Keterangan Waktu Present Perfect Tense Agar Kalimat Makin Komplit

EnglishCoo – Keterangan Waktu Present Perfect Tense memberi makna pada kalimat bahasa Inggris. Penggunaan Already, Yet, Just, Before, Still, Since, For, Ever, Never, dll. menyatakan informasi tentang kapan, berapa lama dan seberapa sering sebuah kegiatan dilakukan.

Saat belajar bahasa Inggris, tentu kamu pernah praktek membuat kalimat. Untuk melengkapi kalimat, kita perlu mengenal keterangan waktu. Dalam bahasa Inggris, kata yang menerangkan waktu disebut Adverb of Time.

Secara spesifik kamu akan diajak mengenal beberapa keterangan waktu Present Perfect Tense. Mengapa materi ini penting untuk dipelajari? Buat apa susah-susah mengenal mereka? Apa sih manfaatnya belajar keterangan waktu segala?

Oke, oke. Nggak usah ngeluh dulu. Coba deh dibaca sampai selesai, hanya perlu waktu 10 menit saja koq. Nanti kamu bakalan manggut-manggut setuju kalau materi ini emang penting banget. Bahkan bisa bikin kamu mahir bikin kalimat Present Perfect Tense yang komplit…plit..plit.

Yuk kita perdalam 5 kelompok keterangan waktu Present Perfect. Setiap Adverb of Time akan diberi penjelasan beserta contoh kalimatnya. Kita mulai dari poin pertama.

Ngerasa minder karena bahasa Inggrismu gitu-gitu aja? Ingin bahasa Inggrismu naik level? Temukan jawabannya di video ini.

1. Keterangan Waktu Present Perfect Tense: Just, Already, Yet, Before, Still, Since, For

keterangan waktu just, already, yet, before, still, since, for


Keterangan waktu yang pertama ini adalah kelompok kata yang menjadi ciri pola Present Perfect Tense, terutama kata just, already, yet. Yuk kita pahami bagaimana penggunaan setiap kata keterangan dalam kalimat bahasa Inggris.

JUST
Just berarti baru terjadi atau bisa juga diartikan baru saja. Apanya yang baru saja? Kata ini memberi makna bahwa sesuatu baru saja selesai dilakukan di waktu lampau. Hanya beberapa saat dari sekarang. Istilah bahasa Inggrisnya adalah “a short time ago”. Yuk perhatikan contoh Present Perfect Tense ini:

  1. They have just arrived here.
  2. She has just told me about that story.
  3. My friends and I have just finished the theater practice.

Supaya bisa merangkai kata-kata menjadi kalimat, kamu perlu belajar tentang kata, frase, klausa, dan kemudian kalimat. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat membuat kalimat bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Caranya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

ALREADY
Present Perfect Tense adalah pola yang menyatakan kegiatan sudah dilakukan. Keterangan waktu already yang berarti “sudah” memberi penekanan bahwa sesuatu sudah dilakukan lebih awal dari perkiraan atau yang seharusnya.

  1. I have submitted the homework already.
  2. Has she already gone to Australia?
  3. The bus has already left us.

YET
Yet adalah keterangan waktu Present Perfect Tense khusus buat kalimat negatif dan interogatif alias pertanyaan. Kata ini memiliki arti “belum sampai sekarang”. Jika ingin tahu gimana penggunaanya dalam kalimat, yuk lihat contohnya.

  1. Has Treesna found the job yet?
  2. She hasn’t applied any job yet.
  3. We haven’t discussed about the wedding date yet.

BEFORE
Dalam bahasa Indonesia before artinya sebelumnya. Keterangan waktu digunakan untuk memberi penekanan apakah sesuatu sudah terjadi sebelumnya. Kata ini sangat pas dipakai pada akhir kalimat.

