Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ungkapan Kecewa (Expressing Disappointment)

contoh percakapan bahasa inggris ungkapan kecewa

EnglishCoo – Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ungkapan Kecewa (Expressing Disappointment) dalam berbagai situasi. Mengungkapkan kekecewaan terhadap nilai ujian, saat liburan, karena teman terlambat atau batal hadir ke sebuah acara.

Pernahkah merasa kecewa atau mengecewakan seseorang? Perasaan kecewa biasanya hadir karena adanya harapan tinggi tapi tak tercapai – high expectations. Hal paling parah adalah merasa kecewa terhadap diri sendiri karena target kerjaan tak terpenuhi. Duh!

Merasa kecewa boleh saja, asalkan jangan kelamaan ya. Kelola perasaan kecewa agar dapat mengembalikan good mood menjalani hari. Lakukan hal-hal membuatmu senang, menyanyi misalnya. Itu saya lakukan saat mood kurang bagus. And it works!

Selain itu, kamu juga bisa mengekspresikan kekecewaan langsung kepada orangnya atau bercerita kepada orang lain. Berikut beberapa contoh percakapan Bahasa Inggris ungkapan kecewa dalam berbagai situasi. Ada juga kumpulan kalimat untuk mengungkapkan kekecewaan. Yuk kita simak bersama!

  1. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ungkapan Kecewa dengan Nilai Ujian
  2. Percakapan Bahasa Inggris Mengungkapkan Kekecewaan Karena Tak Menghadiri Acara
  3. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Mengungkap Perasaan Kecewa Saat Liburan
  4. Percakapan Bahasa Inggris Ekspresi Kecewa Karena Teman Sering Terlambat
  5. Ungkapan Kecewa dalam Bahasa Inggris (Expressions of Disappointment)

By the way, tulisan ini hasil inspirasi dari seorang penulis lepas (baca tentang penulis di akhir artikel ya) dengan penambahan serta revisi dari EnglishCoo. Jika kamu suka berbagi pengetahuan bahasa Inggris plus ingin dapat honor juga, baca: Yuk Menulis untuk EnglishCoo dan Berpenghasilan Online.

 

1. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ungkapan Kecewa terhadap Nilai Ujian

contoh percakapan bahasa inggris ungkapan kecewa dengan nilai ujian


Pernahkah merasa kecewa terhadap nilai ujian atau ulangan? Udah belajar keras semalaman, tapi hasilnya tak memuaskan. Pyuh!

Wait, koq baru belajarnya semalam sebelum ujian? Waduh, itu namanya menerapkan “SKS” alias sistem kebut semalam. Jangan sampai deh belajar semalam saja untuk semua materi dari bab awal sampai bab akhir. Bisa gilaaaa….

Sehari sebelum ujian harusnya digunakan untuk review saja. Pelajaran sudah dipahami dua minggu atau seminggu sebelumnya. Jadi sehari sebelum ujian, kamu bisa relax dan hanya tinggal review saja. Ini sih idealnya ya. Tapi nyatanya…

Berikut ini percakapan Bahasa Inggris ungkapan kecewa dengan nilai ujian. Apabila ada temanmu mengekspresikan perasaan kecewa, bagaimana sebaiknya sikapmu? Yuk simak dialog beserta terjemahannya berikut.

Rose : Hi Nina! (Hai Nina!)
Nina : Hi! (Hai!)
Rose : What’s going on? You look sad. (Ada apa? Kau terlihat sedih.)
Nina : No. I am not sad. I just feel disappointed. (Tidak. Aku bukannya sedih. Aku hanya merasa kecewa.)
Rose : Disappointed? Why? (Kecewa? Kenapa?)
Nina : Here. Look at my Math examination score. (Ini. Lihatlah nilai ujian Matematikaku.)
Rose : Oh, I see (Oh, aku ngerti.)
Nina : I’ve studied very hard for the exam. But, that’s all I get. I am very disappointed. (Aku sudah belajar sangat keras untuk ujian. Tapi, hanya itu nilaiku. Aku benar-benar merasa kecewa.)
Rose : Oh come on! It’s just one subject. Maybe you’ll get a better score for the other subjects. (Oh ayolah! Ini kan hanya satu mata pelajaran. Mungkin kau akan mendapat nilai yang lebih baik di mata pelajaran lainnya.)
Nina : I don’t know. I hope so. (Entahlah. Aku harap begitu.)
Rose : Don’t be too disappointed. Let’s wait until all the examination scores come out. (Jangan terlalu kecewa. Ayo kita tunggu sampai semua nilai ujian keluar.)
Nina : Yeah. (Ya.)

