapat dihitung (Singular Countable Noun) seperti contoh kalimat berikut.

  1. We have two daughters. One daughter is at school, the other daughter is at home. (Kami punya dua anak perempun. Satu berada di sekolah, yang satunya lagi ada di rumah.)
  2. I have two houses. One house is in California, the other house is in Jakarta. (Saya mempunyai dua rumah. Satu rumah di California, satu rumah lainnya berada di Jakarta.)
  3. Andhika has two puppies. One is here, where is the other puppy? (Andhika mempunyai dua ekor anak anjing. Satu ekor di sini, di mana seekor anak anjing lainnya?)
THE OTHER SEBAGAI KATA GANTI (PRONOUN)

The Other dapat digunakan sebagai kata ganti (Pronoun), di mana pembicara sudah mengerti benda tersebut dan sudah tahu spesifik bendanya yang mana. Jadi, The Other berfungsi menggantikan kata benda sebelumnya dan jumlahnya satu. Yuk simak penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris.

  1. We have two daughters. One is at school, the other is at home. (Kami punya dua anak perempun. Satu berada di sekolah, yang satunya lagi ada di rumah.)
  2. I have two houses. One is in California, the other is in Jakarta. (Saya mempunyai dua rumah. Satu rumah di California, satu rumah lainnya berada di Jakarta.)
  3. Andhika has two puppies. One is here, where is the other? (Andhika mempunyai dua ekor anak anjing. Satu ekor di sini, di mana seekor lainnya?)
THE OTHER + PLURAL COUNTABLE NOUN

The Other juga bisa diikuti oleh kata benda jamak – dapat dihitung (Plural Countable Noun). Tak seperti untuk kata benda tunggal berarti “yang satunya”, The Other diikuti kata benda jamak memiliki arti “yang lainya atau sisanya”. Yuk pahami penggunaan The Other dalam contoh kalimat Bahasa Inggris berikut.

  1. Elizabeth and Laura are in the class, where are the other girls? (Elizabeth dan Laura sedang berada di kelas, dimana gadis lainnya?)
  2. William and Michael stayed in the stadium. The other boys went home. (William dan Michael berada di stadion. Sisa anak laki-laki lainnya sudah pulang.)
  3. Grandpa have told us three stories from this book. He will tell us the other stories tomorrow. (Kakek telah bercerita kepada kami tiga kisah dari buku ini. Dia akan menceritakan kisah-kisah lainnya besok.)
THE OTHERS SEBAGAI KATA GANTI (PRONOUN)

The Others dapat digunakan sebagai kata ganti (Pronoun), di mana pembicara sudah mengerti benda tersebut dan sudah tahu spesifik bendanya yang mana. Jadi, The Others berfungsi menggantikan kata benda sebelumnya dan jumlahnya banyak. Yuk simak penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris.

  1. Elizabeth and Laura are in the class, where are the others? (Elizabeth dan Laura sedang berada di kelas, di mana gadis-gadis lainnya?)
  2. William and Michael stayed in the stadium. The others went home. (William dan Michael berada di stadion. Sisa anak laki-laki lainnya sudah pulang.)
  3. Grandpa have told us three stories from this book. He will tell us the others tomorrow. (Kakek telah bercerita kepada kami tiga kisah dari buku ini. Dia akan menceritakan kisah-kisah lainnya besok.)

***

Sekarang sudah tidak bingung lagi kan fungsi dan penggunaan Another, Other / Others, The Other / The Others. Jangan lupa praktek membuat kalimat dalam Bahasa Inggris menggunakan kata-kata tersebut, entah sebagai kata sifat (Adjective) maupun kata ganti (Pronoun). Semoga materi ini bermanfaat untuk menerbangkan pengetahuan dan keterampilan lebih tinggi lagi. Semangat belajar!

Sekilas tentang Penulis: DEDE ALAN MAULANA
Alumni Universitas Padjadjaran – Bandung, S1 program studi Hubungan Internasional. Panggilannya Alan; memiliki ketertarikan dalam menulis (jurnalistik) dengan berbagai isu, mulai dari politik domestik sampai internasional, ekonomi, sosial, sejarah dan life style. Konsistensi dan totalitas merupakan prinsip yang dipegang teguh. Apabila ada kritik, saran, dan masukan tentang tulisan, silahkan kirim ke maulanad.allan@gmail.com. Terimakasih.

berpenghasilan online dengan menulis artikel EnglishCoo

About Deari

I am a blogger who likes to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.