  1. Have we met before?
  2. I have never seen him before.
  3. Has she ridden a motorcycle before?

STILL
Keterangan waktu ini memiliki makna “masih”. Still memberi penekanan bahwa suatu kegiatan masih belum dilakukan atau bahkan sudah dan masih berlanjut sampai sekarang. Apa yang sudah dan masih berlangsung disekitarmu? Ungkapkan dengan Present Perfect Tense.

  1. He still hasn’t finished the project.
  2. I’ve still been phoned by strange numbers. (Kalimat Pasif)
  3. Have they still talked about that girl?

SINCE dan FOR
Selanjutnya kita bahas singkat tentang 2 keterangan waktu Present Perfect Tense. Keduanya dibahas dalam satu poin agar kamu nggak bingung dan bisa lihat perbedaannya. Since berarti “sejak”, digunakan untuk menyatakan kapan sesuatu dimulai (when the action started). Sedangkan For artinya “selama”, mengungkap kurun waktu tertentu (a period of time). Supaya lebih jelas bedanya, yuk langsung ke contohnya:

  1. We have lived here since 1980.
  2. We’ve lived here for thirthy seven years.
  3. She hasn’t met her parents since January.
  4. She hasn’t met her parents for more than six months.
  5. Paula dan Raka have been my best friends since we were eight.
  6. Paula dan Raka have been my best friends for ten years.

Poin 1 sudah berakhir. Apa penjelasan singkat di atas sudah jelas semua? Nggak terasa kamu sudah belajar 7 keterangan waktu Present Perfect Tense yaitu just, already, yet, before, still, since, dan for. Untuk mengingat semuanya, gampang banget, kamu hanya perlu latihan saja. Latihan soal atau praktek bikin kalimat. Dijamin bakal ruwet dan pusing. Lho??? Tapi, tetep mau pinter kan? Ya jalani prosesnya, kawan!

Ingin mahir membuat kalimat dalam Bahasa Inggris? Pilih dan pelajari materi dasar berikut:

2. Keterangan Waktu Present Perfect Tense: Ever dan Never

keterangan waktu present perfect yaitu ever dan never
Masuk ke poin kedua. Dua kata ini sering digunakan dalam kalimat bahasa Inggris. Pernah mendengar 2 kata ini, atau mungkin kamu sering menggunakannya? Makna keduanya memang kontras, makanya dijadikan satu poin bahasan.

Ever artinya pernah, sedangkan Never berarti tidak pernah. Tuh artinya beda banget kan? Supaya mudah mengingat, never itu sama dengan not ever sehingga artinya tidak pernah. Kalau kamu sudah bisa mengingat makna kedua kata ini dengan mudah, ya lanjut ke penggunaannya.

Kapan sih ever dan never itu dipakai dalam kalimat? Ever biasanya digunakan dalam kalimat positif dan pertanyaan alias interogatif. Sedangkan kata Never biasanya digunakan dalam kalimat negative. Jika never digunakan dalam pertanyaan itu menekankan sebuah keheranan. Lihat contoh di bawah ini:

  1. Have you ever been to Miami?
  2. We have never been to America.
  3. Have you ever got a big Christmas present?
  4. This is the weird gift I have ever had.
  5. Has he never played soccer?
  6. Have you never eaten sushi?
  7. Have you ever met a famous person?
  8. Nobody in my family has ever eaten crabs.
  9. I’ve never driven a car.

Satu tips perlu kamu perhatikan saat melakukan percakapan menggunakan Present Perfect Tense. Jika ada yang bertanya “Pernahkah kamu menonton film Pirates of the Caribbean?” Apabila kamu pernah menontonnya, jangan cantumkan keterangan waktu “ever” pada jawabanmu. Maksudnya gimana?

Yuk perhatikan dialog ini:
A : Have you ever watched Pirates of the Caribbean movie?
B : Yes, I have. ATAU LENGKAPNYA Yes, I’ve watched it three times.
BUKAN: I have ever watched it three times.