Apakah kamu pernah mengalami kekecewaan atas nilai ujian seperti Nina? Apa yang kamu lakukan setelah merasa kecewa? Apakah terus-menerus merasa down & sedih ATAU mencoba kembali bersemangat & meneruskan hidup?

Ya, mau nggak mau harus belajar menerima nilai tersebut. Selanjutnya belajar dari kesalahan yang dilakukan. Ingat: “Make mistakes. Learn from them. Move on. You will learn something valuable from your mistakes.”

Sedang down, stres, galau dan gundah? Jangan khawatir karena artikel-artikel ini dapat memotivasi diri agar bersemangat kembali. Yuk simak:

 

2. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ungkapan Kecewa Karena Teman Tidak Dapat Menghadiri Acara

contoh percakapan bahasa inggris ungkapan kecewa karena teman tidak hadir ke acara
Setiap orang pasti pernah mendapat undangan menghadiri sebuah acara. Apa saja? Bisa jadi ulang tahun, pesta perpisahan, pernikahan, acara keagamaan, dan sebagainya.

Sesaat setelah mendapat undangan, biasanya kita akan mengatur agar bisa memenuhi undangan tersebut. Nah, rencana tak selalu dapat terlaksana dengan baik. Ada hal utama membuat kita harus pergi dan tak hadir dalam acara.

Pernahkah kamu memiliki pengalaman seperti ini? Apakah ada teman merasa kecewa dengan ketidakhadiranmu? Biasanya yang kecewa adalah sahabat terdekat atau teman istimewa. Atau mungkin pernah merasa kecewa karena seseorang tidak menghadiri acaramu?

Di bawah ini adalah contoh percakapan Bahasa Inggris ungkapan kecewa karena teman tidak dapat menghadiri acara. Apa biasanya penyebab orang batal menghadiri sebuah acara? Yuk temukan jawabannya dalam contoh percakapan Bahasa Inggris beserta terjemahannya.

Riko : Hello Dan! (Halo Dan!)
Dani : Hi! (Hai!)
Riko : Dani, you are coming with me to Diana’s birthday party tonight, right? (Dani, kamu akan datang bersamaku ke pesta ulang tahun Diana malam ini, kan?)
Dani : I’d like to, but I can’t. (Ku ingin datang, tapi tidak bisa.)
Riko : Why? (Kenapa?)
Dani : I need to go to my hometown. (Aku harus pulang ke kampung halaman.)
Riko : Do you really need to go? (Apakah kamu benar-benar harus pulang?)
Dani : My little sister is sick. I want to be there as soon as I can. (Adik perempuanku sedang sakit. Aku ingin ada di sana sesegera mungkin.)
Riko : Oh I am sorry. Hope she will get well soon. (Oh, turut prihatin. Semoga ia lekas sembuh.)
Dani : Thank you, Riko. I hope so. (Makasi, Riko. Kuharap juga gitu.)
Riko : It’s a shame that you can’t come to the party. But, I can understand it. (Sayang sekali kamu tidak bisa datang ke pesta. Tapi, aku ngerti koq.)
Dani : Yeah. (Ya)
Riko : Wait, what about tomorrow? So, it means that you can’t also come to our company gathering tomorrow? (Tunggu, bagaimana dengan besok? Berarti kamu tak bisa datang ke acara kumpul perusahaan besok?)
Dani : Yeah, I can’t. (Ya, tidak bisa.)
Riko : Oh, what a great shame! Okay, family comes first, right? (Oh, sungguh sangat disayangkan. Baiklah, keluarga yang utama kan?)
Dani : Yes, that’s right. (Ya, itu benar.)

