Contoh Percakapan Bahasa Inggris Bertemu Teman Lama (Meeting Old Friends)

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Bertemu Teman Lama

EnglishCoo – Contoh Percakapan Bahasa Inggris bertemu teman lama antara 2 orang. Pelajari juga kata-kata yang biasa digunakan dalam dialog persahabatan berikut ini.

Apakah pernah bertemu teman lama atau kawan lama? Bagaimana cara memulai percakapan Bahasa Inggris dengan teman lama? Banyak orang merasa kaget saat bertemu teman lama. Tak menyangka bahwa mereka dapat bertemu kembali dalam waktu dan situasi berbeda.

Pernahkah kamu bertemu teman lama tapi tidak berani menyapa atau memulai obrolan terlebih dahulu? Mungkin hal ini pernah terjadi padamu karena tidak tahu bagaimana caranya memulai percakapan. Atau takut dan merasa canggung untuk memulai dialog dengan seorang teman lama.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh percakapan Bahasa Inggris yang bisa kamu gunakan saat bertemu teman lama:

  1. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Bertemu Teman Lama yang Kembali dari Luar Negeri
  2. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Saat Bertemu Teman Lama di Kafetaria
  3. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Bertemu Teman Lama dan Quality Time Bersama

By the way, tulisan ini hasil inspirasi dari seorang penulis lepas (baca tentang penulis di akhir artikel ya) dengan penambahan serta revisi dari EnglishCoo. Jika kamu suka berbagi pengetahuan bahasa Inggris plus ingin dapat honor juga, baca: Yuk Menulis untuk EnglishCoo dan Berpenghasilan Online.

 

1. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Bertemu Teman Lama yang Kembali dari Luar Negeri

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Bertemu Teman Lama Kembali dari Luar Negeri


Apakah pernah bertemu teman lama yang dulunya sekolah, kuliah atau bekerja di luar negeri? Setelah lama tak berjumpa teman tersebut, tentu ada banyak perubahan terjadi. Bahkan bisa saja ketika disapa, kamu tak mengenalinya.

Bagaimana ya contoh percakapan Bahasa Inggris bertemu teman lama yang kembali dari luar negeri? Yuk simak contoh percakapan berikut ini.

Diana : Hey, you are Gery, right? (Hai, kamu Gery, kan?)
Gery : Yes, I am. Hhmm… wait, I think I remember you. (Ya, benar. Hhmm… sebentar, kupikir aku mengingatmu.)
Diana : I am Diana. I used to live here, we also went to the same elementary school. Don’t you remember me? (Aku Diana. Aku dulu tinggal di sini, kita juga sekolah di SD yang sama. Tidakkah kau mengingatku?)
Gery : Oh my God! I remember you! You were the one who accidentally broke the glass window of my house, right? (Astaga! Aku ingat kamu! Kamu yang tidak sengaja memecahkan kaca jendela rumahku, iya kan?)
Diana : Yeah, but it was just an accident. (Ya, tapi itu hanyalah kecelakaan.)
Gery : You’ve changed a lot. You look prettier. (Kamu banyak berubah. Kamu terlihat lebih cantik.)
Diana : Really? Thank you. (Benarkah? Terima kasih.)
Gery : By the way, how long has it been since we last met? (Ngomong-ngomong, sudah berapa lama ya sejak kita terakhir bertemu?)
Diana : It has been about 10 years or more. (Mungkin sekitar 10 tahun lebih.)
Gery : Oh, I can’t believe it’s been more than ten years. You and your family moved abroad, right? (Oh, aku tak percaya sudah lebih dari 10 tahun lamanya. Kamu dan keluargamu pindah ke luar negeri, iya kan?)
Diana : Yes, we did. So, how are you? (Ya, benar. Jadi, bagaimana kabarmu?)
Gery : Good. How about you? (Aku baik-baik saja. Bagaimana denganmu?)
Diana : I am fine too. Thank you. (Aku juga baik-baik saja. Terima kasih.)
Gery : It’s really nice to see you again Diana. (Benar-benar menyenangkan bisa bertemu denganmu lagi Diana.)
Diana : Nice to see you too. (Senang bertemu denganmu juga.)
Gery : What are you doing here? (Apa yang kamu lakukan di sini?)
Diana : My family and I have decided to move back here, to this city. (Saya dan keluarga saya memutuskan untuk pindah kembali kesini, ke kota ini.)
Gery : Really? That’s good. Welcome back! (Benarkah? Itu bagus. Selamat datang kembali!
Diana : Thank you. (Terima kasih.)

Bagaimana jika dirimu yang baru datang dari luar negeri dan bertemu seorang teman lama, apakah kamu akan menyapanya? Biasanya alasan tak menyapa teman lama adalah lupa namanya. Apapun alasannya, tetap usahakan untuk menyapa ya.