Ingin membaca lebih banyak contoh kalimat Present Perfect Tense? Jangan lewatkan artikel lengkap berikut Contoh Kalimat Present Perfect Tense Lengkap Positif Negatif Interogatif.

3. Keterangan Waktu Present Perfect Tense: Once, Twice, Three times, Four times, Several times, … times

keterangan waktu present perfect tense: once, twice, three times, four times, several times
Sudah paham tentang penggunaan Ever dan Never, sekarang lanjut ke keterangan waktu yang lain yaitu one time, two times, three times, dan lain seterusnya. Jika sudah baca artikel EnglishCoo tentang fungsi Present Perfect Tense, kamu mungkin ingat penggunaaan kata-kata tersebut.

Yap, Present Perfect Tense digunakan untuk menyatakan hal yang sudah terjadi berulang-ulang (repeated actions) dalam kurun waktu tertentu sampai sekarang. Agar jelas, dibarengi sama contoh saja. Misalnya saya diajakin teman nonton film “Fantastic Beasts and Where to Find Them” tapi saya udah menontonnya 3 kali.

Gimana bahasa Inggrisnya? Saya bakalan bilang “I have watched the movie three times already.” Jika ia tetap maksa, ya apa boleh buat. Demi teman, ya nggak? Saya juga bisa nyambil berlatih listening dengan cara mendengarkan tanpa membaca subtitle bahasa Indonesia. Asyik kan?

Pengen contoh yang lain? Tenang. Nih ada beberapa kalimat menggunakan contoh keterangan waktu Present Perfect. Disimak ya biar lebih paham.

    Banyak peluang emas tak dapat diambil jika kemampuan bahasa Inggris kurang baik. Manfaatkan waktu yang kamu miliki untuk upgrade diri menguasai bahasa Inggris. Dengan ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir, kamu tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang! Jangan sampai kamu menyesal di kemudian hari karena melewatkan kesempatan untuk menguasai bahasa Inggris.

  1. We have eaten in this restaurant several times.
  2. He has watched that show three times this month.
  3. I’ve seen this guy twice.
  4. She has seen the doctor once and that’s enough.
  5. They have been to the mall many times this year.

Jadi, semua itu menunjukkan kegiatan yang sudah terjadi berulang di masa lampau. Sampai sekarang? Yap, sampai sekarang, makanya berpola Present Perfect Tense. Hal apa yang kamu lakukan berulang-ulang sampai sekarang? Coba jawab pake bahasa Inggris ya.

Masih belum hapal nama-nama hari dalam Bahasa Inggris? Materi dasar ini dapat membuatmu semakin mahir. Jangan lewatkan Nama Hari dalam Bahasa Inggris Gampang Cara Mengucapkannya.

4. Keterangan Waktu Present Perfect Tense: Lately, Recently, So far

keterangan waktu present perfect tense, lately, recently, as yet, so far
Pernah mendengar kata-kata bahasa Inggris seperti lately, recently, so far? Jika kamu pernah menggunakannya dalam kalimat tentu tahu artinya. Lately dan recetly artinya akhir-akhir ini atau baru-baru ini. Sedangkan so far memiliki makna hingga kini atau sampai sekarang.

Present Perfect Tense menyatakan kegiatan yang sudah dilakukan dan sampai sekarang. Untuk itu, keterangan waktu tersebut dapat digunakan. Recently, Lately dan So far dapat digunakan dalam pernyataan maupun pertanyaan.

Gimana caranya membuat kalimat Present Perfect Tense dengan keterangan waktu itu? Lihat contohnya yuk!

  1. I have recently sent money to my brother.
  2. He hasn’t seen his parents recently.
  3. Have they spoken to Thalita lately?
  4. We haven’t been to the market lately.
  5. She has been tired recently.
  6. How much money have you spent so far?
  7. They haven’t done it so far.
  8. She has joined three languange clubs so far.