Pernahkah merasa kecewa seperti Riko karena temanmu tak bisa datang ke sebuah acara? Acara apakah tersebut? Selain karena adik sakit seperti percakapan Bahasa Inggris di atas, alasan apa membuat temanmu tak dapat hadir?

Dari contoh percakapan Bahasa Inggris ungkapan kecewa, kita belajar memahami keadaan seseorang. Jangan terlalu mengungkapkan rasa kecewa, apalagi alasan ketidakhadiran karena ia dirundung musibah. Always put yourself in other’s shoes.

Sedang mencari contoh percakapan Bahasa Inggris? Berikut beberapa dialog dengan tenses berbeda. Check them out!

 

3. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ungkapan Kecewa Saat Liburan

percakapan bahasa inggris ungkapan kecewa saat liburan
Bagi kebanyakan orang, liburan selalu ditungu-tunggu. Ada berbagai rencana liburan seperti pergi ke pantai, ke luar kota atau bahkan ke luar negeri, mengunjungi keluarga serta sanak saudara, piknik, menjelajah tempat baru, dan sebagainya. Rencana apa yang akan kamu miliki saat liburan nanti?

Liburan panjang tampaknya menyenangkan. Apalagi libur sampai beberapa minggu saat akhir tahun pelajaran bagi para siswa. Berbagai hal menyenangkan memenuhi momen liburan seperti wajah berseri, semangat ceria, senyum lebar, gelak tawa. Wah, bahagianya!

Nyatanya, pengalaman selama liburan tak selalu menyenangkan. Bahkan bisa jadi momen mengecewakan. Misalnya ketinggalan pesawat, ketinggalan barang, atau bertemu orang menjengkelkan saat liburan.

Di bawah ini dibagikan contoh percakapan Bahasa Inggris ungkapan kecewa saat liburan. Setiap orang punya cerita liburan berbeda. Yuk kita simak bersama.

Mirna : Hi Bram! How was your holiday? (Hai Bram! Bagaimana liburanmu?)
Bram : It was good. How was yours? (Liburanku baik. Bagaimana denganmu?)
Mirna : Yeah. My holiday was fine too. (Ya. Liburanku juga baik.)
Bram : Where did you spend your holiday? (Di mana kau menghabiskan liburanmu?)
Mirna : My family and I spent our holiday in Bandung. (Saya dan keluarga menghabiskan liburan kami di Bandung.)
Bram : That’s great. (Itu bagus.)
Mirna : How about U? Where did U spend your holiday? (Bagaimana denganmu? Dimana kau menghabiskan liburanmu?)
Bram : I spent my holiday in Lombok. (Saya menghabiskan liburan di Lombok.)
Mirna : That’s awesome. (Itu keren.)
Bram : Yeah. But, there was something that disappointed me. (Ya. Tapi, ada hal yang membuat saya kecewa.)
Mirna : What happened? (Apa yang terjadi?)
Bram : The local guide wasn’t friendly and he was also easily offended. It made me and my family uncomfortable. We asked the travelling agency to change the guide, but they said they can’t. That’s disappointing. (Pemandu lokalnya tidak begitu ramah dan dia juga mudah tersinggung. Hal tersebut membuat saya dan keluarga merasa tidak nyaman. Kami meminta agen perjalanannya untuk mengganti pemandunya, tapi mereka bilang tidak bisa. Itu mengecewakan.)
Mirna : That’s too bad. I also had a bad moment on my holiday. (Buruk sekali. Saya juga mengalami momen buruk saat liburan.)
Bram : Really? What was it? (Benarkah? Apa itu?)
Mirna : I bought a pair of shoes, the price was quite expensive. So, I thought it was gonna be good, right? But U know what, I wore it once and it had already torn apart. I was disappointed and angry at the same time. (Saya membeli sepasang sepatu, harganya cukup mahal. Jadi saya pikir sepatunya bakalan bagus, iya kan? Tapi kau tahu, saya memakainya sekali dan sudah rusak. Saya merasa kecewa dan marah pada saat yang sama.)
Bram : That’s a pity. It’s like you were wasting your money. (Sayang sekali. Itu seperti kau menyia-nyiakan uangmu.)
Mirna : Exactly! (Benar sekali!)

