Belajar Past Future Tense dengan 5 Cara Ampuh Ini, Buktikan Sendiri

Memahami Kalimat Past Future Tense

EnglishCoo – Belajar Past Future Tense tidak cukup dengan tahu polanya saja. Kamu mesti kenalan kemudian cari tahu lebih banyak tentang materi tenses ini.

Jika telah sampai di artikel ini, selamat, itu berarti kamu memang serius mempelajarinya. Pernah dengar sebelumnya tentang Past Future Tense? Seperti apa sih materi bahasa Inggris ini? Dan kapan ya kalimatnya digunakan?

Jangan percaya jika ada orang mengatakan bahwa jenis tenses ini adalah materi paling rumit. Bahkan saya pernah mendengar guru bahasa Inggris mengeluhkan materi paling susah, terutama Past Future Perfect Continuous. Tapi bukan berarti materi ini nggak bisa dipahami. Asalkan sabar dan terus menggali, tentu bisa dimengerti.

Nah, di sini kita akan berbagi tentang cara belajar Past Future Tense dengan mudah. Yuk kita mulai dari poin pertama.

 

1. Kenalan dulu agar jadi lebih akrab hingga jadi sahabat. Setelah itu belajar Past Future Tense kayak bermain dengan Sobat

Kenalan dengan Past Future Tense hingga menjadi Sahabat

Kalau kita terjemahkan satu per satu berdasarkan kata pembentuknya, Past = masa lampau; Future = masa depan/mendatang. Kalo disatukan berarti masa lampau masa depan/mendatang, nah lo…

Itu bukti kalau bahasa Inggris nggak bisa diterjemahkan perkata. Seperti halnya Past Future Tense jika diterjemahkan kata demi kata, maka artinya bakal bikin kita mikir tujuh keliling. Trus solusinya gimana? Sah-sah saja koq belajar dengan menerjemahkan setiap kata yang menyusun sebuah istilah. Terjemahan itu dapat kita gunakan untuk MERANGKAI makna dari istilah tersebut.

Dilihat dari makna kata yang merangkainya, Past Future menyatakan suatu kejadian AKAN terjadi di MASA LAMPAU, disebut juga Future in the Past. Tenses ini biasanya menggunakan modal WOULD. Masih bingung??? Yuk kita lihat ilustrasinya.

Kemarin aku ketemu teman lama, Ucok. Ia baru datang dari Aussie. Karena aku ada janji, kami nggak bisa ngobrol lama. Si Ucok bilang akan datang ke rumahku hari Minggu. Jadi, pernyataan Ucok bisa diungkap dengan Past Future Tense: Ucok said that he would come to my house on Sunday.

Ini lho rahasianya agar kamu sukses belajar berbicara bahasa Inggris: 8 Rahasia Tersembunyi dari kata PRACTICE agar Lancar Bicara Bahasa Inggris.

 

2. Korek informasi tentang anak-anaknya. Awalnya belajar Past Future Tense disangka ribet padahal kagak ruwet koq.

Belajar tentang empat jenis Past Future Tense

Seperti halnya tenses lain, ini juga mempunyai 4 anak di bawahnya: Simple, Continuous, Perfect, dan Perfect Continuous. Masih ingat modal apa yang digunakan dalam kalimat dengan pola Past Future Tense? Yap, modal WOULD. Jadi semua anak-anaknya akan menggunakan modal WOULD. Yuk kita lihat mereka dari dekat.

  1. Simple Past Future
  2. Past Future Continuous
  3. Past Future Perfect
  4. Past Future Perfect Continuous

Kamu bisa menggunakan satu dari keempat jenis Tenses di atas untuk menyatakan sesuatu yang akan terjadi di masa lampau atau mengungkapkan pengandaian yang seharusnya terjadi. Kita lihat contohnya dalam poin berikutnya ya…

 

3. Belajar hubungan Present Future dan Past Future. Artinya, kalo paham pola Present bisa dipastikan kalau kamu tahu Past juga.

Bagaimana hubungan Present Future dan Past Future? Ah, hubungan mereka baik-baik saja koq. Saking baiknya, pemahaman tentang Present Future akan mengantarkanmu pada pengenalan Past Future dengan sangat dekat. Ya, karena mereka adalah kerabat… sama-sama Future.

Dari segi pola kalimat, kedua tenses memiliki penyusunan kalimat sama persis. Bedanya, Present Future menggunakan modal WILL sedangkan Past Future Tense menggunakan modal WOULD. Untuk lebih jelas, yuk perhatikan gambar berikut.