Pelajari keterangan waktu agar kreatif saat membuat kalimat Bahasa Inggris. Yuk pilih tenses ingin dipahami:

5. Keterangan Waktu Present Perfect Tense: Today, This morning, This afternoon, This week, This year, This …

keterangan waktu present perfect tense: today, this morning, this afternoon, this week, this year
Keterangan waktu sering digunakan dalam kalimat bahasa Inggris. Banyak pelajar pernah menggunakan keterangan waktu berikut. Bagaimana dengan kamu?

Yap, materi bahasa Inggris ada buanyaaakk banget. Jika tahu mulai belajar dari mana, kamu dapat membuat kalimat bahasa Inggris dengan cepat dan mudah lho. Rahasianya ada di ebook Panduan Belajar Bahasa Inggris level Pemula hingga Mahir. Dalam ebook ini materinya lengkap banget, step by step, dan sangat mudah dipahami. Kamu akan tahu materi apa yang harus dipelajari terlebih dahulu agar dapat mahir berbahasa Inggris. Yuk ambil langkah dari sekarang!

Today berarti hari ini. This artinya ini, sehingga this morning, this afternoon, this week, this year artinya pagi/siang/minggu/tahun ini. Keterangan waktu Present Perfect ini menunjukkan bahwa waktu belum habis.

Berdasarkan sumber “English Grammar in Use” oleh Raymond Murphy, Second Edition, published by Cambridge University Press, Unit 8 Page 16, Part B menjelaskan: “We use the present perfect with today / this morning / this evening etc. when these periods are not finished at the time of speaking.

Maksudnya gimana? Gini, contohnya this morning artinya pagi ini. Kamu bisa menggunakannya saat pagi BELUM BERAKHIR alias sebelum pukul 12 siang. Misalnya jam 10 pagi, kamu ingin tahu apa temanmu sudah makan sesuatu. Bisa tanya: “Have you eaten something this morning?” Kalimatnya akan berbeda apabila ditanyakan pada sore hari, yaitu menjadi “Did you eat something this morning?” menjadi Simple Past Tense.

Yeay, kita sampai pada poin terakhir. Semoga pengetahuanmu makin bertambah banyak. Jangan lupa berlatih bikin kalimat ya.

  1. They have studied so hard this semester.
  2. We’ve watched this movie three times this month.
  3. I haven’t drunk coffee this morning.
  4. Have you met him this afternoon?
  5. Has she learned Math today?
  6. Have you ever been abroad this year?
  7. It has rained a lot this week.

Sudah paham penggunaan A, An, The dalam Bahasa Inggris? Pernahkah kamu menggunakan Other atau Another dalam kalimat?Jangan lewatkan materi dasar berikut:

***

Keterangan waktu Present Perfect Tense bukan hanya tambahan informasi dalam kalimat. Bukan pula sekedar kata-kata untuk memperpanjang sebuah pernyataan. Tapi, Adverbs of Time tersebut memberi keterangan tentang waktu sehingga maknanya menjadi lebih jelas.

Dengan adanya keterangan waktu dalam kalimat Present Perfect Tense, nggak akan ada lagi yang namanya gagal paham. Nggak ada lagi miskomunikasi. Apa yang kamu sampaikan diterima dengan baik karena kalimatnya lengkap serta maknanya jelas. Indah, bukan?

Pengen tahu lebih banyak tentang Present Perfect Tense? Nih, semua materinya ada di bawah ini. Tinggal klik materi yang kamu ingin pahami.

About Deari

Hello everyone. I'm Made Ari Yuliati, call me Deari. My personal IG: Deari_You Makasih ya udah baca blog EnglishCoo. Oiya, EnglishCoo udah menerbitkan ebook lho judulnya "A Great Start to Master English: Panduan Belajar Bahasa Inggris Level Pemula hingga Mahir". Jika bingung mulai belajar dari mana, aku rekomendasiin banget ebook ini. Hubungi nomor WA 081938311314 atau Facebook EnglishCoocom atau bisa juga Instagram EnglishCoocom. Sudah ada juga EnglishCoo Youtube Channel. Let's learn with EnglishCoo. English is Easy!