Pernah punya pengalaman dengan guide menjengkelkan seperti dialami oleh Bram? Apa yang akan kamu lakukan apabila berada dalam situasi tersebut? Apakah terus merasa bad feeling that will ruin your holiday? Atau mengubah mood untuk menikmati masa liburan?

Jangan pernah membiarkan orang lain merusak perasaanmu. Kamu bertanggung jawab atas kebahagianmu saat liburan. “U are responsible for Ur own happiness. If U expect others to make U happy, U will always be disappointed.”

Kamu punya pengalaman seru? Ceritakan kegiatan sehari-hari (Daily Activity) atau cerita kegiatan liburan akhir pekan. Jangan lupa baca dulu:

 

4. Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ungkapan Kecewa Karena Teman Sering Terlambat

contoh percakapan bahasa inggris ungkapan kecewa karena teman sering terlambat
Subpoin terakhir membagikan contoh percakapan Bahasa Inggris ungkapan kecewa karena seseorang sering terlambat. Ungkapan kekecewaan diutarakan bukan hanya karena sering terlambat saja. Tapi terlalu sering. Wadaw!

Apakah kamu punya seseorang terdekat sering terlambat? Janjian jam 7, tapi datangnya jam 9. Jadinya harus nunggu sampai 2 jam. Itu mending sih. Ada juga sampai lupa janjian kemudian nelpon minta maaf keesokan harinya. Ah, kebangetan deh!

Bagaimana mengungkapkan rasa kecewa kepada pasangan yang terlalu sering terlambat? Jika punya rasa kecewa kepada pasangan, sebaiknya jujur ya guys! Ungkapkan kekecewaan tersebut. Jangan dipendam karena bisa jadi bom waktu, kapanpun siap meledak. Auch!

Berikut ini contoh percakapan Bahasa Inggris ungkapan kecewa karena keterlambatan seseorang. Alasan apa membuat seseorang terlambat? Yuk simak selengkapnya.

Gita : U always come late. (Kau selalu datang terlambat.)
John : I am sorry! (Aku minta maaf.)
Gita : U always say sorry but U keep doing the same mistake again and again. That’s disappointing, U know! (Kau selalu meminta maaf tapi kau terus mengulang kesalahan yang sama lagi dan lagi. Itu mengecewakan, kau tahu!)
John : I’ve tried to be on time, but the traffic was so bad. (Aku sudah berusaha untuk datang tepat waktu, tapi jalannya benar-benar macet.)
Gita : There you go, making excuses again. (Begitulah kau, membuat alasan-alasan lagi.)
John : I am not making excuses. (Aku tidak membuat-buat alasan.)
Gita : Just stop! You disappoint me again and again. I am tired of it. (Hentikan! Kau mengecewakanku lagi dan lagi. Aku lelah akan hal tersebut.)
John : I am sorry, I really am. Please forgive me. (Aku minta maaf, aku benar-benar minta maaf. Tolong maafkan aku.)
Gita : You’re late for an hour. The movie has already started. (Kau terlambat satu jam. Filmnya sudah dimulai.)
John : Can’t we just watch another movie? (Tidak bisakah kita menonton film lain?)
Gita : But, I already bought the tickets. Such a waste of money. (Tapi, aku sudah terlanjur membeli tiketnya. Benar-benar menyia-nyiakan uang.)
John : I will buy other tickets. Please don’t be mad. (Aku akan membeli tiket lain. Tolong jangan marah.)
Gita : Huft! I am tired. Let’s just go home. (Huft! Aku lelah. Ayo kita pulang saja.)

Kekecewaan Gita berakhir tragis. Sudah menunggu lama, membeli tiket nonton tapi akhirnya mereka pulang tanpa nonton. Padahal John berniat membelikan tiket nonton film lain. Tapi Gita menolak. Jika kamu menjadi Gita, apa yang akan dilakukan?

Ketika teman terlambat, jangan biarkan waktumu saat menunggu terbuang percuma. Manfaatkan waktu tersebut. “Time is precious. Waste it wisely.”