Walaupun nggak terlalu inget namanya, ya kamu bisa mulai percakapan dengan hal paling diingat. Misalnya menyebutkan kejadian menarik seperti dalam contoh percakapan Bahasa Inggris bertemu teman lama di atas. Yuk kita simak dialog selanjutnya.

Ingin sukses melakukan percakapan dengan bule? Gampang banget! Cari inspirasi dari artikel-artikel berikut:

 

2. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Bertemu Teman Lama di Kafetaria

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Saat Bertemu Teman Lama di Kafetaria
Bertemu teman lama bisa terjadi di mana saja. Misalnya di pasar, supermarket, toko, kafetaria, jalanan, dan tempat umum lainnya. Di mana kamu pernah ketemu teman lama?

Hal umum dibahas saat bertemu teman lama adalah kabarnya, kabar keluarganya, tempat tinggal saat ini, pekerjaan, pendidikan seperti sekolah atau kuliah, dan update informasi terbaru lainnya. Hal apa kira-kira ditanyakan saat bertemu teman lama?

Terkadang pertemuan tak terduga hanya berlangsung sekejap karena salah satunya ada keperluan mendesak. Apabila teman itu dulunya adalah sahabat baik (Best Friend), tentu ingin mengobrol lebih lama lagi. Nah, terciptalah janji temu dan obrolan berlanjut seperti contoh percakapan Bahasa Inggris bertemu teman lama di kafetaria berikut.

Apakah kamu pelajar atau karyawan sedang mencari cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris? Atau mencari contoh percakapan Bahasa Inggris ungkapan kecewa? Jangan lewatkan artikel berikut:

Alan : What’s up Budi! (Hai Budi!)
Budi : What’s up! (Hai!)
Alan : Long time no see. (Lama tidak bertemu.)
Budi : Yeah. It’s been too long. (Ya. Sudah terlalu lama (kita tak bertemu).)
Alan : I haven’t see U since we graduated from college. How have U been? (Saya tidak pernah melihatmu sejak kita lulus kuliah. Apa kabarmu?)
Budi : Good. I have been traveling to some places lately. How about U? (Baik. Akhir-akhir ini saya bepergian ke beberapa tempat. Bagaimana denganmu?)
Alan : I have been working a lot. (Saya melakukan banyak pekerjaan.)
Budi : So, what are U doing for life now? (Jadi, apa pekerjaanmu sekarang?)
Alan : I work as a manager at a hotel. (Saya bekerja sebagai seorang manajer di sebuah hotel.)
Budi : A manager? That’s great. (Seorang manajer? Hebat.)
Alan : How about U? What do U do? (Bagaimana denganmu? Apa pekerjaanmu?)
Budi : I start my own restaurant. (Saya membuka retoran milik sendiri.)
Alan : Awesome! U always want to start your own business since we were in college. (Hebat sekali! Kamu selalu ingin memiliki bisnis sendiri sejak kita masih kuliah.)
Budi : I know, right? It feels like a dream come true. (Saya tahu. Rasanya seperti mimpi yang menjadi kenyataan.)
Alan : Is it hard to manage your own restaurant? (Apakah sulit untuk mengatur restoranmu sendiri?)
Budi : Yeah, it’s quite hard. A lot of things I need to handle. But, so far so good. How about your job? Is it hard being a manager? (Ya, itu cukup sulit. Ada banyak hal yang harus saya tangani. Tapi, sejauh ini baik-baik saja. Bagaimana dengan pekerjaanmu? Apakah sulit menjadi seorang manajer?)
Alan : Not really. I enjoy it a lot. (Tidak juga. Saya sangat menikmatinya.)
Budi : That’s good. (Itu bagus.)

Apa yang dibahas dalam contoh percakapan Bahasa Inggris bertemu teman lama di atas? Yap, mereka saling memberi informasi tentang pekerjaan terbaru. Apakah pernah membahas pekerjaan saat bertemu kawan lama?

Ingin mahir percakapan Bahasa Inggris? Atau sedang membuat dialog di sekolah? Yuk pilih dan baca artikel-artikel berikut ini:

 

3. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Bertemu Teman Lama dan Quality Time Bersama

Contoh Percakapan Bahasa Inggris Bertemu Teman Lama dan Quality Time Bersama
Pernahkah bertemu teman lama yang datang ke kota tempat tinggalmu dan hanya tinggal beberapa minggu saja? Wah, tentu kalian ingin menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas (Quality Time) bersama-sama. Bernostalgia dan mengobrol lebih banyak lagi untuk mengobati kerinduan.

Dalam contoh percakapan Bahasa Inggris bertemu teman lama ini, kita belajar cara mengajak teman lama untuk menghabiskan waktu bersama. Yuk kita simak bagaimana contoh percakapan beserta artinya.

Tina : Hi, Lisa! (Hai, Lisa!)
Lisa : Hi, Tina! (Hai, Tina!)
Tina : Oh My God! U look so pretty! (Astaga! Kau terlihat sangat cantik!)
Lisa : So do U. U look awesome! (Kau juga. Kau terlihat menakjubkan.)
Tina : How long has it been? (Sudah berapa lama ya (kita tak berjumpa)?)
Lisa : It’s been about 3 years, I think. (Sudah sekitar 3 tahun, rasanya.)
Tina : Yeah. I miss U a lot. (Ya. Aku sangat merindukanmu.)
Lisa : I miss U too. (Aku juga merindukanmu.)
Tina : How are U? (Bagaimana kabarmu?)
Lisa : Good. Everything is good, and U? (Baik. Semuanya baik, kau gimana?)
Tina : I am fine too. So, how long will U be staying here? (Aku juga baik-baik saja. Jadi, berapa lama kau akan tinggal di sini?)
Lisa : Maybe for about 2 weeks. I need to do some work here. (Mungkin sekitar 2 minggu. Aku harus mengurus beberapa pekerjaan di sini.)
Tina : Oh, very short time. I thought U we would stay longer. (Oh, sangat singkat. Aku pikir kau akan tinggal lebih lama.)
Lisa : I hope so. But, I come here to work. When it’s done, I need to go back. (Aku juga berharap begitu. Tapi, aku datang kesini untuk bekerja.)
Tina : I see. Anyway, it’s really good to meet U again. (Aku mengerti. Bagaimanapun, sangat menyenangkan bisa bertemu denganmu lagi.)
Lisa : Yeah. It’s nice to see U too. (Ya. Aku juga senang bertemu denganmu.)
Tina : We need to spend “girls’ time” together before U are busy with your work. Let’s go! (Kita harus menghabiskan waktu bersama-sama sebelum kau sibuk dengan pekerjaanmu. Ayo pergi!
Lisa : Let’s go! (Ayo!)

Agar pengetahuan Bahasa Inggris meningkat, EnglishCoo bagikan subpoin keempat. Yuk cari tahu contoh kalimat yang sering digunakan saat bertemu teman lama.

Sedang mencari contoh percakapan Bahasa Inggris? Berikut beberapa dialog dengan tenses berbeda. Check them out!

Kalimat yang Sering Digunakan Saat Bertemu Teman Lama

Ada beberapa contoh kalimat Bahasa Inggris yang sering digunakan saat melakukan percakapan dengan teman lama. Apa sajakah mereka? Coba baca kembali contoh percakapan Bahasa Inggris bertemu teman lama dari pertama sampai ketiga. Apakah kamu menemukan contoh kalimatnya?

Berikut ini contoh kalimat yang sering digunakan saat bertemu teman lama. Yuk dibaca untuk menambah pengetahuan tentang percakapan. Apakah kamu pernah menggunakan salah satunya?

  • Don’t you remember me? I am … (Tidakkah kau mengingatku? Aku … )
  • How long has it been since we last met? (Sudah berapa lama ya sejak kita terakhir bertemu)?)
  • How have you been? (Bagaimana kabarmu (semenjak tak pernah bertemu)?)
  • Long time no see. (Lama tak jumpa.)
  • It’s been far too long. (Sudah terlalu lama (kita tak bertemu).)
  • It’s nice to see you again. (Senang bertemu denganmu lagi.)
  • When was the last time we saw each other? (Kapan ya terakhir kali kita bertemu?)
  • I can’t believe it’s been eight years. (Aku tak percaya sudah 8 tahun lamanya.)
  • Are you still working at … ? (Apakah kau masih bekerja di … ?)
  • What are you doing these days? (Apa yang kau lakukan akhir-akhir ini?)
  • Let’s do this again soon. (Ayo kita lakukan hal ini lagi.)

Masih banyak contoh kalimat lainnya saat bertemu sobat lama (Meeting Old Friends). Jika kamu memiliki contoh kalimat lainnya, silahkan bagikan pada kolom komentar. Kami sangat menghargainya.

Sudah paham penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris? Pernahkah kamu menggunakan Other, Another atau kata ganti (Pronoun) dalam kalimat? Jangan lewatkan materi dasar berikut:

***

Bertemu teman lama tak selamanya menjadi pengalaman menyenangkan. Terkadang dapat membuat salah satu tersinggung dengan pertanyaan yang diajukan. Jadi kamu juga harus berhati-hati saat bertanya hal privasi seperti gaji, status single atau sudah menikah, komentar negatif tentang fisik teman, dan sebagainya. Tanyakan hal-hal yang bersifat umum seperti pada beberapa contoh percakapan Bahasa Inggris bertemu teman lama di atas.

Sekilas tentang Penulis: LIA ANGGRAINI SARI
Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris, UNILA (Universitas Lampung). Biasa dipanggil Lia. Saya berharap melalui artikel yang saya tulis bisa menambah pengetahuan bagi siapapun pembacanya. Jika masih ada kekurangan dalam artikel ini bisa memberikan saran untuk saya lewat email liahqj@gmail.com. Terima kasih.

About Deari

I am a blogger who like to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.