18 thoughts on “Keterangan Waktu Present Perfect Tense Agar Kalimat Makin Komplit

    1. Hai Meli,
      Dalam kalimat Present Perfect, kata kerja bantu HAVE biasanya diikuti dengan kata kerja Verb 3. Sedangkan HAVE BEEN diikuti kata benda (Noun), kata sifat (Adjective), atau keterangan (Adverb).
      Contoh kalimatnya:

      • They have started the meeting.
      • They have been here since morning.

      Semoga membantu. Semangat belajar dan semoga sukses ya!

  1. Hai Deari, apakah present perfect bisa ditandai dengan waktu yg jelas? Misalnya ada tanggal dan tahunnya tetapi masih dalam masa menunggu suatu penyelesaian sampai saat ini?
    Mohon penjelasannya.

    1. Hai Arry
      Bisa saja. Namun, umumnya jika ada waktu seperti tahun, kurun atau durasi waktu, menggunakan Present Perfect Continuous. Misalnya:
      I have lived here since 2010. (Present Perfect)
      I have been walking since 5 a.m. (Present Perfect Continuous)
      Tenses ini dan tenses lainnya dibahas jelas dan lengkap dalam ebook EnglishCoo lho. Jika ingin mengetahui tentang ebook EnglishCoo klik di sini ya. Semangat belajar dan semoga sukses ya! 😉

    1. Hai Mustofa,
      Untuk frase “one time” dapat diganti dengan kata “once”. Begitu pula “two times” menjadi “twice”.
      Artinya sama. Kata-kata seperti once dan twice memang lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.
      Semoga membantu.

  2. Kak setau saya this morning itu bukan present perfect, tapi past simple, karna pagi ini berarti keadaan masa lampau dan tdk terjadi di malam hari, hanya terjadi dipagi itu saja :/

    1. Hai Abisa,
      Berdasarkan sumber yang saya baca “English Grammar in Use” oleh Raymond Murphy, Second Edition, published by Cambridge University Press, Unit 8 Page 16, Part B menjelaskan: “We use the present perfect with today / this morning / this evening etc. when these periods are not finished at the time of speaking.”

      Sehingga pada subpoin kelima, saya kasih penjelasannya: “this morning” bisa digunakan saat pagi BELUM BERAKHIR alias sebelum pukul 12 siang. Misalnya jam 10 pagi, kamu ingin tahu apa temanmu sudah makan sesuatu: “Have you eaten something this morning?”
      Kalimatnya akan berbeda apabila ditanyakan pada sore hari, yaitu menjadi “Did you eat something this morning?”

      Semoga membantu!

    1. Hi, Risma
      Pertama-tama saya jelasin ini dulu ya: I WAS READ THE BOOK itu kalau diterjemahkan menjadi “Saya dibaca buku.” Hmmmm…Aneh nggak kalimatnya???
      Apabila ingin membuat kalimat “Saya membaca buku itu kemarin” menjadi “I READ THE BOOK YESTERDAY” atau “saya sedang membaca buku itu pada pukul 1.00 kemarin siang” menjadi “I WAS READING THE BOOK AT 1 O’CLOCK YESTERDAY AFTERNOON”
      So, WAS bisa digabung dengan kata kerja apabila membuat kalimat pasif dan kalimat Continuous.
      > WAS READ artinya dibaca (bentuk kalimat pasif)
      > WAS READING artinya sedang membaca (bentuk kalimat Past Continuous)
      Untuk bedain I READ THE BOOK (SIMPLE PAST) vs I HAVE READ THE BOOK (PRESENT PERFECT) silahkan baca masing-masing link artikel tenses tersebut dan analisis perbedaannya. Menemukan sendiri akan membuat kita semakin paham dan ingat. Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.