Pernahkah kamu bertemu teman lama kemudian memulai percakapan? Atau sedang mencari contoh paragraf memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris? Yuk simak:

 

5. Kalimat Ungkapan Kekecewaan dalam Bahasa Inggris (Expressing Disappointment)

Ada beberapa kalimat sering digunakan sebagai ungkapan kekecewaan seperti dalam contoh percakapan Bahasa Inggris di atas. Apakah kamu bisa menemukan kalimat-kalimat tersebut? Coba baca kembali contoh dialog dari subpoin satu sampai empat.

Berikut ini contoh kalimat yang dapat membantumu saat membuat percakapan Bahasa Inggris ungkapan kecewa. Mungkin kamu pernah menggunakan salah satu atau beberapa contoh kalimat saat kecewa. Yuk tambah pengetahuanmu.

  • I just feel disappointed. (Aku hanya merasa kecewa.)
  • I am very disappointed. (Aku benar-benar merasa kecewa.)
  • That’s disappointing. (Itu mengecewakan.)
  • That’s so disappointing. (Itu sangat mengecewakan.)
  • There was something that disappointed me. (Ada hal yang membuat saya kecewa.)
  • You disappoint me again and again. (Kau mengecewakanku lagi dan lagi.)
  • How disappointing! (Sangat mengecewakan!)
  • It’s a little bit disappointing, isn’t it! (Agak mengecewakan, bukan!)
  • I’ve never been so disappointed in my life. (Saya belum pernah kecewa dalam hidup saya.)
  • It’s a shame that you can’t come. (Sayang sekali kamu tidak bisa datang.)
  • Oh no, what a shame! (Oh tidak, saying sekali!)
  • It’s a great shame. (Sangat disayangkan.)
  • Oh, what a great shame! (Oh, sungguh sangat disayangkan!)
  • That’s a pity. (Sangat disayangkan.)
  • What a pity! (Sayang sekali!)
  • That’s too bad. (Sangat buruk / mengecewakan.)
  • What a letdown! (Sungguh mengecewakan!)
  • What a bummer! (Sayang sekali!)
  • That’s a nuisance! (Sayang sekali!)
  • I thought you could do better. (Awalnya kupikir kamu bisa melakukannya lebih baik.)
  • It didn’t live up to my expectations. (Hal tersebut tak sesuai harapan saya.)
  • It wasn’t as good as I thought it would be. (Itu tak sebagus yang saya kira.)

Masih belum hapal nama-nama hari dalam Bahasa Inggris? Atau ingin menambah kosakata? Materi dasar ini dapat membuatmu semakin mahir.

***

Apakah yang dapat dipelajari dari contoh percakapan Bahasa Inggris ungkapan kecewa di atas? Hampir semua orang pernah kecewa. Ada orang mengungkapkan kekecewaan, ada memilih untuk memendamnya. Kamu termasuk kelompok mana?

Kejujuran untuk ungkapan perasaa kecewa adalah hal penting dilakukan. Selain jujur, kita akan merasa lebih lega karena telah melepaskan rasa kecewa tersebut. Ungkapkan kecewa pada saat tepat dan dengan nada sesuai. Jangan sampai merusak hubungan atau persahabatan ya!

“You’ll end up very disappointed if you grow up thinking everyone has the same heart as you do.”

Sekilas tentang Penulis: LIA ANGGRAINI SARI
Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris, UNILA (Universitas Lampung). Biasa dipanggil Lia. Saya berharap melalui artikel yang saya tulis akan menambah pengetahuan bagi siapapun pembacanya. Jika masih ada kekurangan dalam artikel ini, silahkan kirim saran untuk saya lewat email liahqj@gmail.com. Terima kasih.

About Deari

I am a blogger who like to share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. Thank you for visiting EnglishCoo and Have a good day!

2 thoughts on “Contoh Percakapan Bahasa Inggris Ungkapan Kecewa (Expressing Disappointment)

  1. Terimakasih buat artikelnya kak, bagus banget 🙂

    Semoga bisa bikin artikel model kayak gini lagi ya kak, ya yang buat sehari-hari gitu, kayak misalnya percakapan/kalimat yang sering di ungkapkan oleh bule, tapi bukan yang formal kak..

    Semoga sehat terus kak dan makin di lancarkan rezekinya.. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.