Hubungan Present Future dan Past Future, belajar salah satunya untuk bisa paham keduanya

Lihat kan kesamaan pola kalimat antara Present Future dan Past Future??? Kedua pola tenses tersebut menggunakan pola kalimat yang sama persis, hanya penggunaan modal WILL dan WOULD menjadi pembeda di antara mereka.

Kenali juga Present Future biar jadi semakin ngerti dengan Past Future: 5 Fakta Menarik tentang Kalimat Future Tense yang Membuatmu Makin Paham.

 

4. Belajar Past Future Tense sebagai pengandaian (Conditional Sentences). Bagi kamu yang suka mengandai-andai (berimajinasi), kamu bakal jago dalam tenses ini.

Belajar Past Future Tense sebagai pengandaian (conditional sentences)

Pernah dengar Conditional Sentences? Kalau belum, kamu beruntung banget karena bakalan tau lebih awal dari teman-teman sekelasmu. Bagi kamu sudah pernah dengar tentang kalimat pengandaian, berarti ini jadi momen yang pas buat review.

Past Future Tense juga digunakan untuk ungkapan berandai-andai atau Conditional Sentences. Misalnya Sarah ingin nelpon Mathiew. Namun Sarah nggak punya nomor telepon Mathiew. Jadi, Sarah bisa berandai-andai dan berkata: If I had his number, I would phone him.

Mau belajar contoh lain lagi? Jadi, besok Anto rencananya akan bantu adiknya bikin tugas Sains. Namun, ia dipanggil untuk kerja oleh si bos. Apa kalimat pengandaian yang pas? Yap, menggunakan Past Future Tense sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah Anto would help his brother tomorrow if he didn’t have to work. Kenyataannya dia bakal kerja besok.

Belum puas belajar dari contoh di atas? Baiklah, ini cerita tentang si Nana yang ceroboh. Dua hari lalu ia kehilangan perhiasan setelah mengunjungi beberapa tempat. Beberapa kali ia memang melepas perhiasan untuk dipamerkan kepada teman-temannya. Kalimat bahasa Inggris yang cocok untuk ilustrasi tersebut adalah If she had saved all precious things at home, the jewelry wouldn’t have gone. Kenyataannya ia sudah kehilangan perhiasan itu. Hiks, kasihan ya.

Pengandaian alias Conditional Sentences akan dibahas dengan lebih jelas pada postingan berikutnya. Wait ya…

 

5. Selain sebagai pengandaian, Past Future Tense juga digunakan dalam situasi lain. Apa saja ya?

Selain sebagai pengandaian, Past Future Tense juga digunakan dalam situasi lain

Nah, tadi kita sudah belajar Past Future Tense sebagai pengandaian. Ternyata, ia nggak hanya digunakan dalam berandai-andai saja lho. Juga digunakan dalam mengungkap harapan atau doa. Mirip-mirip dengan berandai-andai tapi bukan menggunakan If-clause. Yang digunakan adalah kata WISH, seperti I wish

Contoh: Sekarang ini hujan. Tono ingin keluar, tapi nggak bisa karena hujan. Tono berkata: I wish it would stop raining. Contoh lain: kamu pengen banget punya mobil. Tapi kamu nggak punya uang untuk beli mobil. Minta sama orang tua? Ah, malu! Trus kamu bisa berharap: I wish somebody would buy me a car.

Selain sebagai ungkapan berandai-andai, modal WOULD juga dapat digunakan untuk permintaan (Request). Contoh:

  • Would you like a cup of coffee?
  • Would you be quite?
  • Would you come to my party?

Apa permintaanmu di Tahun Baru?? Hidup yang lebih fantastis?? 9 Quote Bahasa Inggris ini Dijamin Bikin Hidupmu Fantastis di Tahun Baru.

***

Belajar Past Future Tense adalah belajar berandai-andai (berimajinasi) di masa lalu. Kata orang bijak, nggak baik menatap masa lalu terlalu lama. Tapi saat ini kamu malah harus menyelami masa lalu sehingga bisa membayangkan dan memahami situasi. Masa lalu nggak melulu harus dijauhkan dari dirimu. Coba pikir: tanpa masa lalu, siapakah kamu?

About Made Ari

Hi, thank you for visiting EnglishCoo! Here, we share everything about English. Sharing with millions people in Indonesia is my goal to create this blog. Feel free to discuss something with me and like our EnglishCoo FB page so we can keep in touch. By the way, I am Made Ari from Bali, Indonesia. See ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *